Bacaterus / Rumah / Bingung Pilih Karpet? Kenali 8 Jenis Karpet Lantai Ini

Bingung Pilih Karpet? Kenali 8 Jenis Karpet Lantai Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Oktober 2019

Karpet seringkali dibutuhkan untuk membuat lantai rumah lebih nyaman. Tidak hanya itu, karpet juga bersifat dekoratif untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih indah. Terdapat berbagai jenis karpet mulai dari bentuk, bahan, warna, dan motif.

Untuk mendapatkan karpet yang tepat, penting untuk mengetahui jenis-jenis karpet yang ada. Nah, bagi kamu yang sedang ingin membeli karpet namun bingung menentukan pilihan, yuk, simak informasi dari Bacaterus mengenai jenis-jenis karpet lantai di bawah ini.

1. Karpet Katun

Karpet Katun

* sumber: www.overstock.com

Katun biasanya kita temukan sebagai bahan dasar pakaian. Namun katun juga sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan karpet. Karpet katun memiliki tekstur yang lembut dan sangat cocok diletakkan pada ruangan yang memiliki daya lalu lintas yang rendah. Harga karpet katun relatif lebih murah dibanding jenis karpet lainnya.

Memiliki tekstur yang lembut dan nyaman di kaki serta terbuat dari bahan alami. Sehingga sangat jarang yang mengalami alergi akibat karpet katun ini. Tidak hanya itu, karpet katun juga memiliki desain yang sangat banyak dan mudah dibersihkan.

Namun karpet jenis ini tidak tahan lama karena memiliki serat yang lebih sensitif dan mudah menyerap cairan. Untuk merawatnya, karpet ini cukup dibersihkan dengan penyedot debu atau dicuci seminggu sekali.

2. Karpet Sutra

Karpet Sutra

* sumber: www.tokopedia.com

Jika kamu ingin memiliki sentuhan mewah di ruangan, karpet sutra merupakan pilihan yang tepat. Karpet ini terbuat dari serat alami dan bahannya halus. Karpet sutra memiliki motif dan warna yang kuat sehingga akan sangat cantik untuk diletakkan di ruang tamu. Umumnya karpet ini memiliki harga yang  relatif mahal dan memiliki kualitas yang bagus.

Harga yang mahal tersebut sangat sesuai dengan pembuatannya yang lebih rumit dan memiliki detail yang sangat tinggi. Karena sutra memiliki banyak serat yang halus, sehingga dapat mencegah distribusi udara panas. Karpet jenis ini juga dapat menyerap debu rumah dan menjaga kelembaban.

Karpet sutra memiliki perawatan yang cukup sulit, supaya mudah kamu bisa menggunakan penyedot debu halus untuk mengangkat kotorannya. Namun karpet jenis ini akan menimbulkan bekas kaki ketika melewatinya.

3. Karpet Wol

Karpet Wol

* sumber: www.rugsoflondon.com

Karpet wol merupakan salah satu jenis karpet yang cocok diletakkan di dalam kamar. Bahannya yang halus dan lembut ini akan membuat kamu nyaman saat mendudukinya. Karpet wol memiliki daya tahan yang tinggi seperti tahan air dan noda. Bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun. Selain di kamar, karpet wol juga cocok digunakan untuk di ruang keluarga.

Namun jenis karpet ini relatif mahal. Selain itu hindari meletakkan karpet wol di area lembap karena akan mudah berjamur dan berubah warna. Jenis karpet wol sulit dibersihkan karena kotoran akan menempel pada benang wol. Sehingga kamu perlu berhati-hati saat membersihkannya.

Jika karpet wol terkena cairan, sebaiknya segera bawa keluar dan jangan mengibaskannya karena dapat membuat kotoran semakin menempel. Kamu bisa menggantungnya sambil membersihkannya menggunakan penyedot debu. Atau kamu bisa menggunakan shampoo pembersih dan segera keringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari atau alat pemanas.

4. Karpet Kulit Hewan

Karpet Kulit Hewan

* sumber: www.mocka.co.nz

Bagi kamu yang ingin memiliki kesan mewah dan punya nilai tinggi, karpet kulit hewan bisa menjadi pilihan. Harganya yang sangat mahal karena jenis karpet ini memang memiliki nilai keunikan tersendiri. Karpet jenis ini terbuat dari kulit hewan yang dikeringkan dan dibersihkan. Umumnya berupa panel yang dijahit atau tenunan strip.

Karpet kulit hewan dapat menjadi pusat perhatian dalam suatu ruangan serta dapat tahan lama. Namun hindari area yang lembap karena bisa rusak. Untuk perawatannya cukup mudah, kamu hanya perlu membersihkannya dengan sabun pembersih dan sikat secara lembut.

5. Karpet Sisal

Karpet Sisal

* sumber: www.tokopedia.com

Karpet sisal terbuat dari bahan tumbuhan dan memiliki tekstur yang kasar. Karpet ini sangat cocok diletkkan di luar ruangan atau sebagai alas meja. Sifatnya yang padat membuat karpet jenis ini juga cocok diletakkan di tempat yang basah seperti walking closet dekat kamar mandi. Untuk perawatannya tidak perlu menggunakan air, kamu hanya perlu menggunakan penyedot debu untuk membersihkannya. Selain itu karpet sisal juga dapat tahan cuaca.

6. Karpet Nylon

Karpet Nylon

* sumber: www.uline.ca

Karpet nylon merupakan salah satu jenis karpet yang terbuat dari bahan sintesis. Karpet jenis ini dikenal sebagai karpet yang mudah dibersihkan sehingga lebih hemat dalam perawatannya. Karpet nylon biasa digunakan pada lantai hotel, kantor, apartment, dan rumah sakit karena nylon merupakan jenis karpet yang kuat.

Karpet ini memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap jamur, serangga, bahan kimia, bahkan abrasi. Serta dapat bertahan selama bertahun-tahun. Biasanya karpet nylon dijual per tile sehingga mudah diganti jika terjadi kerusakan.

7. Karpet Polypropylene

Karpet Polypropylene

* sumber: lingcarpets.com.sg

Karpet polypropylene merupakan jenis karpet yang terbuat dari serat sintesis atau buatan. Karpet jenis ini umumnya tersedia dalam pilihan motif dan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan interior rumah. Harganya pun relatif lebih murah dan mudah dibersihkan dari noda. Memiliki warna yang cenderung cerah dan dapat cepat kering saat basah.

Sehingga karpet jenis ini sangat coock digunakan di media basah atau berair karena karpet ini tidak menyerap air.  Namun karpet jenis ini lebih tipis dari jenis karpet lainnya dan mudah pudar. Selain itu jenis karpet ini memiliki kualitas yang standar seperti cepat menyusut saat terkena panas dan benangnya mudah lepas.

8. Karpet Vinyl

Karpet Vinyl

* sumber: www.flooringhertfordshire.co.uk

Karpet vinyl biasanya banyak digunakan untuk menutupi seluruh lantai. Maka dari itu karpet biasa dijual dalam bentuk roll. Karpet vinyl terbuat dari bahan PVC dan pasir putih sehingga membuatnya memiliki daya lentur yang baik. Walaupun tipis, karpet jenis ini memiliki kekuatan yang sangat baik dan bisa bertahan selama 20 hingga 25 tahun.

Daya tahan yang tinggi tersebut disebabkan oleh bahan kimia yang digunakan sehingga kebal terhadap cuaca dan sinar matahari. Tekstur karpet ini nyaman dipijak karena lapisan bawah karpet ini mengandung busa. Tidak hanya itu, karpet jenis ini tersedia dalam berbagai macam warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan interior ruangan kamu.

Cara pemasangannya cukup mudah, kamu hanya perlu merekatkannya pada lantai yang sudah dibersihkan. Serta perawatannya pun sangat mudah, karena cukup disapu atau dipel saja. Jika mengalami kerusakan, kamu bisa menambalnya dengan mudah tanpa perlu dibongkar.

Itulah beberapa jenis karpet lantai yang bisa kamu pilih untuk melengkapi dekorasi rumah. Dalam memilih karpet, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan orang-orang di rumah serta sesuaikan juga dengan konsep rumah kamu. Jangan sampai kamu salah memilih karpet sehingga membuat tampilan rumah menjadi kurang menarik. Jika kamu mengetahui jenis karpet lantai lainnya, silahkan beri komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar