Bacaterus / AC / Inilah 8 Jenis AC yang Banyak Digunakan Saat Ini

Inilah 8 Jenis AC yang Banyak Digunakan Saat Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Air Conditioner atau disingkat AC adalah alat elektronik yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat, mulai dari rumah, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah sampai dengan pertokoan. AC sendiri berfungsi untuk menjaga kelembaban udara dalam ruangan, sehingga ruangan jauh lebih sejuk dan nyaman untuk ditempati.

Keberadaan AC sendiri cukup dibutuhkan, terutama ketika musim panas tiba, di mana suhu udara dalam ruangan biasanya semakin meningkat. Di Indonesia sendiri terdapat 8 jenis AC yang kerap digunakan masyarakat. Apa saja itu? Berikut adalah ulasannya.

1. AC Window

AC Window

* sumber: www.goodhousekeeping.com

AC Window merupakan jenis AC yang pada awal kemunculannya memang cukup laris manis di pasaran. Jenis AC ini memiliki ukuran mulai dari 0.5 pk – 2.5 pk. Meskipun cukup populer, namun instalasi untuk AC jenis ini memang membutuhkan waktu serta biaya ekstra.

Hal itu karena pada saat pemasangan AC perlu membobok bagian dinding ruangan. Mengingat jenis AC ini menempatkan heat exchanger, evaporator, kompresor dan komponen penting lain untuk proses pendinginan di dalam satu wadah.

Sehingga untuk membuang udara panas akibat proses pendinginan, maka dinding rumah pun harus dilubangi. Cara penempatan inilah yang dianggap kurang praktis sehingga membuat AC jenis ini banyak ditinggalkan oleh masyarakat.

2. AC Floor Standing

AC Floor Standing

* sumber: pakref.com

Jenis AC lain yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah AC Floor Standing. AC ini biasanya digunakan untuk berbagai acara seperti gathering, resepsi pernikahan dan lain-lain. Kapasitas AC ini sendiri mulai dari 2 pk – 5 pk.

Bentuknya yang portabel membuat AC Floor Standing cukup praktis untuk ditempatkan di mana saja tanpa perlu melakukan instalasi yang rumit. Jenis AC ini sendiri memiliki jangkauan yang cukup luas, sehingga sangat cocok digunakan di dalam ruangan yang cukup besar.

Selain itu, AC jenis ini menggunakan media air dalam proses pendinginannya. Sehingga jangan heran bila dalam mesin terdapat tabung untuk menampung air.

Meskipun AC jenis ini cukup hemat listrik, namun saat pertama kali dihidupkan AC ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Selain itu, dalam prosesnya AC jenis ini mengeluarkan suara bising yang terkadang sangat mengganggu.

3. AC Split Wall

AC Split Wall

* sumber: aryeltech.com

AC Split Wall adalah jenis AC yang cukup banyak digunakan di berbagai tempat. Mulai dari perumahan, kantor, sekolah atau di pertokoan. AC Split Wall sendiri terdiri dari dua bagian yaitu, AC Indoor dan AC Outdoor.

AC Indoor adalah bagian yang berfungsi untuk mengeluarkan udara dingin. Sementara AC Outdoor adalah bagian untuk membuat udara panas akibat proses pendinginan. AC Outdoor biasanya diletakkan ke arah luar bangunan.

AC jenis ini sangat mudah untuk di-maintenance serta dapat ditempatkan di dalam ruangan yang berada di tengah bangunan yang tidak terjangkau udara luar. AC ini juga menghasilkan suara yang halus sehingga membuat aktivitas tidak terganggu akibat suara.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun AC Split Wall ini terbilang cukup mahal dan juga memiliki kerumitan dalam proses instalasinya.

4. AC Sentral

AC Sentral

* sumber: acwahana.com

Jenis AC yang satu ini biasa kita temukan di lingkungan perkantoran, perhotelan dan pusat perbelanjaan seperti mall-mall yang cukup besar. AC jenis ini menempatkan mesin untuk memproses pendinginan dalam ruangan khusus.

Secara garis besar udara diproses dalam cooling plant yang berada di tempat lain. Setelah itu udara dingin akan dialirkan kembali menuju ruangan dalam bangunan tersebut. Proses pendingin dan pembuangan udara dingin sendiri hanya dilakukan di mesin.

Instalasi jenis AC ini memang cukup rumit dan perlu ketelitian dalam pemasangan. Biasanya setiap plafon dalam ruangan di sebuah gedung telah disiapkan insulasi panas sehingga membuat proses pendinginan lebih efisien.

Meskipun jenis AC ini cukup efektif dalam menjangkau banyak ruangan, namun udara dingin yang dihasilkan tidak dapat diatur kenyamanannya. Cara satu-satunya yang bisa dilakukan adalah menutup lubang angin tempat udara dingin berhembus.

5. AC Split Duct

AC Split Duct

* sumber: m.bukalapak.com

Selanjutnya ada AC Split Duct. Jenis AC ini juga banyak digunakan di dalam gedung perkantoran dan juga mall. AC Split Duct merupakan jenis AC yang menggunakan sistem ducting saat proses pendistribusian udara dingin.

Berbeda dengan AC sentral yang tidak dapat diatur kenyamanannya, AC Split Duct memiliki pengatur suhu yang dapat dikontrol pada satu titik. Pada dasarnya AC ini menarik udara dari dalam ruangan unit melalui saluran udara atau ducting untuk kemudian diproses dalam cooling plant yang berada di ruangan khusus dan disebarkan kembali melalui lubang udara ke seluruh ruangan unit.

Jenis AC ini diketahui tidak menimbulkan suara bising. Selain itu, biaya maintenance juga relatif lebih rendah dibanding dengan memasang AC per ruangan yang tidak efektif dari segi biaya maupun proses instalasi.

Hanya saja untuk pemasangan jenis AC ini memang diperlukan oleh tenaga ahli. Selain itu, bila terjadi kendala pada mesin, maka dampaknya pun dapat dirasakan oleh keseluruhan ruangan.

6. AC Cassette

AC Cassette

* sumber: www.midea.com

Selanjutnya adalah AC Cassette. Jenis AC ini sering kita lihat dipasang di atas plafon. AC Cassette memiliki berbagai ukuran mulai dari 1.5 pk sampai dengan 6 pk. AC Cassette sendiri biasa digunakan dalam sebuah ruangan perkantoran. AC Jenis ini diperuntukkan untuk ruangan yang cukup besar, namun masih bisa dikontrol tingkat kenyamanannya.

AC jenis ini memiliki sistem outdoor dan indoor. Perbedaannya yang mendasar hanya pada penempatannya saja, di mana indoor pada AC jenis ini biasanya diletakkan di atas plafon. Sehingga suhu udara dalam ruangan dapat diatur sangat cepat.

AC Cassette banyak digunakan di tempat-tempat penting, seperti ruangan pertemuan atau rapat di dalam perkantoran. Meskipun cukup efektif, namun proses instalasinya sangat rumit dan memerlukan waktu.

7. AC VRV

AC VRV

* sumber: hvactutorial.wordpress.com

Selanjutnya terdapat AC jenis VRV atau Variable Refrigerant Volume. Jenis AC ini memiliki sistem kerja refrigerant yang dapat diatur perubahannya. VRV sendiri merupakan teknologi terbaru dari jenis AC yang telah dilengkapi dengan sistem komputerisasi dan juga kompresor inverter.

Jenis AC ini dikenal cukup banyak dipilih oleh masyarakat karena memiliki banyak keunggulan. Mulai dari efisiensi energi dan performa AC yang baik. Sistem VRV disebut-sebut memiliki keunggulan dibanding jenis AC yang telah ada sebelumnya.

Secara garis besar VRV System ini memungkinkan satu outdoor bisa digunakan untuk lebih dari 2 indoor AC alias untuk beberapa ruangan sekaligus. Selain itu temperatur suhu menggunakan AC ini juga dapat diatur secara otomatis. Mengingat AC jenis ini memiliki sistem komputerisasi yang canggih.

8. AC Inverter

AC Inverter

* sumber: www.monotaro.id

Jenis AC lainnya yang juga banyak disukai oleh masyarakat adalah AC inverter. AC Inverter merupakan jenis AC Split yang menggunakan teknologi inverter dalam proses pendinginannya, di mana komponen untuk mengatur kecepatan motor-motor listrik yang ada dalam AC jenis ini diatur oleh inverter yang terdapat di dalamnya.

Alat inverter tersebut terdiri dari rectifier dan pulse-width modulator. Karena hal itulah temperatur suhu dalam ruangan yang menggunakan AC jenis ini bisa diatur lebih cepat dibanding dengan AC jenis lain. Selain itu AC jenis ini juga diketahui sangat hemat listrik.

Nah, demikian 8 jenis AC yang ada di Indonesia yang perlu diketahui sebelum siap membeli. Teknologi yang ditawarkan oleh alat pendingin ruangan yang satu ini memang akan terus berkembang seiring waktu. Semoga informasi mengenai jenis AC di atas bisa memberi gambaran bagi yang ingin memasang AC untuk sebuah ruangan.

Bagi yang berniat membeli AC, sebaiknya cek dulu artikel: 15 Merk AC yang Bagus dan Hemat Listrik untuk referensi. Cek juga artikel: 10 Cara Memilih AC yang Bagus dan Sesuai dengan Kebutuhan agar tidak salah pilih produk AC.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *