Bacaterus / Ikan / 13 Jenis Ikan Mas untuk Konsumsi dan Akuarium yang Populer

13 Jenis Ikan Mas untuk Konsumsi dan Akuarium yang Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Banyak orang yang senang mengkonsumsi ikan mas atau yang senang mengoleksinya di akuarium karena ikan mas sangat mudah sekali untuk kita temukan di pasaran. Telah banyak petani yang membudidayakan ikan mas dengan berbagai jenis sebagai ikan konsumsi ataupun sebagai ikan hias.

Ikan mas secara umum memiliki bentuk badan yang memanjang, dan hampir seluruh tubuhnya dipenuhi sisik, tetapi ada sebagian yang kecil yang tidak memiliki sisik penuh. Seorang ahli perikanan membagi ikan mas berdasarkan fungsinya menjadi dua golongan yaitu kelompok yang pertama adalah ras ikan konsumsi dan yang kedua adalah ras ikan hias, berikut ini daftarnya.

Ikan Mas Konsumsi

Jika Anda suka makan ikan, coba juga beberapa jenis ikan mas khusus untuk dikonsumsi ini, ya.

1. Ikan Mas Punten

Ikan Mas Punten

Ikan mas jenis ini adalah ikan yang dikembangkan pertama kali di Desa Punten tahun 1933 di Malang Jawa Timur. Bentuk tubuh dari ikan ini relatif pendek dan pada bagian punggungnya lebar dan tinggi, oleh karena itu memberikan kesan bahwa ikan ini bulat dan pendek. Ikan punten memiliki sisik yang berwarna hijau kehitam-hitaman. Matanya agak menonjol dan memiliki gerak yang lambat.

2. Ikan Mas Majalaya

Ikan Mas Majalaya

Saat membaca namanya kita bisa langsung tahu kalau ikan ini berasal dari daerah Majalaya. Ikan mas Majalaya memiliki bentuk badan yang semakin lancip ke arah punggung dan moncongnya berbentuk pipih.

Sisik ikan mas Majalaya berwarna hijau keabuan dan berwarna lebih ke gelap di bagian tepinya. Sedangkan bagian bawahnya disekitar insang dan sirip ekor berwarna kekuningan. Ada beberapa keunggulan dari jenis ikan mas Majalaya yaitu pertumbuhannya relatif lebih cepat dan memiliki rasa yang lezat dan gurih.

Ikan mas Majalaya lebih bertahan menghadapai infeksi bakteri Aeromonas hydrophilla. Ikan jenis ini menghasilkan jumlah telur dalam jumlah yang cukup banyak sekitar 84.000 – 110.000 butir per kilogram induk ikan mas Majalaya. 

3. Ikan Mas Sinyonya

Ikan Mas Sinyonya

Tak ada yang tahu pasti dari mana asal nama ikan mas sinyonya. Ada sebagian yang mengatakan nama sinyonya dikarenakan jenis ikan ini mudah sekali untuk bertelur. Ikan jenis ini pertama kali ditemukan di daerah Tasikmalaya Jawa Barat.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan pada bagian punggungnya lebih rendah jika dibandingkan dengan ikan mas Punten. Ikan mas Sinyonya memiliki sisik yang berwarna kuning muda dan warna yang mirip dengan kulit jeruk.

Ikan mas Sinyonya yang masih muda memiliki mata yang agak menonjol. Mata akan berubah menjadi lebih sipit saat ikan mulai menua. Sifat dari ikan mas ini lebih jinak dari pada jenis ikan punten dan mereka memiliki kebiasaan untuk berkumpul di atas permukaan.

Jumlah telur dari ikan mas atau disebut dengan fekunditas adalah sekitar 85.000 – 125.000, dan diameter dari telurnya sekitar 0,3 – 1,5 mm. Pada usia 8 bulan induk ikan mas sinyonya jantan akan matang, sedangkan untuk yang betina matang di usia 18 bulan. Ikan mas ini memiliki ketahanan dalam menghadapi parasit Myxosporea.

4. Ikan Mas Taiwan

Ikan Mas Taiwan

Ikan mas Taiwan bentuk badannya memanjang dan bentuk punggungnya agak membulat seperti bentuk busur. Sisik ikan mas Taiwan berwarna hijau kekuningan sampai dengan kuning kemerahan di bagian bawah. Ikan jenis ini sangat peka terhadap makanan sehingga sering saling berebut makanan. Ada kemungkinan nenek moyang ikan mas ini berasal dari Taiwan.

5. Ikan Mas Merah Najawa (Cangkringan)

Ikan Mas Merah Najawa (Cangkringan)

Ikan Mas merah Najawa merupakan ikan mas yang berasal dari cangkringan, Yogyakarta. Ikan Mas ini merupakan ikan mas hasil pengembangan dari Balai Pengembangan Teknologi Kelautan dan Perikanan, dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama Najwa sendiri kepanjangan dari Mina Jogja Istimewa yang diberikan oleh Gubernur Yogyakarta.

Ikan mas merah Najawa memiliki sisik yang berwarna merah yang menyala. Bentuk tubuhnya memanjang dan bulat. Karena bentuk badannya ini, ikan mas ini dapat tumbuh hingga 4 kg dan panjang hingga 50 cm. Ikan ini telah mendapat legalitas dari pemerintah sebagai ikan dengan varietas unggul nasional.

6. Ikan Mas Rajadanu

Ikan Mas Rajadanu

Ikan Mas Rajadanu merupakan ikan hasil pengembangan dari IPPTP mataram yang bekerjasama dengan Balitkanwar Sukamandi. Ikan Mas Rajadanu memiliki badan yang memanjang dan memiliki sisik yang penuh dengan ukuran yang normal.

Sisik Rajadanu berwarna hijau yang  keabu-abuan, sisik yang gelap dari punggung akan lebih memutih saat menuju perut. Rajadanu merupakan ikan jenis omnivora yang dapat memakan tanaman yang hidup di perairan dan hewan seperti cacing dan siput.

Selain itu Rajadanu memiliki laju pertumbuhan dan daya adaptasi yang tinggi di saat diberi pakan buatan. Rajadanu memiliki fekunditas atau jumlah telur sekitar 148.000 – 151.000 butir dengan diameter telur dikisaran 1,3 – 1,6 milimeter.

7. Ikan Mas Yamato

Ikan Mas Yamato

Ikan mas Yamato kurang populer dikalangan peternak ikan mas di Indonesia, tetapi ikan mas jenis ini banyak di budidayakan di daerah Asia Timur seperti di Cina dan Jepang. Ikan Mas Yamato memiliki bentuk badan yang mamanjang serta memiliki sisik yang berwarna hijau kecokelatan. Keunggulan dari ikan mas Yamato adalah dapat hidup di perairan dingin maupun hangat.

8. Ikan Mas Lokal

Ikan Mas Lokal

Jenis ikan mas lokal adalah jenis ikan mas yang banyak dijumpai di masyarakat. Ikan mas lokal belum dapat digolongkan pada satu ras ikan mas tertentu. Ikan mas lokal memiliki warna dan bentuk tubuh yang beraneka ragam, sebagian merupakan bentuk dan warna dari ikan  mas yang sudah ada. Kebanyakan ikannya berbentuk memanjang dan matanya tidak sipit.

Ikan Mas Hias

Selain untuk dikonsumsi, ada beberapa jenis ikan mas yang cocok untuk jadi peliharaan. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ikan Mas koi

Ikan Mas koi

Ikan mas koi biasa dikenal dengan nama ikan koi, merupakan ikan yang berasal dari negara Jepang dan mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1980. Ikan koi memiliki bentuk yang memanjang dan bulat, dengan warna sisik yang beragam dari yang putih, merah, kuning, hitam, dan kombinasi dari kesemua warna yang ada.

Banyak orang yang menggemari ikan koi dikarenakan pola warna yang terdapat di sisiknya yang dianggap indah dan menarik. Ikan ini termasuk ikan yang jinak dengan gerak tubuhnya yang lambat. Ikan koi memiliki nama yang disesuaikan dengan warna dan pola yang terdapat di tubuh koi,  misalnya shusui nishikigoi, shusi nishikigoi, kohaku nisikigoi, dan lain-lain. 

2. Ikan Mas Kancra Domas

Ikan Mas Kancra Domas

Ikan mas jenis ini memiliki bentuk badan yang memanjang. Ikan mas ini tergolong ikan yang aktif dan kurang dapat dijinakan. Ikan ini memiliki sisik yang kecil serta susunannya tidak memiliki aturan. Ada banyak variasi dari warna sisiknya, seperti cokelat, biru, atau hijau. Sisik pada bagian punggungnya berwarna gelap, dan menuju ke perut warnanya akan terlihat semakin keperakan atau keemasan.

3. Ikan Mas Kaca

Ikan Mas Kaca

Ikan mas kaca tampak berbeda dari penampilannya, tidak seperti ikan mas dikarenakan mereka memiliki sisik yang tidak teratur serta tidak penuh dengan ukuran yang besar. Sisik pada ikan yang tampak bening memberikan kesan seperti kaca. Sisiknya terdapat di sepanjang pangkal sirip dan gurat sisinya. Ukurannya bisa sampai dengan 1,5 meter dan beratnya bisa mencapai  27,2 kg.

4. Ikan Mas Kumpay

Ikan Mas Kumpay

Ikan mas Kumpay  memiliki ciri khasnya sendiri yaitu memiliki sirip yang panjang dan tampak berumbai, sehingga akan terlihat menarik saat ikan sedang bergerak. Ikan Mas Kumpay memiliki warna sisik sangat beragam, seperti, kuning, merah, putih, serta hijau gelap. Bentuk badan ikan Mas kumpay seperti ikan sinyonya yang memanjang, dan pertumbuhannya tergolong lambat.

5. Ikan Mas Fancy

Ikan Mas Fancy

Ikan mas koki, ikan koi atau ikan mas komet, sesungguhnya dapat dimasukan ke dalam satu golongan yang sama yaitu ikan mas hias atau disebut juga ikan mas fancy. Jenis ikan mas fancy banyak diminati karena keindahan bentuknya. Ikan mas fancy memiliki banyak sekali jenisnya dengan warna dan bentuk yang bervariasi.

Itulah beberapa jenis ikan mas yang bisa kamu konsumsi dan yang bisa kamu koleksi. Dari berbagai macam ikan di atas manakah yang menjadi favoritmu? Adakah yang sudah kamu koleksi?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *