Bacaterus / Rumah / 10 Jenis Keramik untuk Mempercantik Ruangan di Rumah

10 Jenis Keramik untuk Mempercantik Ruangan di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Percaya tidak bahwa kehadiran keramik yang pas bisa membangkitkan suasana di dalam rumah. Tak hanya sanggup membuat indah, memilih keramik yang sesuai dengan tema ruangan juga membuat pemilik lebih betah di rumah serta ruangan lebih sempurna.

Keramik memiliki setidaknya 10 jenis yang bisa kamu pilih. Masing-masing memiliki cara pembuatan, bahan, sampai cara merawat yang berbeda. Bahkan ada keramik yang cocok dipasang di kamar mandi ada pula yang tidak direkomendasikan. Penasaran? Yuk, simal 10 jenis keramik yang bisa membuat ruangan di dalam rumah menjadi lebih indah.

1. Keramik Biasa

* sumber: kiaceramics.com

Jenis keramik yang paling mudah ditemukan dan paling banyak digunakan adalah keramik biasa. Bahkan kamu bisa menemukan jenis keramik ini di toko bangunan kecil.

Ukuran yang dibuat pada keramik biasa ini beragam, mulai dari ukuran 30-80 cm dengan bentuk persegi. Tak hanya itu, ia juga punya ukuran persegi panjang seperti 30 x 15 cm. Biasanya ini digunakan untuk dinding kamar mandi.

Kalau kamu mencari keramik biasa, bisa dengan memilih merk KIA. KIA merupakan merk keramik yang bisa dipilih. Ia menjaga kualitas dengan memilih material dan bahan pilihan berkualitas. Selain itu, harganya masih terjangkau.

KIA Impresso ukuran 30 x 30 cm bisa dijadikan pilihan untuk mengisi ruangan di rumah. Dengan warna putih dan tekstur glossy, tentu membuat ruangan menjadi lebih luas. Selain itu, jenis keramik ini mudah dibersihkan dengan cara disapu dan dipel saja.

2. Keramik Marmer

Keramik Marmer

* sumber: www.romanceramics.com

Bila kamu menginginkan ruangan terlihat mewah sekaligus elegan bisa memilih keramik marmer. Keramik ini memiliki corak yang natural, tahan pada goresan, bahkan daya kilapnya cukup lama. Selain itu,warna dan motif pun bervariasi. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera atau tema ruangan.

Namun, saking licinnya perlu berhati-hati karena mudah membuat terpeleset. Bila menginvestasikan menggunakan keramik marmer, siapkan juga budget lebih untuk pemasangan. Ini karena pemasangan cukup sulit sehingga harus cermat dan jeli.

Walau keramik marmer cocok digunakan pada segala ruangan, ada baiknya tidak dipasang pada dapur ataupun ruang makan. Ini karena keramik bisa rusak bila terkena larutan asam. Namun, ia juga tahan goresan dan terasa dingin setelah dipasang.

Merk keramik marmer yang bisa kamu andalkan adalah Roman Ceramics. Merk satu ini memiliki keramik marmer bernama Monteverdi Bone. Warnanya yang putih tulang sangat mudah disesuaikan dengan tema ruangan manapun. Efeknya pun bisa membuat ruangan menjadi lebih luas. Apalagi ukurannya yang besar, yaitu 60 x 60 cm bisa membuat ruangan kecil menjadi lebih elegan.

3. Keramik Granit Alam

Keramik Granit Alam

* sumber: kiaceramics.com

Bila kamu memiliki budget lebih untuk membeli keramik, bisa dengan memilih keramik granit alam. Memasang lantai menggunakan keramik jenis granit alam bisa membuat tampilan ruangan lebih mewah. Bahan pembuatannya menggunakan hasil tambang sehingga harganya memang mahal.

Warna dari keramik jenis ini memang alami dan natural, permukaannya pun halus sehingga bisa tahan goresan. Bahkan keramik jenis ini memiliki daya tahan baik dengan tekstur yang kokoh. Memang, ini membuat keramik granit alam sulit untuk dipotong dan membutuhkan tenaga ekstra saat memasangnya karena berat.

KIA Prime bisa kamu jadikan pilihan dalam memilih keramik granit alam. Bernama Clayton Beige dengan tekstur matt, membuat tampilan ruangan di dalam rumah menjadi lebih elegan. Apalagi bila kamu menggunakannya pada ruang tamu atau kamar tidur.

4. Keramik Mozaik

Keramik Mozaik

* sumber: www.romanceramics.com

Mencari keramik untuk dinding kamar mandi atau backsplash dapur, bisa dengan memilih keramik mozaik. Keramik jenis ini memang memiliki ukuran kecil, biasanya tak lebih besar dari 6 cm. Keramik mozaik memiliki tingkat penyerapan air yang rendah. Sehingga membuatnya lebih tahan lama dan kuat. Selain itu, mudah dalam perawatan.

Kesan yang diberikan memang membuat ruangan lebih hidup. Keramik mozaik rata-rata bermotif heksagonal atau persegi kecil. Tipenya pun ada dua, tipe keramik mozaik berlapis kaca dan tipe keramik mozaik tanpa glasir.

Roman Ceramics mengeluarkan keramik mozaik untuk kamu yang ingin menggunakannya pada kamar mandi atau backsplash dapur. Ada 6 tipe yang bisa kamu pilih, salah satunya dVdrum.

Keramik mozaik ini sudah dibuat menjadi ukuran persegi panjang 30 x 60 cm sehingga mudah dalam pemasangan. Ada empat warna pilihan, tone putih, tone cokelat, tine abu-abu, serta tone biru. Kamu akan mendapatkan keramik mozaik dengan warna yang terdiri dari, putih, warna lebih muda, warna seharusnya, dan warna lebih gelap.

5. Pavers

Pavers

* sumber: www.tokopedia.com

Pavers atau juga disebut ubi genteng biasanya dipilih untuk area yang cukup keras. Ia memiliki ketebalan sampai 1 inci dengan ukuran 12 inci bahkan lebih besar. Bahannya terbuat dari tanah liat dalam suhu tinggi.

Selain itu, ada juga jenis pavers unglazed yang dikenal dengan Saltillo atau pavers Meksiko. Rata-rata keramik ini dibuat menggunakan tangan. Perawatannya cukup membutuhkan waktu karena perlu disegel sekali atau dua kali dalam satu tahun.

Kamu bisa memilih Allia untuk keramik jenis pavers. Ia memiliki dua warna, yaitu light reddish brown dan light grey. Hasil akhirnya adalah matte dengan ukuran 8 x 32 cm. Kamu bisa memasangnya di dinding atau di lantai outdoor.

6. Keramik Teraso

Keramik Teraso

* sumber: terramix.id

Keramik Teraso paling cocok digunakan bila rumahmu memiliki gaya etnik ataupun klasik. Keramik teraso dibuat dari limbah marmer yang diolah lagi dan menghasilkan lantai jenis baru. Motifnya seperti pecahan batu dengan permukaan anti gores.

Harganya memang mahal, tapi keramik jenis ini mudah dirawat dan menyesuaikan dengan suhu ruangan. Ukurannya pun beragam, mulai dari 20 x 20 cm sampai 60 x 60 cm.

Kamu bisa memilih keramik teraso dari Teramix bernama Cordon Bleu. Motifnya tak hanya ada satu warna tetapi lebih dari dua warna namun harmonis. Ukuran yang tersedia mulai dari 30 x 60 cm serta 60 x 60 cm.

7. Homogeneous Tile

Homogeneous Tile

* sumber: www.indahkeramik.com

Tertarik menggunakan keramik granit atau marmer tapi dengan biaya minim? Homogenous tile jawabannya! Keramik ini merupakan tiruan granit yang biasanya dibuat di pabrik. Memang sengaja dibuat agar terlihat seperti marmer atau granit. Namun, ukurannya cenderung besar.

Kamu bisa memilih Artile Cosmo Eternity untuk lantai yang berjenis homogenous tile. Dengan warna grey, ia memberikan motif marmer dengan tekstur matte. Kamu bisa mengaplikasikan di dalam ruangan atau teras rumah, lho.

8. Keramik Porselen

Keramik Porselen

* sumber: www.builddirect.com

Sekilas keramik porselen sama dengan keramik biasa. Namun ia berbeda. Pasalnya keramik porselen memiliki kilap yang cerah. Ini karena keramik jenis ini dipoles dengan kaca dengan hasil akhir yang tidak licin. Walaupun beberapa memang tetap dengan tampilan doff.

Bila kamu memasang keramik porselen pada ruangan di rumah, pastikan area tersebut tidak terlalu panas. Karena ia mudah rusak dan pecah. Selain itu, keramik porselen juga tidak cocok bila dipasang di dinding walaupun tahan terhadap goresan.

Salerno bisa dijadikan merk pilihan dalam memilih keramik porselen dari Moderna Collection. Ia memiliki motif berserat dengan tiga pilihan warna, salah satunya adalah Dove. Ukurannya pun sekitar 30 x 60 cm.

9. Keramik Semen

Keramik Semen

* sumber: www.cletile.com

Keramik semen menjadi tren dalam pemilihan alas lantai beberapa tahun belakang ini. Biasanya keramik jenis ini digunakan dalam pabrik atau gudang tetapi sekarang menghiasi lantai di rumah. Apalagi bila tema ruangan adalah industrial, bohemian, atau minimalis.

Sesuai dengan namanya, keramik ini menggunakan bahan semen sebagai penutup. Kemudian dipoles agar memiliki hasil akhir yang baik. Keunggulannya menahan benda berat dan juga tak memerlukan biaya besar untuk memasangnya. Beberapa keramik semen juga memiliki motif menarik agar tak monoton.

Merk keramik semen yang bisa kamu pilih untuk mengisi ruangan di rumah adalah Cle’. Merk ini memiliki keramik semen yang tak hanya satu warna solid tetapi juga berbagai motif bahkan berbagai warna. Salah satunya adalah Cement Solid Black Square untuk tampilan ruangan yang simple. Ukurannya 20 x 20 cm bisa memberikan sentuhan berbeda pada ruangan.

10. Keramik Refractory

Keramik Refractory

* sumber: indonesian.alibaba.com

Setiap keramik memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali keramik refractory. Keramik jenis ini memang belum seterkenal itu, akan tetapi kelebihannya adalah ia tahan api. Ini karena dalam pembuatannya tercantum alumina dan silika yang tahan api.

Kalau kamu ingin memasangnya di dapur, bisa dengan membeli produk buatan Jiu Qiang. Merek yang berasal dari China ini mengeluarkan keramik refraktori. Warna keramik yang putih dan sudah mendapatkan sertifikasi produk dari CE tentu tak diragukan lagi kualitasnya.

Dari jenis-jenis keramik di atas, mana yang akan menjadi penghuni ruangan di dalam rumah? Jangan lupa disesuaikan dengan budget dan juga kelebihan dari masing-masing jenis keramik agar penggunaannya sesuai dan lebih tahan lama.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *