Bacaterus / FYI / 10 Jenis Fobia yang Aneh, Langka, hingga Sulit Dipahami

10 Jenis Fobia yang Aneh, Langka, hingga Sulit Dipahami

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mungkin banyak orang sudah mengenal fobia. Fobia yang umum diderita orang-orang adalah takut akan ketinggian atau takut ruangan sempit dan masih banyak lagi yang mungkin dipahami. Namun ternyata selain fobia-fobia yang umum tadi ada jenis-jenis fobia aneh dan langka yang juga dialami beberapa orang, seperti takut akan laut. Mau tahu jenis fobia aneh lainnya? Baca terus ulasannya di sini.

1. Arachibutyrophobia

Arachibutyrophobia

* sumber: tallypress.com

Fobia yang satu ini bisa dikatakan fobia yang aneh dan langka karena ketakutannya bukan terhadap mahluk buas atau ketinggian. Arachibutyrophobia adalah ketakutan akan selai kacang yang menempel di langit-langit mulut. Ternyata pemandangan seperti itu membuat beberapa orang merasa tidak nyaman.

Orang yang mengidap fobia jenis ini, mereka tak akan mau makan selai kacang sedikit pun. Orang yang mengidap jenis fobia ini, dipastikan mereka tak akan mau memakan selai kacang walaupun hanya sedikit atau bahkan hanya rasa dalam es krim sekalipun.

Alasan mereka tidak mau makan selai kacang karena mereka takut tersedak atau rasa lengket yang terasa saat makan selai kacang. Fobia yang cukup aneh, bukan?

2. Plutophobia

Plutophobia

* sumber: www.klikdokter.com

Plutophobia merupakan jenis ketakutan akan kekayaan. Kata Plutophobia berasal dari Pluto yang adalah Dewa Kekayaan Romawi dan Phobia yang dalam bahasa Yunani berarti ketakutan. Jenis fobia aneh dan langka ini juga terkait dengan Chrometophobia atau Chrematophobia atau takut akan uang.

Ada bermacam-macam alasan yang menyebabkan atau memicu Plutophobia atau ketakutan akan kekayaan. Namun yang paling menonjol adalah asuhan. Kemungkinan besar orang-orang yang menderita Plutophobia dibesarkan oleh orang-orang yang takut akan kekayaan.

Bisa juga karena orang-orang yang membesarkan mereka menularkan rasa ketidakpastian atau bahaya yang terkait dengan kekayaan. Selain itu, mungkin disebabkan oleh pengalaman masa lalu yang buruk dengan atau dalam kekayaan.

Faktor genetik juga bisa menjadi penyebab Plutophobia. Nenek moyang orang yang takut akan kekayaan mungkin lebih mungkin untuk bertahan hidup dan mewariskan gen yang menakutkan ini kepada anak-anak mereka dan seterusnya.

3. Androphobia

Androphobia

* sumber: dress-ms.techinfus.com

Androfobia adalah jenis fobia aneh dan langka lainnya. Jenis fobia ini biasanya  dialami oleh anak-anak yang usianya 10 tahun dan disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Androphobia secara umum merupakan jenis fobia yang membuat orang ketakutan ketika melihat laki-laki di sekitarnya.

Para penderita androfobia akan berusaha untuk menghindari atau bahkan memastikan tidak bertemu  bahkan mungkin berpapasan dengan laki-laki. Para ahli menyebutkan bahwa fobia ini berhubungan dengan pengalaman negatif dengan laki-laki di masa lalu, seperti pelecehan seksual atau kekerasan fisik.

Walaupun seperti kondisi ini tergolong jarang, kalau tidak segera ditangani maka penderita fobia ini bisa  mengalami gangguan saat beraktivitas. Bisa juga fobia ini terbawa sampai orang tersebut menginjak usia dewasa. Biasanya fobia ini ditangani dengan terapi psikologis ditambah dengan konsumsi obat-obatan.

4. Thalassophobia

Thalassophobia

* sumber: www.klikdokter.com

Istilah thalassophobia asalnya dari bahasa Yunani thalassa yang berarti laut dan phobos yang berarti ketakutan. Thalassophobia merupakan jenis fobia spesifik yang melibatkan rasa takut yang terus-menerus dan intens terhadap perairan dalam seperti laut. Fobia ini berbeda dengan aquaphobia.

Jika aquaphobia takut akan air, thalassophobia rasa takut akan perairan yang tampak luas, gelap, dalam, dan berbahaya. Thalassophobia tidak terlalu takut pada air karena mereka lebih merasa takut dengan apa yang bersembunyi di bawah permukaannya.

Rasa takut yang dialami oleh thalassophobia tak hanya berlaku untuk laut, tetapi juga semua perairan yang terlihat luas dan dalam. Untuk mengatasi thalassophobia bisa dilakukan dengan dua metode yaitu terapi perilaku kognitif dan terapi pemrograman neurolinguistik.

Solusi lainnya untuk mengatasi fobia ini adalah dengan sering mengunjungi laut serta berusaha melakukan kontak fisik dengan air. Meski termasuk dalam jenis fobia aneh, thalassophobia bisa disembuhkan dengan cukup cepat, hanya dalam hitungan bulan, tapi bergantung tingkat keparahannya

5. Phobophobia

Phobophobia

* sumber: www.verywellmind.com

Phobophobia merupakan jenis ketakutan akan fobia. Gangguan kecemasan ini bisa  mengakibatkan siklus replikasi diri, yang pada akhirnya menyebabkan lingkaran ketakutan yang meningkat. Beberapa penderita phobophobia sudah mempunyai satu atau lebih fobia.

Namun ada juga penderita lain yang merasa ketakutan akan menderita fobia. Phobophobia sering kali, tetapi tidak selalu, terkait dengan gangguan kecemasan lainnya. Jenis fobia yang ini termasuk jenis fobia yang lebih kompleks karena penderita tak punya hal-hal spesifik yang ditakuti.

Justru penderita fobia ini memiliki ketakutan bahwa dia mengalami sebuah fobia, tetapi tidak dipahami serta tidak disadari oleh si penderita itu sendiri. Rasa takut yang dimiliki oleh penderita phobophobia memang susah untuk dipahami dan cenderung berlebihan.

Karenanya penderita jenis fobia ini sering menjadi bahan bulan-bulanan lingkungan sekitar. Hal itu karena keterbatasan pemahaman masyarakat mengenai gangguan cemas yang dialaminya.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 10 Pertanyaan Truth or Dare Tersulit

6. Nyctophobia

Nyctophobia

* sumber: hellogiggles.com

Banyak orang-orang yang merasa takut akan kegelapan. Ketakutan ini bisa dirasakan oleh anak-anak atau bahkan orang dewasa. Terdapat beberapa istilah klinis yang digunakan untuk fobia gelap atau malam, di antaranya adalah nyctophobia, lygophobia, scotophobia, serta achluophobia.

Istilah nyctophobia asalnya dari bahasa Yunani, yaitu ‘Nyctus‘ yang artinya malam atau kegelapan serta Phobos yang artinya ketakutan. Mungkin untuk anak-anak ketakutan akan gelap masih lumrah. Begitu lampu dimatikan, otak mereka langsung membayangkan hal-hal yang mengerikan yang mungkin terjadi.

Akan tetapi ada juga orang dewasa menderita Achluophobia. Ketakutan ini bisa sangat memengaruhi kehidupan sehari-hari orang yang menderita achluophobia khususnya karena si penderita cenderung merasa depresi, cemas, atau juga merasa was-was setiap waktu.

Sering kali penderita achluophobia menolak untuk pergi keluar sesudah gelap. Tak jarang mereka juga takut untuk tidur sendirian. Menurut para ahli phobia akan kegelapan bisa disebabkan karena pengalaman traumatis di masa lalu.

Contohnya ada anak yang mungkin disuruh berada di ruang gelap karena mendapat hukuman. Bisa juga karena ditakut-takuti oleh orang lain ketika berada di dalam kegelapan. Acara TV atau film horor atau hantu yang ditonton tanpa cahaya siang hari juga bisa menciptakan ketakutan akan kegelapan.

7. Somniphobia

Somniphobia

* sumber: www.terrycralle.com

Fobia lain yang cukup aneh dan langka adalah somniphobia. Umumnya orang-orang menganggap tidur sebagai aktivitas yang menyenangkan atau mereka sukai karena mereka bisa beristirahat setelah lelah beraktivitas di siang hari. Namun berbeda dengan orang yang menderita somniphobia.

Orang yang menderita somniphobia akan takut untuk tidur walaupun si penderita sudah sangat mengantuk. Ini ini bisa diakibatkan oleh trauma mendalam yang dialami penderita tersebut saat sedang tidur. Contohnya penderita mengalami mimpi buruk atau terjadi bencana alam dahsyat saat tidur.

8. Haphephobia

Haphephobia

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Haphephobia ini adalah jenis fobia aneh dan langka, tetapi bukan berarti tidak ada. Orang-orang ini akan merasa ketakutan saat disentuh, terkadang sentuhan fisik bisa mengakibatkan mereka terkena serangan panik. Jika yang si penderita adalah orang hebat atau berkuasa, mereka biasanya marah saat disentuh.

Mereka sering kali merasa perlu untuk melindungi diri mereka dari apapun yang mereka anggap berbahaya atau tidak bersih contohnya kontaminasi atau invasi. Ketakutan ini termasuk bersalaman dengan orang yang tidak mereka kenal sebelumnya.

Contoh penderita haphephobia adalah Howie Mandel yang merupakan juri America’s Got Talent 2017. Dia merasa takut sekali akan kuman sehingga merasa ketakutan jika bersentuhan dengan orang lain atau apapun yang tak  jelas kebersihannya.

9. Ergophobia

Ergophobia

* sumber: typesofphobia.com

Versi ekstrem yang irasional dari ketakutan akan tempat bekerja atau atasan di kantor adalah ergophobia. Fobia aneh dan langka ini secara umum adalah jenis ketakutan akan pekerjaan atau bekerja dan jadi karyawan.

Si penderita juga bisa jadi takut dengan aktivitas dan lingkungan yang berkaitan dengan pekerjaan, contohnya bilik atau ruang kantor juga  interaksi sosial di lingkup pekerjaan. Bahkan, ada yang beranggapan kemungkinan ada kaitan antara fobia dan fobia sosial atau ketakutan kinerja kerjanya.

10. Xanthophobia

Xanthophobia

* sumber: healthfundaa.com

Sepertinya tidak beralasan untuk orang tidak menyenangi warna kuning. Namun pada kenyataannya ada orang yang takut dengan warna kuning. Fobia aneh dan langka ini disebut dengan xanthophobia. Apakah itu gambar matahari atau nanas, penderita xanthophobia tidak suka warna kuning secara ekstrim.

Bisa jadi mereka penderita tersebut geli, takut atau merasa mual kalau melihat hal-hal yang berwarna kuning. Untuk mereka yang menderita fobia agresif, mendengar kata kuning saja bisa memicu ketakutan dan kecemasan.

Bagi sebagian orang hal-hal yang sepele atau tidak masuk akan itu bisa menjadi sebuah kecemasan atau ketakutan yang sangat mengganggu. Fobia-fobia tersebut bisa mengganggu kehidupan pribadi penderitanya. Apakah kamu juga memiliki fobia yang aneh dan langka? Segera konsultasikan dengan ahlinya supaya segera bisa ditangani.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *