Bacaterus / Kompor Gas / Yuk, Kenali 7 Jenis Kompor Gas Sebelum Membeli yang Baru

Yuk, Kenali 7 Jenis Kompor Gas Sebelum Membeli yang Baru

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Mei 2019

Kalau dulu nenek moyang kita memasak dengan menggunakan kayu bakar, kini semuanya jadi lebih mudah berkat adanya kompor. Setelah melalui era kompor berbahan minyak tanah, kini hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah menggunakan kompor gas.

Apakah saat ini Anda masih memakai kompor minyak tanah? Jika ya, pertimbangkan untuk beralih ke kompor gas. Bacaterus akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis kompor gas agar Anda bisa menemukan kompor yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Portable

Portable

Pernah makan di restoran dengan konsep all you can eat? Nah, sebagian besar restoran tersebut menggunakan kompor portable untuk memudahkan pengunjung memasak langsung di meja masing-masing. Gas yang digunakan berbeda dengan gas LPG yang biasa kita pakai sehari-hari. Kompor portable menggunakan gas dalam tabung kecil seperti oksigen mini.

Sesuai dengan namanya, kompor portable ini sangat praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Anda tidak perlu repot-repot memasang selang untuk menghubungkan kompor ke LPG. Di samping itu, bobot dari kompor ini juga cukup ringan.

Kompor portable biasanya hanya tersedia dalam bentuk kompor satu tungku saja. Sayangnya, kompor ini kurang cocok untuk kebutuhan memasak sehari-hari karena gasnya tergolong cepat habis. Kompor ini hanya kami rekomendasikan untuk keperluan darurat seperti saat camping atau menggelar acara makan-makan sukiyaki atau sup. Beli kompor portable di Bukalapak lewat link ini.

2. Satu Tungku

Satu Tungku

Jarang memasak atau mungkin lebih sering makan di luar rumah? Kompor gas satu tungku ini nampaknya sangat sesuai dengan kebutuhan Anda. Kompor ini hanya menyediakan satu tungku saja dan desainnya pun terlihat minimalis. Penempatan kompor satu tungku di tempat tinggal Anda dijamin tidak akan memakan ruang terlalu besar.

Kompor satu tungku memiliki performa yang sama saja dengan kompor dua tungku. Anda bisa memakai kompor ini untuk memasak air, menghangatkan makanan, menggoreng telur atau makanan beku, sampai dengan memasak apapun yang Anda mau. Pokoknya, fungsi yang ditawarkan benar-benar sama persis dengan kompor dua tungku. Temukan kompor satu tungku di Bukalapak melalui link ini.

3. Dua Tungku

Dua Tungku

Yang satu ini adalah jenis kompor gas yang paling banyak dipakai dalam rumah tangga sehari-hari. Selain di rumah tangga, kompor gas dua tungku juga banyak dipakai oleh pengusaha kuliner menengah yang tidak terlalu membutuhkan kompor dengan jumlah tungku yang banyak.

Kompor dua tungku sangat memudahkan Anda memasak dengan cepat. Sebagai contoh, ketika tungku satunya dipakai untuk mengukus daging, kompor yang lainnya bisa dipakai untuk menumis sayuran. Para ibu rumah tangga sangat menyukai kompor ini karena benar-benar mempermudah kegiatan memasak mereka. Butuh kompor dua tungku? Segera beli di Bukalapak via link ini.

4. Empat Tungku

Empat Tungku

Selain kompor gas satu dan dua tungku, ternyata ada juga kompor gas dengan jumlah tungku yang lebih banyak, yakni kompor gas empat tungku. Kehebatan kompor ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi karena keempat tungkunya benar-benar memudahkan Anda dalam urusan memasak.

Harga kompor empat tungku sudah pasti lebih mahal dengan kompor gas lain yang jumlah tungkunya lebih sedikit. Hanya saja, kompor ini cenderung lebih boros gas jika Anda selalu memakai keempat tungkunya secara bersamaan.

Pengguna kompor gas empat tungku biasanya berasal dari kalangan pengusaha kuliner. Restoran-restoran besar sudah banyak yang memakai kompor gas empat tungku agar bisa menyajikan makanan secara lebih cepat. Kini, Anda bisa membeli kompor empat tungku di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

5. Komersil

Komersil

Pernahkah Anda melihat di warung kali lima atau dapur restoran saat chef-nya sedang memasak dalam wajan yang sangat besar? Namun, kalau diperhatikan lebih seksama, kompor yang dipakai oleh chef tersebut nampak seperti kerangkanya saja dan tidak secantik kompor gas pada umumnya.

Kompor yang banyak dipakai memasak oleh para chef itu bukan kompor rakitan, ya, melainkan kompor gas komersil. Kompor ini sengaja dibuat dari material besi cor untuk menghasilkan api yang sangat besar. Api yang besar akan memudahkan penggunanya memasak dengan wajan besar dan mematangkan makanan secepat mungkin.

Harga kompor gas komersil tidak terlalu mahal kok. Akan tetapi, kompor ini sangat tidak disarankan untuk dipakai dalam rumah tangga karena kurang aman dan apinya terlalu besar. Jenis kompor ini nampaknya lebih cocok dipakai di ruangan terbuka atau memiliki sirkulasi udara yang baik. Dapatkan penawaran terbaik untuk kompor komersil lewat Bukalapak di link ini.

6. Freestanding

Freestanding

Di antara berbagai pilihan jenis kompor gas, nampaknya kompor gas freestanding ini yang dibanderol dengan harga paling mahal. Maklum saja, dalam sebuah kompor ini bisa terdapat empat atau enam tungku sekaligus. Selain itu, di bagian bawah kompor juga terdapat laci yang merupakan oven.

Kompor gas freestanding sangat cocok untuk Anda yang suka memasak sekaligus membuat kue. Tampilan kompor gas jenis ini juga terlihat begitu kokoh dan mewah sehingga bisa dipakai untuk mempercantik dapur.

Akan tetapi, selain harganya lebih mahal, yakni mulai dari 2 jutaan rupiah, kompor gas ini juga membutuhkan perawatan dan pembersihan yang lebih rumit. Apalagi jika ada kerusakan kompor ini agak sulit diperbaiki sendiri dan Anda harus memanggil tenaga ahli untuk membantu proses reparasinya. Berencana untuk mengganti kompor lama dengan kompor freestanding? Cek Bukalapak di link ini, yuk!

7. Tanam

Tanam

Bagi Anda yang mementingkan kecantikan dapur di rumah, maka pertimbangkan untuk membeli kitchen set yang sudah dilengkapi dengan kompor tanam. Mengapa dinamakan kompor tanam? Karena kompor gas ini nampak menyatu dengan kitchen island-nya. Jadi, kompor ini bersifat permanen alias tidak bisa dipindahkan dengan mudah seperti kompor gas lainnya.

Harga kompor tanam ini cukup mahal dan biasa dijual sekaligus bersama dengan kitchen set-nya. Dalam satu kompor bisa terdapat dua sampai dengan empat tungku. Selain itu, tampilan selang yang menghubungkan antara kompor dan LPG juga lebih tertutup sehingga menampilkan kesan rapi. Ingin mencari kompor tanam dengan harga reasonable? Kunjungi Bukalapak di link ini.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai jenis-jenis kompor gas yang dipasarkan di Indonesia. Semoga dengan informasi ini Anda semakin terbantu untuk memperoleh kompor gas yang tepat.

Pemilihan kompor gas bisa dimulai dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan, ketersediaan tempat, dana yang dimiliki, sampai dengan tingkat keamanannya. Apabila Anda sudah membeli kompor gas yang diinginkan, silakan baca artikel cara menggunakan kompor gas yang benar dan aman ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar