Bacaterus / Komik / 10 Jenis Otaku di Jepang yang Unik dan Wajib Diketahui

10 Jenis Otaku di Jepang yang Unik dan Wajib Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi para pencinta anime atau hal-hal yang ada kaitannya dengan Jepang. Istilah otaku tentu bukan sesuatu yang asing. Otaku merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang sangat menekuni hobinya. Istilah ini sendiri mulai populer pada tahun 1990-an oleh masyarakat dunia yang sangat menggemari anime dan manga.

Otaku memang seperti dua mata uang. Dimana di satu sisi hobi yang ditekuni tersebut dapat membawa perubahan yang positif. Sementara di sisi yang lain mereka cenderung dipandang aneh karena lebih mengutamakan hobi dibanding kehidupan sosialnya. Nah, bila kamu ingin tahu 10 jenis-jenis otaku yang ada di Jepang, berikut adalah daftarnya.

1. Ataku (Anime / Manga otaku)

Ataku

Siapa yang tidak tahu anime atau manga? Kedua istilah tersebut memang sudah akrab di masyarakat Indonesia. Anime merupakan film animasi khas Jepang. Kata anime sendiri diadaptasi dari bahasa Inggris ‘Animation’ yang artinya gambar bergerak yang tercipta dari beberapa objek. Sementara Manga adalah cerita bergambar atau yang kita kenal dengan komik.

Seorang Ataku sejati biasanya mengikuti perkembangan anime dan manga. Saking hobinya, para Ataku terkadang melakukan kegiatan menonton anime atau membaca manga bahkan di tempat umum. Beberapa diantara mereka juga tak jarang menekuni bidang gambar dan berhasil menjadi Mangaka, pembuat komik karena hobi yang ditekuninya tersebut.

2. Cotaku (Cosplay Otaku)

Cotaku

Bagi sebagian orang memakai kostum di depan umum tentu bukan sesuatu yang mudah. Cosplay sendiri merupakan budaya barat yang kemudian diadopsi oleh kebudayaan Jepang. Cosplay sendiri mengacu pada costum and play, dimana seseorang akan memakai kostum untuk memerankan sebuah karakter baik itu tokoh kartun, anime, atau superhero fiksi.

Seorang Cotaku sejati biasanya rela mengeluarkan budget untuk mendesain sebuah kostum keren sesuai dengan tokoh yang disukainya. Mereka juga terkadang memiliki banyak koleksi serta bergabung  dengan sebuah komunitas untuk menyalurkan hobinya. Tak jarang mereka juga mengikuti kontes kostum untuk memperebutkan predikat kostum terbaik.

3. Getaku (Game Otaku)

Getaku

Hampir sebagian besar masyarakat di dunia pasti menyukai game komputer maupun Android. Nah, Getaku atau Game otaku merupakan orang yang sangat menyukai bermain game. Mereka biasanya banyak menghabiskan waktu untuk bermain game di depan layar komputer atau ponselnya. Getaku sendiri biasanya tidak memiliki kehidupan sosial yang baik karena hobinya tersebut.

Mereka lebih cenderung suka membangun komunikasi dan hubungan sosial jarak jauh dengan orang lain menggunakan sebuah avatar. Seorang Getaku sejati biasanya berusaha menjadi game master dan sering mengikuti e-sport untuk menunjukan kepiawaiannya dalam bermain.

4. Itaku/Wota (Idol & J-Pop Otaku)

Itaku

Itaku atau Wota adalah seseorang yang sangat terobsesi dengan idol wanita atau idol pria dari Jepang. Para Itaku atau Wota sejati biasanya rela mengeluarkan uangnya untuk menonton konser sang idola. Tak jarang mereka juga sering menunjukan dukungan mereka pada sang idola dengan membeli dan mengoleksi pernak-pernik, poster, album dan sesuatu yang berhubungan dengan sang idola.

Diantara mereka bahkan juga kerap meniru style sang idola baik dari segi pakaian, model rambut sampai produk-produk yang dipakai oleh sang idola. Meskipun hal tersebut sangat berlebihan. Namun begitulah cara Wota memberi apresiasi kepada idola yang menjadi pujaannya.

5. Fitaku/Figure Moe Zoku (Figure Otaku)

Fitaku

Fitaku atau Figure Moe Zoku adalah istilah bagi mereka yang sangat suka dengan figur dari sebuah anime atau manga. Para Fitaku biasanya mengoleksi patung figur yang keren dari tokoh-tokoh dalam anime atau manga populer kesukaannya. Meskipun terkadang budget yang dikeluarkan untuk satu patung figur bisa mencapai puluhan bahkan sampai ratusan juta. Namun hal tersebut bukan halangan bagi seorang Fitaku sejati.

Mereka sendiri biasanya memiliki komunitas untuk saling bertukar informasi atau barter patung figur antar sesama kolektor. Selain itu, koleksi figur yang diproduksi pun biasanya limited edition di seluruh dunia. Sehingga meskipun harganya cukup mahal namun peminatnya masih sangat banyak.

6. Tetsudou/Traitaku (Train Otaku)

Tetsudou

Diantara banyak otaku, Tetsudou Otaku atau Traitaku tentu adalah hobi yang cukup nyeleneh dan sangat unik. Traitaku sendiri merupakan istilah untuk orang yang terobsesi dengan hal-hal yang berhubungan dengan kereta api. Para Traitaku biasanya akan lebih sering menggunakan transportasi baja tersebut untuk menyalurkan hobinya.

Selain itu mereka juga biasanya akan mengambil banyak foto mulai dari berbagai jenis model kereta, stasiun, seragam, tiket bahkan jalur kereta yang akan menjadi koleksi pribadinya. Jepang sendiri memang cukup terkenal dengan sarana transportasi kereta apinya yang super canggih.

7. Rotaku (Robot Otaku)

Rotaku

Jepang memang dikenal dengan teknologinya yang cukup canggih. Para penggemar anime atau manga juga kerap disuguhkan dengan jalan cerita, dimana mecha atau robot canggih menjadi jalan utama cerita. Jepang sendiri kerap menciptakan berbagai robot canggih untuk membantu kebutuhan manusia.

Karena hal tersebutlah kemudian muncul istilah Rotaku atau Robot Otaku. Dimana para Rotaku sangat terobsesi dengan robot dan suka melakukan penelitian tentang robot. Saking terobsesinya diantara mereka bahkan ada yang sampai membuat robotnya sendiri sebagai bentuk hobinya pada budaya populer yang satu ini.

8. Pasotaku (Pasocon Otaku)

Pasotaku

Selanjutnya ada Pasotaku atau Pasocon Otaku. Mereka adalah orang yang terobsesi dengan dunia komputer. Pasotaku akan mempelajari secara detail mengenai perkembangan software maupun hardware komputer. Mereka biasanya banyak melakukan konfigurasi pada software komputer mereka untuk mendapatkan spesifikasi yang sesuai dengan yang mereka harapkan.

Mereka yang menjadi Pasocon sejati memang mempelajari secara mendalam tentang pengelolaan jaringan serta pengelola server. Beberapa diantara mereka bahkan menjadi seorang programming untuk menjaga keamanan sebuah website. Sementara yang lainnya memanfaatkan kemampuannya dengan membangun dan mengelola website khusus otaku.

9. Wapanese (Japanese Culture Otaku)

Wapanese

Nah, kalau otaku yang satu ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang hidup di luar Jepang. Wapanese sendiri merupakan singkatan dari bahasa Inggris ‘Want to be Japanese’, yaitu orang-orang yang terobsesi dengan budaya Jepang.

Para Wapanese akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan budaya Jepang. Mulai dari cara berpenampilan, bahasa dan bela diri yang ada di Jepang. Diantara mereka juga ada yang langsung terbang dari negaranya ke Jepang untuk mempelajarinya langsung kebudayaan yang ada di sana atau menetap dan hidup di Jepang.

10. Fetaku/Reki-Jo (Penggemar Sejarah Wanita Jepang)

Fetaku

Hobi unik lainnya adalah Fetaku atau Female History Otaku Reki-Jo. Fetaku merupakan penggemar sejarah wanita yang ada di Jepang. Mereka bisanya membentuk sebuah komunitas khusus yang berisi orang-orang yang sangat mengagumi tokoh-tokoh sejarah wanita Jepang di masa lalu.

Para Fetaku biasanya sering mengadakan pertemuan dengan memakai pakaian zaman dulu yang disesuaikan dengan periodenya. Mereka juga biasanya mempelajari kosakata yang sering digunakan pada zaman dulu dan mempraktikkannya dalam percakapan.

Tujuannya sendiri agar generasi muda tidak melupakan sejarah dan tradisi nenek moyang mereka. Hal tersebut tentu sangat positif untuk menjaga kelestarian budaya Jepang.

Demikianlah 10 Jenis-jenis Otaku yang harus kamu tahu ada di Jepang. Kira-kira apakah kamu termasuk otaku sejati. Semoga hobi yang kamu jalani saat ini bisa membawa pengaruh positif terhadap diri kamu sendiri dan masyarakat sekitar.

Yuk, baca juga artikel fakta unik Naruto Shippuden ini jika kamu adalah penggemar berat anime atau komik Jepang.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *