Bacaterus / Apel / 10 Jenis Buah Apel yang Paline Enak dan Populer di Dunia

10 Jenis Buah Apel yang Paline Enak dan Populer di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Buah dengan nama ilmiah Malus domestica ini berasal dari daerah subtropis. Tanaman ini dibawa ke Indonesia oleh orang Belanda bernama Kreben sekitar tahun 1930, yang kemudian ia tanam di daerah Nangkojajar, Kabupaten Pasuruan. Di tahun 1953, beberapa jenis apel dari luar negeri mulai didatangkan oleh Bagian Perkebunan Rakyat.

Sejak tahun 1960 apel sudah banyak ditanam di daerah Batu, Malang hingga mencapai masa kejayaannya pada tahun 1970. Kini apel sudah tersebar luas di seluruh Indonesia dengan berbagai macam jenis. Harganya yang relatif terjangkau membuat apel menjadi buah yang disukai banyak orang. Berikut adalah beberapa jenis buah apel populer yang perlu diketahui.

1. Apel Manalagi

Apel Manalagi

* sumber: jualbibitonline.com

Merupakan jenis apel dari Malang, apel manalagi memiliki rasa yang manis walaupun masih muda. Apel ini juga beraroma harum dengan daging buah berwarna putih yang agak liat dan sedikit kering dengan kadar air 84,05%. Apel manalagi sudah dianggap jenis apel lokal Indonesia dan merajai pasar apel domestik.

Penampilan buahnya tergolong mungil dibanding jenis apel lainnya. Bentuk buahnya bulat dengan diameter sekitar 4-7 cm. Kulitnya yang berbintik putih memiliki warna hijau kekuningan. Sementara itu, biji apel manalagi berwarna cokelat tua dan berbentuk bulat dengan ujung yang tumpul.

2. Apel Jonathan (Anna)

Apel Jonathan (Anna)

* sumber: www.doublestarfarms.com

Apel anna berbentuk lonjong seperti trapesium terbalik dengan lekukan pada pangkal buah yang sempit dan dalam. Kulit buahnya halus dan tipis juga berwarna merah tua dengan sedikit semburat hijau. Apel ini memiliki kadar air sekitar 84,12% dan kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Jika dibelah, apel ini memiliki daging buah yang kuning dengan rasa agak masam namun segar. Selain itu, apel anna juga memiliki aroma buah yang tajam. Bentuk bijinya agak panjang dengan bagian ujung yang sedikit runcing. Walaupun budidaya apel ini tidak terlalu banyak, namun mereka sudah dikenal di Indonesia dan ditanam di daerah Batu, Malang.

3. Apel Rome Beauty

Apel Rome Beauty

* sumber: photos.com

Apel ini sudah begitu banyak dikenal masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu jenis yang paling banyak ditanam di Malang, yakni sekitar 70%. Buah apel Rome beauty memiliki rasa manis masam yang segar. Kulit apel ini cukup tebal dan berwarna merah hijau berbintik.

Apel jenis ini tergolong unik karena warna merahnya ini hanya terdapat pada bagian yang terkena sinar matahari. Sebaliknya, warna hijau terdapat pada bagian yang tidak terkena sinar matahari. Apel Rome beauty daging buah berwarna putih kekuningan dengan tekstur yang keras dan kasar.

Aroma yang dimiliki apel ini tidak terlalu kuat, bahkan sering dikatakan tidak beraroma. Tetapi, rasa manis masamnya tetap menyegarkan dengan kandungan air hingga 86,65%.

4. Apel Granny Smith

Apel Granny Smith

* sumber: straightfromthefarm.com

Berasal dari Australia, apel ini memiliki rasa yang tawar atau masam dan seringkali digunakan sebagai buah olahan. Tidak seperti di negara empat musim, granny smith yang ditanam di Indonesia rasanya lebih manis. Apel ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan bentuk bulat kerucut.

Apel granny smith memiliki pangkal buah yang rata dan menggelembung di kedua sisi. Bentuk bijinya panjang dengan ujung yang runcing. Granny smith memiliki kandungan air yang banyak dengan daging buah berwarna putih dan kulit berwarna hijau cerah. Tekstur dagingnya sendiri agak keras namun renyah.

5. Apel Fuji

Apel Fuji

* sumber: instamartkauai.com

Popularitas apel Fuji tumbuh di Amerika selama tahun 1980-an dan dengan cepat menjadi salah satu apel paling populer di negara ini. Ditanam oleh petani Jepang, apel Fuji adalah hasil persilangan antara dua varietas apel Amerika, yaitu apel red delicious dengan apel rawls jennet.

Menariknya, apel Fuji ini memiliki warna berbeda tergantung suhu tempat mereka ditanam. Di Jepang, apel ini memiliki warna merah cerah, sedangkan di Indonesia, khususnya di Malang di mana apel ini ditanam, kulit buahnya berubah warna menjadi merah hijau kecoklatan.

Walaupun begitu, rasa apel sama-sama manis dengan sedikit masam namun menyegarkan. Daging buah apel Fuji ini berair dan berwarna putih kekuningan dengan tekstur yang renyah.

6. Apel Red Delicious

Apel Red Delicious

* sumber: www.huffpost.com

Apel ini bisa kamu temukan di pasar swalayan dan pasar tradisional. Apel red delicious sendiri termasuk salah satu jenis apel yang paling terkenal di dunia. Apel ini memiliki ukuran buah yang tergolong besar dengan bentuk hati. Sementara itu, pangkal buahnya mendatar dengan sisi-sisi bulat.

Sesuai dengan namanya, apel red delicious memiliki kulit berwarna merah tua. Daging buahnya yang berwarna putih serta bertekstur renyah menjadikan buah ini lebih cocok dimakan mentah, tidak untuk diolah. Selain itu, rasanya juga manis dan kandungan airnya pun banyak.

7. Apel Golden Delicious

Apel Golden Delicious

* sumber: www.goodeggs.com

Ditemukan oleh A.H. Mullins tahun 1980 dan berasal dari Amerika, apel golden delicious menjadi jenis yang paling banyak ditanam di dunia. Apel ini memiliki ukuran buah yang cukup besar dengan kulit buah berwarna hijau kekuningan. Sementara itu, biji apel ini berbentuk agak bulat dan berujung tumpul.

Apel golden delicious mempunyai aroma yang harum serta rasa yang manis asam menyegarkan. Daging buah sendiri berair banyak dan bertekstur lunak. Karena kulitnya yang tipis, apel ini mudah memar dan layu sehingga lebih baik diolah atau konsumsi sesegera mungkin. Apel golden delicious ini sangat ideal untuk dijadikan olahan salad, pie hingga saus dan selai.

8. Apel McIntosh

Apel McIntosh

* sumber: freshbcfruit.ca

Nama apel ini diambil dari nama penemunya yang berasal dari Kanada, John McIntosh. Meskipun dapat tumbuh dengan baik di Indonesia, Kanada dan Amerika tetap menjadi tempat budidaya terbesar apel ini. Sebagai informasi, apel McIntosh merupakan apel nasional Kanada.

Apel McIntosh memiliki kulit berwarna merah tua, namun terdapat warna hijau yang tidak merata. Ukuran apel ini lebih besar dari granny smith dan memiliki bentuk bulat. Meskipun aromanya tidak begitu tajam, apel McIntosh mempunyai daging buah yang manis, renyah dan lembut dengan kandungan air yang cukup banyak.

9. Apel Gala

Apel Gala

* sumber: www.amazon.com

Berasal dari Selandia Baru, apel gala adalah hasil persilangan antara apel kids orange dengan apel golden delicious. Apel ini berukuran sedang dan berbentuk bulat, serta memiliki warna jingga kemerahan dengan semburat kuning.

Apel gala memiliki daging buah berwarna putih dengan tekstur yang lembut dan berair banyak. Rasa apel ini ringan, manis, dan renyah, namun lebih masam jika dibandingkan dengan apel red delicious. Seperti apel Fuji, apel gala mudah dimakan tanpa diolah karena kulitnya yang tipis. Rasa manisnya yang ringan juga cocok untuk anak-anak.

10. Apel Black Diamond

Apel Black Diamond

* sumber: www.freshplaza.com

Adalah black diamond, apel hitam yang hanya tumbuh di daerah Tibet. Apel ini umumnya berukuran sedang dengan bentuk flat round. Dikenal sebagai Chinese red delicious, warna ungu gelapnya didapat karena kondisi geografi Tibet, seperti perbedaan suhu antara siang dan malam yang signifikan.

Selain berwarna ungu gelap, apel ini juga berkilau dengan tekstur mengkilat seperti lilin. Karena itulah apel ini dinamakan black diamond. Daging buah apel ini berwarna putih, keras dan renyah saat dimakan segar namun melembut dalam penyimpanan. Rasanya sendiri sangat manis menyegarkan.

Karena masa panen yang lama, produksi terbatas hingga biaya distribusi yang tinggi, apel hitam ini sangat jarang ditemukan. Harganya juga sangat tinggi sehingga umumnya hanya dijual untuk segmen pasar high-end.

Itulah beberapa jenis buah apel populer dari seluruh dunia yang perlu kamu ketahui. Selain terkenal lezat dan mengenyangkan, buah apel juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa membaca artikel mengenai beberapa manfaat buah apel di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *