Bacaterus / Seafood / 10 Jenis Kerang yang Paling Enak dan Banyak Dikonsumsi

10 Jenis Kerang yang Paling Enak dan Banyak Dikonsumsi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kerang, seperti remis dan tiram, adalah moluska yang termasuk ke dalam keluarga bivalvia (artinya mereka memiliki dua cangkang berengsel). Hewan ini dapat ditemukan hidup di air asin dan air tawar tapi kerang yang biasa kita makan adalah varietas air asin. Berbeda dari remis dan tiram, yang menempel di bebatuan dan substrat, kerang mengubur diri mereka di endapan laut (pasir dan lumpur).

Kerang memiliki ribuan varietas yang dapat dibagi menjadi dua kategori dasar, yaitu cangkang lunak dan cangkang keras. Jenis dan ukuran kerang akan menentukan persiapan masak apa yang cocok untuk kerang agar bisa  mengeluarkan rasa alami kerang tertentu. Mau tahu jenis-jenis kerang apa saja yang paling enak untuk dikonsumsi? Simak jenis-jenis kerang yang akan Bacaterus bahas di sini.

1. Kerang Cangkang Keras

Kerang Cangkang Keras

Kerang cangkang keras atau Mercenaria mempunyai banyak nama. Littlenecks, cherrystones, dan chowders topnecks adalah kerang yang sama. Yang membedakan hanya ukurannya saja. Kerang-kerang ini hidup di Samudra Atlantik, yaitu di sepanjang pantai timur AS juga Kanada, di daerah pasang surut terkubur di pasir.

Untuk memanennya hanya perlu menggalinya. Kerang ukuran lebih kecil dimakan mentah, dikupas satu cangkangnya. Untuk yang ukuran lebih besar dijadikan bahan dasar untuk krim kerang yang terkenal. Ukuran yang berbeda memiliki kegunaan dan aplikasi yang berbeda. Littleneck umumnya disajikan dalam pasta, contohnya linguine dengan kerang atau mentah.

2. Kerang Cangkang Lunak

Kerang Cangkang Lunak

* sumber: medium.com

Dikenal juga dengan kerang Ipswich dan longnecks, kerang cangkang lunak mengubur diri lebih dalam di sedimen dibandingkan kerang cangkang keras. Selain itu kerang ini memiliki siphon yang lebih besar. Siphon ini dapat membatasi kemampuan kerang untuk menutup cangkangnya sepenuhnya. Karenanya sangat penting untuk menghilangkannya pasir atau kerikil sebelum dimasak.

Berbeda dari kepiting, kerang cangkang lunak tidak akan bisa makan keseluruhanya. Kulit kerangnya lebih tipis dan lebih rapuh dibandingkan sepupunya yang bercangkang keras tapi sayangnya tidak bisa dimakan. Warna cangkang biasanya bernuansa putih dan abu-abu, dengan penampilan seperti kepiting.

3. Kerang Manila

Kerang Manila

* sumber: www.finecooking.com

Sering disebut “steamer,” kerang Manila atau Venerupis philippinarum seperti kerang cangkang lunak Atlantik. Cara populer untuk memakannya adalah dengan mengukusnya dan menariknya dari cangkangnya kemudian dicelupkan ke dalam mentega cair.

Kerang Manila dapat ditemukan di Pantai Cina dan hingga Siberia tapi sekarang hewan kecil ini  juga di Pantai Barat Amerika Utara. Di sana kerang-kerang ini dibudidayakan bersama dengan bivalvia lain seperti remis dan tiram. Kerang manila mempunyai bentuk dan ukuran yang mirip dengan littlenecks, tapi lebih ramping.

4. Kerang Quahog

Kerang Quahog

* sumber: www.wildernessclassroom.com

Diucapkan “co-hog”, kerang Quahog adalah nama lapisan untuk setiap kerang bercangkang keras  yang berasal dari pantai timur Amerika Serikat. Kemudian Quahog diberi nama lain bergantung pada ukurannya. Kerang dengan ukuran terkecil disebut button, littleneck atau pasta kerang dan memiliki diameter sebesar 2 inci atau kurang lebih 5 cm.

Untuk kerang yang sedikit lebih besar disebut cherrystone. Semua jenis kerang ini memiliki daging yang empuk dan rasa yang lezat dan dapat dimakan secara mentah atau dimasak. Quahog terbesar disebut kerang chowder. Dagingnya yang keras menjadikan kerang ini paling cocok untuk resep yang membutuhkan kerang yang dipotong dan dimasak, seperti chowders dan stuffings.

5. Kerang Geoduck

Kerang Geoduck

* sumber: www.seacoreseafood.com

Diucapkan “gooey-duck,” adalah makhluk besar yang tampak aneh. Meskipun tumbuh sampai Kanada dan Alaska dan dianggap sebagai makanan lezat di Asia, kerang ini simbol Pasifik Barat Laut. Kerang Geoduck telah menjadi kelezatan yang banyak dicari. Hewan ini mempunyai siphon yang sangat panjang yang menonjol dari cangkang keras dan menyerupai belalai gajah.

Siphon ini dapat tumbuh sampai beberapa kaki panjangnya. Kedua siphon dan daging di dalam cangkang dapat dimakan. Siphon tersebut paling sering disajikan diiris dan mentah seperti sashimi. Namun ada juga menyantapnya dengan cara dimasak. Terlepas dari reputasi regional geoduck, daging asin, renyah/kenyal dari kerang geoduck akhirnya mulai muncul di restoran mewah.

6. Kerang Selam

Kerang Selam

* sumber: www.pecheriemanicouagan.com

Kerang selam atau Spisula solida hidup di Pesisir Timur AS serta Kanada dari Carolina Selatan sampai Nova Scotia. Para pengunjung pantai di pantai Atlantik mengenal cangkang kerang ini dengan baik. Kerang ini terbawa ombaknya ke pantai. Kerang selam terkenal diolah dengan cara diiris, digoreng, dan disajikan sebagai “clam strips.” Kerang ini juga kerang yang bagus untuk digunakan untuk chowder.

7. Kerang Pisau Cukur Pasifik

Kerang Pisau Cukur Pasifik

* sumber: www.thurstontalk.com

Kerang pisau cukur atau Siliqua patula hidup di sepanjang Pantai Barat, bahkan hingga Alaska. Kerang ini adalah kerang favorit orang-orang di Oregon dan Washington. Kerang ini mempunyai cangkang yang panjang dan tipis dan tertanam di pasir secara vertikal. Jenis kerang pisau cukur perlu dibersihkan dengan benar agar benar-benar bersih dari  pasir saat dimasak.


Bagaimana cara memasak kerang pisau cukur? Cara paling populer adalah melapisi kerang ini dengan remah roti dan dicelupkan dengan cepat di penggorengan. Selain itu, kerang ini juga dapat ditumis atau dipanggang.

8. Kerang Pisau Cukur Atlantik

Kerang Pisau Cukur Atlantik

* sumber: www.greatbritishchefs.com

Karena kemiripannya dengan pisau cukur Pasifik spesies ini dinamai kerang pisau cukur Atlantik. Mudah untuk membedakannya dengan kerang pisau cukur Pasifik. Kerang ini juga dikenal dengan nama pisau lipat Atlantik. Dibandingkan dengan pasangannya, kerang pisau cukur Pasifik, kerang pisau cukur Atlantik Lebih tipis dan lebih halus, baik dari segi penampilan maupun rasanya.

Spesimen ramping dan berbintik-bintik cokelat ini sudah tampil di restoran-restoran mewah dan seringkali disajikan dengan sangat sederhana, seperti dikukus, dipanggang, atau ala plancha, yaitu dibakar di atas wajan. Kerang ini biasanya dihiasi dengan saus ringan untuk menghindari rasa manis yang tidak kentara.

9. Kerang Cockle

Kerang Cockle

* sumber: blog.tridge.com

Kerang cockle mudah dikenali dari bentuk kipas yang beralur dari engsel ke tepinya dan dikenal juga dengan kerang darah. Meskipun kerang ini bisa dimakan mentah tapi cockle mungkin paling baik saat dikukus ringan dan disajikan dengan mentega dan lemon untuk menonjolkan rasa asinnya yang luar biasa.

Merendam kerang ini dalam waktu yang lama sering diperlukan untuk menghapus pasir sepenuhnya. Kerang ini adalah bahan standar dalam laksa, makanan laut penting di Asia Tenggara.

10. Kerang Topneck

Kerang Topneck

* sumber: www.aquabestnyc.com

Beberapa menganggap kerang topneck seukuran dengan littleneck dan cherrystone. Lebar kerang ini sekitar dua setengah inci atau lima sentimeter. Kerang ini paling bagus jika dipanggang dan cocok untuk dihidangkan dengan saus pasta. Sementara untuk kerang dengan ukuran yang lebih besar, lebih banyak disajikan mentah pada cangkangnya.

Kerang bukan menu baru bagi masyarakat Indonesia. Hewan ini banyak ditemukan dijual di restoran mahal hingga warung-warung pinggir jalan. Penggemarnya banyak sekali dari muda hingga tua. Kerang dapat ditemukan diolah dengan berbagai cara dan ditambahkan berbagai bumbu, dari mulai rasa gurih hingga pedas. Jenis kerang manakah yang menurutmu kerang paling enak? Yuk, baca juga artikel kepiting terbesar di dunia ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *