Bacaterus / Makanan Jepang / 12 Jenis Sushi yang Paling Enak dan Terkenal di Jepang

12 Jenis Sushi yang Paling Enak dan Terkenal di Jepang

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sushi merupakan salah satu kuliner Jepang yang banyak jenisnya. Jika kamu berkunjung ke restoran Jepang yang asli, kamu mungkin akan melihat banyak jenis sushi. Apakah kamu sudah tahu nama-nama sushi tersebut? Kalau belum dan penasaran ingin tahu, berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis sushi di Jepang. Ada 12 jenis sushi yang dibahas. Simak, ya.

1. Maki

Maki

* sumber: www.zojirushi.com

Dikenal juga sebagai “norimaki,” makizushi atau maki sushi adalah jenis sushi yang terdiri nasi dan bahan-bahan lain yang dibuat dengan cara digulung dalam lembaran rumput laut nori lalu dipotong kecil-kecil. Makizushi dipercaya muncul pada awal 1700-an, segera setelah lembaran nori ditemukan.

Dalam bahasa Jepang nama norimaki terdiri dari dua kata yaitu maki dan nori. Maki artinya menggulung dan nori yang merujuk pada lembaran rumput laut nori panggang yang digunakan untuk membungkus bahan. Sebelum disajikan, makizushi sering dipotong-potong, tapi juga bisa disajikan utuh.

Makizushi bisa dimakan menggunakan tangan atau dengan sumpit. Yang membedakan makizushi dari jenis sushi lainnya adalah dalam satu gulungan kamu bisa menikmati beberapa rasa yang berbeda. Ada beberapa jenis makizushi, tidak hanya berdasarkan bahannya saja, tapi juga dari ketebalan gulungnya.

Seluruh kelompok makizushi terdiri dari berbagai jenis sushi seperti hosomaki, futomaki, uramaki, chumaki, dan temaki. Biasanya sushi roll diiris menjadi enam sampai delapan bagian.

2. Nigiri

Nigiri

* sumber: www.thedailymeal.com

Nigiri merupakan jenis sushi yang terdiri dari irisan tipis ikan mentah yang dilekatkan di atas nasi sushi. Jika kamu tak bisa makan ikan mentah, ada nigiri yang diberi  ikan yang dimasak atau dibakar. Beberapa jenis nigiri dibungkus dengan rumput laut, seperti kani (daging kepiting) atau unagi (belut) nigiri.

Jenis sushi ini merupakan bentuk sushi yang lebih tradisional dan bisa menjadi cara yang bagus untuk mencoba beberapa jenis ikan. Jenis nigiri yang umum seperti ahi (tuna), sake (salmon), dan ebi (udang), tapi ada banyak jenis yang berbeda.

Biasanya nigiri disajikan berpasangan, jadi biasanya pesanan akan terdiri dari dua potong. Namun, beberapa restoran akan menawarkan 6-12 buah dalam satu piring.

3. Uramaki

Uramaki

* sumber: kakuwaikiki.com

Jenis maki yang lainnya adalah uramaki, yang dikenal sebagai sushi “luar-dalam”. Ini jenis sushi yang berbeda karena nasinya berada di luar dan norinya membungkus isiannya. Uniknya, uramaki ini asalnya dari Los Angeles, jadi tidak mengherankan kalau maki ini di Amerika jadi jenis sushi paling populer.

Bahkan untuk kamu yang baru tahu tentang makanan khas Jepang, sepertinya kamu pasti sudah akrab dengan California roll yang terkenal tersebut. Namun, popularitas uramaki di Jepang ini masih dibayang-bayangi oleh sejenisnya yang lebih tradisional.

4. Chirashi

Chirashi

* sumber: sabrinacurrie.com

Dalam bahasa Jepang, definisi dasar untuk kata chirashi yaitu “tersebar”. Jadi itu chirashi jenis sushi seperti apa? Ini adalah semangkuk nasi sushi, yang diberi bumbu cuka beras, kemudian diberi berbagai macam ikan mentah dan hiasan yang berbeda di atasnya.

Biasanya koki yang memilih ikan mentah yang digunakan dalam hidangan ini. Chirashi cukup sederhana dan dapat dibuat dengan mudah, dan sushi ini makanan yang enak untuk dimakan. Di Jepang, topping yang berbeda ditambahkan pada hidangan ini. Itu bergantung di daerah mana sushi ini disajikan.

Biasanya, chirashi disantap saat Hinamatsuri atau disebut juga Doll Day atau Girls Day, yaitu hari perayaan Jepang yang dirayakan tiap tanggal 23 Maret. Sushi chirashi tidak banyak tersedia di luar Jepang seperti jenis sushi lainnya karenanya sering kali tidak dikenali oleh orang asing sebagai sushi.

5. Temaki

Temaki

* sumber: theculturetrip.com

Yang membuat jenis sushi ini sangat keren adalah karena temaki digulung dengan tangan sedangkan sushi gulung standar yang lain, seperti maki dan uramaki, digulung dengan bantuan penggulung yang terbuat dari bambu.

Temaki bentuknya berbeda, yaitu berbentuk kerucut dan lebih besar dari sushi roll pada umumnya. Karenanya ketika kamu memesan temaki, kamu mungkin hanya mendapatkan satu sushi gulung penuh. Namun bergantung pada restorannya, kamu mungkin bisa dapatkan dua atau tiga item.

6. Temari

Temari

* sumber: asianinspirations.com.au

Jenis sushi tradisional lainnya yaitu temarizushi. Temari jika diterjemahkan secara langsung menjadi “bola tangan.” Itu karena sushi ini memiliki bentuk bola tangan gulung yang kecil. Temari merupakan jenis sushi yang kurang populer dan kebanyakan dibuat di rumah untuk perayaan.

Karena ukurannya yang kecil, temari merupakan makanan ukuran kecil yang enak. Temari merupakan sushi yang dibuat dari nasi cuka yang dibentuk bola bulat kecil dan di atasnya dilapisi ikan. Biasanya, ikannya adalah salmon mentah, tetapi salmon asap dan ikan lainnya juga bisa digunakan.

Seringkali sushi ini penuh dengan warna dan dekorasi. Ini merupakan makanan populer untuk pesta dan piknik, dan kerap dibuat untuk perayaan hari anak perempuan yang dikenal sebagai Hinamatsuri. Temari untuk piknik, lebih baik menggunakan seafood yang diawetkan atau dimasak  daripada sashimi mentah.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Sushi Sederhana yang Enak

7. Inari

Inari

* sumber: www.riceandcoconut.com

Inari-zushi sangat berbeda dari jenis sushi lain yang disebutkan di atas. Jenis paling umum dari sushi ini tidak mengandung ikan dan rasanya cukup manis. Inari adalah aburaage atau tahu goreng yang berbentuk kantong yang telah direbus dengan bumbu mirin, kecap, dashi, dan gula.

Inari merupakan nama dewa Shinto yang dikatakan menyukai tahu. Kantong inari yang berbumbu biasanya diisi dengan nasi sushi cuka untuk membuat hidangan yang manis, sedikit asam, dan berair. Selain itu, inari-zushi juga bisa diisi dengan nasi yang dicampur dengan bahan lain.

Sushi ini juga bisa menggunakan bahan lain seperti jamur, udang rebus, cumi-cumi, kucai atau irisan telur dadar. Inari menjadi makanan yang populer untuk bento serta cemilan untuk piknik dan pesta karena mudah dibuat dan dibawanya.

8. Futo-maki

Futo-maki

* sumber: www.reddit.com

Sushi gulung ini bentuknya lebih tebal. Futo-maki di wilayah Kansai, dibuat dengan 1 setengah lembar nori sedangkan di wilayah Kanto hanya memakai satu lembar saja. Juga di Kanto norinya dipanggang, tapi di Kansai tidak.

Alasan untuk tidak memanggang adalah karena nori mentah yang lembut dan baru dikeringkan itu  mudah ketika diberi nasi cuka dan tidak mudah sobek. Gulungan futo-maki yang khas adalah Goshu-goshoku (5 jenis, 5 warna) termasuk kanpyo, jamur shiitake, ikan cincang, telur dadar, dan bayam.

Di Kansai lebih banyak menggunakan nasi cuka sehingga gulungannya sangat tebal. Berbeda dengan di Kanto bahan lain dan nasi cuka seimbang dan gulungannya lebih tipis.

9. Kakinoha

Kakinoha

* sumber: pen-online.com

Sushi kakinoha merupakan jenis sushi yang lain yang lain dibungkus daun. Jenis sushi ini berasal dari wilayah Nara di Jepang barat dan asalnya dari zaman Edo. Versi ini dibungkus dengan daun kaki atau kesemek.

Nara merupakan daerah yang terkurung daratan sehingga makanan laut segar sering dibungkus menggunakan daun kesemek selama pengangkutan sebelum zaman lemari es. Selain bisa digunakan untuk mengawetkan ikan dengan sifat antibakterinya, daun kesemek aromanya juga lembut.

Kakinoha paling sering dibuat dengan menempatkan mackerel atau salmon di atas nasi, tapi juga bisa menampilkan bahan lain seperti belut atau udang. Kakinoha adalah omiyage atau suvenir yang populer bagi pengunjung kawasan ini, dan tersedia di stasiun kereta api dan department store setempat.

10. Tempura Roll

Tempura Roll

* sumber: www.yokiro.com.mx

Tempura roll merupakan menu yang umum di tempat sushi adalah. Pada dasarnya tempura roll adalah sushi maki atau uramaki yang digoreng. Tempura sendiri adalah cara menggoreng ikan atau sayuran dengan adonan cair yang terbuat dari tepung, air, dan telur.

Dengan kata lain, kecintaan orang barat pada segala macam gorengan bahkan sampai pada dunia sushi. Mungkin tempura roll udang adalah tempura roll yang paling populer di luar Jepang, tetapi beberapa sushi gulung yang spesial adalah Tiger Rolls, Crunch Rolls, dan Dragon Rolls.

11. Oshi

Oshi

Seperti yang kita ketahui, Jepang merupakan negara dengan masakan daerah yang beragam. Salah satu jenis sushi yang berasal dari Osaka yaitu oshizushi atau sushi oshi, yang artinya sushi kotak atau sushi yang ditekan.

Sebenarnya jenis sushi ini adalah salah satu bentuk sushi tertua, penerus narezushi, yang muncul dari metode pengawetan ikan dengan mengemasnya secara rapat dalam kotak nasi yang difermentasi. Tiap potongan sushi terlihat seperti sandwich nasi kecil.

Biasanya, oshizushi dihidangkan dalam kotak Bento dan diberikan sebagai hadiah untuk acara-acara khusus. Bahan yang umum digunakan adalah salmon, ampela shad, mackerel, dan daun bambu.

12. Gunkan Maki

Gunkan Maki

Gunkan maki merupakan jenis lain dari maki dan ditemukan pada tahun 1940-an di restoran sushi Ginza. Sushi ini dibuat dengan menggunakan potongan nori lebar untuk membungkus bola nasi dan di bagian atasnya disisakan ruang yang cukup untuk diisi dengan berbagai bahan.

Nama sushi ini diterjemahkan sebagai sushi kapal tempur atau kapal perang karena bentuknya yang menyerupai kapal kecil. Topping populer untuk gunkan maki di antaranya cumi-cumi, uni sea urchin, negitoro, telur salmon, kanimiso (otak kepiting yang dicampur) dan salad kentang.

Bagaimana? Apakah kamu jadi lapar karena bahasan mengenai jenis-jenis sushi di atas? Mungkin kamu pernah melihat sebagian dari sushi tersebut tapi kurang tahu namanya. Tertarik untuk makan sushi hari ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *