Bacaterus / Roti / 13 Jenis Sandwich yang Paling Enak dan Populer di Dunia

13 Jenis Sandwich yang Paling Enak dan Populer di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sandwich merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang banyak digemari, khususnya oleh orang luar. Di kita, jenis sandwich yang sering kita konsumsi adalah hamburger. Ternyata jenis-jenis sandwich yang populer di luar sana banyak sekali jumlahnya. Artikel berikut akan membahas 13 jenis sandwich yang populer di kalangan penggemarnya. Yuk, simak.

1. Club Sandwich

Club Sandwich

* sumber: www.thedailymeal.com

Jenis sandwich ini juga dikenal sebagai sandwich clubhouse. Biasanya sandwich ini terdiri dari tiga potong roti panggang yang dilapisi dengan potongan kalkun atau ayam dan bacon atau ham. Club sandwich juga berisi bahan-bahan di antaranya tomat, selada, dan mayonaise.

Tentang asal-muasal sandwich ini, teori paling populer mengatakan bahwa club sandwich ditemukan di Saratoga Club-House di New York pada tahun 1894. Resep tertua ditemukan di buku masak berjudul the Good Housekeeping Everyday Cook Book, yang ditulis oleh Isabel Gordon Curtis pada tahun 1903.

Raja Edward VIII dari Inggris memfavoritkan club sandwich. Sekarang sandwich ini ketika disajikan dipotong menjadi segitiga atau empat bagian dan sering kali disatukan dengan tusuk dari kayu.

2. Grilled Cheese Sandwich

Grilled Cheese Sandwich

* sumber: www.tasteofhome.com

Jenis sandwich klasik Amerika adalah sandwich yang biasanya disajikan dengan satu atau lebih jenis keju yang disimpan di antara dua potong roti. Irisan rotinya diolesi mentega dari luar, dan sandwich kemudian dipanaskan sebentar.

Walaupun jenis sandwich ini mirip dengan Croque Monsieur dari Prancis, tapi ketika pertama kali hadir di Amerika Serikat pada 1920-an, sandwich ini penampilannya berupa sepotong roti yang tidak ditutup bagian atasnya dengan topping keju parut.

3. Cuban Sandwich

Cuban Sandwich

* sumber: www.chicagotribune.com

Cuban sandwich merupakan jenis sandwich variasi dari sandwich ham dan keju yang banyak disantap oleh pekerja di Kuba dan kemudian hadir di komunitas imigran di Kota Ybor di Tampa, Florida. Terkadang sandwich ini disebut sandwich mixto atau Cuban Pressed.

Sandwich ini dibuat dengan menggunakan babi panggang, ham, keju Swiss, acar, dan mustard di atas sepotong roti Kuba, bis juga Prancis atau Italia, yang diolesi mentega. Bahan-bahan ini kemudian ditumpuk dan dipanggang di atas plancha, yaitu alat pengepres sandwich.

Dalam Cuban sandwich terkadang ditambahkan, selada, salami, tomat, atau mayones. Namun penambahan ini tidak dianggap versi tradisional.

4. Ribbon Sandwich

Ribbon Sandwich

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=AGwnnYtMdwY

Pada dasarnya ribbon sandwich merupakan jenis sandwich berlapis. Sandwich ini terdiri dari roti, olesan, daging, keju, lalu lapisan roti lainnya, keju daging, dan lapisan roti ketiga. Bedanya dengan sandwich berlapis lain yaitu ribbon sandwich menghilangkan pinggirannya.

Ribbon sandwich disajikan dengan cara dipotong persegi berukuran 1 inci x 1 inci. Roti berwarna cocok untuk jenis sandwich ini. Gunakan tiga potong roti yang berwarna merah muda dan hijau dengan satu isian atau lebih yang dioleskan di antara potongan roti.

Tekan bersama-sama tumpukan potongan roti, lalu rapikan. Bungkus dan dinginkan selama beberapa jam. Saat siap dihidangkan, potong menjadi irisan 1/2 inci.

5. Italian Sandwich

Italian Sandwich

Italian sandwich merupakan sandwich Amerika yang dibuat dari roti gulung panjang yang diisi dengan keju seperti provolone, mortadella, daging seperti salami, dan ham, dan kondimen seperti tomat, zaitun, bawang, dan acar.

Italian sandwich diyakini pertama dibuat pada tahun 1899 di Portland, Maine, oleh Giovanni Amato, seorang pembuat roti Italia. Dia awalnya membuat sandwich tersebut sebagai makan siang mudah dibawa dan murah untuk pekerja konstruksi jalan.

Namun, sekarang ini Italian sandwich sudah semakin populer. Kini roti isi ini menjadi makanan pokok di berbagai toko dan toko sandwich di seluruh Maine.

6. Breakfast Sandwich

Breakfast Sandwich

* sumber: en.wikipedia.org

Mungkin Eggs Benedict, yaitu telur dan bacon Kanada di atas muffin Inggris adalah sandwich open-face pertama untuk sarapan pagi, yang kemudian diikuti oleh bagel dengan isiannya lox dan krim keju. Sejak itu, telur dan sosis atau ham diletakkan di atas muffin Inggris menjadi populer.

Sandwich ini dipopulerkan pada 1960-an oleh McDonald’s Egg McMuffin. Kemudian konsepnya berkembang pada 1970-an menjadi breakfast croissant sandwich, dan pada 1990-an menjadi breakfast burrito, yang berisi telur orak-arik dan sosis atau bacon di dalam bungkus tortilla.

7. Open-Face Sandwich

Open-Face Sandwich

* sumber: www.foodandwine.com

Jenis sandwich ini disajikan hanya dengan sepotong roti bagian bawah saja. Cara makannya menggunakan pisau dan garpu. Dulu sandwich isi daging sapi, ayam, dan kalkun ini adalah yang populer walaupun sekarang sudah ketinggalan zaman karena lebih enak makan sandwich yang ada roti atasnya.

Grilled sandwich yang original bentuknya adalah open face, yang terdiri dari satu irisan roti. Di Skandinavia open-face sandwich atau smorrebrod, masih populer. Sandwich ini disebut sebagai “hidangan nasional Denmark”.

Biasanya smorrebrod menggunakan roti gandum hitam yang diolesi mentega sebagai bahan dasar. Untuk isiannya bisa diberi telur, ikan asap, sayuran, sosis, dan daging lainnya.

8. Peanut Butter Sandwich

Peanut Butter Sandwich

* sumber: www.mentalfloss.com

Pada tahun 1890, selai kacang ditemukan, tetapi baru tahun 1922 dipasarkan secara luas. Pada saat yang sama, Gustav Papendick pada akhir 1920-an menemukan proses untuk mengiris dan membungkus roti. Roti yang sudah dipotong berarti bahwa anak-anak dapat membuat sandwich sendiri.

Tidak ada sandwich yang lebih enak dan lebih mudah proses pembuatannya dari peanut butter and jelly. Variasi populer dari peanut butter sandwich menambahkan irisan pisang dan bacon yang merupakan sandwich favorit Elvis. Di Selatan, jenis sandwich ini yang dicelupkan pada tepung dan digoreng.

9. Submarine Sandwich

Submarine Sandwich

* sumber: www.dailyherald.com

Submarine sandwich dibuat dari roti gulung panjang yang dibelah kemudian diisi dengan berbagai bahan seperti keju, daging, sayuran, saus, dan bumbu. Jenis sandwich ini memiliki nama yang berbeda di seluruh Amerika Serikat bergantung pada variasi di daerahnya.

Grinder merupakan sebutan untuk sandwich ini di Midwest dan California, sementara di New York dan New Jersey Utara disebut hero, di Delaware disebut sub, dan di Baltimore, Jersey Selatan, dan Philadelphia, sandwich ini disebut hoagie.

Di sekitar New Orleans sandwich ini dikenal dengan nama po’boy. Sementara di Maine disebut Italian sandwich walaupun tak ada hubungannya dengan Italia.

Asal-muasal sandwich ini dari komunitas Italia-Amerika di AS pada akhir abad ke-19. Disebut sebagai submarine atau kapal selam karena bentuknya seperti kapal selam. Saat ini, submarine sandwich dikenal di seluruh dunia berkat kemunculan jaringan restoran besar dan industri makanan cepat saji.

10. Slider Sandwich

Slider Sandwich

* sumber: www.tasteofhome.com

Slider adalah sandwich daging yang sangat kecil dan umumnya disajikan menggunakan bun atau roti manis. Sandwich ini disebut juga sebagai hamburger kecil. Sebelumnya, slider merupakan hamburger ukuran kecil. Nama ini merujuk pada sejenis es krim sandwich.

Setidaknya pengertian itu berasal dari tahun 1915 dan tampaknya sebagian besar telah digunakan di daerah Eropa Atlantik. Adalah Jaringan restoran White Castle yang pada tahun 1921 pertama kalinya menyajikan hamburger persegi berukuran 2 inci ini.

Kemungkinan mereka sudah menyajikannya lama dari yang umum ketahui, tapi tidak jelas kapan kata slider pertama kali menempel pada burger White Castle itu sendiri. Kata slider sendiri pada awal 1974 digunakan untuk merujuk pada hamburger yang tidak ada hubungannya dengan White Castle.

11. Bacon Lettuce and Tomato Sandwich (BLT Sandwich)

Bacon Lettuce and Tomato Sandwich

* sumber: www.foodandwine.com

BLT Sandwich yang merupakan kepanjangan dari bacon, lettuce (selada), dan tomat ini kerap disajikan sebagai sandwich berlapis tiga yang disajikan dengan cara dipanggang. Sandwich ini sudah disajikan semenjak zaman Romawi.

Kemudian beberapa tahun sesudahnya, Marie-Antoine Carême (1784-1833), koki Prancis yang hebat, meringankan resep aslinya sandwich ini dengan penemuannya, yaitu mayones yang kita kenal sekarang. Semua bahan-bahan pembuat BLT sandwich itu akhirnya bersatu.

Di akhir 1800-an, akhir era Victoria, sandwich ini disajikan sebagai tea sandwich. Resep BLT paling awal terdaftar dengan nama yang berbeda di buku masak. Nama yang disingkat kemungkinan besar berasal dari bahasa gaul restoran.

12. Muffaletta Sandwich

Muffaletta Sandwich

* sumber: andrewzimmern.com

Muffaletta atau disebut juga Muffuletta Sandwich merupakan sandwich klasik New Orleans. Sandwich ini sebenarnya merupakan nama roti Sisilia tempat sandwich tersebut disajikan secara tradisional. Bentuknya berupa roti bulat besar dengan tekstur agak mirip dengan focaccia.

Untuk membuat sandwich ini, roti dibelah, lalu ditutup dengan salad zaitun yang diasinkan dan lapisan potongan daging Italia, seperti mortadella, capicola, salami, dan keju Provolone, Swiss. Kadang-kadang muffaletta dihangatkan untuk melelehkan keju.

Salad zaitun dianggap sebagai bahan utama, dan terbuat dari buah zaitun, kembang kol, seledri, wortel, bumbu serta minyak zaitun. Bahan tersebut kemudian direndam selama minimal 24 jam.

13. Tea Sandwich

Tea Sandwich

* sumber: www.eggs.ca

Satu lagi jenis sandwich yang bentuknya kecil, yaitu tea sandwich.  Awalnya sandwich ini dibuat sebagai gigitan untuk dinikmati dengan teh di sore hari. Bentuk sandwich ini bisa segitiga, persegi ataupun persegi panjang, atau bisa dipotong menjadi bentuk yang bulan sabit, hati, dan lain-lain.

Warna rotinya biasanya putih, diiris tipis, dan diolesi mentega, dengan pinggirannya dibuang. Variasi kontemporer untuk rotinya mungkin menggunakan gandum utuh yang lebih modern, pumpernickel, sour dough atau roti gandum hitam. Olesannya campuran krim keju atau mayonaise atau salad protein.

Ini baru sebagian dari jenis-jenis sandwich yang populer di dunia. Masih banyak jenis sandwich lainnya yang memiliki jenis roti, isian, ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Manakah sandwich kesukaanmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *