Bacaterus / Buah / Inilah 6 Jenis Markisa yang Enak dan Paling Disukai

Inilah 6 Jenis Markisa yang Enak dan Paling Disukai

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Buah markisa terkenal dengan rasanya yang enak dan aromanya yang menggugah. Kamu mungkin sering melihat markisa yang di jual dipasaran adalah yang berwarna ungu dan berwarna kuning. Tetapi ada juga beberapa jenis markisa yang lain selain kedua markisa tersebut.

Untuk kamu yang ingin lebih tahu lagi tentang buah markisa, berikut ini adalah ulasan beberapa jenis markisa yang harus kamu coba.

Sejarah Buah Markisa

Sejarah Buah Markisa

Markisa atau yang dikenal juga dengan nama passion fruits merupakan jenis tanaman buah yang tumbuh di daerah tropis dan sub tropis. Tanaman ini banyak di budidayakan di daerah Amerika selatan, buah markisa mereka sebut dengan nama Granadilla atau Maracuya.

Brazil sebelah selatan sampai ke Paraguay dan Utara Argentina merupakan tempat asal dari buah Markisa ungu. Sedangkan markisa kuning belum diketahui berasal dari mana. Dari markisa ungu dan kuning terdapat banyak varietas yang mencapai hingga sekitar 500 jenis.

Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang menjadi sentra produksi buah markisa, diantaranya adalah Sumatra Utara dan Sulawesi Selatan. Ada jenis markisa kanis yang tumbuh di daerah Sumatera Barat tepatnya di daerah Kabupaten Solok, di Kecamatan Lembang Jaya dan Lembah Gumanti.

Olahan Markisa

Olahan Markisa

Markisa yang telah matang dapat kamu makan secara langsung, tetapi ada beberapa cara dalam mengolah markisa menjadi santapan yang enak untuk dinikmati. Kebanyakan dari kita biasanya mengambil dengan cara diperas untuk menghasilkan sarinya yang akan dicampur dengan air.

Hasil air perasan markisa juga dapat dijadikan berbagai macam penganan dengan cara merebusnya sampai menjadi sirup. Jus markisa yang yang di rebus dapat dijadikan gelatin, permen, es krim, isian kue, dan lain-lain. Kamu juga bisa membuat menjadi selai yang dikombinasi dengan nanas dan tomat.

Jenis-Jenis Markisa

Berikut ini adalah jenis-jenis markisa yang mungkin sebagiannya telah kamu kenal. Kebanyakan dari markisa ini dapat kamu temui di Indonesia. Walaupun yang paling terkenal adalah dua jenis markisa ungu dan kuning, tetapi selain itu ada lagi markisa yang mungkin jarang kita temui.

1. Markisa Ungu – Passiflora edulis

Markisa Ungu

Markisa ungu merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Markisa ungu memiliki buah yang lonjong seperti telur, pada saat masih muda buahnya akan berwarna hijau, tetapi saat matang buahnya kan berwarna ungu.

Markisa ungu memiliki rasa yang asam namun segar dan memiliki aroma yang harum. Pembudidayaan tanaman markisa ungu baiknya di lakukan di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Pohon ini banyak diolah untuk dijadikan sirup, dengan kadar jusnya 30-35%.

Markisa ungu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Jika kamu mengkonsumsi buah markisa ungu secara rutin, maka elastisitas kulitmu akan terjaga. Markisa ungu juga dapat membantu meremajakan kulitmu dan membantumu tidur bagi penderita insomnia.

2. Markisa Kuning – Passiflora edulis var. flavicarpa

Markisa Kuning

Markisa kuning merupakan jenis markisa yang biasanya ditanam didataran menengah hingga rendah. Markisa ini memiliki bentuk yang lonjong seperti telur dengan kulitnya berwarna hijau disaat masih muda sedang bagian dalamnya berwarna putih lembut dan berubah menjadi kuning di saat matang.

Buah markisa kuning ukurannya lebih besar dibandingkan dengan markisa ungu, diameternya 5-7 cm, dan beratnya sekitar 60-65 gram perbuah. Jenis markisa ini tidak terlalu masam dibandingkan dengan markisa ungu, dan kadar jusnya jus 35-38%. Tanaman ini termasuk yang tahan terhadap hama.

Bulir dari markisa kuning mengandung gelatin di dalamnya, sehingga membuat markisa ini banyak dicari. Bulirnya dapat kamu makan langsung atau juga kamu olah. Kamu bisa membuat es krim, salad buah, atau juga koktail dengan menggunakan bulir dari buah markisa kuning.

3. Markisa Konyal / Manis – Passiflora ligularis

Markisa Konyal

Markisa konyal termasuk markisa yang memiliki rasa manis. Betuk buahnya lonjong dengan warna kulitnya di saat masih mentah berwarna ungu kehijauan dan di saat matang akan berwarna kuning tua. Tanaman ini tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki ketinggian 1000 mdpl.

Walaupun dapat tumbuh didataran yang rendah tetapi kemungkinan untuk berbuah kecil. Tanaman ini ditanam dengan cara dirambatkan dipagar yang terbaut dari beton agar tidak mudah lapuk. Markisa manis memiliki pulp yang berwarna putih dan dapat langsung kamu makan.

Markisa manis memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti vitamin dan mineral. Kandungan Vitamin dari mineral yang terdapat dalam buah markisa dipercaya dapat mencegah kanker, dan membantu menyehatkan mata. Jika kamu mengkonsuminya secara rutin akan sangat baik untuk kesehatanmu.

4. Markisa Erbis / Besar – Passiflora quadrangularis

Markisa Erbis

Markisa besar ini termasuk jenis markisa yang memiliki rasa asam, jenis ini dapat kamu tanam di dataran menengah hingga dataran rendah. Markisa dengan ukuran yang besar, buahnya cenderung memiliki rasa yang sedikit tawar serta aromanya tidak sekuat yang berukuran kecil.

Buah markisa ini memiliki panjang sekitar 20 cm dan diameternya 15 cm, serta beratnya sekitar 3-5 kg. Markisa ini juga berkhasiat untuk kesehatan, di antaranya adalah sebagai peluruh air seni. Buah ini juga memiliki khasiat sebagai penghilang rasa nyeri dan juga penenang.

Markisa erbis sering juga disebut dengan markisa raksasa karena ukurannya yang besar sekali. Markisa erbis jarang dapat kamun makan langsung, biasanya saat buahnya matang dicampur dengan sirup atau es dengan bentuk yang dipotong-potong terlebih dahulu.

5. Markisa Pisang / Banana Passion Fruit – Passiflora mollissima

Markisa Pisang

Markisa ini dinamakan markisa pisang karena bentuk buahnya yang panjang dan berwarna kuning. Panjang dari buah ini sekitar 12 cm, dan memiliki kulit yang tebal dan kasar. Warna buahnya hijau di saat masih muda dan berubah menjadi kuning atau oranye saat telah matang.

Pada bulirnya yang memiliki biji hitam terdapat aroma jeruk, daging buah dari markisa ini memiliki rasa manis, sedikit rasa getir, dan juga juga berair. Buah markisa ini merupakan tanaman tropis dan sub tropis, sehingga merupakan buah yang selalu ada setiap tahunnya.

Markisa pisang yang dikenal dengan nama curuba  di Colombia dan Bolivia ini merupakah buah yang mengandung vitamin A dan Vitamin C, serta kaya akan serat. Markisa ini enaknya kamu makan langsung  dengan menggunakan sendok, kamu juga bisa memakan bijinya walau sedikit agak pahit.

6. Gulupa – Passiflora pinnatistipula

Gulupa

Gulupa adalah jenis buah yang masih masuk ke dalam keluarga buah markisa. Gulupa memiliki kulit buah yang berwarna ungu gelap dengan kulit yang tebal. Bulir pada gulupa berwarna oranye dan berair, biji yang terdapat pada bulirnya pun dapat kamu makan.

Unik adalah hal dapat menggambarkan rasa dari gulupa yang asam tetapi ada sedikit rasa manis, serta memiliki aroma yang menggugah selera. Saat buah gulupa mengkerut itu menandakan bahwa buah itu telah matang bukan membusuk dan kamu dapat langsung memakannya.

Buah markisa selain memiliki rasa yang  enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kamu bisa memakannya dengan rutin untuk mendapatkan kulit yang sehat. Ada beberapa macam markisa yang dapat kamu coba untuk mendapatkan manfaat yang kamu inginkan. Apakah kamu sudah pernah mencobanya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *