Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Januari 2019

Alat tulis satu ini memang kebanyakan digunakan sebagai alat gambar, walaupun penggunaannya sebagai alat tulis banyak digunakan di berbagai aktivitas seperti di sekolah, perkantoran hingga pemerintahan. Pensil merupakan kebutuhan utama dan pelengkap material bagi para pelaku seni atau biasa kita sebut seniman.

Akan tetapi tahukah kamu jenis-jenis pensil yang digunakan untuk menggambar? Ternyata banyak lho jenisnya. Ayo cari tahu, jenis pensil apa saja yang digunakan untuk menggambar. Bacaterus telah merangkum sejumlah jenis pensil yang bisa mendukung hobi menggambarmu.

7 Jenis Pensil Gambar

1. Pensil Grafit Standar (Standard Graphite Pencils)

Pensil Grafit Standar

* sumber: vitruvianstudio.com

Jika kamu tertarik untuk mulai menggambar, tentu saja pensil yang paling umum digunakan adalah pensil grafit standar, yang memiliki tipe kepadatan yang berbeda yaitu lunak, sedang, dan keras.

Lunak, semakin lunak kepadatannya maka semakin pekat warna hitamnya yang ditandai dengan semakin besarnya angka di depan huruf B (Black). Jenis pensil ini ditandai dengan kode-kode seperti 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, 7B, 8B, dan 9B.

Sedang, tidak begitu keras dan tidak begitu lunak. Jenis pensi ini ditandai degan kode-kode seperti B (Black), HB (Half Back), F (Firm), H (Hard), 2H, dan 3H.

Keras, pensil dengan kepadatan yang keras dengan efek warna yang tidak begitu gelap, cenderung memiliki warna abu-abu. Jenis ini ditandai dengan kode-kode seperti 4H, 5H, 6H, 7H, 8H, dan 9H.

Pensil grafit standar sangat cocok digunakan untuk sketsa awal dan untuk pekerjaan atau gambar-gambar yang membutuhkan detail yang tepat. Pensil jenis ini telah berevolusi menjadi berbagai macam bentuk yang berbeda, dan tentu saja fungsinya pun telah meningkat di berbagai aspek yang memudahkan kamu menggunakannya dalam kebutuhan sehari-hari. Beli pensil grafit standar di Bukalapak lewat link ini.

2. Pensil Grafit Stik (Graphite Stick Pencils)

Pensil Grafit Stik

* sumber: guide.alibaba.com

Pensil grafit stik ini terbuat dari campuran bubuk grafit dan lempung (atau tanah liat) yang telah dikompresi dengan suhu tinggi yang solid. Jumlah lempung lah yang menentukan tingkat kekerasan pada grafit stik. Sekarang ini pensil grafit stik tersedia dalam berbagai bentuk yang bervariasi seperti balok atau yang meniru bentuk dan ukuran pensil standar, dengan ujung dibuat meruncing.

Pensil mekanik yang kamu gunakan isinya adalah grafit stik ini yang ukurannya telah disesuaikan dengan ukuran pensil mekanik itu sendiri. Biasanya pensil grafit stik dilapisi plastik pelindung supaya tangan kamu tidak kotor saat menggunakannya.

Pensil ini bisa membuat garis yang lebih tipis ataupun lebih tebal dibandingkan dengan pensil grafit standar. Jenis pensil ini cocok digunakan untuk membuat bayangan dan sisi atau arsiran gelap dalam skala besar pada kertas gambar. Keuntungan lainnya menggunakan pensil ini adalah kamu dapat membuat goresan, dan garis-garis gelap yang khas dengan mudah.

3. Pensil Conte

Pensil Conte

* sumber: alatlukis.com

Merupakan media gambar pensil yang terbuat dari bubuk grafit atau arang yang dikompres dan dicampur dengan lilin atau dasar lempung. Teknik menggambar dengan pensil ini banyak sekali macamnya, lho.

Di antaranya, Pensil Conte lebih banyak digunakan untuk tanda ekspresif dan dramatis pada gambar. Dapat juga digunakan pada kanvas siap pakai untuk gambar dasar sebuah lukisan. Selain dalam bentuk pensil, conte juga tersedia dalam bentuk stik conte dan crayon conte. Dapatkan pensil conte di Bukalapak dengan klik link ini.

4. Pensil Charcoal

Pensil Charcoal

Pensil ini menghasilkan warna yang lebih hitam dibandingkan dengan pensil grafit. Mirip dengan conte, hanya saja cenderung mudah hancur dengan tekstur yang dihasilkan lebih kasar, sehingga bagus digunakan untuk impressionist drawings seperti arsiran dan sketsa cepat.

Pensil charcoal termasuk kedalam pensil serbaguna sebagai alat gambar karena bisa membuat bermacam-macam efek pada gambar kamu. Mulai dari garis hingga goresan atau coretan yang tebal yang membuat gambar kamu terkesan tegas.

Namun, untuk kamu yang baru mulai menggunakan pensil jenis ini akan terasa sulit untuk dikontrol dengan hasil yang terkadang terlihat berantakan, tetapi dengan memvariasikan tekanan saat menggambar, kamu dapat mengatur ketebalan dan teksturnya. Kini, pensil charcoal bisa dibeli di Bukalapak melalui link ini.

5. Pensil Dermatograph

Pensil Dermatograph

Pensil Dermatograph tidak seperti pensil konvensional lainnya, karena inti komposit sebagian besar terdiri dari lilin. Hal ini memungkinkan untuk menunjukkan karakteristik yang mirip dengan crayon saat menggambar.

Pensil ini juga memiliki beberapa warna dasar, yang unik adalah inti pensil dililit dengan kertas linting yang melilit menjadi bentuk pensil. Jenis pensil ini tidak dapat diraut dengan rautan konvensional, kamu hanya perlu menarik benang ke arah bawah pensil dan melepas lintingan kertas untuk merautnya. Sulit menemukan pensil dermatograph di toko buku? Beli di Bukalapak lewat link ini.

6. Pensil Warna

Pensil Warna

Pensil warna adalah pensil yang memiliki inti pigmen berwarna dan casing pelindung yang terbuat dari kayu. Inti dari sebagian besar pensil warna terbuat dari lilin, pigmen, aditif, dan bahan pengikat. Ada pula pensil warna lainnya yang berbasis minyak, larut dalam air dan beberapa bahkan mekanik.

Pensil warna yang digunakan di sekolah memiliki kualitas lebih rendah bila dibandingkan dengan pensil warna yang artistik. Pensil warna siswa terbuat dari pigmen berkualitas rendah dengan ketahanan lebih rendah. Walaupun tidak memiliki karakteristik yang ditentukan seperti kelas artistik, jenis ini lebih cocok untuk pemula karena bisa dihapus. Pensil warna dari berbagai merk bisa dibeli di Bukalapak lewat link ini.

7. Watercolor Pencil

Watercolor Pencil

* sumber: www.youtube.com

Pensil cat air atau yang lebih sering disebut watercolor pencil adalah pensil yang larut dalam air. Pensil ini adalah jenis pensil yang dapat berfungsi sebagai cat air jika digunakan bersamaan dengan kuas basah. Jangan salah, pensil ini juga bisa kamu gunakan kering seperti pensil warna standar.

Watercolor pencil juga dapat dicampur penggunaannya dengan pensil warna standar untuk menambah vibrant warna saat membuat sketsa atau menggambar. Pensil jenis ini sangat cocok untuk rancangan media campuran yang menyertakan watercolor paints dan acrylics. Temukan watercolor pencil di Bukalapak dengan klik link ini.

Apakah kamu tertarik menggunakan berbagai jenis pensil diatas untuk membuat karya yang lebih berkesan? Kamu bisa mengkolaborasikan penggunaannya untuk membuat sebuah karya seni. Jika kamu baru mulai tertarik kedalam dunia gambar, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan salah satunya terlebih dahulu karena membuat karya seni tentu saja butuh proses.

Menuangkan isi pikiran kedalam media gambar seperti kertas atau kanvas bisa kamu lakukan sebagai bentuk penghilang penat dan stress. Dari berbagai jenis pensil diatas, beberapa ukuran dan jenis tertentu mungkin agak sulit kamu dapatkan di toko secara langsung. Sehingga untuk alternatif, kamu bisa mencari secara online untuk membelinya.

Tempatkan semua pensil gambarmu di dalam tempat pensil. Kamu bisa membaca artikel membuat tempat pensil dari stik es krim ini untuk mendapatkan wadah penyimpanan pensil gambarmu.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .