Bacaterus / Sepatu Roda / 10 Jenis Sepatu Roda yang Paling Sering Dijual di Pasaran

10 Jenis Sepatu Roda yang Paling Sering Dijual di Pasaran

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Agustus 2019

Sepatu roda adalah sejenis sepatu yang dilengkapi dengan roda agar dapat meluncur ketiga digunakan. Sepatu ini biasanya digunakan untuk tujuan rekreasi dan olahraga. Sepatu roda tersedia untuk semua golongan, mulai dari balita, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Umumnya sepatu roda dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu sepatu roda roller (beroda empat seperti pada kendaraan roda empat) dan sepatu roda inline (roda yang berjumlah tiga hingga empat buah dipasang di tengah sepatu roda. Berikut adalah jenis-jenis sepatu roda yang perlu diketahui.

Sepatu Roda Roller

Sepatu roda roller (roller skates) adalah sepatu roda yang memiliki roda lebar yang berjumlah empat buah. Di bawah ini adalah jenis-jenis sepatu roda roller yang ada di pasaran.

1. Sepatu Roda Speed

Ini adalah salah satu jenis sepatu roda yang paling populer di dunia. Seperti namanya, sepatu roda yang dibekali fitur sepatu berpotongan rendah (boot) yang pas seperti sepatu tenis ini didesain secara khusus untuk dapat melaju dengan cepat.

Sepatu roda speed sangat populer di pasaran karena kebebasan bergerak yang mereka tawarkan di pergelangan kaki, sehingga cocok digunakan untuk skating dan speed skating.

Sepatu roda ini juga dibekali dengan roda dan bantalan (bagian yang membuat roda berputar) yang bergaya kecepatan yang memungkinkan para skater untuk meluncur lebih cepat dan lebih lama. Sepatu jenis ini bisa ditemukan di Bukalapak lewat link ini.

2. Sepatu Roda Outdoor

Sepatu roda outdoor adalah jenis sepatu roda yang penggunaannya hanya untuk di luar ruangan saja. Sepatu roda ini tersedia dalam pilihan bot atas rendah dan bot atas tinggi. Selain itu, roda sepatu roda outdoor ini dirancang secara khusus agar dapat digunakan di atas permukaan yang tidak halus.

Secara garis besar, satu-satunya perbedaan antara sepatu dalam indoor dan sepatu roda outdoor terletak pada roda. Roda sepatu roda outdoor dibuat lebih lebih lembut dan lebih menyerap yang memungkinkannya berjalan lebih mulus di atas permukaan yang tidak begitu mulus.

3. Sepatu Roda Indoor

Sepatu roda indoor atau kadang-kadang disebut sebagai sepatu roda artistik, sepatu roda rekreasi, atau sepatu roda tradisional merupakan sepatu roda gaya tradisional yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin bermain skating di arena skating, menari artistik (seperti di ice skating), hingga skating berirama.

Sepatu roda indoor dibekali fitur bot tinggi yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengontrol pergerakan mereka dengan baik saat melakukan putaran atau lompatan. Roda pada sepatu roda ini dibuat lebih sempit yang memungkinkan perputaran yang mudah dan kemampuan bermanuver dengan baik.

4. Sepatu Roda Roller Derby

Roller derby adalah sejenis olahraga tangguh yang membutuhkan sepatu roda yang sama tangguhnya. Olahraga ini pertama kali muncul di tahun 1930-an dan kemudian berkembang dengan cepat.

Sepatu roda Roller Derby biasanya memiliki bot berpotongan rendah yang memiliki jari-jari kaki yang diperkuat serta roda yang lebih lekat untuk memastikan pengguna memiliki pegangan yang tepat.

Selain membutuhkan sepatu roda dengan daya tahan yang bagus, olahraga Roller Derby juga membutuhkan sepatu roda yang bisa naik ke level cepat dengan sangat cepat serta mampu bertahan saat melalui tikungan yang sempit.

5. Sepatu Roda Anak

Tidak hanya bagi orang dewasa, sepatu roda juga tersedia untuk anak-anak yang ingin bermain skating. Sepatu roda anak tentu saja dirancang secara khusus agar nyaman dan aman digunakan oleh anak-anak. Sepatu roda ini dibuat agar tidak berjalan secepat sepatu roda orang dewasa. Jika tertarik membelinya, silakan kunjungi Bukalapak lewat link ini.

Sepatu Roda Inline

Sepatu roda inline (inline skates) adalah jenis sepatu roda yang memiliki tiga hingga empat buah roda di bagian tengah sepatu roda yang bentuknya lebih tipis dari sepatu roda roller. Berikut adalah jenis-jenis sepatu roda inline yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

1. Sepatu Roda Inline Rekreasi

Ini adalah jenis sepatu roda inline yang paling populer. Seperti namanya, sepatu roda ini didesain bagi siapa pun yang ingin pergi jalan-jalan keluar dan menikmati semua hal yang ditawarkan oleh sepatu roda inline jenis ini.

Sepatu roda ini memiliki bot tinggi yang dapat menunjang kaki dan pergelangan kaki dengan sangat baik. Sepatu roda ini juga sangat nyaman sehingga para skater dapat berseluncur dalam waktu yang lama.

2. Sepatu Roda Inline Fitness

Seperti namanya, sepatu roda inline fitness dirancang secara khusus untuk mereka yang berusaha memanfaatkan sepatu roda mereka untuk mendapatkan kebugaran tubuh. Singkatnya, sepatu roda inline fitness atau kebugaran adalah sepatu roda inline rekreasi yang kinerjanya ditingkatkan.

Sepatu roda inline ini memiliki rancangan yang hampir mirip dengan sepatu roda inline rekreasi, dengan pengecualian bahwa sepatu roda inline fitness lebih dimaksudkan untuk mereka yang ingin bermain skating dalam jarak yang lebih jauh. Sepatu roda ini biasanya memiliki bantalan yang lebih cepat dan roda yang lebih besar.

3. Sepatu Roda Inline Roller Hockey

Ini adalah sepatu roda inline yang dibuat untuk mereka yang bermain olahraga roller hockey. Olahraga ini cukup populer di dunia dan dimainkan di sekitar 60 negara di seluruh dunia. Sepatu roda inline roller hockey dirancang untuk menahan perlakuan kasar yang merupakan sifat dari olahraga tersebut.

Desain sepatu roda ini sangat mirip dengan sepatu roda ice hockey. Sepatu roda inline roller hockey memiliki bot yang dibuat dengan kulit dan jahitan yang diperkuat, dengan beberapa menggunakan bahan tambahan seperti serat karbon atau plastik untuk menyempurnakan sepatu bot.

Selain itu, sebagian besar frame sepatu roda inline roller hockey terbuat dari aluminium tingkat pesawat (airplane grade) yang mampu memberikan peningkatan daya tahan dan bobot yang lebih rendah.

4. Sepatu Roda Inline Racing

Sepatu roda inline racing atau balap adalah sepatu roda yang dirancang untuk melaju dengan cepat. Sepatu bot pada sepatu roda jenis ini dirancang sedemikian rupa agar bisa sepas mungkin dengan kaki pengguna. Dengan demikian, hambatan angin bisa berkurang dan pengguna bisa melaju dengan cepat.

Roda-roda sepatu roda inline racing ini mudah dipertukarkan untuk memungkinkan para skater meluncur di dalam ruangan atau di luar ruangan.

5. Sepatu Roda Inline Urban/Street

Ini adalah salah satu jenis sepatu roda inline baru yang semakin populer. Sepatu roda ini pada dasarnya adalah campuran dari sepatu roda bergaya rekreasi (fungsinya) dan agresif (tampilan dan nuansanya).

Sepatu roda inline jenis ini memiliki pengaturan roda dan bantalan seperti yang ditemukan pada sepatu roda rekreasi, tetapi dengan desain bot yang dapat menahan trik, lompatan, dan jenis bantingan apa pun yang ingin dimainkan saat  sedang skating di jalanan perkotaan.

Nah, itulah jenis-jenis sepatu roda yang perlu diketahui. Saat ini penggunaan sepatu roda sudah cukup meluas hingga ke pedesaan. Harga sebuah sepatu roda di pasaran pastinya berbeda-beda tergantung merk, kualitas, fitur, dan lain sebagainya. Jadi, mana sepatu roda yang akan Anda beli?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar