bacaterus web banner retina

Inilah 6 Jenis Hamster Paling Mahal yang Ada di Dunia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 Agustus 2021

Hamster adalah jenis mamalia berukuran mungil yang umur hidupnya terbilang singkat. Sebelum kamu memutuskan untuk memelihara hamster, baiknya kamu ketahui dulu jenis hamsternya. Pasalnya setiap jenis hamster punya cara perawatannya masing-masing. Itu dilakukan agar hamster dapat tumbuh dengan sehat.

Memelihara hamster membutuhkan ketelatenan. Kamu perlu tahu kalau hamster yang beda jenis tidak boleh ditempatkan pada kandang yang sama. Ditakutkan hamster akan berkelahi dan saling menyakiti. Lebih buruknya, mungkin bakal mengakibatkan kematian bagi hamster. Berikut ini adalah jenis hamster paling mahal yang menjadi incaran para pecinta hamster.

1. Hamster Russian Dwarf Campbell (Phodopus Campbelli)

Hamster Russian Dwarf Campbell

* sumber: infobinatang.com

Hamster Russian Dwarf Campbell ini merupakan hamster yang punya banyak penggemar. ini paling mudah dikembangbiakkan. Inilah yang menjadi faktor hamster ini popular di kalangan pecinta hewan.

Hamster ini lebih mudah akrab dibanding dengan hamster Suriah. Jenis hamster ini juga dapat ditempatkan pada satu kandang dengan jenis kelamin atau kelompok hamster yang sama.

Hamster Russian Russian Dwarf kurang responsif jika dilatih, sama seperti Hamster Suriah. Bahkan akan menggigit jika mereka merasa gugup dan terancam. Meskipun demikian mereka tetap binatang yang dapat dipelihara asal diperlakukan dengan baik.

Bentuk dan ukuran Russian Dwarf Campbell itu kecil. Ukuran hamster dewasa hanya mencapai 4 inci. Meskipun kecil tapi harga hamster ini cukup mahal, yaitu $15 sampai $25.

Warna alami hamster ini adalah coklat keabu-abuan di bagian punggungnya. Selain itu, terdapat garis warna lebih gelap pada bagian tulang belakang.

Warna bulu di sampingnya lebih creamy dan bulu di bagian perutnya berwarna putih. Hamster Russian Dwarf punya warna bulu lainnya juga tergantung keturunannya. Dan usia jenis hamster ini hanya mencapai 2 tahun.

2. Hamster Dwarf Winter White Russian (Phodopus Sungorus)

Hamster Dwarf Winter White Russian

* sumber: commons.wikimedia.org

Jika kamu punya adik atau anak yang masih kecil yang berniat memelihara hamster, Hamster Winter White bisa jadi pilihan bagus. Ia lebih jinak dan tenang ketimbang Hamster Campbell, asal kamu tidak mengganggunya saja. Karena ia pasti menggigit jika merasa terganggu.

Apalagi jika sudah akrab, Hamster Winter White akan bertingkah manja padamu. Karena pada dasarnya hamster memang binatang yang mudah akrab dengan manusia. Jadi, kamu tidak akan kesulitan untuk mendekati hamster ini.

Dwarf Winter White Russian sangat kecil dan padat. Ukuran hamster dewasanya hanya mencapai 3-1/2 inci. Karena ukurannya yang kecil ia sebaiknya ditempatkan dalam wadah akuarium yang lebih aman dibanding ditempatkan di kandang berbahan kawat.

Hamster Dward Winter White Russian mempunyai bulu yang unik. Di alam liar, bulunya akan berubah jadi putih kala muism dingin. Itulah sebabnya ia dinamai Winter white. Perubahan tersebut disebabkan oleh pigmen warna rambut yang dipengaruhi oleh hormon prolaktin.

Warna bulu Hamster Winter White di musim dingin akan menjadi lebih padat dan terdapat bercak warna abu-abu di kepala hamster ini. Sedangkan di musim panas warna bulu hamster winter white akan berubah menjadi cokelat tua atau terkadang berwarna cokelat pucat.

Perubahan warna bulu itu terjadi di area sekitar mulut dan telinga. Dan bulu bagian telinga luar dan mata memiliki tepian hitam. Hamster Winter White mempunyai bulunya yang tidak terlalu wool, tidak seperti bulu hamster Campbell.

Selain itu, bentuk kepala hamster ini lebih bulat. Untuk harga, Hamster Dwarf Winter White Russian ini cenderung mahal, yaitu $15.99 per ekornya.

3. Hamster Hybrid

Hamster Hybrid

* sumber: www.liputan6.com

Seringkali orang menyamakan Hamster Hybrid dengan Hamster Winter White. Sebenarnya kurang tepat jika hamster ini disamakan dengan hamster jenis winter White sebab ia adalah hamster jenis persilangan antara hamster Campbell sama Hamster Winter white.

Sifatnya mungkin sama dengan jenis Hamster winter White, oleh karena itu banyak orang yang mengganggap bahwa hamster ini sejenis. Namun, Hamster Hybrid berbeda. Ia mempunyai warna yang beragam.

Karena ini adalah jenis hamster persilangan maka populasinya tidak banyak bahkan terancam punah. Di pasaran harga hamster ini berkisar $19.99.

4. Hamster Syrian atau Suriah (Mesocricetus Auratus)

Hamster Syrian atau Suriah

* sumber: www.liputan6.com

Hamster Syrian atau suriah disebut juga dengan Goldens atau hamster Teddy. Ukurannya lebih besar di antara jenis hamster lainnya.

Karena ukurannya tersebut hamster ini akan terasa nyaman jika dipegang. Namun, mereka tidak akrab dengan sesama hamster lainnya.

Butuh waktu selama 10 minggu agar hamster akur. Hamster Suriah adalah jenis bintang nokturnal. Ia kurang aktif di siang hari.

Bagi kamu yang awam dalam memelihara hamster, hamster Suriah cocok untukmu. Karena ia jinak dan bergerak lamban sehingga mudah dipegang. Sehingga mudah dijinakkan dan jarang menggigit.

Agar hamster Suriah lebih jinak luangkan waktumu selama 10-15 menit setiap hari untuk bermain dengan hamster. Itu akan berguna agar hamster terbiasa denganmu. Perhatikan pula cara menangkap hamsternya.

Jangan tangkap hamster dari arah punggung atau belakang. Itu akan membuat hamster kaget dan malah lari menjauh. Baiknya tangkap dari arah depan dan ulurkan tanganmu ke arah hamsternya agar ia sendiri yang mendekatimu.

Usap-usap bagian kepalanya dengan lembut. Mungkin kamu butuh waktu kurang lebih selama seminggu untuk membuat hamster jinak dan mengenalmu.

Namun, kamu perlu sering membersihkan kandanganya karena hamster Syrian lebih banyak buang kotoran sehingga hamster mudah bau. Untuk membeli satu hamster ini kamu harus mengeluarkan uang sebesar $15 perekornya.

5. Chinese Hamster (Cricetulus Griseus)

Chinese Hamster

* sumber: www.biolib.cz

Hamster jenis ini disebut juga dengan hamster belang. Karakternya tidak ramah terhadap hamster lain. Makanya ia tidak boleh ditempatkan di kandang dengan hamster lain. Namun, ada juga orang yang telah berhasil menjinakan mereka sehingga bisa disatukan.

Tapi, demi keselamatan hamster, lebih baik tempatkan mereka pada kandang terpisah. Walaupun hamster belang ini agresif terhadap hamster lain, namun mereka dapat akrab terhadap manusia.

Hamster belang ini tidak terlalu nocturnal. Terkadang mereka dapat aktif pada siang hari di waktu-waktu tertentu. Tapi malam hari adalah waktu-waktunya mereka paling aktif.

Chinese hamster atau hamster belang ini disalah artikan sebagai dwarf hamster. Walaupun ukuran maksimalnya mencapai 4 inci, namun mereka tidak benar-benar kerdil. Hamster belang mempunyai bentuk badan yang mirip tikus, panjang dan ramping.

Ada dua jenis hamster belang, yang paling umum adalah hamster agouti dengan punggung berwarna coklat tua dan garis putih atau bulu di sepanjang tulang belakang dan warna gading di bagian perutnya.

Warna lain disebut dengan titik dominan. Warna dominan ini berwarna putih dengan titiknya berwarna lain. Rentang usia hamster belang ini hanya mencapai 1-1/2 sampai 2 tahun. Harga yang dipatok di pasaran global untuk jenis hamster ini mencapai $15.99.

6. Hamster Dwarf Roborovski (Phodopus Robrovski)

Hamster Dwarf Roborovski

* sumber: hamsters101.com

Hamster Roborovski adalah hamster kebalikannya dari jenis hamster Suriah, ia jenis hamster yang paling kecil di antara semua jenis hamster. Ukurannya hanya 1-2 inci Hamster Roborovski jenis ini sangat yang lincah dan sulit dipegang. Ia akan cepat lari jika didekati.

Namun, pada dasarnya hamster ini adalah binatang sosial yang dapat ditempatkan dalam satu kandang dengan hamster lain dari jenis kelamin berbeda. Asalkan mereka ditempatkan dari umur muda.

Hamster Dawrf Roborovski sangat manis dan tidak menggigit. Bahkan saking mungilnya hamster ini lebih baik tidak diajak main tapi lebih untuk diperhatikan saja. Selain itu, mereka juga termasuk binatang nocturnal.

Karakter hamster ini pemalu dan penakut. Makanya ia sulit ditangkap dan akan cenderung kabur jika kamu berusaha mendekati.

Dwarf Russian Roborovski biasanya memiliki warna coklat tanah dengan bulu bercorak putih di bagian perut, ada tanda putih di sekeliling matanya dan kadang bulu di bagian mukanya berwarna putih.

Meskipun ukuran hamster ini paling kecil tapi justru harganya paling mahal, yaitu $20-$55. Plus, usia hidup hamster Russian Dwarf Roborovski lebih panjang dari jenis turunan hamster lain, umurnya bisa mencapat 3 sampai 3,5 tahun

Itu dia jenis-jenis hamster yang terbilang paling mahal. Memelihara hamster memang sebuah kegiatan yang menyenangkan, namun perlu diperhatikan perawatannya pula. Sebab hamster merupakan mahluk hidup yang butuh dirawat dan diperhatikan. Agar tidak salah cara merawatnya, kenali karakter setiap jenis hamster yang kamu inginkan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram