Bacaterus / Anjing / 10 Jenis Anjing Peliharaan yang Cocok untuk Keluarga

10 Jenis Anjing Peliharaan yang Cocok untuk Keluarga

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Ada perkataan bahwa anjing adalah teman terbaik manusia. Namun, anjing bukan sekedar teman terbaik dan hewan peliharaan tetapi anjing juga dapat membantu mengajarkan tanggung jawab, kasih sayang, dan kerja sama kepada anak-anak. Sebelum Anda memelihara anjing atau anak anjing di keluarga Anda, ada baiknya untuk meneliti jenis anjing yang pas untuk anak dan gaya hidup Anda.

Pertimbangan dalam Memilih Anjing Keluarga

* sumber: www.todaysparent.com

  • Ukuran Anjing yang Tepat untuk Keluarga Anda

Sebelum memelihara anjing, yang pertama harus Anda pikirkan adalah ukuran. Apakah Anda ingin anjing berukuran besar, kecil atau sedang? Ini penting karena beberapa orang senang anjing kecil karena mereka dapat dipangku dan dipeluk sementara yang lain senang anjing besar yang gagah.

  • Ukuran dan Aktivitas

Tempat tinggal juga harus menjadi perhatian Anda ketika akan memelihara anjing. Jika rumah Anda tidak besar atau berupa apartemen maka ukuran anjing yang cocok adalah anjing berukuran kecil atau sedang.

Faktor-faktor lain yang juga harus diperhatikan adalah berapa lama Anda mengharapkan anjing untuk hidup dan seberapa kuat Anda bisa mengatasi anjing Anda?

  • Perangai  Anjing Peliharaan yang Baik

Apakah Anda memiliki anak atau mungkin berencana untuk memiliki anak segera? Anak-anak dapat menjadi tantangan bagi banyak anjing. Jika ada Anak kecil di keluarga Anda, pastikan Anda memilih jenis anjing yang bisa cocok dengan anak-anak.

Hal penting lain yang perlu diingat selain jenis anjing yang akan Anda pilih adalah pelatihan kepatuhan dan sosialisasi agar anjing Anda rukun dengan anak-anak.

Berikut ini Bacaterus telah merangkum berbagai jenis-jenis anjing peliharaan yang cocok untuk diadopsi oleh para keluarga.

Jenis-jenis Anjing Peliharaan

1. Golden Retriever

* sumber: www.westminsterkennelclub.org

Golden Retriever adalah salah satu anjing yang paling populer dan alasannya sangat jelas karena anjing keluarga ini sangat menyenangkan. Selain itu, anjing ini juga mudah dilatih dan bisa bermain berjam-jam. Anjing yang lucu ini dipercaya telah menyelamatkan nyawa banyak manusia dalam kehidupan sehari-hari. Anjing ini bisa dengan segera menyesuaikan diri di keluarga manapun.

2. Labrador Retriever

* sumber: time.com

Labrador retriever adalah salah satu ras anjing yang paling populer sebagai anjing peliharaan. Anjing ini adalah satu-satunya anjing yang diterima untuk pelatihan pendeteksian bahaya kebakaran.

Anjing Labrador retriever adalah pilihan yang baik untuk keluarga. Labradors adalah jenis anjing yang senang menyenangkan manusia. Selain itu, ras ini juga senang bermain-main, melindungi, mencintai, dan yang paling penting, Labrador retriever dapat diandalkan. Mereka adalah anjing yang pintar saat diajarkan trik baru. Labrador retriever adalah anjing jenius.

3. Shih Tzu

* sumber: breedsy.com

Jika rumah Anda tidak begitu besar atau Anda suka anjing kecil, mungkin Shih Tzu atau “sheet-su”, begitu diucapkan, bisa menjadi pilihan Anda. Anjing ini suka duduk-duduk jadi cocok untuk berada di rumah dengan ruangan yang kecil. Shih Tzu berasal dari keluarga bangsawan Cina dan anjing ini dikenal sebagai penyayang anak-anak.

Anjing Shih Tzu sering terlihat dengan rambut yang panjang bahkan sebagian pemilik senang membuatkan ikat ekor kuda pada Shih Tzu. Bagaimanapun cara Anda mendandani Shih Tzu itu adalah pilihan Anda.

4. Basset Hound

* sumber: www.rover.com

Banyak orang yang terpikat dengan penampilan anjing ini. Matanya yang besar membuat banyak orang jatuh hati. Ditambah lagi dengan telinganya yang menjuntai membuatnya tampak menggemaskan. Basset Hounds dikenal sebagai anjing yang setia dan dengan tubuh pendek. Anjing ini terkenal akan indra penciumannya yang tajam.

Mungkin basset hound bukanlah anjing yang cepat ketika berlari di halaman tetapi anjing ini memiliki kekuatan untuk bertahan dengan anak-anak Anda di rumah.

5. Dachshund

* sumber: www.nomnomnow.com

Jika Anda mengharapkan anjing yang bisa langsung berlari kencang atau berenang beberapa putaran, jangan harapkan itu dari dachshund. Meskipun begitu, dachshund adalah anjing pintar yang suka bermain dan anjing ini suka berpikir bahwa mereka jauh lebih besar dari ukuran  mereka yang sebenarnya. Itu bisa didengar dari gonggongan mereka.

Ras anjing ini adalah anjing penjaga kecil yang tak pernah terpikir untuk Anda butuhkan. Begitu Anda melihatnya, Anda akan langsung jatuh hati dengan dachshund.

6. German Shepherd/Anjing Gembala Jerman

* sumber: www.newshub.co.nz

Anjing gembala Jerman adalah anjing yang percaya diri dan pemberani. Anjing yang paling disukai oleh para polisi, kenapa? Karena anjing ini merupakan salah satu anjing yang paling setia dari semua ras anjing. Anjing gembala Jerman dapat menerima perintah dengan mudah. Mereka juga tidak takut untuk melindungi keluarga saat dibutuhkan.

Mereka adalah anjing yang lembut bagi orang-orang yang dia cintai dan merupakan anjing yang peduli . Jangan buat anjing ini marah atau Anda akan mendapatkan geraman galak.

7. Poodle

* sumber: www.greenfieldpuppies.com

Anjing ini akan langsung dikenali dari penampilan bulunya yang khas. Selain itu, anjing ini juga merupakan anjing yang sangat cerdas dan lembut. Ras anjing ini tersedia dalam berbagai ukuran, ada yang ukuran mini ada juga yang ukuran standar. Anda dapat memilih ukuran poodle yang Anda sukai yang cocok dengan tempat tinggal Anda.

Jika Anda memiliki anak-anak dengan alergi maka poodle adalah jenis anjing yang pas untuk anak  Anda.

Tiap ras poodle memiliki nilai plusnya masing-masing. Sebagai contoh, ras standar adalah poodle yang pintar, senang bermain, patuh, dan suka berpetualang. Meskipun mereka pemalu dengan orang yang tak dikenal tetapi mereka akrab dengan anak-anak dan tak bermasalah dengan orang-orang.

Ras poodle kecil lebih cenderung mendedikasikan dirinya pada satu orang saja. Meskipun demikian mereka baik terhadap anak-anak dan hewan lain. Ras ini termasuk anjing yang responsif, cerdas, patuh dan menyenangkan sehingga cocok untuk anak-anak.

Yang perlu diingat adalah bulunya. Bulu anjing poodle memerlukan perawatan ekstra yang harus terjadwal.

8. Beagle

* sumber: id.wikipedia.org

Beagle berukuran kecil-sedang dan mereka adalah jenis anjing yang sangat ramah dan enerjik. Anjing ini adalah jenis hewan peliharaan yang tepat untuk keluarga.

Sebagai anjing pemburu, beagle bisa menjadi sedikit keras kepala tetapi mereka adalah teman yang hebat untuk semua usia membuatnya anjing pilihan yang bagus untuk beberapa keluarga. Anjing ini juga mudah membuat ikatan dengan anggota keluarga, baik orang anak-anak maupun orang dewasa.

9. Cavalier King Charles Spaniel

* sumber: poochinfo.com

Anjing ini dikembangbiakkan untuk menjadi anjing peliharaan orang Spanyol. Cavalier King Charles Spaniel senang memeluk dan menggosok perut.

Ras anjing ini cocok untuk anak-anak yang senang memberikan perhatian fisik pada hewan peliharaannya. Anda jangan tertipu dengan sikap tenangnya karena mereka memiliki warisan sifat senang bermain. Kelebihan anjing ini adalah mudah untuk dilatih. Mereka juga sangat sayang dan memiliki ikatan yang dekat dengan pemilik dan anggota keluarganya.

10. Bull Terrier

Bull terrier adalah jenis anjing yang energik, cerdas dan ramah yang bisa tetap tenang di antara keriuhan di dalam rumah. Anjing ini dahulu adalah pengasuh bayi yang banyak disukai yang sangat cocok untuk keluarga besar. Bull terrier adalah anjing yang tak banyak mengeluh ketika diperlakukan kurang baik oleh anak-anak.

Selain itu, anjing ini imut dan menggemaskan. Meskipun anjing ini cukup energik dan membutuhkan waktu bermain yang banyak sehingga bisa membantu anak-anak agar cepat terkuras energinya, bull terrier juga akan membalas budi pada pemiliknya dengan menjadi  anjing yang sangat protektif terhadap keluarga yang memeliharanya.

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit manusia sejak lama. Namun yang penting untuk diperhatikan adalah tak semua ras anjing cocok dijadikan hewan peliharaan apalagi jika ada anak kecil di rumah. Apakah Anda suka anjing? Jika suka, anjing jenis apa yang Anda sukai dan ingin pelihara? Apabila rekomendasi di atas masih kurang, silakan baca artikel anjing lucu dan menggemaskan ini untuk menambah referensi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar