bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 5 Jenis Ikan Louhan Lokal, Tak Kalah Cantik dengan Impor

5 Jenis Ikan Louhan Lokal, Tak Kalah Cantik dengan Impor

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 11 Februari 2021

Memiliki suatu hobi cukup penting untuk menjaga suasana hati tetap baik saat keadaan sedang buruk. Di tengah pekerjaan yang menguras waktu dan energi, melakukan hobi dapat mengisi semangat kembali. Salah satu hobi yang sudah populer sejak beberapa tahun lalu adalah memelihara ikan Louhan.

Maraknya pecinta ikan Louhan membuat bisnis budidaya ikan hias ini menjanjikan secara keuntungan. Di luar itu, banyak yang percaya bahwa ikan Louhan dapat membawa keberuntungan serta keselamatan bagi siapa pun yang memeliharanya.

Ikan Louhan sendiri merupakan jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Bentuknya tidak terlalu besar namun punya banyak keunikan.

Keunikan yang paling menonjol darinya adalah jenong atau bulatan di bagian atas kepala. Beberapa mengatakan dan percaya bahwa semakin besar jenong pada ikan Louhan, keberuntungannya pun akan semakin besar.

Selain benjolan, ikan hias jenis Louhan juga juga punya keunikan pada pola di sisiknya. Keunikan ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat peminatnya semakin susah berpaling.

Warna-warna cerah pada sisik ikan Louhan biasanya bermotif abstrak. Anda bisa menemukan motif menyerupai tulisan berhuruf Cina atau Arab atau bahkan benar-benar tak beraturan.

Secara garis besar, ikan Louhan terbagi menjadi dua. Yaitu ikan Louhan impor dan lokal. Ikan Louhan impor biasanya berasal dari Thailand. Warna dan pola pada sisiknya tentu saja cantik. Tetapi, jenis ikan Louhan lokal juga tidak kalah memesona.

Apa saja jenis ikan Louhan dari Indonesia yang tidak kalah cantik? Ulasannya ada pada artikel di bawah ini ya!

1. Louhan Cencu/Louhan Mutiara

Louhan Cencu

* sumber: www.segalahobi.com

Jenis ikan Louhan lokal yang pertama ini tergolong sangat terkenal di kalangan pecinta Louhan Indonesia. Harganya cukup terjangkau namun kecantikannya tidak kalah memukau dengan jenis Louhan lain.

Louhan Cencu bisa dikenali dari warna sisik dan motifnya yang bintik-bintik bahkan hingga ke bagian kepala atau jenongnya. Bagian badannya sendiri didominasi oleh sisik berwarna merah dan emas. Bagian kepala hingga tengah badan berwarna merah, sementara dari tengah hingga ekor warnanya cenderung kuning keemasan.

Ikan Louhan Cencu dibedakan kualitasnya berdasar body marking, yakni Cencu kualitas A, B dan C. Untuk Cencu kualitas A, motif atau marking-nya memanjang sampai ke bagian pipi. Cencu kualitas B ditandai dengan marking yang hanya ada di setengah badannya. Sementara kualitas C, hanya ada satu atau dua pola/titik saja di badannya.

Selain kualitas, Cencu juga dibedakan menjadi Cencu Klasik dan Modern. Perbedaan antara keduanya bisa dilihat dari beberapa hal. Pertama, motif mutiara atau bintik pada Cencu Klasik tidak begitu banyak, berbeda dengan  Cencu Modern.

Bentuk tubuh antara keduanya pun berbeda. Cencu Klasik lebih bulat dan besar, sedangkan yang modern cenderung persegi atau kotak memanjang dan lebih kecil. Jenong atau benjolan pada Cencu Klasik juga lebih kecil dibanding pada Cencu Modern.

2. Louhan Bonsai

Louhan Bonsai

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QyQuYKjxrYU

Sesuai namanya, Louhan Bonsai punya bentuk tubuh yang kecil, pendek dan bulat. Jenis Louhan ini tidak dapat tumbuh besar karena kelainan genetik. Meski merupakan kelainan, hal tersebut justru membuatnya tampak lebih menarik dibanding jenis Louhan lain.

Ciri lain dari Louhan Bonsai adalah bentuk jenongnya yang besar dan memiliki warna bermacam-macam. Perpaduan seperti itu yang membuat ikan Louhan lokal ini memiliki harga jual yang mahal. Untuk di Indonesia, Louhan Bonsai yang paling banyak dikenal adalah jenis Bonsai Kemalau dan Bonsai Super Red.

Kedua jenis Louhan Bonsai tersebut punya harga jual ratusan ribu per ekornya. Semakin kerdil dan besar jenong pada Louhan Bonsai, harganya bisa semakin tinggi.

3. Louhan Kemalau

Louhan Kemalau

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=gt8TyWjl2ag&app=desktop

Jenis ikan Louhan lokal selanjutnya yang tidak kalah cantik adalah Louhan Kemalau. Sayangnya, Louhan jenis ini tergolong cukup langka. Hal tersebut tidak sebanding dengan peminatnya yang tinggi.

Louhan Kemalau memiliki dua warna yang berbeda di tubuhnya. Pada bagian jenong, warna yang biasa muncul adalah merah cerah. Sementara pada bagian tubuh hingga ujung ekor, warna sisiknya cenderung merah kekuningan atau bisa juga merah agak redup/muda.

Baca juga: Inilah 10 Jenis Ikan Louhan yang Cantik untuk Dipelihara

4. Louhan Kamfa

Louhan Kamfa

Sudah banyak dan sudah sejak lama dibudidayakan di Indonesia, Louhan Kamfa rasanya boleh dimasukkan dalam kategori Louhan lokal. Selain Indonesia, negara-negara lain di Asia Tenggara juga banyak meminatinya.

Angka peminat yang cukup tinggi bisa dimengerti sebab Louhan Kamfa memiliki warna dan corak yang cantik. Tubuhnya didominasi oleh warna merah cerah, sementara marking atau coraknya cenderung berwarna silver. Coraknya tersebut memanjang dari kepala hingga bagian ekor.

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki Louhan Kamfa adalah memiliki pola berwarna hitam berbentuk horizontal yang cukup rapi dibandingkan pola pada Louhan jenis lain. Bagian matanya juga cenderung lebih cekung dengan warna kuning atau putih.

5. Louhan Super Red Dragon (SRD)

Louhan Super Red Dragon (SRD)

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=hNwbAJ13ZQ0

Jenis Louhan yang satu ini juga banyak dicari para pecinta ikan hias. Alasannya adalah ia memiliki warna dan bentuk benjolan di kepala yang unik. Super Red Dragon diketahui berasal dari Thailand, tetapi ada juga Louhan SRD lokal lho!

Kedua Louhan “beda negara” tersebut memiliki perbedaan antara lain ukuran dan warna sisik. Super Red Dragon Thailand memiliki ukuran yang lebih besar dengan sisik berwarna merah serta kuning. Warna tersebut cukup kontras dengan benjolan yang berwarna merah. Motif bintik-bintik hitam pada SRD asli Thailand juga terlihat jelas dan pekat.

Bagaimana dengan SRD lokal? Tubuhnya berukuran lebih kecil, warna sisiknya merupakan paduan antara merah dan silver cenderung putih. Meski sama-sama berwarna merah, benjolan pada SRD lokal lebih kecil. Di sana terdapat bintik mutiara yang membuatnya tak kalah cantik dengan SRD impor.

Mengenai harga, SRD lokal lebih murah dibandingkan SRD import. Pilihannya bergantung pada selera Anda.

Ikan Louhan sejatinya merupakan ikan hibrida. Yaitu ikan yang dikembangbiakkan secara buatan, bukan alami. Badan ikan Louhan rata-rata berbentuk lonjong dan tebal. Ia dapat tumbuh hingga ukuran 30-40 cm.

Daya tarik Louhan termasuk jenis ikan Louhan lokal terletak pada warna sisiknya dan benjolan di kepala yang berbentuk unik. Warna pada sisik ikan Louhan dapat berubah-ubah, dari mulai anakan hingga ikan tumbuh dewasa. Benjolan atau jenong pada ikan Louhan juga diklasifikasikan berdasarkan bentuknya.

Pertama, Bone Head atau Hard Kok. Jenong tipe ini dimiliki oleh Louhan generasi pertama. Kemudian jenong tipe Semi Water Head atau Semi Water Kok yang berukuran lebih besar. Selanjutnya Water Head atau Water Kok yang sedang menjadi trend. Untuk jenong yang lebih besar, disebut Boom Head.

Bagi Anda yang ingin mulai memelihara ikan Louhan, hal yang perlu diketahui adalah Louhan tidak mudah terjangkit penyakit, perawatannya juga cukup mudah akan tetapi ia termasuk jenis ikan yang agresif. Agar Louhan tetap sehat, beri makan teratur dan rajin mengganti air dalam akuarium.

Jenis makanan yang dapat diberikan pada Louhan Anda adalah makanan yang banyak mengandung protein. Boleh berupa bahan alami seperti cacing, udang, dan jangkrik. Boleh pula makanan berupa pelet khusus ikan. Beri makan ikan Louhan sebanyak 2-3 kali dalam satu hari.

Memutuskan untuk memelihara ikan Louhan, termasuk jenis ikan Louhan lokal, harus dibarengi dengan tanggung jawab. Bila bisa merawatnya dengan baik dan serius, Louhan bisa jadi hiburan yang menyenangkan serta pemasukan yang menjanjikan. Tertarik untuk mulai memeliharanya?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram