Bacaterus / Buah / 11 Jenis Tomat yang Enak Dimakan Langsung atau Dimasak

11 Jenis Tomat yang Enak Dimakan Langsung atau Dimasak

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Buah tomat mengandung vitamin C dengan dosis yang tinggi dan menambahkannya ke dalam menu makanan adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan nutrisi. Tanpa tomat, kita tak akan mendapatkan hidangan saus atau sambal buatan sendiri, menjadikan tomat sebagai salah satu bahan yang harus ada di dapur kita.

Tomat memiliki ratusan macam, dari tomat seukuran anggur atau tomat cherry sampai tomat salad yang juicy, tomat yang berdaging tebal, dan tomat beefsteak besar yang manis. Warna tomat pun beragam, berkisar dari merah tua hingga oranye, hijau, kuning, cokelat dan ungu. Selain untuk saus, tomat juga bisa jadi camilan. Mau tahu jenis tomat apa saja yang banyak dikonsumsi di dunia? Simak yuk!

1. Tomat Anggur

Tomat Anggur (Copy)

Tomat anggur memiliki tekstur yang renyah dengan berbagai warna dan rasa yang berkisar dari manis hingga tajam. Berkat kulitnya yang lebih tebal, tomat anggur tekstur dagingnya tidak berubah ketika dimasak. Karenanya tomat ini cocok dijadikan sebagai tambahan untuk hidangan makan malam utama. Tomat ini bisa dipanggang dalam oven, dimasak dalam pasta, atau tambahan untuk bermacam steak.

Kalau kamu lebih suka rasa manis seperti permen rasa anggur merah atau sensasi tajam dari anggur kuning, tomat ini juga bagus untuk dijadikan camilan mentah yang sempurna untuk pecinta tomat yang sangat suka tomat.

2. Tomat Ceri

Tomat Ceri (Copy)

Ukuran tomat ceri kecil dan bulat seperti bentuk ceri dengan rasa yang lebih manis dibandingkan tomat beefsteak. Tomat ini cocok sekali untuk digunakan dalam salad, sate untuk dipanggang atau camilan dan dalam salad Caprese. Warna tomat ini beragam, berkisar dari warna kuning dan oranye serta merah. Orang sering tertukar antara tomat anggur dan tomat ceri karena ukurannya yang kecil.

Sebenarnya, tomat ceri dapat dibedakan dari tomat anggur karena kedua buah ini memiliki bentuk yang berbeda. Tomat anggur lebih lonjong dan sedikit lebih tajam rasanya meskipun tetap ada rasa manisnya. Kedua jenis ini juga biasanya menjadi favorit anak-anak.

3. Tomat Beefsteak

Tomat Beefsteak (Copy)

Tomat beefsteak adalah satu dari beberapa jenis tomat yang paling banyak dibudidayakan. Tekstur daging tomat ini padat dengan rasa tomat yang klasik. Jenis ini biasanya berwarna merah atau merah muda, tapi varietas tertentu dari tomat beefsteak memiliki buah berwarna ungu, hitam, atau kuning.

Berkat dagingnya dan rongga biji yang padat, tomat beefsteak tahan lama saat diiris, membuat tomat ini pilihan sempurna untuk sandwich. Cobalah gunakan tomat ini untuk membuat salat tomat dan terong.

4. Tomat Kuning

Tomat kuning (Copy)

Sejumlah varietas tomat, baik itu heirloom ataupun hibrida, menghasilkan buah tomat berwarna kuning. Tomat kuning rasanya kurang asam jika dibandingkan dengan tomat yang berwarna merah. Kandungan nilai gizinya pun berbeda. Contohnya, tomat kuning memiliki kandungan folat yang tinggi, tapi kandungan vitamin C-nya lebih sedikit dibanding tomat merah.

Tomat kuning paling banyak dikonsumsi langsung. Buah tomat kuning mentah sangat baik untuk diiris kemudian dimasukkan  ke dalam sandwich atau dicincang untuk salad. Tomat ini bisa digunakan sebagai pengganti tomat merah dalam resep apapun, panas atau dingin, dan juga dapat diproses dan dimasak untuk membuat pasta, saus tomat, atau selai tomat kuning yang unik dan lezat.

5. Tomat Roma

Tomat Roma (Copy)

Jenis tomat Roma memiliki ukuran sedang hingga lebih besar, tapi bentuknya lebih lonjong dan bukan bulat. Tomat ini memiliki keseimbangan manis dan tajamnya bagus. Terkadang orang yang melihatnya menyebut tomat ini sebagai tomat prem. Tomat Roma adalah pilihan populer untuk diproduksi kalengan karena dagingnya yang padat dan kadar airnya lebih rendah dibandingkan dengan varietas lainnya.

Tomat ini sangat ideal untuk membuat saus, sup, atau pasta tomat yang lezat. Untuk rasa yang lebih intens, cobalah panggang tomat roma dalam oven dan gunakan untuk membuat topping pesto tomat atau bruschetta yang memiliki sedikit sensasi. Dengan begitu banyak cara penggunaa dan rasa yang lezat, tomat Roma adalah tomat yang sempurna untuk digunakan dalam eksperimen makananmu!

6. Tomat Brandywine

Tomat Brandywine (Copy)

Tomat brandywine adalah tomat beefsteak yang berukuran besar dan gemuk dengan kulit tipis berwarna merah tua. Daging tomat ini berwarna sama dengan kulitnya dengan aroma yang disamakan dengan mawar. Tomat merah Brandywine tidak asam dan rasa tomatnya kuat. Buah besar ini bisa menghasilkan delapan hingga dua belas ons buah dalam kelompok 4 – 6 tanaman rambat.

Varietas tomat ini gemuk dan tidak asam, membuatnya sempurna untuk digunakan dalam banyak resep yang berbeda. Rasa tomat merah brandywine paling baik disajikan segar. Tomat ini lezat saat dimakan langsung atau ditambah dengan sejumput garam dan beberapa potong kemangi. Brandywine dapat digunakan dalam salad atau dipotong dadu dengan bahan-bahan seperti jagung segar atau semangka.

7. Tomat Momotaro Jepang

Tomat Momotaro Jepang (Copy)

Varietas ini adalah tomat hibrida yang berbentuk oblate atau elips. Biasanya tomat ini berbobot antara enam dan tujuh ons. Kulitnya tebal dan berwarna merah muda dengan warna hijau di sekitar batang. Ketika diiris, daging tomat memiliki warna yang sama dengan kulit, meskipun beberapa jenis lain berwarna lebih pucat.

Tomat ini memiliki rasa manis yang memuaskan untuk membuat orang yang memakannya merasa kenyang. Meskipun tomat ini masih belum umum di negara lain, seperti Amerika Serikat, tomat Momotaro Jepang adalah tomat yang paling populer dijual di Jepang. Tomat Momotaro dapat digunakan dalam berbagai hidangan yang berbeda dan dapat dimasak atau dimakan segar.

8. Tomat Zebra Hijau

Tomat Zebra Hijau (Copy)

Tomat zebra hijau dihiasi garis-garis vertikal yang melapisi bagian luar kulitnya yang berwarna hijau cerah. Saat sudah matang, garis-garis pada kulit akan berubah dari hijau pucat menjadi rona kuning. Tomat mungil zebra hijau memiliki diameter sekitar 2 inci dan bentuknya bulat, seperti bola. Kulitnya halus dan tidak mudah pecah. Kulit ini menutupi bagian dalam daging yang hijau dan berair.

Rasa dagingnya seperti tomat klasik dan akan menjadi tajam dan asam saat masih muda kemudian berubah menjadi manis seperti tart setelah sepenuhnya matang. Tomat zebra hijau dapat digunakan dalam bentuk mentah atau dimasak dalam banyak resep. Ukuran tomat yang mungil membuatnya ideal untuk ditambahkan ke salad, sate kebab atau diisi.

9. Tomat Campari

Tomat Campari (Copy)

Tomat Campari dianggap sebagai satu dari beberapa varietas tomat yang paling manis dan beraroma. Buah ini dikenal karena teksturnya yang unggul dan memiliki rasa asam dan manis yang seimbang, yang menjadi ciri khas tomat campari. Tomat ini diklasifikasikan sebagai tomat koktail dengan ukuran sedikit lebih besar dari tomat ceri tetapi lebih kecil dan lebih bulat dibandingkan tomat prem.

Warna tomat campari merah tua dan lebih merah dibandingkan kebanyakan tomat yang biasa ditemukan di pasaran. Itu karena tomat ini ditanam secara hidroponik dan matang di batang rambatnya sehingga tidak memerlukan pestisida. Tomat Campari bagus untuk camilan dan sering disajikan segar di atas salad, mozzarella, atau daging khusus. Tomat campari juga dapat digunakan dalam masakan.

10. Tomat Plum

Tomat Plum (Copy)

Dikenal juga sebagai tomat untuk diproses atau dibuat pasta, tomat plum memiliki bentuk yang hampir silindris dan memiliki biji yang sedikit sehingga ideal untuk diawetkan. Karenanya tomat ini menjadi bahan populer dalam saus premade dan pasta tomat, atau dipotong dadu dan diproses dalam pengalengan.

11. Tomat Amana Oranye

Tomat Amana Oranye (Copy)

Tomat ini adalah varietas tomat yang berwarna-warni dengan ukuran yang juga cukup besar. Para penyuka tomat beefsteak, pasti akan suka dengan jenis tomat ini. Tomat yang merupakan varietas heirloom dan memiliki warna oranye yang indah dengan rasa yang enak. Tomat ini sangat manis dan hampir memiliki rasa buah.

Jenis tomat ini akan cocok untuk mereka yang suka tomat berwarna dan berukuran besar. Juga suka tomat dengan rasa yang lebih ringan.

Itulah 11 jenis tomat yang umum digunakan baik untuk dikonsumsi langsung atau dimasukkan ke dalam masakan. Jenis tomat mana yang sering kamu gunakan dalam memasak?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *