Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Inilah Jenis-jenis Ikan Louhan yang Cantik untuk Dipelihara

Inilah Jenis-jenis Ikan Louhan yang Cantik untuk Dipelihara

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2018

Flowerhorn atau ikan Lou Han (louhan) adalah jenis ikan hias akuarium yang sangat terkenal, terutama di Asia. Daya tarik ikan ini terdapat pada benjolan di kepala mereka dan warna sisik yang menyala. Habitat asli ikan ini adalah di Malaysia dan Taiwan, tapi kini sudah dibudidayakan dan dipelihara di seluruh dunia.

Sebenarnya ikan louhan merupakan hibrida buatan manusia. Ikan louhan yang Anda temui di alam liar ada karena memang dibebaskan di alam liar oleh manusia. Ikan ini menjadi sangat populer ketika pertama kali dikembangkan di Malaysia, Thailand, dan Taiwan, tetapi di Australia (Oceania), impor ikan ini dilarang.

Orang-orang memiliki kepercayaan kalau memelihara ikan louhan dapat mendatangkan keberuntungan. Terlepas dari kepercayaan tersebut, memelihara ikan louhan merupakan hobi yang mahal karena ikan ini memerlukan area yang luas, bahkan harga ikannya pun cukup mahal.

Ada beberapa macam ikan louhan, kebanyakan adalah hasil persilangan antar louhan, sehingga perbedaan fisik ikan louhan pun tidak akan terlalu jauh berbeda. Sebelum Bacaterus membahas sepuluh jenis-jenis ikan louhan yang cantik untuk dipelihara di rumah, ketahuilah beberapa cara memilih ikan louhan yang sehat ini.

Cara Memilih Ikan Louhan

1. Louhan yang Sehat

Louhan yang Sehat

* sumber: www.monsterfishkeepers.com

Sebelum Anda memutuskan mau pelihara ikan louhan, ada hal yang harus Anda perhatikan, yaitu kesehatan si ikan. Kalau Anda ternyata salah membeli ikan yang sedang sakit, mungkin Anda tidak akan tahu bagaimana cara menanganinya, sehingga umur si ikan pun pendek. Uang Anda pun melayang dalam waktu singkat.

Nah, untuk itu, teliti terlebih dahulu kesehatan si ikan. Biasanya, ikan louhan yang sedang sakit ditandai dengan bintik-bintik putih atau bercak jamur yang menempel pada tubuhnya. Ikan louhan yang sakit juga bisa ditandai dengan gerakannya yang lambat, tidak agresif, dan posisinya miring ketika berenang bahkan seperti tiduran di dasar akuarium.

2. Usia

Usia 

* sumber: www.youtube.com

Jika Anda berencana memiliki dan merawat louhan dalam waktu yang panjang, belilah ikan yang masih baby. Ikan-ikan louhan yang masih kecil belum kelihatan jenongnya sama sekali. Seiring bertambah besar tubuhnya, maka ukuran jenongnya pun akan ikut membesar. Anda pasti merasa lebih bangga jika berhasil merawat louhan dari kecil hingga dewasa, bukan?

3. Bentuk Tubuh

Bentuk Tubuh

*

Ciri-ciri louhan yang kondisinya baik adalah bertubuh pendek namun “kekar”. Kenapa? Karena ikan louhan yang aktif dan agresif merupakan ikan yang sehat. Semakin aktif bergerak louhan tersebut, maka tubuhnya akan semakin padat berisi.

4. Warna

Warna  jenis-jenis ikan louhan

* sumber: www.indiamart.com

Cara memilih ikan louhan yang sehat selanjutnya adalah melalui warna. Pilihlah ikan louhan yang warnanya cerah menyala dibandingkan yang warnanya gelap atau kehitaman. Nah, itu tadi sekilas mengenai cara-cara memilih ikan louhan yang tepat untuk dipelihara. Sekarang mari simak jenis-jenis ikan louhan di bawah ini sebagai referensi.

Jenis-jenis Ikan Louhan Cantik

1. Kamfa (Cinghwa)

Kamfa jenis-jenis ikan louhan

* sumber: www.indiamart.com

Jenis-jenis ikan louhan yang pertama, ada kamfa atau dikenal juga sebagai cinghwa di Indonesia. Kamfa merupakan varietas louhan asli. Ciri-ciri kamfa adalah matanya cekung dan warnanya putih atau kuning, ekor kipas, benjolan kepala berwarna air (agak transparan kalau ukurannya sudah besar), bibir kecil, serta tubuhnya cenderung kotak dan kecil, tetapi jenongnya dapat tumbuh menjadi sangat besar.

2. Golden Base (Faders)

Golden Base

Golden base, golden trimac, atau faders adalah jenis ikan louhan yang selanjutnya. Kenapa namanya faders? Karena, sewaktu ikan ini berada di usia muda, warna sisiknya menghilang dan berubah jadi hitam seutuhnya. Semakin bertambahnya usia, warna sisik louhan pun akan memudar lagi menjadi lebih cerah.

Biasanya warna ikan golden base adalah kuning dan merah. Dan juga, Louhan red texas masih satu keluarga dengan ikan golden trimac ini.

3. Red Texas

Red Texas 

Ini dia si red texas yang Bacaterus mention di atas. Ikan ini dibuat dengan membudidayakan louhan texas hijau jantan dengan louhan king kong parrot atau mammon betina. Walaupun namanya red texas, warna louhan ini tidak semuanya merah. Dan, grade mereka ada peringkatnya sesuai urutan warna.

Untuk ikan yang tidak mutasi merupakan louhan dengan tingkatan terendah. Red texas warna kuning berarti tingkatan ke-2 terendah. Oranye ketiga terendah, tapi jenis ini merupakan yang paling banyak. Coral (agak pink) merupakan ke-4 terendah. Nah, red texas merah merupakan tingkatan paling tinggi dan paling banyak diincar. Walaupun warnanya berbeda-beda, red texas memiliki satu ciri yang sama, yaitu sisik yang berkilau.

4. Zhen Zhu (Cencu)

Zhen Zhu 

* sumber: www.youtube.com

Jenis-jenis ikan louhan selanjutnya sangat terkenal di Indonesia, yaitu pearl scale atau zhen zhu (cencu). Zhen zhu sendiri berarti pearl flowerhorn, yang bermakna benjolan louhan yang secantik mutiara. Ikan louhan ini merupakan keturunan dari kamfa.

Ciri ikan louhan cencu adalah ekornya lebih bundar, mulutnya lebih besar, mata merah yang menonjol, dan jenong yang sangat besar. Karena jenong ikan cencu sangat besar dan cantik, banyak orang yang mengawin silangkan cencu dengan ikan louhan jenis lainnya.

5. Golden Monkey (Kamalau)

Golden Monkey

* sumber: www.youtube.com

Golden monkey bukan seekor monyet, ya, ini termasuk jenis-jenis ikan louhan. Dan, varietas ini cukup terkenal juga di Indonesia. Nama lain golden monkey adalah good fortune atau kamalau. Ikan ini dibudidayakan oleh Mr. Lam Seah dan Lam Soon di Bercham, Ipoh, Malaysia. Ikan ini berhasil menembus pasaran pada tahun 2001 setelah melewati generasi ke-3 pembudidayaannya.

Ikan ini merupakan varietas louhan asli yang bukan campuran antara kamfa atau pun cencu. Makanya, ikan kamalau ini harganya lebih mahal. Yang paling mahal pernah terjual di Malaysian Exhibition pada tahun 2009 dengan harga 600 ribu dolar. Wow!

6. Thai Silk

Thai Silk

* sumber: www.monsterfishkeepers.com

Varietas ikan louhan selanjutnya yang cocok untuk dipelihara di rumah adalah thai silk. Tertera pada namanya, ikan ini asli dari Thailand. Karena warnanya, ikan ini disebut juga sebagai titanium. Ikan louhan ini termasuk jenis terbaru.

Jika biasanya ikan louhan memiliki warna yang cerah dan menyala, ikan ini justru kebalikannya. Warna ikan thai silk biasanya biru metalik, putih mutiara, dan emas. Ikan thai silk yang dikawinkan dengan kamfa menghasilkan ikan louhan bertubuh kamfa dengan warna mata merah, biru, atau putih.

7. Blood Parrot

Blood Parrot

* sumber: f15louhan.blogspot.com

Ikan louhan yang satu ini unik banget, ya? Namanya adalah blood parrot. Ikan ini merupakan hasil kawin silang antara ikan cichlid hybrid dan king kong parrot. Yang menjadikan louhan blood parrot sebagai ikan cichlid hibrida yang pertama. Louhan Blood Parrot memiliki ukuran kepala yang lebih besar dan tubuh yang lebih kecil. Mata ikan ini sangat menonjol dan mulutnya berbentuk V.

8. Tan King

Tan King

* sumber: f15louhan.blogspot.com

Jenis louhan yang selanjutnya bernama tan king. Ini adalah salah satu ikan louhan paling populer dan paling mahal yang tersedia saat ini. Banyak orang menyukai ikan ini karena akan terlihat sekali perbedaan kemajuan ikan berdasarkan bagaimana orang merawatnya.

Jenis ikan ini dikembangbiakkan oleh Mr. Tan dari Vietnam, dengan mengawinkan zhen zhu dan kamfa, sehingga ikan ini memiliki bentuk jenong seperti king kamfa. Tetapi, ikan ini punya tubuh dan sirip yang lebih erat hubungannya dengan zhen zhu. Sebagian besar ikan ini memiliki mata yang menonjol dan ekor yang lebih bulat seperti zhen zhu.

9. King Kamfa

King Kamfa

* sumber: f15louhan.blogspot.com

Ini dia king kamfa yang sempat ter-mention di atas. Datang dari keluarga louhan kamfa, ikan ini memiliki ciri-ciri mata cekung berwarna putih atau kuning, walaupun ada juga yang matanya merah (kasus yang jarang ditemukan). Ikan ini aslinya dari Thailand, tapi “terlahir kembali” di Vietnam.

Tubuh ikan louhan king kamfa ini memiliki ciri khas kamfa, yaitu memiliki ekor kipas, tapi dengan tubuh yang lebih panjang dari beberapa kamfa lainnya. King kamfa adalah varietas ikan louhan dari kamfa yang paling mahal.

10. Red Magma

Red Magma

* sumber: www.youtube.com

Jenis-jenis ikan louhan yang terakhir adalah red magma. Ikan ini merupakan salah satu varietas dari cencu. Sebenarnya, varietas ini terbagi menjadi dua, yaitu louhan super red dragon (SRD) dan super red magma (SRM). Bentuk SRM mirip seperti SRD, bedanya jenongnya lebih besar dan mutiaranya terlihat lebih cantik.

Nah, itu di jenis-jenis ikan louhan yang cantik untuk dipelihara di rumah atau pun di kantor. Karena louhan merupakan ikan yang agresif, Anda tidak bisa mencampur mereka dalam satu akuarium. Anda tahu jenis ikan louhan lainnya yang bagus untuk dipelihara di rumah?

Oh iya, kalau Anda ingin tahu ikan koi yang paling mahal di dunia, silakan cari tahu di artikel 10 Ikan Koi Termahal di Dunia ini, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment