Bacaterus / Kelinci / 10 Jenis Kelinci Termahal yang Sangat Imut dan Lucu

10 Jenis Kelinci Termahal yang Sangat Imut dan Lucu

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kelinci merupakan hewan yang imut dan lucu  yang banyak menjadi  favorit semua orang. Hewan imut ini pun ternyata memiliki harga yang lumayan fantastis. Jika kamu tertarik untuk memelihara kelinci-kelinci ini, maka kamu harus baca dahulu ulasan berikut untuk memilih kelinci yang cocok untuk kamu jadikan peliharaan.

1. Kelinci Harlequin

Kelinci Harlequin

Kelinci harlequin merupakan jenis kelinci yang terkenal karena pola warna pada bulunya, dan sering dianggap sebagai kelinci badut. Kelinci harlequin merupakan jenis kelinci yang berasal dari Perancis. Kelinci jenis ini dikembangkan pada tahun 1880-an di Perancis dan dikenal di Amerika tahun 1920-an.

Kelinci harlequin memiliki dua varietas yaitu kelinci harlequin Jepang dan kelinci harlequin Magpie. Kelinci harlequin Jepang memiliki keunikan dari segi warna, perpaduan antara coklat, hitam, biru atau ungu dengan latar oranye, sedang magpie perpaduan biru, ungu, coklat, hitam dan latarnya putih.

Di Indonesia harga kelinci harlequin sendiri bergantung dengan rasnya. Jika tertarik membelinya harga kelinci ini di kisaran 250 ribu hingga 4 juta rupiah untuk bayi kelinci di atas 3 bulan. Kelinci ini termasuk kelinci yang jinak, cerdas, tenang, baik hati, dan senang sekali bermain.

2. Kelinci Holland Lop

Kelinci Holland Lop

* sumber: domesticanimalbreeds.com

Kelinci holland lop, dari namanya kamu sudah bisa menebak kalau kelinci ini merupakan jenis kelinci  yang berasal dari Belanda. Kelinci ini dikembangkan oleh seorang peternak bernama Adriann de Cock pada sekitar tahun 1950 an sampai dengan tahun 1952, dan jenis ini diakui mulai tahun 1964.

Kelinci holland loop merupakan kelinci dengan bentuk tubuh yang kerdil, dengan berat sekitar 1,8 kg. Kelinci ini terlihat lucu dengan tubuhnya yang gempal dan kepalanya yang berbentuk bundar.  Satu ciri khasnya yaitu telinganya yang turun membuat kelinci ini terlihat semakin gemas.

Kelinci holland ini banyak disukai karena penampilannya yang lucu. Selain itu karakter dari kelinci ini juga yang mudah bergaul, manis dan juga aktif. Jika kamu menginginkan kelinci jenis ini kamu harus mengeluarkan dana sekitar 50 ribu sampai dengan 3-4 juta rupiah untuk kelinci berumur 3 bulan.

3. Kelinci Angora

Kelinci Angora

Kelinci angora merupakan satu jenis kelinci yang banyak digemari karena bulunya yang lebat. Kelinci ini sendiri yang diakui oleh ARBA atau American Rabbit Breeders Association diantaranya adalah Angora Inggris, Perancis, Angora Giant, Angora satin, dan beberapa jenis angora dari negara lain.

Jenis kelinci angora dipercaya berasal dari Turki, dan dibawa ke Perancis sekitar tahun 1723. Lantas, kelinci ini menjadi peliharaan yang populer di kalangan bangsawan di Perancis. Angora terkenal karena kelebatan bulunya yang halus dan lembut, sehingga sering dipelihara untuk diambil bulunya.

Bulu tebal yang dimiliki yang dimiliki kelinci angora juga dapat mengakibatkan penyumbatan pada saluran pencernaan mereka. jadi bulu angora juga perlu dicukur setiap 90-120 hari untuk menghindari penyumbatan. Kelinci berbulu tebal ini dapat kamu beli dengan harga 250 ribu – 3 juta rupiah.

4. Kelinci Flemish Giant

Kelinci Flemish Giant

* sumber: small-pets.lovetoknow.com

Kelinci flemish giant merupakan kelinci dengan ukuran yang cukup besar, sehingga kelinci ini dijuluki sebagai rajanya dari para kelinci. Dalam waktu 7-8 minggu, kelinci flemish dapat tumbuh dengan ukuran besar dengan sangat cepat. Ukurannya yang besar membuatnya tampak menonjol.

Sekalipun ukuran dari kelinci flemish ini lumayan besar tetapi kelinci ini memiliki karakter yang jinak dan tenang. Mereka biasanya hanya rebahan di pojokan kandang, tidak melompat ke sana-ke mari. Tetapi kamu tetap harus membuatnya bergerak agar kelincinya tetap sehat.

kelinci ini memiliki bobot tubuh sekitar 6,8 – 9,9 kg, bahkan dapat mencapai 22,23 kg, dengan panjang tubuh sekitar 51 cm. Tetapi berat badannya yang besar membuatnya rentan cedera.  Kelinci  flemish ini dapat kamu miliki dengan harga sekitar 50-300 ribu, bahkan hingga 250 ribu – 3 juta rupiah.

5. Kelinci Rex

Kelinci Rex

* sumber: en.wikipedia.org

Kelinci jenis rex merupakan kelinci yang berasal dari Perancis. Kelinci ini dikembangkan  sekitar tahun 1919. Pada tahun 1924 kelinci ini mulai dikenalkan sebagai kelinci domestik dalam sebuah pertunjukan kelinci internasional di Paris. Gen resesif yang dimilikinya diminati oleh banyak peternak.

Kelinci ini memiliki bobot tubuh dewasa sekitar 3 – 4 kg, kelinci ini merupakan kelinci dengan proporsional yang seimbang jika mengacu pada standar ARBA. Kelinci ini memiliki bentuk yang sempurna, dengan telinga yang tegak dan bulunya yang pendek, serta kaki yang pendek dan lurus.

Kelinci rex sangat cocok untuk kamu jadikan hewan peliharaan  dan juga bagi keluarga yang telah memiliki anak-anak. Jika kamu tertarik memeliharanya kamu dapat menyiapkan dana sebesar 50 ribu – 300 ribu untuk kelinci 1-3 bulan, dan 300 ribu – 4 juta untuk  kelinci yang telah berusia 3 bulan.

Baca juga: 6 Jenis Kelinci Hias yang Menggemaskan untuk Dipelihara

6. Kelinci English Spot

Kelinci English Spot

* sumber: www.petguide.com

Kelinci English Spot merupakan jenis kelinci hias,  yang berasal dari Inggris. Jenis kelinci ini dikenal karena pola yang terdapat dalam bulunya yang berupa bintik-bintik. Kelinci ini biasanya memiliki bulu yang dominan berwarna putih dengan bintik berwarna hitam, abu-abu, dan juga coklat.

Pola bintik itu biasanya juga terdapat di dekat hidungnya yang tampak seperti kupu-kupu. Dan juga terdapat pola garis yang membentang dari kepala hingga ke bagian belakang. Kelinci ini memiliki bulu yang pendek dan cukup lebat. Kelinci ini memiliki ukuran medium dengan berat tubuh 2,5 -4,5 kg.

Kelinci ini memiliki sejarah sebagai kelinci yang digunakan untuk pertunjukan, tetapi kamu juga dapat menjadikan kelinci ini sebagai hewan peliharaan. Mereka memiliki karakter yang jinak dan mudah bergaul. Jika tertarik kamu dapat membeli kelinci dengan rentang harga 50 ribu – 3 juta rupiah.

7. Kelinci Netherland Dwarf

Kelinci Netherland Dwarf

Seperti namanya kelinci ini merupakan jenis kelinci yang berasal dari dari negeri Belanda. Kelinci ini merupakan kelinci dengan ukuran yang kecil untuk kelinci domestik. Jenis ini biasanya dijadikan sebagai kelinci peliharaan walaupun diperlukan kehati-hatian karena sifatnya yang agresif.

Kelinci ini memiliki bentuk tubuh  yang mungil dengan kepalanya berbentuk bulat, dan bobot tubuhnya sekitar 1 kg. Penampilan keseluruhan dari kelinci ini membuatnya tampak seperti bayi kelinci. Sayangnya walaupun tampak imut, kelinci ini tidak cocok untuk dipelihara oleh anak-anak.

Kelinci kecil ini terbilang kelinci yang sangat aktif, sehingga kamu memerlukan kandang yang cukup besar. Mereka dapat berkeliling dalam ruangan hingga ratusan kali. Jika tertarik untuk memilikinya kamu dapat membelinya dengan rentang harga sekitar 50 ribu sampai dengan  1 juta rupiah.

8. Kelinci Dutch

Kelinci Dutch

* sumber: www.pets4homes.co.uk

Kelinci imut merupakan kelinci yang biasa dijadikan sebagai kelinci hias karena bentuknya yang mungil dan lucu. Dari namanya tentunya kamu dapat langsung menebak dari mana kelinci ini berasal. Belanda merupakan asal dari kelinci dutch ini, dan merupakan jenis yang mudah untuk dikembang biakkan.

Kelinci ini memiliki ciri khas pada bulunya yang berwarna putih dengan corak berwarna, atau kelinci berwarna dengan corak putih, yang mungkin kan membuat kamu bingung. Kelinci ini memiliki mata berwarna coklat yang cerah dan juga bersih. Kelinci ini tubuhnya berbobot sekitar  1,5 – 2 kg.

Kelinci Dutch ini memiliki karakter yang baik, memiliki kecerdasan yang tinggi, hanya shja keinci ini mudah sekali merasa kaget dan takut. Harga dari kelinci ini jika kamu ingin memeliharanya sekitar 50 ribu – 200 ribu rupiah untuk yang  berusia 1-3 bulan, dan 200 ribu – 2 juta untuk yang berusia 3 bulan.

9. Kelinci Jersey Wooly

Kelinci Jersey Wooly

* sumber: www.simplyrabbits.com

Kelinci jersey wooly merupakan jenis kelinci yang populer sebagai kelinci untuk hias, yang pada awalnya dikembangbiakan untuk menjadi hewan peliharaan. Kelinci Jersey Wooly merupakan persilangan dari kelinci Netherland Dwarf dan Angora Perancis oleh Bonnie Seeley dari New Jersey.

Kelinci Jersey Wooly di harapkan menjadi kelinci dengan ukuran kecil tetapi memiliki bulu yang mudah untuk diatur. Kelinci Jersey memiliki ukuran sekitar 1,5 kg, dengan kepala yang besar dan telinganya yang kecil dan tegak. Bulu dari kelinci ini tidak mudah kusut seperti pada kelinci Angora.

Karakter dari kelinci Jersey wooly ini termasuk hewan yang cukup jinak dan juga cerdas. Jika kamu tertarik untuk memiliki kucing jenis ini kamu dapat mencoba membelinya dengan harga sekitar 50 – 200 ribu rupiah yang berusia 1-3 bulan, sedangkan untuk 3 bulan sekitar 200 ribu – 1 juta rupiah.

10. Kelinci Lionhead

Kelinci Lionhead

* sumber: www.thesprucepets.com

Kelinci lionhead merupakan jenis kelinci yang baru dan baru diakui oleh ARBA pada tahun 2014. Kelinci Lionhead yang merupakan kelinci yang terkenal karena ukurannya yang imut dan bulunya yang lebat. Penampilannya ini membuat kelinci jenis ini menjadi favorit dari banyak orang.

Kelinci ini memiliki bentuk tubuh yang imut, dengan bobot tubuhnya sekitar 1,7 kg. Kelinci ini memiliki bulu yang lebat pada bagian kepala dan lehernya yang membuatnya tampak seperti seekor singa. Bulunya yang panjang membuatnya mengharuskan kamu menyisir bulunya 2-3 kali per minggu.

Keunikan dari kelinci ini yang tampak seperti singa dengan surainya dapat kamu miliki dengan harga sekitar 50 ribu – 200 ribu rupiah untuk  usia 1-3 bulan. Sedangkan jika kamu membeli yang berusia di atas 3 bulan kamu harus membelinya dengan harga sekitar 150 ribu – 700 ribu rupiah.

Hewan-hewan ini memang imut-imut, tetapi kamu harus tahu karakternya terlebih dahulu sebelum memeliharanya. Terlihat imut belum tentu cocok kamu jadikan peliharaan karena sifatnya yang agresif. Berukuran besar belum tentu gahar, bisa jadi mereka jinak, sangat manis, dan cocok jadi peliharaanmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *