Bacaterus / Madu / 10 Jenis Madu Terbaik di Indonesia yang Enak dan Bergizi

10 Jenis Madu Terbaik di Indonesia yang Enak dan Bergizi

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cukup sulit untuk memperoleh madu yang benar-benar murni karena sudah banyak madu palsu atau campuran yang dijual di pasaran. Padahal, untuk memperoleh manfaat madu untuk kesehatan, kita harus mengonsumsi madu asli yang benar-benar murni.

Di Indonesia sendiri ada beragam jenis madu yang terkenal. Madu-madu ini bahkan sudah dipasarkan di mancanegara karena kualitasnya yang sangat baik. Berikut Bacaterus telah merangkum 10 jenis-jenis madu terbaik di Indonesia yang populer di pasaran. Meskipun harganya lebih mahal dibanding madu yang dijual di supermarket, tapi kualitas madu ini sudah sangat terjamin.

1. Madu Kopi

Madu Kopi Jenis-Jenis Madu

Madu kok dicampur dengan kopi, bagaimana bisa? Tunggu dulu, madu kopi ini bukanlah madu yang dicampur dengan kopi, melainkan madu yang berasal dari bunga kopi. Lebah madu menghisap bunga yang terdapat pada tanaman kopi. Dari semua jenis-jenis madu yang dipasarkan di Indonesia, hanya madu kopi yang memiliki aroma khas dan sangat nikmat.

Madu kopi bisa digunakan untuk masak atau dibuat menjadi minuman. Manfaat dari madu ini untuk mengatasi insomnia, menambah nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, dan melancarkan sirkulasi darah. Selain dikonsumsi secara oral, madu kopi juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar secara cepat.

2. Madu Bunga Karet

Madu Bunga Karet

Siapa sangka jika tanaman karet ternyata memiliki bunga. Meskipun bunganya tidak indah, tapi lebah madu suka menghisap nektar yang terdapat pada bunga karet ini. Madu yang dihasilkan dari lebah yang menghisap nektar di bunga karet ini dinamakan sebagai madu bunga karet. Rasa madu ini manis dan warnanya pun lebih jernih jika dibanding dengan madu kopi.

Madu bunga karet ini banyak dikonsumsi untuk mengatasi keputihan, meredakan gatal-gatal di kulit, menyembuhkan alergi, meningkatkan fungsi kerja otak, serta meningkatkan stamina dan vitalitas sehari-hari. Anda dapat mengonsumsi madu bunga karet dengan cara diminum langsung atau dibuat menjadi minuman.

3. Madu Hutan Sumatera

Madu Hutan Sumatera

Bingung memilih jenis-jenis madu khas Indonesia? Coba saja Madu Hutan Sumatera. Madu yang satu ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan, Madu Hutan Sumatera yang asli bisa berperan sebagai antibiotik, antibakteri, dan antiseptik alami. Banyak orang mengonsumsi Madu Hutan Sumatera ini untuk menjaga daya tahan tubuh atau proses pemulihan (recovery) dari suatu penyakit.

Mengingat madu ini dapat berperan sebagai antibiotik dan antibakteri maka penderita radang tenggorokan, flu, dan diare sangat disarankan untuk mengonsumsi madu ini. Bagi Anda yang sedang mengalami sakit kepala, kejang perut, dan tukak lambung juga dapat mengonsumsi Madu Hutan Sumatera untuk meredakan gejalanya.

4. Madu Rambutan

Madu Rambutan

Madu Rambutan merupakan madu ternak yang berada di sekitar perkebunan rambutan. Aroma dari madu ini sedikit mengandung aroma buah rambutan segar. Rasa madu ini tidak terlalu manis dan warnanya pun lebih kekuningan tapi tidak keruh.

Yang membuat madu rambutan ini diburu oleh konsumen adalah khasiatnya. Madu ini menawarkan berbagai khasiat bagi kesehatan, di antaranya adalah meningkatkan fungsi kerja otak, mengoptimalkan kinerja ginjal, melancarkan urine, mengobati sakit pinggang, dan mengatasi sakit maag. Bagi Anda yang sehat juga diperkenankan untuk mengonsumsi madu rambutan ini untuk menjaga stamina tubuh sehari-hari.

5. Madu Tawon Gung

Madu Tawon Gung

Di antara berbagai jenis-jenis madu yang dijual di Indonesia, mungkin boleh dibilang bahwa madu tawon gung adalah salah satu madu termahal. Bagaimana tidak, madu ini berasal dari lebah atau tawon yang hidup di hutan belantara.

Tawon tersebut bukan lah tawon ternak karena sifatnya masih agresif dan sulit untuk dikendalikan. Lebah-lebah liar tersebut akan menghasilkan madu berwarna kehitaman dan dikenal sebagai madu tawon gung.

Perlu Anda ketahui bahwa madu tawon gung biasa digunakan untuk masak, membuat minuman, dan bahan dasar kosmetik. Manfaat dari madu ini adalah menambah nafsu makan, meningkatkan stamina tubuh, menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya, meningkatkan nafsu makan, dan membantu proses pemulihan tubuh (recovery) pasca sakit.

6. Madu Kaliandra

Madu Kaliandra

Berbicara soal madu yang populer di Indonesia, tentu rasanya tidak afdol jika kita tidak membicarakan Madu Kaliandra. Madu berwarna kuning dan tampak keruh ini berasal dari nektar bunga kaliandra. Walaupun bunga tersebut tidak terlalu populer, nyatanya bunga kaliandra bisa menghasilkan madu yang cukup laris di pasaran.

Jika selama ini Anda adalah orang yang sulit buang air besar, konsumsi madu kaliandra dapat bantu melancarkan pencernaan. Di samping itu, madu kaliandra juga bermanfaat bagi pemilik tekanan darah tinggi maupun rendah. Apakah Anda selama ini sering mengalami insomnia? Minumlah madu kaliandra secara teratur agar tidur lebih nyenyak.

7. Madu Klanceng

Madu Klanceng

* sumber: griyaherbalmubarak.blogspot.co.id

Ada yang berbeda dari madu klanceng jika dibandingkan dengan jenis-jenis madu lainnya. Madu klanceng ini berasal dari lebah ternak yang menghisap berbagai bunga (multiflora). Jadi, lebah ini akan menghasilkan madu dengan rasa dan aroma yang khas.

Mengingat madu yang dihasilkan oleh lebah ini berasal dari berbagai jenis bunga, maka tak heran jika harga madu klanceng ini cukup mahal. Adapun manfaat madu klanceng adalah untuk mencegah stroke dengan melancarkan peredaran darah, menstabilkan kadar gula darah, mencegah infeksi, mencegah kanker, dan masih banyak lagi.

8. Madu Randu

Madu Randu

* sumber: www.balesehat.com

Anda pasti familiar dengan pohon randu, bukan? Pohon yang dapat menghasilkan kapuk ini ternyata juga memiliki bunga. Lebah sangat menyukai nektar yang dihasilkan bunga pohon randu. Madu yang berasal dari bunga pohon randu ini memiliki warna cokelat muda yang tidak terlalu keruh.

Untuk rasanya, madu randu menawarkan rasa manis yang sedikit asam. Madu randu dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, menyembuhkan sariawan, dan untuk masker wajah. Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat mengonsumsi madu randu setiap hari.

9. Madu Kelengkeng

Madu Kelengkeng

Sama seperti tumbuhan lain yang namanya dijadikan nama madu khas Indonesia, madu kelengkeng ini berasal dari bunga yang tumbuh pada tanaman buah kelengkeng. Madu kelengkeng memiliki warna kuning yang sangat jernih. Aromanya sangat harum sehingga membuat kita ingin segera menyantapnya.

Di balik kenikmatan madu kelengkeng tersimpan sejumlah manfaat untuk tubuh, mulai dari mempercepat pemulihan luka pasca operasi, menguatkan fungsi ginjal, sampai dengan meredakan sakit pinggang. Yuk, konsumsi madu kelengkeng setiap hari.

10. Madu Manuka

Madu Manuka

Selanjutnya, ada madu manuka yang cukup terkenal di Indonesia. Madu manuka termasuk salah satu dari jenis-jenis madu terbaik di Indonesia meskipun madu ini dihasilkan dari nektar bunga yang tumbuh di Selandia Baru. Warna madu ini cokelat muda, keruh, dan kental seperti caramel.

Rasa madu ini unik sehingga banyak orang menyukainya. Di samping itu, manfaat madu manuka adalah untuk mempercepat proses pemulihan saat sakit, menjaga daya tahan tubuh, dan menyembuhkan luka bakar. Saat ini, madu manuka sudah banyak dipasarkan di Indonesia.

Nah, inilah 10 jenis-jenis madu terbaik di Indonesia yang sangat populer. Meskipun tidak semua berasal dari Indonesia, tapi 10 jenis madu ini adalah yang paling diminati di tanah air, lho. Jangan lupa untuk membaca artikel cara membedakan madu asli dan palsu agar Anda tidak tertipu saat membelinya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *