Bacaterus / Telur / 5 Jenis Telur Ayam yang Ada di Pasaran Plus Contoh Olahannya

5 Jenis Telur Ayam yang Ada di Pasaran Plus Contoh Olahannya

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Desember 2019

Telur ayam merupakan salah satu sumber makanan yang paling lazim dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa telur ayam begitu disukai. Mudah didapatkan, bercita rasa lezat, serta kaya gizi adalah tiga alasan utamanya.

Telur ayam sendiri mempunyai beragam jenis, di mana beberapa di antaranya sudah lazim dijual di pasaran. Pada artikel ini, Bacaterus akan memaparkan beberapa jenis telur ayam tersebut beserta sejumlah contoh olahan telur ayam yang populer.

Jenis-Jenis Telur Ayam

Selain telur ayam negeri yang umum di pasaran, ternyata telur ayam juga memiliki beragam jenis yang berbeda. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Telur Ayam Negeri

Telur Ayam Negeri

* sumber: www.infotelurayam.com

Ini merupakan jenis telur ayam yang paling populer di pasaran. Telur ini berasal dari ayam petelur yang sengaja diternakkan oleh peternak. Terkadang, jenis telur ini juga dihasilkan dari ayam petelur yang mengalami sejumlah rekayasa genetika.

Ciri khas telur ini adalah ukurannya yang besar, serta warnanya yang cokelat keputihan. Dari segi bentuk, telur yang satu ini memiliki bentuk yang bulat lonjong. Telur ini bisa kamu temui dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket.

2. Telur Ayam Kampung

Telur Ayam Kampung

* sumber: www.fauna.id

Ini adalah jenis telur ayam lainnya yang tak kalah populer. Telur ini dihasilkan oleh ayam kampung yang dipelihara secara alami, dan tidak mengalami rekayasa genetika apa pun. Kuantitas telur yang dihasilkan ayam kampung cenderung lebih sedikit dibanding ayam petelur. Hal itu membuat harganya sedikit lebih mahal di pasaran.

Telur ayam kampung sendiri memiliki ciri khas berupa ukurannya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan telur ayam negeri. Ciri khas lainnya adalah kuning telurnya yang cenderung berwarna emas kegelapan.

Secara nutrisi, telur ayam kampung bisa dibilang cukup kaya. Dalam tiap butirnya, telur ayam kampung memiliki kandungan omega 3, lemak, protein, kalsium, karbohidrat, zat besi, dan fosfor.

3. Telur Ayam Organik

Telur Ayam Organik

* sumber: garasibu.wordpress.com

Jenis telur ini merupakan telur yang dihasilkan dari ayam yang diberi pakan khusus. Pakan yang dimaksud biasanya dibuat dari bahan-bahan yang tumbuh tanpa herbisida, pupuk komersial, dan zat kimia lainnya.

Kamu harus agak selektif untuk mendapatkan jenis telur ini. Bila ingin mendapatkan telur ayam organik berkualitas, kamu harus pastikan kalau telur tersebut telah memiliki nama atau nomor badan sertifikasi dalam kemasannya.

Ciri khas utama telur ini adalah warna kuning telurnya yang cenderung oranye. Nutrisinya sendiri bisa dibilang cukup kaya dibanding telur ayam pada umumnya, terutama dari segi protein. Telur ini cocok bagi kamu yang ingin menyantap telur dengan protein yang tinggi.

4. Telur Ayam Vegetarian

Telur Ayam Vegetarian

* sumber: shopee.co.id

Ini merupakan jenis telur yang dihasilkan oleh ayam vegetarian. Ayam vegetarian sendiri merupakan ayam yang sehari-harinya diberi pakan berbahan tumbuh-tumbuhan, seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Bagian kulit luar telur ini sama seperti telur ayam umumnya. Hanya saja, tekstur kulitnya agak sedikit lebih halus. Kuning telurnya berwarna kuning tua serta kandungan lemaknya lebih rendah. Kamu harus mengeluarkan kocek lebih dalam, lantaran harganya yang cukup mahal.

5. Telur Ayam Kate

Telur Ayam Kate

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=GLlIRJfzksc

Sesuai namanya, ini merupakan telur yang dihasilkan oleh ayam kate. Dan seperti halnya ayam kate, ukuran telur ini juga tergolong amat kecil. Adapun tekstur kulit dan warna kuning telurnya sendiri tak jauh berbeda dengan jenis telur ayam lainnya.

Cita rasa telur ini juga lezat, selezat telur ayam lainnya. Kandungan gizinya pun juga kaya. Salah satu nutrisi yang paling kentara dalam telur ini adalah zat besi. Zat ini sangat penting bagi tubuh, terutama dalam meningkatkan metabolisme tubuh, mengatur suhu tubuh, serta meningkatkan fungsi otak.

Contoh Olahan Telur Ayam

Berikut adalah beberapa contoh olahan yang dihasilkan jenis-jenis telur ayam di atas. Yuk, langsung simak saja pemaparannya di bawah ini.

1. Telur Orak-Arik

Telur Orak-Arik

* sumber: www.tipskreatif.com

Ini merupakan menu yang juga populer disebut scrambled egg. Olahan ini biasa dibuat dari telur ayam negeri. Dalam membuat menu ini, telur ayam negeri bakal dicampur bersama bahan-bahan lainnya.

Bahan-bahan makanan yang bisa kamu campur di antaranya adalah daging ayam, potongan bawang merah dan bawang putih, potongan daging ayam, garam, lada bubuk, serta kecap manis dan saus tiram (opsional). Telur ayam bersama semua bahan inu lantas diorak-arik di atas wajan hingga matang.

2. Telur Ayam Kampung Bumbu Pedas

Telur Ayam Kampung Bumbu Pedas

* sumber: www.femalesia.com

Sesuai namanya, ini merupakan olahan berbahan dasar telur ayam kampung. Telur ayam kampung pada olahan ini bakal diolah bersama potongan tahu (opsional), bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan bumbu-bumbu lainnya.

Olahan ini memiliki cita rasa yang gurih bercampur pedas. Kamu bisa menyantap makanan ini bersama dengan sepiring nasi hangat, serta lauk pauk berbahan dasar sayuran. Olahan ini sangat cocok untuk menu makan siang atau pun makan malam.

3. Salad Telur dengan Kentang

Salad Telur dengan Kentang

* sumber: cookpad.com

Olahan yang satu ini cocok bagimu yang sedang diet, namun tetap ingin makan telur. Pada olahan ini, telur yang dipakai sebetulnya bisa apa saja. Namun, sebagai rekomendasi, kamu bisa memakai telur ayam organik atau vegetarian sebagai bahan utamanya.

Ini tak lepas dari kandungan gizinya yang tinggi pada kedua telur tersebut. Adapun cara membuat olahan ini adalah dengan merebus telur ayam terlebih dahulu. Telur harus direbus selama 7 menit lamanya.

Sambil menunggu telur matang, rendamlah kentang dalam panci berisi air dingin selama 8 menit. Setelah itu, lumuri kentang dengan dua sendok makan minyak zaitun, serta taburilah garam dan lada secukupnya.

Pangganglah kentang yang sudah dilumuri tersebut hingga matang. Bila sudah matang, sajikan kentang tersebut di atas piring bersama telur yang sudah direbus sebelumnya. Sebelum ditaruh di atas piring, usahakan telur tersebut telah dipotong dua bagian.

Untuk menemani telur dan kentang tersebut, tambahkanlah potongan asparagus yang telah dilumuri zaitun dan garam, serta cincangan kacang almond.

4. Frittata

Frittata

* sumber: www.realsimple.com

Seperti olahan sebelumnya, olahan yang satu ini juga cocok untukmu yang ingin makan telur, tapi sedang diet. Olahan ini dibuat dari empat butir telur, seperempat cangkis susu, keju parut, jus tomat, bayam, dan beragam sayuran hijau lainnya.

Telur yang dipakai bisa telur ayam organik maupun telur ayam vegetarian. Namun, kamu juga bisa memakai jenis telur ayam lainnya. Olahan ini sangat cocok disantap di waktu pagi sebagai menu sarapan atau sebagai santapan di waktu malam.

Nah, itulah bahasan singkat mengenai jenis-jenis telur ayam yang ada di pasaran beserta contoh olahannya. Jika kamu suka dengan telur ayam, kamu bisa mencoba mengolah bahan makanan ini menjadi salah satu olahan telur yang paling populer di Indonesia.

Dapatkan juga banyak informasi menarik lain seputar telur ayam dan telur-telur hewan lainnya hanya di sini. Kamu bisa mengetahui jenis telur terbesar di dunia, manfaat telur untuk kecantikan, dan lain sebagainya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *