Bacaterus / Fakta Ikan / Pecinta Ikan Wajib Tahu! Inilah 8 Jenis Ikan Koi Terbaik

Pecinta Ikan Wajib Tahu! Inilah 8 Jenis Ikan Koi Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Sebagian orang senang memelihara hewan di rumah. Selain karena senang terhadap hewan peliharaan, memiliki hewan di rumah bisa menjadi teman atau sekedar hiburan bagi diri sendiri. Beragam jenis hewan peliharaan di rumah yang banyak disukai orang adalah ikan koi. Ikan koi merupakan ikan hias paling populer dan umumnya bernilai lebih mahal dibanding ikan lainnya.

Ikan yang berasal dari Jepang ini memiliki keindahan yang khas dengan corak sisik yang berwarna, sehingga membuat para pecinta ikan tertarik untuk memeliharanya. Ada beragam jenis ikan koi yang bisa dipilih. Bagi kamu yang ingin memelihara ikan koi, yuk ketahui terlebih dahulu beberapa jenis ikan koi berikut ini.

1. Showa Sanshoku

Showa Sanshoku (Copy)

* sumber: www.aquariumdomain.com

Showa adalah salah satu jenis ikan koi yang indah dengan corak warna putih, merah, dan hitam. Umumnya ikan koi jneis ini memiliki lebih banyak warna hitam di sisiknya. Kedalaman warna sangat penting dalam varietas ikan koi ini. Warna hitamnya harus gelap dan pekat seperti warna kayu hitam.

Sedangkan warna merahnya harus seperti merah darah dan putihnya harus bersih. Showa Sanshoku mirip dengan jenis koi Sanke. Namun ikan koi Showa didominasi oleh warna hitam. Secara tradisional, ikan Showa memiliki dua jenis yaitu Hi Showa yang didominasi oleh warna hitam dan corak merah di seluruh tubuh. Dan Kindai Showa yang dianggap lebih modern yang memiliki lebih banyak warna putih pada tubuhnya.

2. Kohaku

https://www.youtube.com/watch?v=H4HM3uB-wPk

Dari semua jenis ikan koi, Kohaku disebut sebagai raja koi. Jenis ikan agung ini adalah varietas ikan koi pertama yang dikembangkan dengan dua warna. Kohaku yang ideal memiliki tubuh putih solid dengan tanda merah. Warna putihnya harus jelas bahkan meskipun banyak Kohaku yang memiliki putih kekuningan, Kohaku tetap memiliki banyak penggemar.

Tanda merahnya dapat menjadi salah satu dari dua jenis. Ikan koi Kohaku adalah favorit para penggemar koi dan ikan jenis ini sering memenangkan acara pentas ikan koi. Jika kamu mengunjungi Jepang, maka kamu tidak boleh melewatkan ikan koi terutama ikan koi Kohaku ini. Warnanya yang putih cemerlang dengan corak merah yang menarik adalah variasi yang paling umum dapat kamu temui di setiap pertunjukan atau acara koleksi hobi ikan koi.

3. Taisho Sanke

Taisho Sanke (Copy)

* sumber: www.pondexperts.ca

Taisho Sanke dikembangkan dari Kohaku sekitar puluhan tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 1918 di era Taisho. Taisho Sanke atau disebut juga sebagai Taisho Sanshoku ini memiliki tiga warna putih, merah, dan hitam. Ikan koi jenis ini seharusnya tidak memiliki warna hitam di kepala lebih tepatnya berada di sirip yaitu pada sirip dada dan sirip ekor.

Ini diambil sebagai tanda bahwa warna hitam pada jenis ikan ini berada di seluruh tubuh ikan. Corak merahnya hanya pada sebagian tubuh atau dapat juga meluas ke seluruh tubuh.

4. Shusui

https://www.youtube.com/watch?v=uKxAzk9-mmc

Ikan koi Shusui pertama kali diciptakan pada tahun 1910 dengan menyilangkan ikan koi Asagi dan Mirror Carp. Ikan koi Asagi memiliki warna yang tidak sering terlihat pada jenis lain yaitu biru muda dengan sisik biru tua dan corak merah. Sedangkan Mirror Carp memiliki kulit dan garis sisik yang besar.

Hasil dari pembiakan kedua ikan ini adalah ikan koi dengan perwarnaan Asagi tetapi dengan hanya satu garis sisik besar mengalir di punggungnya. Skala yang aneh, pewarnaan yang mencolok dan tanda-tanda simetris membuat ikan koi adalah salah satu jenis ikan koi yang paling aneh sekaligus paling menarik.

Warna pada ikan koi Shusui ini memiliki warna dasar biru muda yang terlihat tidak biasa bagi kebanyakan jenis ikan koi. Tanda merah menciptakan kontras yang menakjubkan dengan warna biru muda yang sering muncul di sisi ikan atau siripnya.

Sisik punggung Shusui juga lebih menarik perhatian karena terlihat seperti berwarna biru gelap dan sedikit reflektif. Ikan jenis ini adalah ikan yang sangat eye catching yang akan membuat kolam kamu semakin menarik.

5. Tancho

https://www.youtube.com/watch?v=0DuRI7fgYdI

Tancho adalah ikan koi putih salju yang cantik dengan corak merah besar di bagian kepalanya. Posisi corak atau tanda merah sangat penting dan harus proporsional dengan baik pada bagian kepala saja. Lingkaran merah harus mencakup area sebanyak mungkin antara mata dan hidungnya. Tetapi tanpa menutupi mata atau hidung. Tepi harus tajam dan warnanya harus merah tua.

Warna merah tersebut tidak boleh menyebar ke pundak atau punggung dan tubuh serta tubuhnya harus berwarna putih. Corak di kepala Tancho yang umumnya berbentuk bulat tapi bisa juga berbentuk persegi, oval, hati, dan bunga. Untuk mendapatkan Tancho yang sempurna sangat sulit karena sangat sedikit Tancho yang muncul dari satu induk Kohaku.

6. Asagi

Asagi (Copy)

Asagi adalah salah satu jenis tertua dari koi yang indah. Ikan koi Asagi yang sempurna memiliki warna kepala putih. Namun koi jenis ini paling sering memiliki kepala berwarna abu-abu. Terkadang bagian kepalanya mengalami pigmentasi warna merah. Saat memiliki Asagi muda, periksa ujung hidungnya.

Jika bebas dari bercak dan noda, warna kepalanya bisa berkembang menjadi jernih juga. Punggung Asagi yang ideal ditutupi dengan sisik biru dengan warna biru muda di dekat dasar sisik yang menyatu dengan warna yang lebih gelap atau mirip dengan warna ombre. Asagi koi yang memiliki pigmentasi merah lebih banyak dari biasanya disebut Hi Asagi.

Sedangkan variasi lain pada koi Asagi disebut Taki Asagi yang memiliki garis sisik putih tambahan antara oigmentasi merah dan biru.

7. Matsuba

Matsuba (Copy)

* sumber: www.giobelkoicenter.com

Matsuba adalah koi yang memadukan warna dasar metalik yang solid dengan corak jaring hitam. Warna dasar Matsuba dapat bervariasi. Gin Matsuba memiliki warna dasar putih, sedangkan Ki Matsuba memiliki warna dasar kuning. Dan Aka Matsuba memiliki warna dasar merah. Pola kerucut pada tubuh Matsuba dibuat oleh sisik dengan pusat gelap dan tepi yang menampilkan warna dasar atau tubuh dari koi tertentu.

Setiap sisik yang hilang atau cacat akan memecah pola yang mudah terlihat. Idealnya Matsuba harus memiliki kepala yang bersih dan bebas noda dengan warna dan nada yang sama dengan tubuh koi. Setiap ada cacat atau cacat di kepala akan mengurangi keindahan ikan jenis Matsuba ini.

8. Bekko

Bekko (Copy)

* sumber: www.koi-pond-guide.com

Bekko adalah ikan koi yang berwarna solid dengan bintik-bintik hitam di tubuhnya. Ada tiga jenis ikan Bekko yaitu yang berwarna putih, merah, dan kuning. Jenis warna putih disebut Shiro Bekko, jenis warna merah atau oranye disebut Aka Bekko, dan jenis warna kuning adalah Ki Bekko. Penempatan warna hitam penting ketika mengevaluasi ikan koi Bekko.

Warna hitamnya akan muncul secara seragam di punggung koi. Harusnya hanya terdapat di atas garis rusuk dan tidak pernah di depan daerah bahu. Kepala Bekko harus bebas dari warna hitam atau bintik-bintik hitam. Namun umumnya warna sirip Bekko berwarna putih dan mungkin memiliki garis hitam intermiten yang sering memabntu menjaga keseimbangan pola hitamnya.

Itulah beberapa jenis ikan koi yang cocok banget untuk dipelihara. Bagaimana? indah sekali bukan? Kira-kira ikan koi jenis apa nih yang akan kamu pilih untuk di pelihara di kolam rumahmu? Bagi kamu yang tahu mengenai jenis ikan koi lainnya, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar