Bacaterus / Kaldu / Inilah 10 Jenis Kaldu Homemade yang Paling Mudah Dibuat!

Inilah 10 Jenis Kaldu Homemade yang Paling Mudah Dibuat!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Kaldu adalah kuah dari daging, tulang, atau sayuran yang direbus untuk mendapat sari dari bahan-bahan tersebut. Yang paling umum dibuat adalah kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan, kaldu sayur-mayur, dan masih banyak lagi.

Walaupun dewasa ini banyak tersedia kaldu instan buatan pabrik, kaldu alami buatan sendiri di rumah masih memiliki peminat. Apalagi kalau Anda peduli akan gaya hidup sehat dan kalau kaldu tersebut dibuat untuk bayi dan anak-anak.

Kaldu bisa langsung dinikmati, karena rasanya sudah enak. Rasanya nikmat sekali menyeruput kaldu hangat ketika kita sedang flu, iya, kan? Tapi, biasanya kaldu dibuat untuk menciptakan makanan lainnya seperti sup, saus, tumisan dan makanan yang berkuah. Inilah jenis-jenis kaldu yang bisa Anda buat sendiri di rumah versi Bacaterus.

1. Kaldu Ayam

* sumber: www.thecookierookie.com

Kaldu ayam adalah kaldu yang paling populer dan paling banyak dipakai untuk masakan. Mungkin memang lebih praktis kalau Anda membeli kaldu ini di minimarket, bahkan di warung dekat rumah Anda pun pasti ada. Tapi, hidangan akan terasa lebih istimewa dengan menggunakan kaldu ayam homemade. Kaldu ayam rumahan ini dapat disimpan di dalam freezer hingga 3 bulan.

Bahan-bahan yang Anda perlukan: 1 ayam kecil (sekitar 1.5 kg), 1 bawang bombai besar (8 ons), 2 wortel sedang (4 ons), 2 batang seledri (4 ons), 8 tangkai peterseli, 4 tangkai thyme, 1 siung bawang putih, 1 daun salam, garam dan merica secukupnya. Cara membuatnya bisa Anda lihat di sini.

2. Kaldu Tulang Ayam

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/478929741613959149/?lp=true

Selain ayamnya, tulang dari unggas ini juga populer dijadikan kaldu. Kaldu tulang memang perlu dimasak dalam waktu yang lama, bahkan ada yang merebus sampai tulangnya jadi lunak. Y

ang keren dari kaldu tulang ayam adalah, kaldu ini dibuat dari sesuatu yang biasanya Anda buang. Zero waste! Jadi, ketika Anda memasak ayam, Anda bisa menyimpan tulangnya dalam wadah kedap udara di dalam freezer sampai Anda siap membuatnya jadi kaldu.

Anda bisa pakai sisa-sisa sayuran juga, loh. Seperti ujung wortel, seledri dan bawang putih yang biasanya dibuang bisa Anda pakai untuk merebus tulang. Bahkan daun salam yang sudah anda gunakan untuk memasak sebelumnya pun bisa Anda gunakan lagi di sini. Kaldu “sampah” ini enak dan hemat, serta bisa disimpan di dalam freezer!

3. Kaldu Sapi

* sumber: www.tasteofhome.com

Selain kaldu ayam, kaldu sapi adalah primadona diantara kaldu lainnya. Kaldu sapi enak buat dijadikan sup, tumisan, saus, dan lain sebagainya. Untuk membuat kaldu sapi homemade yang enak, siapkan bahan-bahan ini:

  • 1.8 kg daging sapi/iga pendek bertulang
  • 3 wortel sedang
  • 3 batang seledri
  • 2 bawang bombai sedang
  • 1/2 gelas air hangat
  • 3 daun salam
  • 3 siung bawang putih
  • 8-10 lada utuh
  • 3-4 tangkai peterseli segar
  • 1 sdt thyme kering
  • 1 sdt oregano kering
  • Air dingin

Cara membuatnya, rebus semuanya dalam slow cooker selama 8 jam. Saring, lalu simpan kaldu di tempat tertutup dan bisa disimpan di kulkas selama 3 hari atau di freezer selama 4-6 bulan.

4. Kaldu Tulang Sapi

* sumber: www.epicurious.com

Selain dagingnya, tulang sapi juga enak sekali kalau dibuat kaldu. Apalagi kalau Anda menggunakan tulang sapi yang ada sumsumnya, yummy! Semakin lama Anda memasak kaldu bergizi ini maka rasanya akan semakin gurih dan terkonsentrasi.

Tips, memanggang tulang dan sayurannya terlebih dahulu akan menambah lebih banyak rasa dan kekayaan dari kaldu tersebut. Bahan-bahan dan langkah membuatnya bisa Anda temukan di sini.

5. Kaldu Ikan

* sumber: www.bettycrocker.com

Hewan lainnya yang populer dijadikan kaldu (diluar unggas dan mamalia) adalah ikan. Semua jenis ikan bisa dipakai! Mau itu ikan air tawar yang sering kita jumpai seperti ikan nila hingga ikan yang lebih wah seperti tuna dan salmon. Membuat stok ikan buatan sendiri sangatlah mudah. Kaldu ini bisa digunakan dalam sup, semur dan hidangan utama lainnya.

  • 680 gr tulang ikan dan dagingnya
  • 4 gelas air dingin
  • 2 gelas jus kerang
  • 1 batang seledri besar dengan daun
  • 1 bawang bombai kecil
  • 3 jamur segar sedang
  • 1 sdm jus lemon
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt daun thyme kering
  • 3 tangkai peterseli segar
  • 1 daun salam kering

Bilas tulang ikan dan dagingnya dengan air dingin. Anda bisa memanggang tulang ikan dan dagingnya terlebih dulu supaya rasanya lebih keluar. Sesudah itu, rebus semuanya sampai airnya hilang 1/4-nya. Saring air kaldunya dan bisa disimpan di dalam kulkas selama 1 hari atau di freezer selama 6 bulan.

6. Kaldu Rumput Laut

* sumber: mykoreankitchen.com

Ini adalah Korean style dashi stock. Kaldu ini terbuat dari rumput laut (dried kelp) dan anchovy (ikan teri Korea, ukurannya lebih besar dibandingkan teri Indonesia). Walaupun resep ini merupakan kaldu ala Korea, dashi sebenarnya merupakan kaldu dari Jepang. Kaldu ini merupakan kunci dari segala masakan di Jepang dan Korea.

Yang Anda butuhkan cuma tiga bahan saja, yaitu 1.500 ml air, 10 gr dried kelp/Japanese kombu dan 30 gr dried anchovy sedang. Siapkan panci kecil (sauce pan).

Rendam rumput laut kering dalam 6 gelas air dingin di dalam panci selama 1 jam, atau semalaman, terserah Anda. Yang jelas, semakin lama Anda merendam kelp maka rasanya semakin dalam. Atau, Anda bisa juga melewati langkah ini jika tak punya banyak waktu.

Siapkan anchovy. Buang kepala dan kotoran di dalamnya. Masukkan tubuh anchovy ke dalam spice ball atau tea ball strainer, yaitu saringan teh yang bisa Anda pakai untuk membuat kaldu juga. Anda bisa membeli saringan ini mulai dari harga Rp 15 ribu di Bukalapak lewat link ini.

Jika sebelumnya Anda tidak merendam kelp juga tidak apa-apa, langsung rebus saja kelp dan anchovy bersamaan. Anda bisa menyimpan kaldu ini hingga 3 bulan di freezer.

7. Kaldu Sayuran

* sumber: minimalistbaker.com

Siapa bilang cuma hewan saja yang bisa dijadikan kaldu? Sayuran juga bisa! Ini cocok buat yang sedang diet atau yang vegetarian. Kaldu ini mudah dibuat dan Anda yang suka masak pasti selalu punya bahan-bahannya, karena semua masakan pasti membutuhkan sayuran, kan?

Bahkan Anda bisa membuat kaldu ini dari bahan-bahan sisa. Kulit bawang putih yang menjadi sampah, kulit wortel yang biasanya dibuang, daun lobak yang tidak pernah masuk ke dalam sup, dan “sampah” lainnya dari sisa sayuran sebenarnya masih bisa Anda sulap menjadi kaldu.

Bawang, wortel, seledri, bumbu segar, bawang putih, daun salam, garam dan minyak zaitun saja sudah cukup membuat kaldu sayuran yang lezat. Resep lebih lengkapnya bisa Anda intip di artikel ini.

8. Kaldu Jamur

* sumber: www.chowhound.com

Ya, jamur juga populer dijadikan kaldu. Bahkan ada kaldu instan jamur di pasaran, yang memudahkan para vegan ketika ingin masakannya terasa enak tanpa menggunakan kaldu dari hewan. Sama seperti kaldu ayam dan sapi, kaldu jamur juga serbaguna, bisa dipakai untuk sup, semur, saus, dan sebagainya.

Rahasia dari kaldu jamur yang kaya adalah dengan menumis sayuran terlebih dahulu, bukan merebusnya mentah-mentah. Resep selengkapnya bisa Anda lihat di sini, ok?

9. Kaldu Rempah Chinese

* sumber: lightorangebean.com

Jika Anda pernah memasak masakan Cina, Anda mungkin tahu ada rempah-rempah khas Cina yang disebut “lima rempah” (five chinese spices). Lima rempah ini merupakan esensial di hampir semua masakan Cina. Tapi, untuk membuat kaldu lima rempah semakin terasa enak, coba resep ini, yuk.

10. Kaldu Parmesan

* sumber: www.epicurious.com

Siapa yang baru tahu kalau keju parmesan bisa dijadikan kaldu? Berarti sama, hehe. Mungkin karena di Indonesia orang-orang jarang yang mengonsumsi parmesan, kali, ya? Parmesan punya lapisan kulit yang tebal dan keras.

Umumnya bagian tersebut tidak dikonsumsi dan menjadi sampah. Tapi, kalau Anda punya parmesan di rumah dan bagian dalamnya sudah habis, bagian pinggiran keju yang keras itu bisa Anda sulap jadi kaldu, loh. Resepnya ada di sini, ya.

Seperti itulah beberapa jenis kaldu yang biasa digunakan di dapur. Dari sekian banyak kaldu, mana kaldu yang paling sering Anda buat? Oh iya, tidak hanya kaldu saja, kami juga sempat membahas beberapa jenis sayuran dan buah, seperti Jenis Salada, Jenis Mangga, hingga Jenis Pepaya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *