Bacaterus / Buah / Inilah Jenis-Jenis Semangka Paling Enak dan Kaya Nutrisi

Inilah Jenis-Jenis Semangka Paling Enak dan Kaya Nutrisi

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Siapa di sini yang tidak mengenal buah semangka? Orang-orang yang tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia pasti tahu buah ini. Semangka dikenal sebagai buah yang memiliki kadar air tinggi (lebih dari 90%) sehingga cocok dikonsumsi saat dehidrasi. Buah yang sangat menyegarkan ini memiliki ukuran yang besar sehingga satu buah semangka bisa dibagi-bagi untuk belasan hingga puluhan orang.

Di dunia ini terdapat lebih dari 500 varietas semangka yang berbeda, yang sebagian besar mungkin belum pernah kamu lihat atau rasakan. Umumnya jenis-jenis buah semangka ini memiliki daging yang manis, memuaskan rasa haus, dan terbungkus oleh kulit yang keras dan tebal.

Beberapa jenis semangka juga memiliki kandungan gula yang lebih tinggi sehingga rasanya lebih manis serta memiliki warna kulit dan daging yang berbeda. Mayoritas dari kita mungkin hanya akrab dengan semangka hijau dengan daging merah ruby yang cerah, padahal ada juga loh semangka yang dagingnya berwarna merah muda, kuning, dan bahkan oranye.

Ukuran buah semangka juga bervariasi, mulai kurang dari 1 kg untuk semangka berukuran kecil hingga lebih dari 90 kg untuk semangka raksasa. Pada dasarnya di dunia ini terdapat empat jenis semangka, yaitu semangka tanpa biji, semangka piknik, semangka icebox, dan semangka berdaging kuning / oranye.

Masing-masing kategori semangka yang lebih besar ini juga mencakup jenis semangka dengan nama yang lebih spesifik. Nama setiap varietas semangka di setiap negara kemungkinan berbeda-beda. Sebelum lanjut ke bahasan utama mengenai jenis-jenis buah semangka, ketahui dulu beberapa manfaat mengkonsumsi buah semangka ini.

Nilai Nutrisi Semangka

* sumber: pixabay.com

Semangka sebagian besar terdiri dari air (91%) dan karbohidrat (7,5%). Buah ini hampir tidak menyediakan protein atau lemak dan sangat rendah kalori. Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram semangka mentah adalah:

  • Kalori: 30
  • Air: 91%
  • Protein: 0.6 grams
  • Karbohidrat: 7.6 grams
  • Gula: 6.2 grams
  • Serat: 0.4 grams
  • Lemak: 0.2 grams

Beberapa Manfaat Semangka

* sumber: pixabay.com

Kandungan air yang sangat tinggi pada buah semangka bisa dimanfaatkan sebagai penghilang dehidrasi saat air minum tidak tersedia. Kombinasi antara air dan seratnya berarti kamu makan dengan volume makanan yang baik tanpa banyak kalori sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Semangka juga adalah buah dengan tingkat kalori yang rendah, hanya 30 kalori per 100 gram daging semangka mentah. Vitamin dan senyawa tanaman bermanfaat yang dikandung semangka juga banyak, seperti Vitamin C, Vitamin A, Potasium, Magnesium, Vitamin B1, B5, dan B6.

Semangka juga kaya akan karotenoid, termasuk beta-karoten dan likopen. Plus, ia mengandung citrulline, asam amino yang penting. Likopen misalnya, adalah jenis karotenoid yang tidak berubah menjadi vitamin A. Antioksidan kuat ini memberikan warna merah untuk makanan nabati seperti tomat dan semangka dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan seperti mampu menjaga kesehatan jantung dan kesehatan tulang.

Ringkasnya semangka adalah buah rendah kalori yang mengandung banyak nutrisi, terutama karotenoid, vitamin C dan cucurbitacin E (senyawa tanaman dengan efek antioksidan dan anti-inflamasi).

Jenis-Jenis Semangka

Di bawah ini adalah beberapa kategori umum dari buah semangka yang ada di pasaran. Nama buah semangka yang khusus untuk setiap varietas mungkin berbeda di setiap negara.

1. Semangka Tanpa Biji

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/stevendepolo/

Waktu kecil kamu pasti pernah berkeyakinan bawah biji semangka yang kita makan akan tumbuh di dalam perut. Ternyata hal itu tidak benar. Dan walaupun demikian kita tetap memakannya karena tidak ingin ribet-ribet membuang biji semangka yang banyak. Nah, jika kamu tidak suka memakan semangka berbiji, coba saja buah semangka tanpa biji ini.

Varietas semangka tanpa biji pertama kali diperkenalkan ke pasaran pada tahun 1990-an. Pembiakan yang berkelanjutan akhirnya berhasil menciptakan semangka tanpa biji yang semanis varietas semangka berbiji yang sering kita konsumsi. Akan tetapi, hal itu belum banyak meningkatkan perkecambahan biji rendah.

Menanam jenis semangka tanpa biji sedikit lebih kompleks daripada hanya menanam benih dan membiarkannya bertunas. Benih harus dijaga pada suhu konstan 32 C sampai tumbuh muncul ke permukaan. Terlepas dari namanya yang mudah dimakan, semangka tanpa biji ini memiliki biji kecil yang kurang dikembangkan.

Semangka jenis ini biasanya berbobot mulai dari 4 kg hingga 9 kg dan matang dalam waktu sekitar 85 hari. Beberapa varietas semangka tanpa biji yang paling umum adalah semangka Millionaire, Nova, Crimson, dan Queen of Hearts.

2. Semangka Piknik

* sumber: www.ipernity.com

Semangka piknik biasanya memiliki berat 5 hingga lebih dari 20 kilogram. Umumnya semangka piknik berbentuk bulat, lonjong, atau oval. Diberi nama demikian karena semangka jenis ini biasanya dibawa orang-orang dalam kegiatan rekreasi mereka. Karena ukurannya yang besar pula semangka piknik cukup untuk dibagikan ke banyak anggota keluarga.

Semangka piknik adalah semangka yang paling umum kita kenal, dari mulai bentuk, kulitnya yang berwarna hijau secerah, daging merah tua. Beberapa varietas semangka piknik yang populer adalah semangka Allsweet, Black Diamond, Crimson Sweet, dan Jubilee. Pernah piknik bersama keluarga dan membawa buah semangka?

3. Semangka Kulkas/Icebox

* sumber: commons.wikimedia.org

Dinamakan semangka kulkas karena ukuran buah semangka ini berkisar antara 2 hingga 6 kilogram yang memungkinkannya untuk lebih mudah dimasukan ke dalam lemari es atau kulkas. Jika kamu tinggal sendirian atau bersama keluarga kecil dan ingin menikmati buah semangka, maka semangka icebox adalah pilihan yang tepat untuk dibeli.

Contoh varietas semangka yang masuk kelompok semangka kulkas adalah Sugar Baby dan Tiger Baby. Semangka Sugar Baby yang memiliki kulit hijau tua dan daging merah manis pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957. Untuk Tiger Baby, varietas buah semangka ini memiliki daging berwarna emas ketika matang (dalam waktu sekitar 75 hari).

4. Semangka Berdaging Kuning/Oranye

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/byrawpixel/

Semangka jenis ini memiliki daging berwarna kuning atau oranye, meskipun bagian luarnya terlihat persis seperti semangka piknik. Warna daging yang berbeda dari buah semangka pada umumnya ini disebabkan oleh perbedaan kandungan antioksidan. Varietas semangka kuning atau oranye memiliki lebih banyak beta-karoten daripada lycopene.

Semangka jenis ini biasanya berbentuk bulat dan datang dengan biji atau tanpa biji. Untuk matang dan siap dikonsumsi, semangka kuning atau oranye membutuhkan waktu sekitar 75 hari. Beberapa varietas populer semangka ini adalah semangka Yellow Baby dan semangka Desert Gold. Sedangkan untuk varietas tanpa bijinya meliputi semangka Chiffon dan Honeyheart.

Nah, itulah beberapa jenis umum semangka beserta kandungan nutrisi dan khasiatnya. Ternyata selain menyegarkan (terutama dimakan di siang hari yang panas), semangka juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah semangka dapat dengan mudah kita beli di toko buah atau di pasar.

Tertarik untuk menanam buah semangka? Jangan lupa untuk membeli benih-benih buah semangka hanya di Bukalapak melalui link ini. Di Bukalapak tersedia berbagai macam benih semangka dengan harga yang kompetitif. Yuk segera klik link di atas untuk mendapatkan benih buah semangka yang diinginkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar