Bacaterus / Keju / 10 Jenis Keju Populer di Dunia yang Paling Enak dan Lezat

10 Jenis Keju Populer di Dunia yang Paling Enak dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Juli 2019

Keju adalah olahan susu yang paling populer di masyarakat. Semua kalangan pasti menyukai olahan susu satu ini. Selain bisa disantap langsung, keju juga seringkali dijadikan bahan kue ataupun topping untuk beragam macam hidangan.

Keju rupanya memiliki sejumlah jenis. Semua jenis keju memiliki keistimewaannya masing-masing, dan tentu saja memiliki cita rasa yang lezat. Lantas, apa saja jenis-jenis keju itu sendiri? Kalau kamu mau tahu, langsung saja simak daftar dari Bacaterus ini.

1. Parmesan

* sumber: www.thespruceeats.com

Ini merupakan jenis keju yang terkenal. Keju satu ini dibuat dari susu sapi dan berasal dari Italia, khususnya daerah Parma. Pembuatan keju ini sendiri tergolong lama; sekitar 3 bulan hingga setahun lamanya.

Keju parmesan memiliki bentuk yang bundar serupa drum atau kue bolu. Bagian kulit luarnya berwarna kuning pucat dan aromanya begitu manis. Teksturnya padat dan cita rasanya agak sedikit manis. Parmesan sangat cocok dijadikan topping untuk berbagai makanan. Dapatkan keju parmesan dari beragam merk di Bukalapak melalui link ini.

2. Mozzarella

* sumber: www.sobeys.com

Ini adalah keju lainnya yang populer di masyarakat, selain Parmesan tentunya. Sama seperti Parmesan, keju Mozzarella juga berasal dari Italia, khusunya dari daerah Campania atau Latium. Tak seperti Parmesan, keju Mozzarella bisa dibuat dari susu sapi dan bahkan susu kerbau.

Mozzarella umumnya berwarna putih. Teksturnya begitu lembut dan kadar airnya cukup tinggi. Daya tahan keju ini bisa sangat lama, tergantung di mana kamu menyimpannya. Kalau mau daya tahannya sangat lama, disarankan untuk menyimpannya di dalam kemasan yang hampa udara.

Di Italia, Mozzarela sering dipakai untuk campuran pizza dan lasagna. Di Indonesia, keju ini pun juga lazim dipakai sebagai campuran makanan. Ayam geprek mozzarella adalah salah satu contohnya. Yuk, beli aneka keju mozarella melalui Bukalapak di link ini.

3. Cheddar

* sumber: www.splendidtable.org

Keju Cheddar adalah keju selanjutnya yang populer di daftar ini. Tak seperti dua keju sebelumnya, keju ini tidak dibuat di Italia. Keju ini berasal dari negara Inggris, khususnya di daerah desa Cheddar. Keju yang dibuat dari susu sapi ini memiliki tekstur yang keras dan berwarna putih gading.

Keju ini lazim sekali dipakai sebagai bahan dasar utama sebuah kue atau makanan. Keju ini memiliki kandungan vitamin B12 yang baik, sehingga keju ini bisa dibilang cukup bergizi. Di Indonesia, keju jenis ini dijual dalam berbagai nama merk, salah satunya adalah Kraft. Kini, kamu bisa membeli aneka merk keju cheddar di Bukalapak lewat link ini.

4. Stilton

* sumber: caputos.com

Inggris masih memiliki satu jenis keju lainnya. Keju tersebut adalah keju Stilton. Proses pembuatan keju ini cukup unik, di mana susu sapi yang menjadi bahan utama keju ini bakal dicampur bersama jamur. Penambahan jamur tersebut membuat keju ini memiliki corak kebiruan di dalamnya.

Sama seperti Cheddar, Stilton juga merupakan keju yang keras. Keju ini memiliki bentuk agak silinder, Pada bagian kulit luarnya, kamu bakal menemukan sejumlah lubang yang amat kecil. Lubang-lubang itu rupanya tercipta dai jarum-jarum yang ditusukkan ke bagian kulit keju Stilton.

5. Emmental

* sumber: mandalindeli.co.uk

Kalau kamu melihat keju ini, pasti kamu tidak akan asing. Bentuk keju satu ini sering dipersepsikan sebagai bentuk keju pada umumnya. Bentuk keju Emmental sendiri berbentuk bulat dan berwarna kuning. Bagian luarnya memiliki lubang yang besar dan banyak jumlahnya.

Keju yang berasal dari Swiss ini dibuat dari susu sapi yang diberi makan jerami. Susu tersebut nantinya dikentalkan dengan bakteri dan dicetak. Setelah itu, susu itu pun bakal mengalami sejumlah proses pembuatan lainnya yang cukup panjang.

Proses pembuatannya yang panjang membuat keju Emmental mengeluarkan zat karbondioksida. Zat tersebutlah yang kelak membuat keju ini memiliki lubang besar yang banyak. Keju ini ini lazim sekali dipakai untuk isian roti bakar dan burger keju (cheese burger). Mau beli keju emmental? Kunjungi link ini untuk membelinya via Bukalapak.

6. Gouda

* sumber: theculturetrip.com

Gouda merupakan keju yang berasal dari Belanda. Sama seperti beberapa keju sebelumnya, keju ini juga dibuat dari susu sapi. Pada keju ini, susu sapi dipanaskan hingga menghasilkan dadih yang terpisah dari susunya. Bagian dadih susu tersebut nantinya bakal diproses sedemikian rupa dan menjadi Keju Gouda.

Keju Gouda memiliki cita rasa manis yang kuat. Semakin tua keju ini, maka semakin manis pula rasa kejunya. Teksturnya cukup renyah dan gurih, apalagi jika kamu menyantapnya saat keju ini masih panas. Keju Gouda sangat cocok dijadikan topping dalam menu salad. Keju Gouda bisa disajikan dalam bentuk utuh dan juga dalam bentuk lelehan. Gouda bisa dibeli secara online lewat Bukalapak dengan masuk ke link ini.

7. Edam

Keju Edam adalah keju lainnya yang berasal dari Belanda. Tampilan keju ini seperti buah apel yang bagian luarnya berwarna merah, dan bagian dalamnya berwarna kuning pucat. Warna merah pada keju ini dibuat dari bahan parafin.

Keju Edam sangat cocok untuk disantap kala berdiet. Hal itu dikarenakan kandungan lemak di dalamnya lebih rendah ketimbang keju-keju lainnya. Keju Edam lazim dipakai untuk campuran buah atau dijadikan taburan di atas kue kering. Kini, kamu bisa membeli keju edam ini di Bukalapak melalui link ini.

8. Camembert

* sumber: en.wikipedia.org

Bukan hanya Italia, Swiss, Inggris, dan Belanda saja, Perancis pun juga punya jenis keju yang enak. Keju tersebut adalah Keju Camembert. Keju ini dibuat dari susu sapi mentah yang diberi bakteri rennet dan diasamkan selama 1 hingga 1,5 jam.

Keju Camembert memiliki bentuk bundar dan agak tipis. Teksturnya cukup lembut dengan bagian luarnya yang terlapisi jamur putih. Cita rasa keju ini agak asin dan terasa seperti mentega. Cita rasa tersebut membuat keju ini sering dijadikan olesan roti. Keju atau produk olahan camembert bisa didapatkan di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

9. Chevre

* sumber: plugon.us

Bukan hanya Chamembert, Perancis masih punya jenis keju enak lainnya. Keju Cheve adalah jenis keju tersebut. Berbeda dengan keju-keju lainnya, keju satu ini tidak dibuat dari susu sapi atau kerbau. Keju satu ini justru dibuat dari susu kambing.

Sebelum menjadi keju, susu kambing pada keju ini bakal difermentasi dalam waktu lumayan lama. Proses fermentasi ini bakal menghasilkan keju Chevre yang lunak dan agak lembab. Keju Chevre sangat cocok untuk isian sandwich atau dijadikan campuran salad. Klik link ini untuk membeli keju chevre melalui Bukalapak.

10. Blue Cheese (Danablu)

* sumber: www.eastlondoncheeseboard.co.uk

Boleh dibilang, kalau ini adalah keju Stilton versi negara Denmark. Hal itu disebabkan keju ini memiliki corak kebiruan di dalamnya, sama dengan keju Stilton. Adapun yang membedakannya dengan Stilton adalah bagian atas keju ini yang berwarna kebiruan.

Blue Cheese memiliki tekstur yang lembut dengan sedikit lembab. Cita rasanya sendiri cukup asin. Jika kamu menyantap keju ini, kamu bakal merasa seperti mencicipi sebuah krim. Kalau kamu tak suka bau yang tajam, keju ini sebaiknya jangan dikonsumsi. Hal itu dikarenakan keju ini memiliki aroma yang kuat dan tajam.

Itulah beberapa jenis keju yang enak dan wajib diketahui. Di antara semua keju di atas, mana yang menurutmu menarik dan ingin sekali kamu coba? Yuk, beritahu kami di kolom komentar! Baca juga artikel cara menyimpan keju yang benar untuk menambah wawasanmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar