Bacaterus / Sayuran / 5 Jenis Wortel yang Perlu Kamu Ketahui, Mana Favoritmu?

5 Jenis Wortel yang Perlu Kamu Ketahui, Mana Favoritmu?

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Oktober 2019

Wortel termasuk jenis tanaman sayuran umbi semusim dengan bentuk perdu (semak) yang tumbuh tegak. Disebut tanaman semusim karena hanya berproduksi satu kali kemudian mati. Daucus carota L atau wortel adalah jenis sayuran berwarna kuning kemerahan atau jingga kekuningan dengan tekstur yang mirip seperti kayu.

Bagian umbi atau akarnya merupakan bagian yang dikonsumsi. Renyah, enak, dan bergizi tinggi, wortel adalah sumber beta karoten, serat, vitamin K, kalium juga antioksidan yang sangat baik. Dilihat dari warnanya wortel adalah sayuran yang ceria.

Wortel orange mendapatkan warna cerahnya dari beta karoten lho, semakin orange warnanya semakin tinggi kandungan beta karotennya. Tahukah kamu, seperti sayuran lainnya, wortel juga memiliki varietas yang bervariasi dalam ukuran dan bentuk, serta berbagai warna. Penasaran dengan apa saja jenis wortel? Yuk, Bacaterus akan mengajakmu mengenal jenis-jenis wortel.

1. Imperator

Imperator

* sumber: www.gardeningknowhow.com

Memiliki umbi yang berbentuk bulat panjang dengan ujung runcing atau sedikit menyerupai kerucut. Wortel imperator ini, terdiri dari dua varietas populer diantaranya yakni Autumn King dan Atomic Red.

Sayuran lezat ini tumbuh dengan panjang sekitar 9 inci atau 20-30 cm dan memiliki rasa segar namun kurang manis. Walaupun tidak semanis wortel lainnya, tetapi kulitnya yang tipis membuatnya mudah dikupas. Memiliki daging yang renyah dan biasanya tanpa biji.

Karena mengandung sedikit gula dan memiliki tekstur yang sedikit lebih keras, wortel ini dapat disimpan lebih lama daripada jenis wortel lainnya. Disebut juga wortel alang-alang, wortel ini berwarna orange tua juga dikenal dengan wortel supermarket yang populer. Karena mereka sempurna untuk memasak dan digunakan dalam resep-resep.

Wortel jenis ini mudah tumbuh dan cenderung kuat. Cukup menanamnya di tempat yang cerah dan tanah yang gembur dan biasanya bisa matang dalam waktu sekitar 75 hari.

2. Chantenay

Chantenay

* sumber: www.edenbrothers.com

Salah satu wortel serbaguna yang direkomendasikan oleh banyak pecinta wortel adalah wortel chantenay. Wortel jenis chantenay memiliki umbi yang berbentuk bulat dengan ujung tumpul, panjangnya berkisar antara 10-12 cm.

Kulitnya halus dengan warna orange yang cerah, dagingnya keras dan berwarna orange juga konsistensi yang segar dan berair. Saat mentah, wortel chantenay memiliki tekstur yang renyah dengan rasa manis. Lalu saat dimasak, akarnya mengembangkan tekstur yang lembut dengan tetap mempertahankan rasa manisnya.

Ada banyak varietas berbeda yang tercakup dibawah nama Chantenay, dua tipe utama yang dikenal adalah Royal Chantenay dan Red Chantenay. Ciri pembeda antar keduanya adalah warna inti dan ketumpulan pada ujungnya.

Wortel chantenay ini paling cocok untuk dikonsumsi mentah dan matang, termasuk dipanggang, rebus sampai dikukus. Dapat digunakan untuk resep apapun yang memerlukan wortel, mereka juga bisa di kalengkan, diasamkan hingga di jus, lho.

3. Nantes

Nantes

Wortel Nantes berukuran kecil sampai sedang, dengan panjang rata-rata 15-20 cm dan berdiameter 2-5 cm. Bentuknya menyerupai silinder dengan ujung yang tumpul dan bulat pada ujung batang dan non-batang. Memiliki kulit yang halus dan kencang, yang berwarna dari orange hingga orange-merah.

Dagingnya juga berwarna orange, berbutir halus, renyah dan berair dengan hanya sedikit inti. Selain renyah dan empuk, wortel nantes ini memiliki rasa yang manis dan lembut. Cocok dikonsumsi mentah dan matang, wortel tidak perlu dikupas sebelum dikonsumsi, lho.

Ada lebih dari 40 varietas wortel yang memiliki tepi bulat yang diklasifikasikan di bawah nama nantes. Varietas yang populer diantaranya termasuk Scarlet Antes, Nantes Coreless, Nantes Half Long, dan wortel Early Nantes.

Menjadi favorit karena rasanya, wortel nantes sering kali digunakan dalam aplikasi kuliner yang manis dan gurih. Konsumsi secara mentah, mereka cocok diiris dan dicampurkan kedalam salad, dijus, dan dicampur kedalam saus.

Sedangkan dalam persiapan masakan matang, wortel nantes biasa digunakan untuk dasar sup dan semur, ditumis ringan, ataupun dipanggang. Sebenarnya wortel nantes ini tidak ditanam secara komersial tetapi sangat populer untuk berkebun dan bercocok tanam dalam skala kecil untuk pasar petani.

4. Danvers

Danvers

* sumber: www.fullcircleseeds.com

Wortel Danvers ini dikembangkan di Danvers, Massachusetts pada tahun 1870 dan diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Eastern States Farmers Exchange. Danvers bisa memakan waktu 65 hingga 85 hari dari benih hingga siap dipanen. Akar bisa tumbuh sepanjang 15 hingga 18 cm. Dedaunan dan akarnya lebih panjang dari chantenay.

Dari segi bentuk dan visual, wortel dan versi ini adalah tipe yang divisualkan. Mereka panjang, kurus berisi, meruncing ke suatu titik, dan berwarna orange meskipun tersedia dalam lebih banyak variasi warna.

Danvers menjadi benih populer karena warna orange-nya yang dalam dan rasa yang kaya. Selain itu, mereka juga halus, manis, dan beraroma wangi. Mereka juga salah satu tanaman yang lebih mudah dan paling tidak rewel untuk tumbuh.

Tiga varietas wortel danvers yang populer ialah Yellowstone, Healthmaster, dan Danvers Half Long.

5. Mini/ Ball/ Round

Ball Carrots

* sumber: www.diynetwork.com

Siapa yang sudah coba konsumsi wortel jenis ini? Bentuk wortel bola atau mini ini hanya mencapai sekitar 3 hingga 4 inci, dan biasanya disajikan utuh dengan bagian atas atau daun terpasang. Varietas wortel dengan bentuk seperti lobak atau lebih kecil dari chantenay juga termasuk dalam jenis ini.

Varietas berbentuk lobak biasanya berbentuk melintang, sehingga terlihat pola lingkaran yang indah didalamnya. Babette, Romeo, dan Parisian Ball atau Parisian Market carrots adalah termasuk varietas wortel mini/ ball yang banyak orang sukai.

Memiliki rasa yang manis dan terkesan segar, wortel mini atau ball ini sebenarnya paling cocok ditanam dirumah. Karena ukuran mereka yang cenderung kecil dan hanya tumbuh dengan diameter sekitar 1-2 inci, kamu bisa menanamnya didalam pot atau wadah penyimpanan kecil lainnya.

Wortel ini bahkan dapat tumbuh dengan baik di tanah berbatu atau berat. Mereka juga hanya memerlukan 60 hari untuk berubah dari benih menjadi salad yang siap kamu konsumsi.

Pada awalnya hanya dikenal beberapa varietas wortel, namun dengan berkembangnya peradaban dan teknologi, saat ini banyak ditemukan varietas-varietas baru yang lebih unggul dari generasi sebelumnya. Wortel adalah sayuran akar yang sering diklaim sebagai makanan kesehatan yang sempurna.

Selain karena sejumlah manfaat kesehatan, mereka adalah makanan ramah penurun berat badan dan telah dikaitkan dengan menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan mata. Terlebih lagi antioksidan karotennya telah dikaitkan dengan berkurangnya resiko kanker.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menyimpan buah bersama dengan wortel, karena buah mengeluarkan gas etilen yang mudah diserap wortel. Wortel yang terpapar dengan gas etilen akan berubah menjadi pahit, dan tidak cocok untuk dimakan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *