Bacaterus / Masakan Thailand / Inilah Jenis-Jenis Mangga Thailand Paling Enak dan Populer

Inilah Jenis-Jenis Mangga Thailand Paling Enak dan Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 September 2019

Karena terletak di kawasan yang sama dengan Indonesia, Thailand memiliki sejumlah kesamaan dengan Indonesia, salah satunya dalam hal buah-buahan. Salah satu buah yang tumbuh di Indonesia yang juga tumbuh di Thailand adalah mangga.

Di Thailand, mangga dikenal dengan sebutan mamuang. Di sana buah ini sangat populer dan sering digunakan dalam berbagai hidangan manis maupun gurih. Tidak hanya menarik perhatian penduduk lokal saja, tapi mangga Thailand juga berhasil menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia.

Salah satu hidangan Thailand berbahan mangga yang sering menjadi buruan wisatawan adalah mango sticky rice (ketan mangga yang terbuat dari beras ketan, mangga, dan santan) yang sempat hits di Indonesia serta mango chicken salad (salad ayam mangga). Kedua hidangan tadi biasanya dijajakan di warung-warung pinggir jalan di kota Bangkok atau Phuket.

Apa yang membuat mangga Thailand menjadi favorit banyak orang adalah karena rasanya yang sedikit unik dibandingkan dengan jenis mangga lainnya yang ada di dunia.

Musim Mangga di Thailand

Festival Mangga Chachoengsao

* sumber: www.tourismthailand.org

Disebutkan kalau buah mangga berasal dari kawasan Tamil Nadu, India dan telah menjadi tanaman budidaya sejak ribuan tahun yang lalu. Kini buah tersebut telah menyebar ke berbagai tempat di dunia, termasuk Indonesia dan Thailand. Karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan, mangga telah menjadi salah satu buah yang paling populer dan disukai di seluruh dunia.

Di Thailand buah mangga tidak hanya berfungsi sebagai sumber makanan, tetapi juga sebagai sumber pengobatan sejumlah penyakit. Mereka biasanya merebus buah mangga atau membuat berbagai minuman dari buah tersebut untuk mengurangi demam, mengobati sakit perut hingga untuk membersihkan luka.

Musim mangga di Thailand biasanya terjadi di akhir bulan Maret hingga Juli. Selama musim ini, jalanan di berbagai kota utama di Thailand seperti Bangkok, Phuket, Chiang Mai akan dipenuhi dengan penjual mangga mentah atau penjual berbagai hidangan berbahan dasar mangga.

Membeli Mangga di Thailand

Mangga di Thailand

* sumber: www.needpix.com

Musim mangga di Thailand adalah waktu yang tepat untuk berburu mangga di berbagai tempat, baik di jalanan maupun di supermarket. Selain itu, restoran di seluruh Thailand juga biasanya menyediakan berbagai makanan penutup dan makanan lainnya dengan mangga sebagai bahan dasarnya.

Beberapa restoran favorit turis di Thailand yang menyajikan hidangan mangga yang lezat adalah Boonsap Thai Dessert, Sukhumvit Soi 38, The Sixth, Mango Tree Bistro, dan Golden Mango Cafe. Selain itu, beberapa wisata makanan di Bangkok dan kota-kota lainnya juga menyajikan hidangan serupa yang tidak kalah lezat.

Festival Mangga di Thailand

Setiap tahunnya di Thailand selalu ada festival mangga yang ramai dikunjungi oleh penduduk lokal maupun wisatawan asing. Berikut adalah beberapa festival mangga yang bisa Anda kunjungi saat berada di sana.

1. Pekan Raya Mangga Chiang Mai

Pekan Raya Mangga Chiang Mai

*Sumber: https://www.facebook.com/tfmaniathailand/

Chiang Mai adalah kota terbesar kedua di Thailand yang terletak di bagian utara negara tersebut. Kota yang satu ini juga cukup populer di kalangan pelancong karena menawarkan sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu alasan orang-orang bertandang ke Chiang Mai adalah pekan raya mangganya.

Chiang Mai Mango Fair atau Pekan Raya Mangga Chiang Mai diadakan setiap tahun selama bulan Mei. Acara yang satu ini tidak hanya tentang berburu dan makan mangga, tetapi juga tentang kontes ‘ratu mangga’ untuk menemukan buah mangga terbaik dan paling cantik.

2. Festival Mangga Chachoengsao

* sumber: commons.wikimedia.org

Chachoengsao adalah sebuah provinsi di sebelah timur kota Bangkok yang terkenal sebagai produsen mangga terbaik di seluruh Thailand. Di daerah itu setiap tahunnya, tepatnya pada bulan April, selalu dihelat sebuah festival mangga yang menarik banyak pengunjung lokal dan internasional.

Mangga-mangga yang ditampilkan di festival tersebut utamanya berfokus pada varietas mangga organik. Selain itu, Festival Mangga Chachoengsao juga melibatkan para pedagang kaki lima yang menjual mangga mentah segar, ketan mangga, dan salad mangga hijau (di Indonesia mungkin sama dengan rujak mangga).

Yuk Subscribe Bacaterus di YouTube

Pengunjung tidak hanya datang untuk membeli dan menikmati mangga saja, tetapi juga dapat menyaksikan sejumlah pertunjukan dan kompetisi yang menarik.

Buah Mangga Terbaik Thailand

Di Thailand terdapat ratusan varietas mangga yang berbeda-beda. Mangga-mangga tersebut dapat dibedakan berdasarkan warna, rasa, aroma, ukuran, bentuk dan tanah tempat mereka tumbuh. Di antara banyaknya jenis mangga di Thailand, berikut adalah empat yang paling enak dan populer.

1. Khaio Sawoei Sampran

* sumber: frutalestropicales.com

Mangga yang satu ini memiliki ciri-ciri kulit tebal yang berwarna hijau tua serta bentuk yang memanjang. Saat masih mentah, mangga khaio sawoei sampran mengeluarkan aroma wangi dengan daging yang renyah. Sedangkan saat matang rasanya sangat manis dengan buah yang padat.

Mangga lezat yang biasanya dipanen selama bulan Oktober ini cocok dimakan langsung, terutama saat hari sedang panas. Sayangnya mengga hasil dari persilangan antara mangga nang klang wan dan mangga khaio khai ka ini dihargai cukup tinggi di pasar lokal. Meskipun demikian, apa yang Anda dapatkan adalah buah mangga berkualitas tinggi!

2. Rad Paet Riw

Mangga Paet Riw

* sumber: bk.asia-city.com

Rad paet riw yang berarti badak ini adalah buah mangga yang memiliki tanduk kecil runcing yang menonjol keluar dari buah. Oleh karena itu masyarakat Thailand menyebutnya dengan sebutan mangga badak.

Mangga yang satu ini memiliki rasa yang tajam dan manis dan biasanya dimakan sebagai kudapan dengan nam pla wan (saus manis dan asin) untuk menyeimbangkan rasanya. Mangga rad paet riw memiliki kulit berwarna hijau muda dan umumnya dibudidayakan di provinsi Chachoengsao.

3. Ok Rong Damnoen

Mangga Ok Rong Damnoen

* sumber: siameat.wordpress.com

Ini adalah mangga yang khusus digunakan untuk hidangan favorit ketan mangga. Ciri-ciri mangga ok rong damnoen adalah kulit berwarna kuning-oranye yang tampak indah serta memiliki rasa yang sangat manis dan aroma yang juga manis.

Mangga jenis ini dapat ditemukan di seluruh jalan-jalan Thailand pada bulan-bulan musim panas, mulai dari Maret hingga Juni. Salah satu mangga paling populer di Thailand ini dibudidayakan di distrik Damnoen Saduak di provinsi Ratchaburi.

4. Nam Dok Mai Bang Khla

Mangga Nam Dok Mai

* sumber: commons.wikimedia.org

Mangga terbaik Thailand yang ini memiliki kulit berwarna kuning muda dengan daging kuning keemasan dan tebal. Mangga dengan rasa dan aroma yang manis ini biasanya dimakan saat matang.

Ukuran mangga nam dok mai bang khla juga cukup besar dengan bentuk memanjang yang tajam di bagian ujungnya. Mangga ini disebut-sebut sebagai varietas mangga paling populer yang ditanam di Thailand dengan area budidaya terbesar berada di Bangkhla, Chachoengsao.

Nah, itulah bahasan mengenai jenis-jenis mangga Thailand paling enak dan populer. Meskipun di Indonesia juga terdapat sejumlah varietas mangga yang sangat lezat dengan aroma yang harum, namun tidak ada salahnya untuk mencicipi mangga dari negeri tetangga ini. Jika Anda memiliki banyak waktu luang dan uang, cobalah datang ke Thailand untuk menikmati mangga yang sangat lezat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *