Bacaterus / Ikan Hias / 15 Jenis Ikan Komet Cantik yang Populer sebagai Peliharaan

15 Jenis Ikan Komet Cantik yang Populer sebagai Peliharaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi kamu yang senang memelihara ikan, ikan komet bisa kamu jadikan pilihan karena ikan ini termasuk ikan yang mudah dalam hal perawatan dan pemeliharaanya. Ikan ini cocok bagi orang yang baru mau memulai memelihara ikan. Ikan ini memiliki warna yang cantik dan hampir mirip dengan ikan koi. Jika kamu tertarik berikut ini daftar ikan komet yang bisa kamu pelihara.

Asal-usul Ikan Mas Komet

Asal-usul Ikan Mas Komet

Menurut sebuah sumber, ikan jenis ini dikembangbiakan di Amerika Serikat pada awal tahun 1880 oleh Hugo Mulertt. Tetapi dalam sebuah buku dengan judul “Aquaria” yang diterbitkan pada tahun 1898, dikatakan bahwa ikan komet merupakan ikan yang berasal dari jepang dan datang ke amerika pada tahun 1872.

Mulertt sendiri dalam bukunya yang diterbitkan di tahun 1883 mengatakan kalau ikan ini berasal dari jepang. Orang jepang sendiri tidak menutup mata terhadap orang yang berhasil mengambangkan pertama kali ikan jenis ini. Sangat mungkin jika Mulertt mengembangbiakan varietas Amerika dengan menggunakan spesies ikan yang berasal dari Jepang.

Deskripsi tentang Ikan Komet

Deskripsi tentang Ikan Komet

Ikan komet memiliki tubuh yang memanjang tetapi rata dan dengan sirip ekor yang panjang dan bercabang. Kepala ikan ini pendek dan lebar, tubuhnya memiliki beragam pola warna dengan kombinasi warna merah, putih, dan oranye atau merah dan putih yang membuatnya tampak seperti koi kohaku. Saat ini banyak sekali varietas ikan mas komet dan yang paling terkenal adalah jenis sarasa.

Jenis-jenis Ikan Komet

Setelah mengetahui asal-usul serta deskripsi secara umum mengenai ikan komet, kini kami bahas tentang jenis-jenis ikan komet yang cantik di seluruh dunia. Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini!

1. Ikan Mas Komet Sarasa

Ikan Mas Komet Sarasa

Ikan komet sarasa adalah ikan yang memiliki warna merah dan putih di tubuhnya. Ukurannya lebih kecil dari ikan mas ukuran reguler saat mereka tumbuh dewasa. Ikan komet sarasa masuk ke dalam jenis ikan mas dengan ekor tunggal. Ikan komet sarasa juga memiliki sirip yang panjang

Ekornya yang panjang membuat penampilan ikan comet sarasa terlihat lebih anggun. Ekornya yang panjang membuat gerakan berenangnya lebih terlihat lancar dibandingkan dengan ikan ekor pendek. Ikan jenis ini juga tahan terhadap udara dingin sehingga kamu bisa memeliharanya di kolam luar ruangan. Ikan komet sarasa termasuk ikan yang mudah dipelihara.

2. Ikan Mas Komet Merah Slayer

Ikan Mas Komet Merah Slayer

* sumber: beragamikanhias.blogspot.com

Ikan komet merah slayer termasuk dalam ikan komet dengan jenis double tail, atau ikan dengan ekor ganda. Ekornya yang menjuntai membuat ikan ini tampak terlihat lebih cantik. Ikan jenis ini memiliki tubuh yang keseluruhannya berwarna merah, dengan sedikit warna oranye, serta ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan ikan komet yang lain. 

3. Ikan Mas Komet Merah

Ikan Mas Komet Merah

Ikan komet merah adalah ikan yang memiliki tubuh yang berwarna merah secara keseluruhan. Bentuk ikan komet merah memiliki bentuk tubuh yang pipih dan membulat. Ikan komet merah termasuk pada ikan yang memiliki ekor ganda atau bercabang. Ikan jenis ini termasuk jenis ikan yang paling digemari karena warna tubuhnya yang sepenuhnya merah. 

4. Ikan Mas Komet Shubunkin

Ikan Mas Komet Shubunkin

Ikan komet shubunkin memiliki tubuh yang didominasi oleh warna putih, dan terdapat kombinasi dari warna merah serta  terdapat bintik-bintik yang berwarna hitam. Ikan mas komet  Shubukin ini masuk ke dalam ikan dengan jenis double tail yang sangat banyak dipasaran. 

5. Ikan Mas Komet Red Shubunkin

Ikan Mas Komet Red Shubunkin

Ikan mas komet red shubunkin termasuk ke dalam ikan dengan jenis ikan dengan double tail. Tubuhnya memiliki warna yang didominasi dengan warna merah dan terdapat kombinasi warna putih serta terdapat bintik-bintik yang berwarna hitam. Salah satu ciri khasnya adalah ikan ini memiliki kepala yang berwarna putih. 

6. Ikan Mas Komet Calico Shubunkin

Ikan Mas Komet Calico Shubunkin

Ikan mas komet ini hampir mirip dengan ikan mas komet shubunkin, yang membedakannya dengan komet shubunkin adalah warna putih yang mendominasi warna tubuhnya dengan kombinasi warna hitam pada sirip dan ekornya. Selain itu terdapat corak warna oranye di beberapa bagian tubuhnya. 

7. Ikan Mas Komet Yellow

Ikan Mas Komet Yellow

Ikan mas komet yellow, memiliki warna kuning diseluruhnya tubuhnya. Ikan ini memiliki sirip dan ekor yang panjang yang sangat cantik. Ikan ini termasuk kedalam ikan dengan jenis double tail. tetapi ada beberapa yang masuk ke dalam jenis single tail. Ikan ini termasuk ikan yang mudah dalam perawatan dan pemeliharaannya serta mudah untuk mendapatkannya di pasar-pasar ikan hias. 

8. Ikan Mas Komet Tiger Yellow

Ikan Mas Komet Tiger Yellow

Ikan komet jenis ini adalah ikan yang dikategorikan mahal. Ini dikarenakan ikan cantik ini sulit untuk ditemukan di pasar ikan hias di Indonesia. Biasanya ikan ini didapatkan langsung dari peternaknya. Ikan tiger yellow adalah ikan yang memiliki pola belang belang dengan warna putih dan perpaduan antara kuning dan oranye, dan ekornya yang mengembang adalah ciri khas dari ikan komet tiger yellow. 

9. Ikan Mas Komet Marigold

Ikan Mas Komet Marigold

Ikan komet jenis ini hampir mirip dengan ikan komet yellow, hanya saja bentuk ekor dan warnanya yang berbeda. Seperti namanya ikan komet marigold memiliki tubuh dengan warna kuning keemasan di seluruh tubuhnya. Ikan ini juga dikategorikan masuk kedalam jenis ikan komet double tail. 

10. Ikan Mas Komet Tanco

Ikan Mas Komet Tanco

Ikan komet Tanco adalah ikan yang termasuk dalam klasifikasi ikan dengan ekor tunggal. Warna dari ikan ini hampir mirip dengan ikan koi tanco, ikan komet tanco memiliki warna tubuh yang seluruhnya berwarna keperakan dan biasanya terdapat warna merah di atas kepalanya. 

11. Ikan Mas Komet Red Black

Ikan Mas Komet Red Black

Ikan mas komet red balck adalah jenis ikan komet yang memiliki tubuh  dengan warna dominan merah diseluruh tubuhnya. Selain itu ikan ini memiliki kombinasi warna hitam yang terdapat pada bagian punggung hingga ekor ikan. Ikan ini juga termasuk dalam klasifikasi ikan dengan double tail. 

12. Ikan Mas Komet Hitam

Ikan Mas Komet Hitam

Ikan mas Komet yang memiliki tubuh yang sama dengan warnanya yaitu hitam. Ikan ini memiliki warna hitam diseluruh tubuhnya. Ikan ini berwarna hitam pekat, kecuali untuk warna pertunya yang keemasan. Ikan mas komet ini termasuk ikan yang masih cukup sulit untuk ditemukan di Indonesia karena sulit di cari maka harga ikan ini cukup mahal. 

13. Ikan Mas Komet Black White

Ikan Mas Komet Black White

Ikan Komet yang satu ini juga teramasuk dalam ikan dengan klasifikasi double tail. Ikan cantik ini memiliki warna hitam dan putih tetapi kamu akan dibuat bingung dengan warnanya, apakah ikan ini berwarna dasar hitam dengan corak putih, atau ikan dengan warna dasar putih dengan corak berwarna hitam. Ikan ini akan terlihat cantik saat kamu melihatnya dari atas. 

14. Ikan Mas Komet Rain Garden

Ikan Mas Komet Rain Garden

Ikan komet jenis ini mempunyai keunikan dalam warnanya, ikan ini memiliki warna putih di seluruh tubuhnya. Ikan ini sering dikatakan ikan albino, tetapi ikan ini sama sekali bukan ikan albino, kamu bisa melihat warna matanya yang hitam seperti ikan komet lainnya. Ikan komet rain garden termasuk dalam ikan dengan klasifikasi ikan double tail. 

15. Ikan Mas Komet Common

Ikan Mas Komet Common

Ikan komet jenis ini adalah yang paling handal berenang dan mudah perawatannya. Ikan mas komet common memiliki warna standar dari ikan mas yaitu warna oranye yang keemasan. Ikan ini termasuk ke dalam ikan dengan klasifikasi ikan berekor tunggal atau single tail.

Ikan komet memang sangat cantik terutama dengan ekornya yang panjang karena mereka akan tampak anggun dan menarik. Kamu bisa memeliharanya karena ikan ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Ikan komet jenis apa yang kamu mau pelihara?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *