Bacaterus / Sayuran / 7 Jenis Jagung yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia

7 Jenis Jagung yang Paling Banyak Dikonsumsi di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 November 2019

Selama ini kita mungkin hanya mengenal dua jenis jagung saja, yaitu jagung manis dan popcorn. Jagung manis sangat kita kenal karena makanan ini bisa didapatkan dengan mudah di banyak toko, mulai dari warung sayuran kecil hingga pasar yang besar. Jagung manis juga dapat dibilang sudah bersatu dalam kuliner kita, seperti sayur asem dan bakwan jagung.

Jagung popcorn juga terkenal di masyarakat karena sering dijadikan makanan ringan saat bersantai di rumah bersama keluarga, nonton film di bioskop, hingga jalan-jalan di pusat keramaian. Dari sini mungkin pengetahuan kita tentang jenis-jenis jagung berhenti, padahal di dunia terdapat beberapa jenis jagung lainnya yang digunakan di berbagai macam industri terutama industri makanan.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa terdapat enam jenis jagung yang paling umum di dunia, yaitu jagung manis, jagung popcorn, jagung gigi kuda, jagung mutiara, jagung tepung, dan jagung ketan. Tapi jenis ketujuh, yaitu jagung pod, mungkin juga digolongkan dengan endosperma keenam jagung tadi. Bahasan selengkapnya mengenai jenis-jenis jagung ini kami paparkan di bawah ini.

1. Jagung Manis/Sweet Corn

* sumber: pixabay.com

Jagung manis adalah salah satu jenis jagung yang paling umum ditemukan dalam kuliner, seperti jagung bakar, sayur asem, hingga bakwan jagung. Jagung manis memiliki kandungan gula (terutama sukrosa) yang tinggi sehingga rasanya manis. Selain dibakar, jagung manis juga dapat direbus dan dijadikan bubur.

Tidak seperti jagung ladang yang dipanen ketika biji sudah kering dan matang, jagung manis dipetik saat masih muda (tahap susu) dan diolah serta dimakan sebagai sayuran, bukan biji-bijian. Jagung manis biasanya dijual dalam keadaan segar sehingga kualitasnya tetap terjaga. Selain itu rasa manis pada jagung ini tidak mampu bertahan lama (satu sampai empat hari saja).

Karena proses pematangan melibatkan pengubahan gula menjadi pati, maka jagung manis harus diolah dan dikonsumsi saat masih segar. Hal itu karena biji jagung manis akan mengeras dan bertepung jika dibiarkan terlalu lama. Selain makanan-makanan di atas, jagung manis juga dapat disajikan sebagai baby corn dalam beberapa hidangan.

2. Jagung Berondong/Popcorn

* sumber: www.pexels.com

Kamu pasti sudah mengenal jenis jagung yang ini. Popcorn atau jagung berondong adalah sejenis jagung yang bercirikan kernel yang kecil dan keras bahkan hingga endospermanya yang bertepung. Kelembaban endosperma jagung berondong yang berkisar 14-20% akan berubah menjadi uap saat kernel dipanaskan dan mengembang menjadi berondong dengan ukuran 10-30 kali lebih besar dari ukuran awal.

Kualitas popcorn tergantung pada sejumlah faktor. Umumnya, semakin mengembang biji popcorn setelah dipanaskan, semakin baik kualitasnya, karena volume yang lebih besar menghasilkan tekstur yang lebih baik. Sebagian besar varietas komersial akan mengembang 30-40 kali dari volume asalnya.

Pengembangan juga dipengaruhi oleh kadar air, prosedur pengeringan, dan jumlah kerusakan pada pericarp dan endosperma. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi kualitas popcorn adalah rasa, kelembutan, tidak adanya sekam, warna, hingga bentuk.

Popcorn (yang sudah matang) biasanya dijual di bioskop-bioskop sebagai makanan ringan bagi para penonton. Biji popcorn juga dapat dibeli dengan mudah di pasar-pasar dengan harga yang cukup terjangkau. Popcorn dapat dimasak dengan mentega atau minyak, baik menggunakan peralatan dapur atau mesin popcorn khusus. Rasa popcorn dapat dibuat berbeda tergantung selera, asin, gurih atau manis.

3. Jagung Gigi Kuda / Dent Corn

* sumber: pixnio.com

Jagung gigi kuda adalah sejenis jagung ladang dengan kandungan pati lunak yang tinggi. Dinamakan demikian karena jagung ini memiliki lekukan kecil di mahkota setiap kernel pada telinga jagung yang matang. Jagung jenis ini umumnya ditemukan di negara Amerika Serikat.

Jagung gigi kuda adalah bahan dasar pembuatan tepung jagung (untuk membuat roti jagung), keripik jagung, dan makanan lainnya. Pati jagung gigi kuda yang tinggi diolah menjadi plastik dan fruktosanya digunakan sebagai pemanis dalam banyak olahan makanan dan minuman ringan.

Terdapat dua kategori hibrida jagung gigi kuda yang digolongkan berdasarkan warna kernel, yaitu kuning atau putih. Jagung gigi kuda kuning utamanya diproduksi untuk pakan ternak dan keperluan industri, sedangkan jagung gigi kuda putih  diproduksi untuk konsumsi manusia dan lain-lain.

4. Jagung Mutiara/Flint Corn

* sumber: www.publicdomainpictures.net

Jagung mutiara yang dikenal juga dengan sebutan jagung India adalah sejenis jagung yang memiliki lapisan luar yang keras untuk melindungi endosperma lunak di dalamnya. Bentuk kernel jagung mutiara terlihat agak bulat dengan ukuran yang lebih kecil dari kernel jagung gigi kuda.

Kernel jagung mutiara memiliki warna yang berbeda-beda seperti putih, kuning, dan merah. Biji yang berwarna-warni tersebut biasanya dikeringkan dan digunakan untuk keperluan hias atau dekorasi (seperti di acara Thanksgiving). Varietas jagung ini juga dapat dikonsumsi dalam bentuk popcorn.

5. Jagung Tepung/Flour Corn

Contoh tepung jagung sumber: pixabay.com

Jagung tepung adalah jenis jagung lainnya yang dimanfaatkan untuk membuat tepung jagung atau tepung maizena. Endosperma jagung tepung terbuat dari pati yang lembut dan pericarp yang tipis. Sebagian besar jagung tepung terdiri dari pati yang lembut, memiliki kernel yang lunak, bertepung, dan mudah ditumbuk. Tepung jagung atau tepung maizena dapat dengan mudah dibeli di pasar-pasar dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Jagung Ketan/Waxy Corn

Jagung ketan atau jagung lilin adalah sejenis jagung ladang yang memiliki tekstur lengket ketika dimasak. Hal itu terjadi karena jagung ketan memiliki kandungan amilopektin yang tinggi. Saat ini amilopektin atau tepung lilin utamanya digunakan dalam produk makanan. Akan tetapi, hal itu juga digunakan dalam berbagai industri seperti tekstil, perekat, dan kertas. Jagung ketan rebus adalah salah satu makanan dari jagung ini yang terkenal di Tiongkok dan negara-negara Asia Tenggara.

7. Jagung Pod/Pod Corn

* sumber: commons.wikimedia.org

Jagung pod adalah varietas jagung lainnya yang disebut juga sebagai jagung liar. Ini merupakan salah satu dari enam jenis utama jagung yang dibahas di sini. Jagung pod memiliki kernel yang diselubungi oleh kelobot atau kulit jagung. Hal yang sama terjadi pada tongkol jagung tersebut.

Jagung pod pernah dianggap sebagai nenek moyang jagung yang dibudidayakan dan memiliki tempat dalam budaya pra-Kolombia karena suatu alasan tertentu. Masing-masing kernel jagung pod tertutup dalam glume atau sekam. Jenis ini memiliki nilai komersial yang kecil kecuali sebagai ornamen.

Itulah tujuh jenis jagung yang umum ditemukan di dunia. Tiga jenis jagung di atas yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah jagung manis, jagung mutiara, dan jagung gigi kuda. Sedangkan di antara ketiganya jagung manis adalah jagung yang paling populer dan mudah ditemui.

Salah satu produk turunan jagung, yaitu tepung jagung, kini bisa didapatkan dengan mudah, baik secara online maupun offline. Jika kamu ingin membeli tepung jagung dengan harga yang kompetitif secara online, kami menyarankan untuk membelinya di Bukalapak melalui link ini. Yuk, beli tepung jagung sekarang juga di sana.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *