Bacaterus / Merk Kasur / Sebelum Membeli, Kenali Dulu 6 Jenis Kasur Berikut Ini

Sebelum Membeli, Kenali Dulu 6 Jenis Kasur Berikut Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Maret 2019

Kasur telah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Tanpa kasur, tidur pun jadi tak enak. Oleh karena itu, ketika kasur lama mulai terasa tidak nyaman, maka kita harus segera membeli kasur yang baru. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis kasur yang dijual di pasaran. Manakah jenis kasur yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda?

Di kesempatan kali ini, Bacaterus akan memperkenalkan jenis-jenis kasur yang paling sering digunakan. Kami juga akan membahas keunggulan dan kekurangan dari jenis-jenis kasur berikut ini agar Anda bisa menemukan kasur yang paling tepat.

Jenis-Jenis Kasur yang Bagus

1. Kasur Pegas (Spring Bed)

Kasur Pegas (Spring Bed) Jenis-jenis Kasur

Meskipun terdapat beragam jenis-jenis kasur yang dijual di pasaran, kasur pegas alias spring bed adalah jenis kasur paling favorit. Hampir semua konsumen memilih untuk menggunakan spring bed untuk memperoleh kenyamanan saat tidur.

Dinamakan spring bed karena di bagian dalam kasur ini terdapat komponen spiral atau pegas untuk memantulkan kembali tekanan berat tubuh penggunanya sehingga kontur kasur mengikuti lekuk tubuh. Pegas inilah yang membuat anak-anak senang berloncatan di atas spring bed karena tubuhnya dapat memantul dengan ringan.

Ada dua jenis spring bed yang paling populer di pasaran, yakni innerspring dan juga hybrid. Innerspring adalah jenis spring bed yang paling umum karena harganya cukup terjangkau. Innerspring juga menawarkan kenyamanan saat tidur. Akan tetapi, ketika kita melakukan pergerakan di atas kasur pegas innerspring, maka pegasnya akan menimbulkan suara meskipun tidak terlalu mengganggu.

Selain innerspring, ada juga kasur pegas tipe hybrid. Boleh dibilang bahwa hybrid lebih nyaman dan lebih mahal dibanding innerspring. Pasalnya, kasur pegas hybrid juga dilengkapi dengan lapisan memory foam. Jadi, ketika kita melakukan pergerakan, maka tak akan terdengar bunyi seperti menggunakan kasur pegas innerspring.

Jika Anda tertarik untuk membeli kasur spring bed, silakan baca ulasan kami mengenai 10 merk spring bed terbaik agar bisa Anda jadikan referensi ketika memilihnya.

2. Kasur Busa

Kasur Busa

Dari sekian banyak jenis-jenis kasur yang dijual di Indonesia, jenis kasur busa ini bisa dibilang yang paling murah. Kasur ini berisi busa dan dibungkus dengan kain. Tidak ada penopang seperti pegas di dalam kasur ini sehingga ketika ada tekanan, kasur ini dapat dengan mudah mengikuti tekanan tersebut.

Kasur busa tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan. Semakin tebal busanya, maka semakin nyaman pula Anda menggunakan kasur ini. Akan tetapi, kasur busa memiliki kekurangan yakni sifatnya yang tidak dapat menyerap panas sehingga permukaannya mudah terasa panas.

Di samping itu, kekurangan lainnya dari kasur busa adalah busanya bisa kempes seiring berjalannya waktu. Bahkan, jika kualitas busanya kurang baik maka lama kelamaan busanya dapat hancur.

Nah, jika Anda tertarik untuk membeli kasur busa, Anda bisa menyimak daftar merk kasur busa terbaik yang pernah kami ulas sebelum membelinya.

3. Kasur Lateks

Kasur Lateks

Punya masalah pada punggung? Mungkin Anda harus mengganti kasur lama Anda dengan kasur lateks. Di antara beberapa jenis-jenis kasur yang beredar di pasaran, hanya kasur lateks lah yang paling cocok untuk pengguna yang memiliki masalah sakit punggung. Pasalnya, kasur lateks mampu mengikuti postur tubuh penggunanya dengan baik.

Kasur lateks dilengkapi dengan lubang-lubang besar untuk menyempurnakan elastisitasnya. Boleh dibilang bahwa kasur lateks tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk sehingga benar-benar cocok dipakai oleh orang-orang yang memiliki masalah punggung.

Ketika Anda memiliki kasur lateks, hindari menjemur kasur ini di bawah sinar matahari karena lateks adalah material yang tidak tahan terhadap panas. Anda juga harus menggunakan lateks di ruangan yang sejuk karena kasur ini tidak dapat menyerap suhu panas. Di samping itu, harga kasur lateks cenderung lebih mahal ketimbang kasur-kasur lainnya.

4. Kasur Air

Kasur Air

Siapa bilang jenis kasur air tidak populer di kalangan masyarakat? Kasur air dapat memberikan banyak manfaat untuk penggunanya, lho. Secara sederhana, tidur di atas kasur air ini dijamin lebih adem ketimbang tidur di atas spring bed atau jenis-jenis kasur lainnya.

Keunggulan kasur air adalah teksturnya tidak keras tapi juga tidak terlalu empuk. Kasur air juga tidak akan mengikuti tekanan objek di atasnya. Anda pun tidak perlu terus menerus mengganti air di dalam kasur ini karena air di dalamnya tidak akan tercemar oleh debu.

Pengguna kasur air didominasi dari kalangan orang-orang yang terbaring sakit dan banyak melakukan aktivitasnya di atas tempat tidur. Permukaan kasur air yang cenderung memiliki suhu yang rendah mencegah penggunanya mengalami lecet pada punggung karena harus terus menerus berbaring sepanjang waktu.

5. Kasur Angin / Kasur Udara

Kasur Angin

Ada kasur air, ada pula kasur angin yang diisi dengan udara. Untuk membuat kasur ini mengembang, Anda harus memompa bagian dalamnya agar udara bisa mengisi kasur tersebut. Kasur angin ini memiliki tekstur yang sama dengan kasur air, yakni tidak terlalu empuk tapi juga tidak terlalu keras.

Dewasa ini, kasur angin banyak dimanfaatkan untuk tidur atau sekedar bersantai. Kasur ini juga terasa adem sehingga membuat penggunanya merasa lebih nyaman. Namun, Anda harus mengecek udara di kasur ini secara berkala agar tidak kempes.

6. Memory Foam

Memory Foam

Kalau Anda merasa kasur busa kurang nyaman karena dapat mengikuti tekanan tubuh Anda, coba saja membeli kasur memory foam. Kasur yang satu ini lebih padat dibanding kasur busa. Kasur yang dirancang oleh NASA ini dapat mengikuti postur tubuh dengan sempurna.

Memory foam adalah jenis kasur yang cukup mahal tetapi tidak semahal kasur lateks. Jenis kasur ini juga cocok dipakai oleh orang yang memiliki masalah pada punggung. Pasalnya, kasur ini dapat menyebarkan berat tubuh Anda secara merata, tidak hanya tertumpu pada bagian tulang punggung saja.

Pengguna kasur memory foam harus di tempat dengan suhu ruangan yang sejuk. Kasur ini bersifat panas dan bisa membuat Anda gerah jika dipakai di ruangan yang sirkulasi udaranya kurang baik.

Manakah Jenis Kasur Terbaik?

Manakah Jenis Kasur Terbaik

6 jenis kasur yang kami bahas satu persatu ini dapat memberikan gambaran bagi Anda yang bingung saat hendak membeli kasur baru. Setiap jenis kasur memiliki keunggulan masing-masing, Anda hanya perlu memilih kasur yang paling sesuai kebutuhan.

Dari 6 jenis kasur di atas, spring bed adalah jenis kasur yang paling best-seller. Anda bisa memperoleh spring bed dari harga yang terjangkau sampai dengan yang mahal. Selain itu, spring bed juga memiliki model yang modern dan simple. Anda bisa menambahkan frame dan ranjang untuk mempercantik spring bed Anda. Kalau Anda memiliki masalah pada punggung, kasur lateks atau memory foam bisa menjadi pilihan yang tepat.

Intinya, setiap jenis kasur memiliki keunggulan masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa sesuaikan juga ukuran kasur dengan kebutuhan Anda agar tidak terlalu sempit atau tidak terlalu memakan ruang. Untuk mengetahui berbagai ukurannya, silakan baca ulasan kami mengenai macam-macam ukuran kasur.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar