Bacaterus / Tanaman / 10 Jenis Kayu yang Bagus dan Banyak Digunakan Saat Ini

10 Jenis Kayu yang Bagus dan Banyak Digunakan Saat Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kayu adalah salah satu jenis material yang keberadaannya sangat melimpah di tanah air. Kayu sendiri kerap digunakan oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Kayu memiliki beragam jenis yang tersebar di berbagai wilayah yang ada di tanah air.

Bila kamu ingin mengetahui jenis kayu apa saja yang memiliki kualitas yang bagus. Kali ini Bacaterus telah merangkum 10 Jenis kayu yang bagus dan kerap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Nah, jenis kayu apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak ulasannya dalam daftar berikut ini.

1. Kayu Jati

Kayu Jati

* sumber: www.mebelkayukita.com

Tectona grandis L.f. atau yang lebih dikenal dengan pohon Jati merupakan jenis pohon yang cukup populer di Indonesia. Masyarakat tanah air sendiri kerap memanfaatkan kayu dari jenis pohon ini untuk bahan utama pembuatan sejumlah furnitur rumah tangga atau untuk kebutuhan usaha.

Kayu Jati sendiri merupakan jenis kayu yang dikenal memiliki keunggulan dari segi kekuatan, keindahan serta ketahanan terhadap gangguan hama kayu. Disamping itu, perawatan jenis kayu ini terbilang cukup mudah.

Meskipun saat prosesnya pengolahannya sedikit sulit karena karakteristik kayunya yang cukup keras. Jenis kayu ini menjadi favorit bagi banyak pengrajin maupun konsumen karena ketahanannya.

2. Kayu Cendana

Kayu Cendana

* sumber: www.dekoruma.com

Jenis kayu lain yang memiliki kualitas bagus adalah kayu Cendana atau yang dikenal dengan nama ilmiah Santalum album. Jenis kayu yang berasal dari pohon Cendana ini semakin langka di tanah air. Mengingat proses budidayanya sendiri memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Kayu Cendana merupakan jenis kayu yang memiliki karakteristik keras, bertekstur halus serta berwarna kekuningan. Kayu Cendana terkenal karena memiliki aroma harum yang cukup kuat. Sehingga sering juga dimanfaatkan untuk pembuatan wangi-wangian yang baik bagi kesehatan. Di Indonesia, kayu Cendana dibanderol dengan harga yang cukup mahal karena keberadaan yang langka.

3. Kayu Ulin

Kayu Ulin

* sumber: supplierkayuindonesia.com

Kayu Ulin atau Bulian adalah salah satu jenis kayu asli dari Indonesia yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena memiliki kualitas kekuatan yang baik serta ketahanan terhadap air dan serangan rayap.

Kayu Ulin merupakan kayu khas dari Kalimantan yang termasuk dalam keluarga Lauraceae. Pada awalnya keberadaan jenis pohon ini cukup melimpah, namun seiring banyaknya penebangan tanpa diimbangi dengan penanaman pohon baru membuat habitat pohon yang satu ini semakin berkurang dari waktu ke waktu.

Kayu Ulin sendiri kerap digunakan masyarakat untuk berbagai keperluan seperti pondasi bangunan, rangka, dan juga furnitur.

4. Kayu Merbau

Kayu Merbau

* sumber: rimbakita.com

Jenis kayu berkualitas lainnya datang dari daerah Maluku dan Papua Barat. Bernama Kayu Merbau, kayu yang dihasilkan dari pohon bernama ilmiah Intsia Bijuga ini menjadi salah satu kayu yang dihasilkan oleh pohon asli Indonesia.

Kayu Merbau sendiri memiliki karakteristik kayu yang cukup keras sehingga sering disebut dengan kayu besi oleh masyarakat. Pohon Merbau memiliki kulit kayu yang cukup kasar serta memiliki warna abu-abu atau  coklat.

Pada umumnya jenis kayu ini sering digunakan untuk banyak kebutuhan mulai dari furnitur, pintu, jendela, lantai parket, mebel atau patung ukiran. Karena kekuatannya yang luar biasa. Jenis kayu ini pun dikenal juga dengan kayu besi Maluku.

5. Kayu Mahoni

Kayu Mahoni

* sumber: www.dekoruma.com

Jenis kayu selanjutnya yang cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia adalah kayu Mahoni atau yang dikenal juga dengan nama ilmiah Swietenia macrophylla oleh pakar botani. Jenis kayu ini memang cukup banyak diminati oleh masyarakat tanah air karena keunggulannya.

Selain memiliki ketahanan yang cukup baik dari gangguan rayap, jenis kayu ini juga sangat mudah untuk dibentuk karena sifatnya yang tidak terlalu keras. Meskipun tidak terlalu keras, namun kayu ini tidak juga tidak mudah retak.

Mahoni sendiri memiliki karakteristik kayu bagian dalam berwarna merah dengan pori-pori kecil, serta tidak memiliki corak. Jenis kayu ini sering dimanfaatkan untuk keperluan furnitur seperti lemari, meja atau kursi.

Baca juga: Cara Cepat Mengeluarkan Duri atau Serpihan Kayu dari Kulit

6. Kayu Eboni

Kayu Eboni

* sumber: www.dekoruma.com

Selanjutnya ada kayu Eboni atau yang lebih populer dengan sebutan kayu hitam Sulawesi. Jenis kayu ini berasal dari pohon dengan nama ilmiah Diospyros celebica yang tumbuh subur di wilayah Sulawesi.

Kayu Eboni merupakan salah satu jenis kayu premium yang kerap diekspor ke sejumlah negara di dunia. Pohon Eboni sendiri memiliki karakteristik warna yang beragam mulai dari warna coklat kehitaman atau hitam kemerahan.

Jenis kayu yang dikenal juga oleh  masyarakat dunia sebagai Macassar Ebony ini memang cukup kuat dan juga tangguh. Kayu Eboni kerap dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan furmitur, patung dan juga alat musik seperti gitar, biola atau celo. Harga yang dibanderol untuk jenis kayu ini pun terbilang cukup tinggi.

7. Kayu Kamper

Kayu Kamper

* sumber: saktidesain.com

Bernama ilmiah Cinnamomum camphora atau pohon kayu Kamper merupakan salah jenis kayu bagus lainnya yang kerap digunakan di berbagai gedung perkantoran. Jenis kayu yang di hasilkan dari pohon yang berasal dari Daratan China ini memang cukup baik untuk berbagai kebutuhan.

Selain mudah dalam proses pengolahannya, kayu kamper juga memiliki ketahanan yang cukup baik dari gangguan serangan hama rayap. Kayu Kamper memiliki karakteristik berwarna merah dengan tekstur kayu yang cukup halus.

Jenis kayu ini banyak ditemukan di wilayah Kalimantan. Meskipun harga yang ditawarkan untuk jenis kayu ini relatif lebih tinggi, namun jenis kayu ini sangat diminati oleh masyarakat. Mengingat kualitasnya yang memang terbilang awet.

8. Kayu Akasia

Kayu Akasia

* sumber: pixabay.com

Akasia atau pohon duri adalah jenis penghasil kayu bagus lainnya yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk sejumlah kebutuhan seperti pembuatan mebel atau keperluan rumah lainnya. Pohon akasia sendiri merupakan jenis pohon yang cukup mudah ditemukan di masyarakat. Pohon ini berasal dari benua Australia.

Kayu Akasia sendiri dikenal memiliki kekuatan dan ketahanan terhadap serangan hama kayu. Masyarakat sendiri kerap membandingkan kekuatan kayu Akasia dengan kayu Jati. Hanya saja berbeda dengan kayu Jati yang cukup mudah perawatannya, kayu Akasia dikenal lebih rentan terhadap cuaca lembab.

9. Kayu Meranti

Kayu Meranti

* sumber: www.antiserangga.com

Kayu Meranti adalah jenis kayu selanjutnya yang banyak diburu oleh masyarakat. Kayu Meranti memiliki banyak spesies yang tersebar di Indonesia. Spesies paling banyak sendiri dapat ditemukan di kawasan Kalimantan.

Kayu Meranti memiliki karakteristik berwarna coklat kemerahan tanpa corak. Kayu Meranti termasuk jenis kayu keras yang memiliki bobot ringan. Jenis kayu ini biasa digunakan dalam pembuatan mebel maupun pondasi bangunan.

Selain memiliki kekuatan yang cukup baik, jenis kayu ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap hama kayu. Kayu Meranti Merah adalah jenis yang sering banyak digunakan oleh masyarakat dalam negeri.

10. Kayu Albasia

Kayu Albasia

* sumber: rimbakita.com

Jenis kayu bagus terakhir yang juga memiliki kualitas yang baik adalah Albasia. Jenis kayu ini memang paling banyak kita temukan di pasaran. Selain harganya yang relatif lebih murah. Jenis kayu ini juga cukup mudah untuk dibentuk. Kayu Albasia merupakan jenis  kayu lunak yang memiliki bobot ringan.

Kayunya sendiri memiliki karakteristik  berbulu serta memiliki pori-pori yang cukup besar dan rentan patah. Kayu Albasia merupakan jenis kayu yang cukup laris dan banyak ditemukan dalam berbagai bentuk kebutuhan seperti kursi, meja dan lemari. Selain itu jenis kayu ini juga kerap digunakan untuk pondasi bangunan dan keperluan lain seperti stik ice cream, korek api dan juga pensil.

Nah, itulah 10 Jenis kayu yang bagus dan kerap menjadi pilihan masyarakat Indonesia yang berhasil Bacaterus rangkum. Keberadaan material yang satu ini memang memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Meskipun demikian perlu adanya kontrol atas pemanfaatan pohon penghasil kayu terbaik di atas agar keberadaannya terjaga dan tak lantas punah karena penebangan yang tidak terkendali.

Semoga apa yang telah dibahas di atas bisa menjadi referensi bagi kamu dalam memilih kayu terbaik untuk kebutuhanmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *