Bacaterus / Yogurt / 9 Jenis Yogurt yang Paling Enak dan Populer di Dunia

9 Jenis Yogurt yang Paling Enak dan Populer di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yogurt adalah susu yang dibuat dari fermentasi bakteri. Dewasa ini, yogurt sering dikonsumsi sebagai minuman untuk diet karena dapat melancarkan pencernaan. Banyak yang mempercayai manfaat yogurt untuk melancarkan buang air besar. Jika Anda memiliki masalah sembelit, yogurt adalah minuman yang tepat untuk melancarkan sistem pencernaan Anda.

Selain rasanya enak, yogurt juga bisa diperoleh dengan mudah di supermarket-supermarket terdekat. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis-jenis yogurt yang paling enak dan populer di dunia? Jika belum tahu, mari kenali jenis-jenis yogurt terfavorit versi Bacaterus ini, yuk!

9 Jenis-Jenis Yogurt Paling Enak

1. Greek Yogurt

Greek Yogurt Jenis-Jenis Yogurt

* sumber: www.worldstar.org

Ada beragam jenis-jenis yogurt yang terkenal di seluruh dunia. Akan tetapi, greek yogurt adalah jenis yogurt yang paling populer. Bahkan, greek yogurt juga bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Lantas, apa keunggulan greek yogurt dibanding yogurt lainnya?

Greek yogurt melalui proses tiga kali penyaringan, sedangkan yogurt biasa hanya melewati proses dua kali penyaringan. Selain itu, jenis yogurt ini juga rendah gula, tapi sangat tinggi protein. Tekstur greek yogurt juga cenderung lebih kental dibanding yogurt pada umumnya. Hal ini karena whey (cairan) sisa penyaringan yogurt dibuang dan hanya disisakan bagian kentalnya saja.

2. Frozen Yogurt

Frozen Yogurt

Yang satu ini adalah jenis yogurt yang paling digemari masyarakat Indonesia. Frozen yogurt atau yang disingkat Froyo adalah yogurt yang dibekukan sehingga menjadi es krim. Di Indonesia sendiri ada beberapa brand Froyo yang cukup terkenal, seperti Sour Sally dan llaollao.

Untuk menikmati Froyo biasanya kita akan menambahkan saus manis dan topping di atasnya. Kemudian, yogurt beku ini bisa langsung dinikmati seperti es krim. Froyo adalah jenis yogurt yang sangat kaya mineral. Akan tetapi, Froyo tidak mengandung bakteri hidup di dalamnya sehingga kurang tepat dijadikan sebagai menu diet sehat.

3. Low-Fat Yogurt

Low-Fat Yogurt

Sebagian dari kita pasti berpikir bahwa low-fat yogurt adalah pilihan yang tepat untuk diet karena mengandung lemak yang sedikit. Namun, perlu Anda ketahui bahwa yogurt rendah lemak bukan berarti rendah kalori juga. Faktanya, yogurt rendah lemak justru mengandung gula yang sangat tinggi.

Kandungan lemak yang rendah di dalam sebuah yogurt membuat rasanya jadi kurang enak. Nah, Anda pasti tidak ingin menikmati yogurt hambar yang kurang nikmat, bukan? Oleh karena itu, produsennya menambahkan gula dan perasa pada low-fat yogurt agar rasanya tetap nikmat meskipun kandungan lemaknya rendah.

4. Goat Milk Yogurt

Goat Milk Yogurt

Sesuai dengan namanya, goat milk yogurt adalah yogurt yang bahan utamanya adalah susu kambing. Dari sekian banyak jenis-jenis yogurt yang ada, mungkin jenis yogurt ini terlihat aneh dan sebagian orang merasa enggan untuk mencobanya. Namun, yogurt susu kambing adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

Tekstur yogurt susu kambing ini lebih halus dan creamy jika dibandingkan dengan yogurt yang terbuat dari susu sapi biasa. Akan tetapi, goat milk yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kita bisa mengurangi kandungan lemak pada yogurt ini dengan cara menyingkirkan lapisan atas yogurt susu kambing ini.

5. Soy Yogurt

Soy Yogurt

Alergi terhadap susu sapi, tapi enggan menyantap yogurt yang terbuat dari susu kambing? Tenang saja, ada solusi yang tepat bagi Anda, yaitu soy yogurt. Yogurt yang terbuat dari susu kedelai ini tidak mengandung susu sapi, rendah kolesterol, dan tinggi protein hewani.

Sayangnya, sebagai besar yogurt kedelai yang dijual di pasaran menggunakan pemanis dan pengental. Cukup sulit untuk menemukan yogurt kedelai yang murni dan rendah kalori. Namun, yogurt kedelai diklaim dapat memblokir enzim yang memengaruhi proses pencernaan karbohidrat sehingga baik untuk Anda yang sedang mengontrol kadar gula darah.

6. Plain Yogurt

Biokul Natural Set Yogurt

Bingung memilih yogurt yang tepat untuk diet? Banyaknya jenis-jenis yogurt yang dijual di pasaran memang membuat kita bingung ketika harus memilihnya. Sebagai panduan bagi Anda yang ingin memilih yogurt rendah kalori untuk diet, Anda bisa memilih plain yogurt atau yang dikenal sebagai yogurt tanpa rasa.

Pada umumnya, yogurt ini memiliki rasa asam yang lebih tinggi dibanding yogurt yang sudah diberi perasa. Tekstur yogurt tanpa rasa ini lebih kental dan tidak terlalu creamy. Selain untuk diet sehat, plain yogurt juga banyak dimanfaatkan untuk memasak dan membuat kue. Anda pun bisa menemukan jenis yogurt ini dengan mudah, lho!

7. Yogurt Drink

Yogurt Drink

Jenis-jenis yogurt yang dijual di pasaran memang bervariasi. Akan tetapi, yogurt drink adalah jenis yang paling digemari. Yogurt cair ini dikemas dalam kemasan siap minum. Anda dapat menikmati yogurt cair ini sebagai minuman untuk melepas dahaga. Yogurt cair semakin nikmat jika diminum dalam keadaan dingin.

Varian rasa yogurt cair juga lebih variatif. Bahkan, yogurt ini juga menyediakan varian plain bagi Anda yang tidak suka yogurt dengan rasa-rasa buah. Sayangnya, nutrisi yang terkandung di dalam yogurt cair cenderung lebih sedikit lantaran dicampur dengan susu bubuk atau susu cair.

8. Almond Yogurt

Almond Yogurt

Selain yogurt kedelai, ternyata ada juga yogurt yang terbuat dari susu almond. Almond yogurt juga merupakan solusi yang tepat bagi konsumen yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Proses pembuatan almond yogurt adalah mencampurkan susu almond dengan bakteri baik. Yogurt almond lebih rendah lemak, tetapi tinggi protein dan kalsium.

Almond yogurt memiliki rasa yang sama dengan plain yogurt. Hanya saja, almond yogurt ini juga tersedia dalam varian yang dicampur dengan perasa buah. Jika Anda tidak suka yogurt dengan rasa-rasa tertentu, beli saja almond yogurt varian plain lalu tambahkan potongan buah dan chia seed ketika hendak menyantapnya.

9. Coconut Yogurt

Coconut Yogurt

Satu lagi produk non-dairy yogurt yang cocok banget untuk Anda yang memiliki alergi laktosa. Coconut yogurt adalah yogurt yang terbuat dari santan kelapa murni. Kombinasi antara santan kelapa dengan bakteri baik menghasilkan yogurt yang sehat dan bisa menjadi solusi bagi konsumen yang tidak dapat menikmati yogurt susu sapi.

Perlu Anda ketahui, yogurt kelapa ini memiliki rasa yang sedikit aneh dan cenderung lebih berat ketimbang yogurt pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan yogurt ini terbuat dari santan, bukan susu sapi. Meskipun demikian, produsen coconut yogurt berusaha menambahkan pemanis dan perasa untuk membuat cita rasa yogurt kelapa jadi lebih nikmat.

Inilah 9 jenis-jenis yogurt yang paling populer di dunia. Adakah jenis yogurt favorit Anda di dalam daftar ini? Saat ini, Anda bisa memperoleh sebagian jenis yogurt di atas di supermarket terdekat. Bahkan, di Indonesia sudah ada banyak merk yogurt enak yang dijual di pasaran. Jika ingin mencari yogurt untuk diet yang bisa Anda peroleh dengan mudah di pasaran, kunjungi artikel merk yogurt untuk diet ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *