Bacaterus / Bantal / 8 Jenis Bantal yang Akan Membuat Tidur Lebih Nyaman

8 Jenis Bantal yang Akan Membuat Tidur Lebih Nyaman

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bantal merupakan peralatan tidur yang wajib. Jika dalam sejumlah hotel tidak menyediakan guling, tetapi paling tidak Anda bisa menemukan bantal. Hampir sebagian besar orang juga selalu menggunakan bantal saat tidur. Bahkan, ada beberapa orang yang mengeluh pusing jika tidur tanpa memakai bantal.

Kali ini, Bacaterus tidak akan membahas tentang fungsi bantal, melainkan jenis-jenis bantal yang bisa Anda pilih untuk memberikan kenyamanan saat tidur. Sudahkah Anda mengetahui jenis bantal yang saat ini Anda pakai? Jika belum, yuk, kenali jenis-jenis bantal yang dijual di pasaran berikut ini agar Anda bisa mengenali jenis bantal yang saat ini dipakai.

1. Dacron

Dacron

* sumber: www.isbirbedding.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dewasa ini, bantal jenis dacron merupakan yang terlaris di pasaran. Selain harganya terjangkau, bantal dacron juga cukup empuk dan nyaman untuk dipakai menopang kepala. Dacron sendiri terbuat dari serat plastik tetapi bentuknya menyerupai kapuk.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat oleh pengguna dacron. Pertama, dacron bersifat anti-debu, yang artinya tidak ada debu di bagian dalam bantal seperti layaknya bantal kapuk. Alhasil, penggunaan bantal dacron dalam jangka waktu lama tidak akan memberi Anda gangguan pernafasan.

Keunggulan lain dari bantal dacron adalah kemampuannya dalam menopang leher dan kepala. Jadi, pengguna bantal dacron sangat minim risiko sakit leher atau merasa pegal-pegal. Anda akan terbangun dengan kepala yang ringan setelah semalaman tidur memakai bantal dacron.

Nilai plus lainnya yang bisa diperoleh dari bantal dacron adalah keawetannya. Tak dapat dipungkiri bahwa bantal dacron sangat awet dan tidak mudah kempis meskipun dicuci berkali-kali. Selain itu, harga bantal dacron juga tergolong murah.

2. Lateks

Lateks

* sumber: customsleeptech.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lateks adalah jenis bantal terbaik yang ada saat ini. Mengapa? Bantal ini benar-benar fleksibel alias mengikuti postur kepala dan leher penggunanya. Dengan kata lain, ketika Anda menggunakan bantal lateks, bantal ini akan menopang leher dan kepala secara sempurna sehingga Anda tidak akan merasa pegal-pegal ketika terbangun di pagi hari.

Bantal jenis ini juga aman bagi kesehatan karena tidak mudah berdebu dan tidak akan menjadi sarang tungau. Lateks tidak akan menimbulkan alergi atau gangguan pernapasan karena bahannya berasal dari sintesa karet. Selain itu, permukaan bantal juga terasa dingin sehingga penggunanya akan merasa adem dan nyaman saat tidur.

Kalau saat ini Anda memiliki masalah pada leher dan bahu, coba ganti bantal yang biasa Anda pakai dengan bantal lateks. Bagi Anda yang ingin mencegah risiko sakit leher karena “salah bantal”, Anda juga bisa mulai menggunakan bantal lateks saat tidur.

3. Kapuk

Kapuk

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bantal kapuk merupakan jenis bantal yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Pasalnya, pertumbuhan pohon randu atau pohon kapuk di Indonesia sangat subur. Campuran kapuk dan kapas tidak hanya dipakai sebagai isian bantal, tetapi juga untuk guling dan kasur.

Ketebalan kapuk bisa diatur sesuai dengan kenyamanan penggunanya. Kapuk juga memiliki tekstur yang licin. Kapuk yang baru biasanya berwarna putih atau sedikit kekuningan. Namun, seiring berjalannya waktu, kapuk bisa jadi menguning.

Harga kapuk bisa dibilang cukup murah. Akan tetapi, kapuk adalah bahan yang mudah berdebu dan didiami tungau. Jika dipakai dalam jangka waktu lama, kapuk bisa jadi lembab dan lama-lama mengeras sehingga kurang nyaman saat dipakai.

Walaupun penggunaan bantal kapuk sudah tidak sepopuler dulu, tapi toh masih banyak orang yang fanatik menggunakan bantal kapuk. Apakah Anda juga termasuk salah satu pengguna setia bantal kapuk?

4. Bulu Angsa

Bulu Angsa

* sumber: www.bedbathntable.com.au

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selain bantal lateks, ada juga bantal yang harganya bersaing dan juga mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya, yaitu bantal bulu angsa. Bantal jenis ini sudah digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Eropa sejak dulu. Kenyamanan yang ditawarkan oleh bantal ini memang luar biasa, terutama pada bagian lehernya.

Saat dipakai untuk tidur, bantal bulu angsa akan terasa empuk sehingga penggunanya pun benar-benar merasa sangat nyaman. Sayangnya, bantal semahal ini juga memiliki kekurangan, lho, di antaranya bantal ini sangat mudah berdebu karena berasal dari bahan organik.

Bantal bulu angsa kurang cocok bagi Anda yang alergi debu atau memiliki gangguan pernapasan. Jika Anda ingin tetap memakai bantal jenis ini, gunakan saja sarung bantal yang tebal untuk menghalangi debu terhirup ke hidung.

5. Busa

Busa

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Satu lagi jenis bantal yang sangat umum dipakai oleh masyarakat Indonesia, yaitu bantal busa. Bantal ini dijual dengan harga yang bersahabat. Terlebih lagi bantal busa juga tidak mudah berdebu dan bebas tungau.

Kalau bantal lateks terlalu mahal bagi Anda, mungkin Anda bisa memilih bantal busa. Bantal ini juga fleksibel dan lentur sehingga mampu mengikuti bentuk leher dan kepala penggunanya. Dengan kata lain, bantal ini juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang punya permasalahan pada bahu dan leher.

Sayangnya, di balik keunggulan yang ditawarkan oleh bantal busa ternyata jenis bantal ini juga punya kekurangan. Ya, bantal busa akan mengeluarkan suhu panas jika terlalu lama dipakai. Suhu panas yang keluar ini tentu saja membuat penggunanya merasa kurang nyaman.

6. Nanofiber

Nanofiber

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Apa sih bantal nanofiber? Mungkin nama ‘nanofiber’ masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Akan tetapi, jenis bantal ini cukup gencar dipasarkan di Indonesia. Meskipun harganya masih tergolong mahal, bantal nanofiber ini cukup nyaman dan menyaingi kualitas bantal lateks.

Perlu Anda ketahui bahwa bantal nanofiber ini menawarkan ketahanan yang lebih baik dari bantal lateks. Bahkan, jenis bantal ini juga bisa dipakai untuk keperluan orthopedy. Nah, berminat untuk mencoba bantal nanofiber?

7. Microfiber

Microfiber

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kalau nanofiber dirasa kurang terkenal, bantal microfiber justru lebih populer di negara kita. Bantal ini dibuat dari bahan sintesis yang mengandalkan kecanggihan teknologi dalam proses pembuatannya. Di samping itu, microfiber juga bersifat hypoallergenic yang minim debu dan risiko alergi.

Bantal microfiber terasa sangat ringan. Selain itu, microfiber adalah bahan yang sangat mudah dicuci. Sesering apapun Anda mencuci bantal jenis ini, bantalnya tidak akan kempis atau menyusut. Jadi, Anda bisa menjaga kebersihan bantal dengan tenang ketika memakai bantal microfiber.

8. Memory Foam

Memory Foam

* sumber: memoryfoamlab.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seringkali orang kesulitan membedakan antara bantal lateks dengan memory foam. Kedua jenis bantal ini serupa tapi tak sama. Memory foam adalah bantal yang bisa menyerap keringat dengan baik. Alhasil, bantal ini sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang selalu berkeringat saat tidur.

Berbicara soal kelenturan, memory foam tidak selentur lateks. Jenis bantal ini memang bisa mengikuti postur tubuh penggunanya, tetapi sulit untuk kembali ke bentuk semula. Sementara lateks memiliki kelenturan yang lebih baik dan bisa kembali ke bentuk semula meskipun dipakai dalam jangka waktu panjang.

Itulah berbagai jenis bantal yang lazim dijual di Indonesia. Sudah menemukan pilihan yang tepat untuk memberikan kenyamanan saat tidur. Jika Anda ingin membeli bantal baru, cek artikel merk bantal yang bagus ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *