Bacaterus / Bawang / 10 Jenis Bawang Putih yang Biasa Digunakan dalam Masakan

10 Jenis Bawang Putih yang Biasa Digunakan dalam Masakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bawang putih adalah bumbu yang selalu ada di setiap dapur. Tanaman ini tak hanya digunakan sebagai penyedap untuk makanan tapi juga digunakan bagus untuk kesehatan tubuh. Bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan yang manjur. Tanaman ini mengandung kalori yang rendah dan sangat kaya akan Vitamin B6, Vitamin C dan Mangan, juga mengandung nutrisi lainnya.

Bawang putih mengandung allicin, yaitu senyawa belerang yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat bawang putih yang paling terkenal di antaranya adalah untuk pencegah kanker, penambah kekebalan tubuh, peradangan, dan anti-bakteri. Ternyata tanaman bawang putih memiliki beberapa jenis. Apa saja jenisnya? Bacaterus telah merangkum informasinya untukmu.

1. Bawang Putih Asiatik

Bawang Putih Asiatik

* sumber: www.riverviewgarlic.com

Bawang putih varietas Asia adalah salah satu dari jenis bawang putih yang dipanen paling awal dan matang seperti bawang, bawang putih ini menjadi besar dan matang dengan sangat cepat. Varietas ini cenderung memiliki 8 sampai 12 siung besar per umbi dan tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Umumnya, tidak lebih dari  4 sampai 5 bulan sebelum bawang ini mulai berkecambah.

Varietas Asiatik dapat dipanen bahkan pada musim semi ditambah waktu penyimpanannya yang relatif singkat membuat bawang putih jenis ini menjadi pilihan populer bagi para petani bawang putih yang ingin mengatur waktu panen mereka dan menyediakan persediaan bawang putih segar sebanyak mungkin sepanjang tahun.

2. Bawang Putih Softneck

Bawang Putih Softneck

* sumber: www.henryfields.com

Bawang putih softneck yang memiliki nama latin Allium sativum diyakini telah berevolusi dari bawang putih hardneck. Bawang putih ini merupakan satu dari jenis bawang putih yang sering kamu lihat di supermarket besar. Karena tidak memiliki scape atau batang berbunga bawang putih, bawang ini menghasilkan lebih banyak umbi, terkadang delapan tapi bisa juga hingga tiga puluh atau lebih.

Jika kamu ingin masak dengan menggunakan bawang putih yang mentah atau dimasak ringan, mungkin varietas ini adalah bawang putih yang bisa kamu pilih. Kalau kamu akan membuat saus salad sederhana dengan rasa bawang putih pilihan, gunakanlah bawang putih softneck. Bawang ini memiliki rasa yang lebih mirip seperti tanaman berumput dan dan tidak menggigit seperti hardneck.

Sebagian besar makanan olahan bawang putih, contohnya bubuk bawang putih dan bumbu, asalnya dari bawang putih softneck. Artichoke dan Silverskin adalah dua jenis bawang putih softneck.

3. Bawang Putih Hardneck

Bawang Putih Hardneck

* sumber: m.gurneys.com

Berbeda dari bawang putih softneck, jenis bawang putih hardneck tidak memiliki tangkai yang fleksibel. Ketika kamu membeli bawang putih varietas ini, kamu akan melihat bawang putih dengan batang yang sangat kuat yang menonjol satu atau dua inci dari bagian atas umbi.

Bawang putih hardneck dikenal karena kulitnya yang tipis dengan rona violet-ros. Jenis bawang putih ini mempunyai banyak rasa. Umumnya bawang ini memiliki empat hingga dua belas siung di setiap umbi. Biasanya bawang ini mempunyai tangkai yang panjang dan yang melengkung dan melingkar. Bawang ini juga memiliki varietas yang berbeda, di antaranya Porcelain, Purple Stripe, dan Rocambole.

Hardneck cenderung tumbuh lebih baik di wilayah yang sangat dingin di musim dingin dan varietas ini cocok digunakan untuk memasak daging dengan aroma yang kuat seperti daging rusa atau bebek, juga hidangan lainnya.

4. Bawang Putih Hitam

Bawang Putih Hitam

Jenis bawang putih ini umumnya ditemukan di toko-toko bahan makanan Korea. Rasa bawang putih hitam seperti buah prem dan sedikit rasa cuka. Varietas bawang ini dikenal kenyal layaknya buah kering. Jika di keluargamu ada yang tak suka bawang putih, berilah bawang putih hitam dan minta mereka untuk mencobanya.

Kenyataannya rasa bawang putih hitam cukup unik dan agak sulit untuk digambarkan. Warna hitamnya merupakan efek dari cara pembuatannya. Bawang putih hitam terasa sedikit pahit, agak manis, dan rasanya kasar seperti mengandung karamel.

Jenis bawang ini bisa digunakan dalam saus dan sebagai hiasan salad dan daging. Namun beberapa orang menggunakannya juga menggunakannya dalam hidangan utama serta penutup.

5. Bawang Putih Georgia

Bawang Putih Georgia

* sumber: www.theplantlady.com

Bawang putih Georgia dianggap sebagai salah satu jenis bawang putih yang lebih tahan terhadap penyakit. Nama tanaman ini didapat dari Republik Georgia dan termasuk dalam kelompok bawang putih porselen karena bagian luar yang membungkus umbi memiliki warna putih pucat. Pembungkus umbi bagian dalam berwarna kecoklatan, ungu, atau kombinasi keduanya.

Masing-masing umbi berukuran besar dan terdiri dari 5 sampai 8 siung besar. Bawang putih Georgia sering digambarkan sebagai salah satu jenis bawang putih dengan rasa terbaik, dengan citarasa putih-panasnya.

6. Bawang Putih Beruang

Bawang Putih Beruang

* sumber: modernfarmer.com

Biasanya bawang putih beruang atau ramp memiliki beberapa daun lebar berbentuk sekop dengan batang berwarna hijau pucat. Sebenarnya, daun bawang ini cukup panjang. Umumnya panjangnya mencapai 12 inci atau sekitar 30,48 cm dengan rasa yang manis dan pedas. Bawang putih ini memiliki hubungan erat dengan bawang putih liar tapi terlihat mirip dengan bawang daun.

Bawang putih beruang matang di musim semi. Penampilannya mirip dengan batang dan cocok digunakan untuk semua jenis makanan. Kamu bisa memasak bawang putih ini dalam beragam jenis masakan.

7. Bawang Putih Ungu

Bawang Putih Ungu

* sumber: pixabay.com

Varietas ini merupakan jenis dari bawang putih Hardneck yang sangat populer. Bawang ini bisa disimpan selama empat sampai enam bulan dan menghasilkan kira-kira 55 siung per kurang lebih ½ kg.  Siungnya mempunyai bentuk yang simetris dan siungnya terlihat sangat jelas tapi membelah bawangnya. Bawang ini sangat lezat juga jenis ini mudah dikupas. Jika dimasak dalam berbagai hidangan rasanya enak.

Bawang putih ungu sempurna untuk dipanggang dan bawang putih yang termasuk dalam jenis ini di antaranya Lithuanian Purple, Khabar, Red Rusia dan Brown Rose. Ada tiga tipe dasar bawang ungu, yaitu glazed, standard, dan marbled, dengan masing-masing memiliki keunggulannya sendiri.

8. Bawang Putih Gajah (Kerbau)

Bawang Putih Gajah

* sumber: m.gurneys.com

Tak sulit untuk mengidentifikasi bawang putih gajah karena ukurannya yang memang besar. Selain itu bawang putih ini disebut juga dengan nama bawang putih kerbau. Jenis bawang putih ini lebih ringan dibandingkan dengan kebanyakan varietas bawang putih lainnya, dengan rasa seperti bawang. Bawang ini sangat bagus untuk digunakan dalam hidangan tumis dan saus.

Bawang putih gajah juga luar biasa ketika dipanggang. Jenis bawang ini sangat mudah dikupas dan dapat digunakan sebagai pengganti jenis bawang putih lainnya. Ukurannya yang ekstra besar membuatnya sangat mudah ketika dipotong atau diolah.

9. Bawang Putih Turban

Bawang Putih Turban

* sumber: www.motherearthnews.com

Bawang putih ini tak berbeda jauh dari bawang putih Asia, bawang putih turban hanya terdiri dari beberapa siung saja, umumnya tidak lebih dari delapan siung dengan siung sangat besar. Jenis bawang ini biasanya matang di musim semi tapi jenis ini tidak bisa disimpan terlalu lama sehingga setelah panen hasilnya harus diawasi dengan cermat.

Varietas bawang ini tumbuh dengan baik di iklim yang lebih hangat. Bawang putih yang termasuk dalam varietas ini di antaranya Dawn China dan Red Janice. Jika berbicara soal tekstur dan rasa, bawang putih Turban berada di antara varietas Hardneck dan Softneck dan varietas ini tidak selalu mengandung scape atau batang atau bunga.

10. Bawang Putih Kreol

Bawang Putih Kreol

* sumber: www.australiangarlic.net.au

Di awal bawang putih jenis ini dianggap sebagai berbagai bawang putih softneck. Namun, bawang putih Creole ternyata tergabung dalam kelas tersendiri. Umbi bawang putih ini cenderung mempunyai hampir 12 siung dan berkisar dari warna merah muda yang indah hingga cahaya yang hampir keunguan. Seluruh umbi bawang putih kreol cenderung berwarna merah muda/merah/ungu.

Bawang putih kreol termasuk dalam jenis bawang yang sangat langka dan tumbuh dengan baik di iklim yang lebih hangat. Varietas kreol cenderung mempunyai nama-nama anggur. Beberapa jenis adalah Cuban Purple, Creole Red, Ajo Rojo, Rose du Lautrec dan Burgundy.

Ternyata bawang putih tak hanya berwarna putih tapi ada juga yang berwarna hitam dan ungu. Rasanya pun beragam. Apakah kamu pernah mencoba jenis-jenis bawang putih lain selain yang berwarna putih? Kunjungi juga artikel jenis-jenis bawang yang paling sering dipakai di Indonesia ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *