Bacaterus / Yoga / 10 Jenis Yoga yang Wajib Diketahui oleh Para Pecinta Yoga

10 Jenis Yoga yang Wajib Diketahui oleh Para Pecinta Yoga

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Manfaat dari olahraga yoga memang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Yoga sendiri menjadi olahraga populer yang banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Olahraga yang berasal dari India ini diketahui sudah ada sejak ribuan tahun silam. Meskipun telah ada sejak lama, namun hingga saat ini yoga masih dijalani oleh sebagian masyarakat yang ada di berbagai penjuru dunia.

Bila kamu termasuk salah seorang yang ingin menekuni olahraga ini, maka kamu wajib mengetahui jenis-jenis yoga yang bisa dipraktekkan beserta manfaatnya bagi tubuh. Berikut adalah ulasannya.

1. Yoga Hatha

Yoga Hatha

Bila kamu seorang pemula atau orang yang belum pernah melakukan olahraga yoga sebelumnya, jenis yoga hatha bisa kamu coba praktekkan. Jenis yoga ini memang sangat cocok dilakukan oleh seorang pemula karena gerakan-gerakannya cukup sederhana.

Instruktur biasanya akan memberikan teknik-teknik dasar, seperti postur dasar dan juga teknik pernapasan. Jenis yoga hatha sendiri lebih mengutamakan penyesuaian gerakan fisik, teknik pernapasan serta konsentrasi.

Meskipun terbilang sederhana, namun gerakan dalam yoga hatha bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh serta mampu mengurangi stres. Tertarik untuk mencoba?

2. Yoga Vinyasa

Yoga Vinyasa

Yoga vinyasa merupakan jenis yoga yang lebih memfokuskan diri dalam pengaturan napas, kecepatan serta postur tubuh. Gerakan yoga yang satu ini terbilang memiliki tempo cepat. Gerakan yang biasa dilakukan saat berlatih juga cukup dinamis karena tidak mengikuti aturan baku dalam setiap pose.

Karena rangkaian gerakannya cukup dinamis, kamu juga tidak perlu kaget bila gerakan yang diberikan oleh instruktur akan berbeda di setiap sesi pertemuan. Beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan setelah latihan yoga jenis ini di antaranya memperkuat otot lengan dan serta memberikan kekuatan pada bagian-bagian otot tubuh lain.

3. Yoga Yin

Yoga Yin

Bila pada jenis yoga vinyasa kamu dituntut untuk mengikuti gerakannya yang cepat, maka dalam yoga yin gerakan yang dilakukan akan cenderung lebih pasif. Itu karena yoga jenis ini memang lebih memfokuskan diri untuk relaksasi dan kenyamanan. Perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lainnya dalam yoga ini cukup panjang, yaitu sekitar 3-5 menit.

Posisi yang biasa dilakukan adalah dalam keadaan duduk atau berbaring. Meskipun terkesan lambat, namun gerakan yoga ini memiliki banyak manfaat. Selain dapat melatih pikiran kamu agar tetap fokus dan tenang, yoga yin juga dapat membantu memulihkan jaringan sendi dalam tubuh.

4. Yoga Prenatal

Yoga Prenatal

Nah, kalau yoga jenis ini sangat baik untuk ibu hamil. Seperti namanya, yoga prenatal memang khusus bagi wanita yang sedang hamil. Gerakan yang dilakukan dalam yoga prenatal biasanya meliputi gerakan yang ada di sekitar area pinggul serta latihan pernafasan. Beberapa gerakan yang dilakukan dalam yoga restorasi pun biasanya digunakan dalam latihan yoga jenis ini.

Manfaat yang bisa kamu rasakan dari yoga ini di antaranya bisa membuat kamu tetap aktif selama masa kehamilan serta membuat tubuh lebih kuat dan segar. Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan energi karena biasanya pada orang yang sedang hamil terjadi perubahan hormon.

5. Yoga Bikram

Yoga Bikram

Selanjutnya ada yoga bikram. Jenis yoga ini terdiri dari dua rangkaian pernapasan dengan total gerakan 26 pose. Selain itu, yoga ini juga harus dilakukan di ruangan panas dengan suhu sekitar 40,6 derajat Celsius. Jenis yoga ini memang sangat efektif untuk membakar kalori. Kombinasi gerakan dengan suhu ruangan yang panas memang bisa membuat tubuh kamu dibanjiri oleh keringat.

Olahraga bikram sendiri bermanfaat untuk membakar lemak dalam tubuh lebih cepat, detoksifikasi racun dalam tubuh melalui keringat, serta membuat tubuh dan kulit lebih fresh. Dengan banyaknya manfaat tersebut, tak heran bila beberapa tahun terakhir yoga jenis ini sangat digandrungi oleh masyarakat.

6. Yoga Iyengar

Yoga Iyengar

Yoga iyengar merupakan jenis yoga yang memiliki metode sistematis di mana gerakannya sendiri memperhatikan secara detail bagian-bagian anatomi tubuh. Praktiknya sendiri biasanya harus dibantu dengan beberapa properti, seperti tali, selimut, kursi atau bantalan.

Tujuan penggunaan benda-benda tersebut adalah untuk membantu membentuk postur tubuh yang lebih ideal dan proporsional. Bagi yang ingin membentuk tubuh, jenis yoga yang satu ini bisa kamu coba. Selain manfaat yang disebutkan di atas, yoga iyengar juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan juga fleksibilitas tubuh.

7. Yoga Ashtanga

Yoga Ashtanga

Jenis yoga yang satu ini memang bisa dibilang cukup menantang. Meskipun hanya memiliki enam gerakan, namun gerakan yang ada di dalamnya terbilang sulit. Pada dasarnya gerakan dalam yoga jenis ini merupakan sinkronisasi antara teknik pernapasan dengan gerakan. Yoga jenis ini bermanfaat untuk melatih fisik serta mental agar lebih kuat.

Dalam praktiknya sendiri, kamu memang disarankan untuk menggunakan instruktur. Hal tersebut untuk membantu mengobservasi setiap gerakan yang dilakukan. Bagi kamu yang telah terbiasa latihan yoga ini, kamu juga bisa melakukannya sendiri dengan catatan hal tersebut pun harus diawasi oleh instruktur untuk mencegah resiko cedera.

8. Yoga Restorasi

Yoga Restorasi

Jenis yoga lain yang juga tidak kalah populer dengan yang sudah disebutkan di atas adalah yoga restorasi. Dalam praktiknya, yoga ini memerlukan bantuan properti penunjang, seperti bantal, blok, dan selimut. Setiap gerakan yang ada dalam yoga restorasi setidaknya memerlukan 5 menit atau lebih dengan repetisi sebanyak 5-6 kali setiap gerakan.

Gerakan yang dilakukan dalam yoga ini memang sedikit dan cenderung sederhana. Meskipun demikian, manfaat yang bisa dirasakan di antaranya bisa memperlambat detak jantung, membuat sistem saraf lebih rileks, juga dapat mengurangi stres.

9. Yoga Hot

Yoga Hot

Hampir sama dengan yoga bikram, yoga hot juga harus dilakukan di dalam ruangan panas dengan suhu 30-40 derajat Celsius. Manfaat yang didapatkan dengan berlatih yoga ini cukup beragam. Hal tersebut tergantung dari jenis rangkaian gerakan yang digunakan saat latihan.

10. Yoga Kundalini

Yoga Kundalini

Jenis yoga terakhir yang bisa kamu lakukan adalah yoga kundalini. Di antara yoga yang telah dibahas di atas, yoga kundalini adalah jenis yoga yang dapat menguras tenaga lebih banyak. Pasalnya gerakan yang akan kamu lakukan cukup beragam, mulai dari latihan gerakan, postur, pernapasan, hingga meditasi.

Salah satu hal yang sangat penting dalam latihan yoga kundalini adalah teknik pernafasan cepat yang wajib dilakukan saat latihan. Yoga kundalini sendiri mampu meningkatkan tenaga pada bagian bawah tulang belakang. Nah, bagi kamu bekerja di lingkungan dengan tingkat stres yang tinggi, jenis yoga ini pun bisa kamu coba untuk menjaga stamina sekaligus pikiran kamu.

Demikianlah bahasan singkat mengenai jenis-jenis yoga yang menarik untuk dipraktekkan beserta manfaatnya. Bila kamu mengetahui jenis gerakan yoga lain, kamu bisa berbagi dengan pembaca lain di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *