Bacaterus / Buah / Inilah 9 Jenis Sawo yang Enak dan Baik untuk Kesehatan

Inilah 9 Jenis Sawo yang Enak dan Baik untuk Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di Indonesia kamu pasti sering melihat pohon sawo atau bahkan mencobanya, tetapi apakah kamu tahu ada banyak jenis-jenis dari pohon sawo yang bisa kamu nikmati, dari buahnya yang berwarna kuning terang hingga yang berwarna hitam.

Tertarik untuk mencicipi buah sawo? Sebelumnya baca ulasan tentang jenis-jenis sawo beserta manfaatnya berikut ini yuk!

1. Sawo Mentega – Pouteria campechiana

Sawo Mentega

Sawo mentega atau terkadang di sebut juga dengan sawo belanda merupakan buah sawo yang berasal dari Amerika Tengah, tepatnya di Meksiko bagian Selatan. Tetapi saat ini buah sawo mentega telah menyebar ke berbagai negara dan juga telah dibudidayakan, termasuk di  Indonesia.

Pohon sawo mentega memiliki tinggi sekitar 30 meter, walaupun kebanyakan biasanya hanya memiliki tinggi 20 meter. Buah sawo mentega memiliki penampilan yang sangat mencolok, hal itu karena kulit dan daging buahnya berwarna kuning cerah. Kulitnya memiliki tekstur yang licin seperti berlilin.

Pohon ini biasanya dijadikan pohon peneduh juga sebagai penghias taman. Buah sawo mentega berkhasiat untuk antimikroba dan juga antiperadangan jika kamu memakannya secara teratur. Selain itu sawo mentega juga memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk mencegah flu dan batuk.

2. Sawo Kecik – Manilkara kauki

Sawo Kecik

Sawo kecik sering disebut juga sawo jawa. Pada masyarakat Yogyakarta, sawo ini biasanya sering ditanam oleh seorang yang merupakan abdi dalem kraton. Sawo ini diperkirakan berasal dari India dan tanaman ini juga telah dibudayakan di Indonesia, kecuali di Kalimantan.

Pohon sawo kecik biasanya berukuran sekitar 25 m, dan buahnya sendiri berbentuk bulat telur yang sungsang dan berukuran kecil. Buah sawo kecik memiliki kulit yang tipis, sehingga mudah bagi kamu untuk mengupasnya. Sawo kecik juga memiliki rasa manis dan sepat di saat kamu memakannya.

Selain dapat diambil buahnya, batang dari pohon sawo kecik ini sering digunakan sebagai perabot rumah tangga, dan juga dipergunakan sebagai bahan pembuatan karya seni ukir, patung, serta peralatan musik. Pohon sawo kecik ini termasuk pohon yang dapat bertahan di daerah yang ekstrim.

3. Sawo Duren – Chrysophyllum cainito

Sawo Duren

Sawo ini dikenal dengan berbagai nama di beberapa daerah, dari sawo apel, sawo hejo, sawo kadu dan masih banyak lagi. Sawo ini diperkirakan berasal dari dataran rendah Amerika Tengah dan juga Hindia Barat, sampai akhirnya menyebar dan sampai juga ke Indonesia.

Tinggi pohon sawo duren ini sekitar 30 meteran dan cepat sekali pertumbuhannya. Buah sawo ini berbentuk bundar dan memiliki tekstur yang licin. Buahnya memiliki dua warna yaitu warna hijau dan coklat yang keunguan. Kulit dari sawo ini tebal, dan dagingnya berwarna putih lebut dan rasanya manis.

Buah sawo ini dapat dimakan langsung atau juga bisa digunakan menjadi olahan untuk es krim dan serbat. Pohon sawo duren biasa ditanam sebagai pohon peneduh di taman-taman. Bagian dari pohonnya banyak memiliki manfaat seperti sebagai obat diabetes, batuk, juga rematik.

4. Sawo Mentimun – Manilkara zapota

Sawo Mentimun

Sawo mentimun merupakan sebuah varietas baru dari buah sawo. Sawo mentimun memiliki bentuk yang tidak seperti sawo pada umumnya, yang berbentuk bundar atau lonjong seperti telur. Sawo ini memiliki bentuk lonjong memanjang seperti mentimun.

Walaupun dikatakan sawo mentimun tetapi rasanya sama sekali tidak mirip mentimun, rasanya tetap segar seperti buah sawo yang lainnya. Sawo ini memiliki kulit buah yang berwarna coklat dan kasar. Ukurannya yang besar membuat sawo ini memiliki daging buah yang cukup tebal.

Sawo mentimun juga memiliki berbagai manfaat kesehatan jika kamu memakannya secara teratur. Sawo mentimun memiliki kamdungan vitamin A, yang dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu terdapat vitamin E untuk mencegah penuaan dini. Sawo ini juga bagus untuk saluran pencernaanmu.

5. Sawo Putih – Casimiroa edulis

Sawo Putih

Sawo putih merupakan buah sawo yang berasal dari Mexico, kostarika, dan juga Amerika Tengah.  Sawo ini merupakan tanaman dari daerah sub tropis, sehingga kamu bisa menanamnya di daerah yang bersalju, tetapi bisa pula ditanam di daerah dataran rendah yang beriklim tropis.

Buah dari sawo putih ini bentuknya bundar dan berwarna hijau kekuningan dengan ukuran buahnya memiliki diameter 5-10 centimeter. Daging buahnya memiliki warna putih dan memiliki perpaduan rasa manis yang unik. Perpaduan rasanya antara rasa pisang, peach dan juga buah pir.

Buah sawo putih memiliki beragam khasiat bagi kesehatan kamu, satu diantaranya adalah dapat membantu menyembuhkan diare, sariawan, disentri, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu buah sawo ini sangat bagus untuk orang yang mengalami insomnia, zat yang terkandung di dalam buahnya memberikan efek mengantuk bagi siapa saja yang memakannya.

6. Sawo Manila – Manilkara zapota

Sawo Manila

Sawo manila memiliki banyak ragamnya, selain itu juga termasuk pohon yang umurnya cukup panjang. Sawo manila merupakan buah yang berasal dari Meksiko, Guatemala. Pohon sawo ini dibawa penjajah Spanyol dari Meksiko ke Filipina, lalu menyebar di  Asia Tenggara.

Pohon sawo ini tingginya bisa mencapai 30 – 40 meter, dengan batangnya yang memiliki tekstur yang kasar dengan warna abu kehitaman. Bentuk buahnya lonjong seperti telur dengan kulitnya yang berwarna coklat, dan memiliki rasa yang manis serta banyak mengandung sari buah.

Selain memberikan kesegaran, tanaman sawo manila juga memiliki banyak manfaat. Getah pada pohonnya dapat digunakan untuk bahan dasar permen karet. Kayunya yang keras sering dijadikan perabotan rumah tangga. Selain itu ada banyak manfaat untuk kesehatan juga seperti untuk demam.

7. Sawo Hitam – Dyospyros nigra

Sawo Hitam

Sawo hitam merupakan tumbuhan yang cukup langka di Indonesia. Buah ini lumayan cukup sulit untuk kamu temukan. Buah tropis ini merupakan tumbuhan asli dari Meksiko, Colombia, dan Amerika Tengah. Di Indonesia sendiri belum banyak yang membudidayakannya.

Bentuk buahnya bundar, dengan kulitnya yang berwarna hijau, serta daging buahnya berwarna coklat kehitaman. Sawo hitam ini terkenal karena di saat matang buahnya memiliki rasa manis seperti puding coklat. Kelezatannya cukup mahal untuk kamu rasakan, satu butir buahnya bisa berharga 150 ribu.

Selain kenikmatannya yang seperti puding coklat, buah sawo ini juga memliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah sawo ini memiliki kandungan Vitamin C yang 4 kali lebih besar dari pada jeruk. Selain itu, sawo ini juga terdapat kandungan Vitamin A dan Kalsium yang cukup banyak juga.

8. Sawo Hijau – Pouteria viridis

Sawo Hijau

Seperti halnya kebanyakan tanaman sawo yang tumbuh di iklim tropis, sawo hijau juga merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah yang memiliki iklim yang tropis. Pohon Sawo hijau dapat tumbuh hingga mencapai 12 – 24 meter, bahkan hingga 40 meter.

Buah dari Sawo Hijau atau Green Sapote ini memiliki bentuk yang lonjong dan merncing di bagian pangkal. Buah sawo ini memiliki kulit yang berwarna hijau kekuningan, dan daging buahnya berwarna kemerahan. Rasa dari Green Sapote ini rasanya manis dan juga creamy.

Buah Green Sapote ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Bijinya yang dapat dibuat minyak dan dapat digunakan untuk mencegah kerontokan. Lalu getahnya yang dapat dijadikan bahan pembuat lem. Dan kandungan fosfor dan kalsiumnya sangat bagus untuk kesehatan tulang.

9. Sawo Mamey Sapote – Pouteria sapota

Sawo Mamey Sapote

Mamey Sapote terkenal karena ukurannya besar jika dibandingkan dengan buaha sawo pada umumnya. Panjang dari buah ini bisa mencapai 20 cm dengan lingkar buahnya bisa mencapai 30 cm. Diperlukan banyak waktu untuk pohon ini tumbuh hingga berbuah.

Buahnya memiliki kulit yang berwarna coklat, dan daging buahnya berwarna oranye agak kemerahan dan hanya memiliki satu biji saja. Buahnya memiliki rasa manis seperti ubi cilembu. Buah ini sangat langka untuk kamu temukan dipasaran karena waktu tumbuhnya yang cukup lama.

Buah-buah yang segar ini tidak boleh kamu lewatkan untuk dicicipi kelezatannya. Sebagian besar sawo ini tumbuh di Indonesia walaupun ada yang belum dikembangbiakan secara massal hingga harganya cukup mahal. Selain nikmat, ternyata buah ini juga bagus untuk kesehatan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *