Bacaterus / Melon / Inilah 10 Jenis Buah Melon yang Paling Populer di Dunia

Inilah 10 Jenis Buah Melon yang Paling Populer di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Melon adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan gizi. Buah ini memberikan vitamin dan mineral penting juga serat karena tinggi kandungan airnya. Melon juga nikmat dimakan langsung atau dijadikan santapan lain seperti salad. Yang sering orang konsumsi adalah melon dengan rasa manis atau agak manis dengan kulitnya yang seperti jala dan dagingnya lembut juga tebal.

Buah dengan pohon merambat ini termasuk ke dalam keluarga Cucurbitaceae dan memiliki berbagai warna dan ukuran. Apa saja jenis melon yang populer di kalangan masyarakat? Yuk, simak artikel dari Bacaterus yang membahas jenis-jenis melon ini.

Sejarah Buah Melon

Buah yang asalnya dari Afrika dan Timur Tengah ini, telah dimakan oleh manusia ribuan tahun yang lalu. Ya, buah melon sudah dibudidayakan oleh orang Mesir Kuno 4.000 tahun yang lalu. Di zaman kuno, melon sudah dikonsumsi sebagai makanan juga dijadikan barang dagangan.

Adalah orang Romawi Kuno yang memperkenalkan buah melon ke Eropa dan dibawa ke Dunia baru oleh penjajah Spanyol. Tercatat para pendatang dari Spanyol membudidayakan melon mulai di abad ke-16 di daerah Amerika Selatan.

Jenis-Jenis Melon

Siapa sangka jika melon ternyata terdiri lebih dari dua jenis. Yuk, kenali beberapa jenis melon terpopuler di dunia ini!

1. Cantaloupe

Cantaloupe

Orang Indonesia menyebutnya melon kuning. Cantaloupe adalah jenis melon favorit orang-orang Eropa yang memiliki rasa yang manis. Biasanya melon jenis ini dikonsumsi sebagai salad juga hidangan penutup. Kulit cantaloupe kasar dan berwarna kuning bentuknya bulat dan warna dagingnya oranye.

Buah ini beratnya bisa sampai 5kg. Cantaloupe adalah buah yang bergizi karena memiliki kandungan antioksidan, betacarotene dan  vitamin yang banyak. Juga mengandung karbohidrat untuk energi.

2. Honeydew

Honeydew

* sumber: snaped.fns.usda.gov

Melon ini berbentuk oval. Honeydew memiliki berat sampai kurang lebih 2kg dan kebanyakan dibudidayakan di California, Texas dan Arizona. Melon jenis ini memiliki kulit yang halus dengan warna mulai dari kehijauan sampai kuning dagingnya berwarna hijau krem.

Banyak orang mengenal Honeydew sebagai melon hijau yang memiliki rasa manis dan berair. Buah ini cocok untuk dikonsumsi sebagai potongan buah segar atau  makanan penutup.

3. Crenshaw

Crenshaw

* sumber: www.specialtyproduce.com

Crenshaw adalah jenis melon hibrida antara casaba dan cantaloupe. Varietas ini banyak dibudidayakan di  di Amerika Utara dan Selatan dan bagian Timur Tengah dan Mediterania. Ukuran melon ini sedang, sebagian besar Crenshaw bisa tumbuh sampai kurang lebih 4,5kg.

Melon Crenshaw mirip dengan casaba dan mempunyai bentuk oval dengan kulit hijau kekuningan. Jenis melon ini berusuk agak keras yang terasa seperti lilin ketika disentuh saat buahnya matang. Daging melon Crenshaw memiliki warna oranye mirip dengan persik dan ada karung biji besar di tengah buah. Ini bukan jenis melon yang tahan lama. Baiknya dikonsumsi dalam waktu seminggu setelah matang.

Daging melon Crenshaw sangat manis dan sering dikonsumsi sebagai buah segar dalam sajian makanan penutup. Crenshaw bisa juga dibuat menjadi salad. Kadang-kadang dibuat sorbets dengan dicampur buah lain. Melon Crenshaw juga dapat dimasak terkadang dipanggang untuk mengaramelkan gula alaminya dan disajikan sebagai bagian dari hidangan sate.

4. Watermelon (Semangka)

Watermelon (Semangka)

* sumber: snaped.fns.usda.gov

Dikenal dengan nama semangka di Indonesia, watermelon memiliki kulit hijau tebal dengan rasa sedikit manis. Jika matang, semangka memiliki kandungan air yang banyak. Kandungan lycopene-nya sangat baik bagi tubuh karena dapat mencegah penuaan dini. Selain itu bisa juga menghilangkan kerutan pada wajah. Beberapa orang percaya semangka dapat meningkatkan gairah seksual.

Semangka asalnya dari Afrika Selatan. Buah ini kini menjadi  salah satu jenis melon paling populer. Walaupun tidak ada yang berpikir tanaman itu bisa ditanam di negara mana pun di luar Afrika, buah ini tumbuh di hampir di tiap negara. Jangan heran jika menemukan semangka dengan bagian dalam berwarna oranye atau kuning meskipun kebanyakan semangka berwarna merah


Melon adalah tanaman merambat seperti halnya anggur dan rasanya manis. Beratnya bisa sampai 200kg. Terdapat dua jenis semangka, yaitu semangka tanpa biji dan semangka piknik.

5. Galia

Galia

* sumber: www.onlyfoods.net

Galia merupakan melon hasil persilangan antara cantaloupe dan honeydew. Kulitnya berjaring seperti  cantaloupe tapi warna dagingnya hijau limau dengan tekstur yang halus seperti madu. Yang membedakan Galia dari yang lain adalah kelembutan di ujung batang tidak menjadi indikator buah itu telah matang. Kamu harus menggunakan hidungmu untuk mencium aromanya.

Melon jenis ini memiliki aroma manis seperti pisang. Cocok untuk disajikan dengan cara dipadukan dengan tart atau diiris-iris dan disajikan dingin dengan taburan garam laut.

6. Casaba

Casaba

* sumber: www.specialtyproduce.com

Varietas melon ini memiliki asal dari Asia Kecil tapi saat ini di negara-negara seperti Amerika Serikat (terutama di Arizona dan California Selatan), Eropa dan Amerika Latin. Musim pertumbuhannya melon ini lebih panjang sehingga umur simpannya lebih lama dibandingkan dari rata-rata melon lain. Oleh karena itu melon ini dapat dijumpai dijual sepanjang tahun.

Melon casaba masih ada hubungan dengan melon Cantaloupe dan honeydew. Namun melon ini rasanya berbeda dari kedua jenis melon tadi. Casaba tak semanis keduanya. Melon ini lebih sering dibandingkan dengan pir Asia atau mentimun untuk hal rasa. Umumnya buah ini dihidangkan sebagai hidangan buah-buahan atau salad.

Kulit Casaba berwarna kuning dan berkerut. Dagingnya lembut dan tebal berwarna hijau pucat juga berair. Cara mengkonsumsinya umumnya dengan dibuang dulu kulit dan bijinya. Bisa dimakan sebagai camilan maupun dibuat salad. Melon ini kaya dengan vitamin C dan B6 juga merupakan sumber magnesium dan kalium yang baik.

7. Melon Korea

Melon Korea

* sumber: www.specialtyproduce.com

Dikenal juga sebagai melon oriental, buah melon ini muda dijumpai di Asia Timur. Melon Korea memiliki kulit berwarna kuning muda dengan strip putih yang memanjang. Rasa varietas ini manis. Melon ini juga berair dan saat dikonsumsi sebagai salad atau potongan buah segar rasanya lezat.

Rasa melon oriental ini mirip dengan mentimun dan melon Honeydew. Jika dibandingkan dengan varietas melon barat lainnya rasa manisnya lebih rendah. Buah ini memiliki kadar air sampai mencapai 90%.

8. Melon Kenari

Melon Kenari

* sumber: www.specialtyproduce.com

Tidak mengherankan jika buah ini dinamai melon kenari karena memiliki warna kulit yang cerah mirip dengan warna kenari. Melon ini adalah bagian dari melon spesies Cucumis melon. Terkadang melon ini disebut juga melon Juan Canary dan umumnya akan tumbuh sedikit lebih besar dibandingkan cantaloupe. Kulitnya halus dan berbentuk memanjang.

Biasanya warna daging melon kenari mulai dari putih hingga hijau pucat dan agak tampak seperti daging buah pir. Dibandingkan kebanyakan jenis melon lainnya, rasa melon kenari kurang manis tapi memiliki rasa yang cukup khas dan tak jauh beda dengan melon Eropa. Umumnya melon ini dibudidayakan di Jepang dan Korea Selatan juga Amerika Serikat Barat Daya dan Amerika Selatan.

Melon ini memiliki kandungan vitamin C dan A yang sangat baik. Porsi setengah cangkir melon kenari memberikan 50% dari dosis harian vitamin A dan C yang direkomendasikan. Selain itu buah ini juga memiliki  serat makanan yang sangat tinggi juga sangat rendah kalori.

9. Melon Bertanduk

Melon Bertanduk

* sumber: www.healthline.com

Mendengar namanya mungkin kamu akan sedikit terkejut dan jarang mendengar namanya. Kulit luar melon ini memiliki ujung-ujung runcing seperti tanduk. Rasanya getir, seperti gabungan antara  antara mentimun dan zucchini. Bagian dalam melon bertanduk seperti mentimun dan berwarna hijau tapi permukaan daging dan bijinya berwarna agak kekuningan.

Melon yang bagian dari  keluarga labu ini bisa dikonsumsi mentah atau dimasak. Nama paling umumnya adalah Kiwano. Manfaatnya bagus untuk pencernaan, meredakan kecemasan dan stres juga untuk awet muda.

10. Melon Gac

Melon Gac

* sumber: health.kapook.com

Dikenal juga dengan nama labu pahit berduri buah gac, dan qua gac, melon gac adalah buah asli dari Asia Tenggara dan banyak dibudidayakan di seluruh Vietnam (asal nama buah tersebut), China, dan negara-negara lain di wilayah Asia juga di Australia Timur Laut.

Umumnya melon gac memiliki bentuk oval. Ukurannya sebesar cantaloupe dari Amerika Utara. Kulit luarnya berduri saat matang dengan warna oranye atau merah. Di dalamnya terdapat membran biji berwarna merah cerah dengan daging berwarna kuning pucat. Rasa melon gac tidak manis dan seringnya dibandingkan dengan rasa alpukat. Sering digunakan dalam kari atau hidangan nasi.

Karena sering digunakan sebagai makanan, melon gac menjadi sangat berharga karena memiliki kualitas obat yang baik. Kandungan lycopene dan beta-karoten-nya sangat tinggi, biji buahnya digunakan sebagai kapsul suplemen makanan dan terkadang ditumbuk menjadi serbuk untuk ditambahkan ke dalam jus dan minuman buah lainnya.

Itulah 10 jenis melon yang populer dikonsumsi oleh masyarakat di dunia. Melon jenis apa yang sering kamu konsumsi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *