bacaterus web banner retina
Bacaterus / Rumah / Anti Maling! 10 Jenis Gembok Ini Sulit untuk Dibobol

Anti Maling! 10 Jenis Gembok Ini Sulit untuk Dibobol

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 12 Februari 2021

Ketika meninggalkan rumah, motor, atau sepeda, terkadang ada rasa takut yang menghantui. Takut apabila ada maling yang mencoba membobol dengan merusak gembok.

Dengan menggunakan gembok sebagai pengaman ekstra, dapat meminimalisir kemungkinan jika ada maling yang berusaha ingin membobol.

Nah, demi menjaga keamanan, perlu sekali untuk mengunci ganda dengan gembok berkualitas dan sulit dibobol. Ada banyak model gembok yang beredar di pasaran. Mulai dari gembok magnet, gembok sandi, gembok alarm, hingga gembok berkunci ganda.

Ketika memilih gembok penting untuk memilih ukuran gembok, material yang digunakan, ukuran kuncinya, hingga sensitivitas gembok. Jadi, ketika kamu membeli gembok, ada baiknya untuk dicoba terlebih dahulu, ya.

Kira-kira, jenis gembok seperti apa ya yang dibutuhkan supaya tidak mudah dibobol dan dirusak maling? Yuk, simak jenis gembok yang cocok untuk digunakan!

1. Gembok Alarm

Gembok Alarm

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Layaknya di film-film yang menggunakan sensor alarm pada pintu, kamu juga bisa menggunakannya, lho! Kini tersedia gembok bersensor alarm yang bisa kamu gunakan untuk mengunci gerbang, garasi, ataupun kendaraan.

Gembok ini memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Mulai dari rendah, medium, dan tinggi. Kamu bisa sesuaikan sensitivitas gembok dengan kebutuhan yang ada. Pahami pula cara mengaktifkan sensornya, ya.

Cara menggunakannya sama saja seperti gembok pada umumnya. Hanya saja, gembok ini akan mengeluarkan suara yang keras apabila dibuka paksa dan dapat mendeteksi goyangan hingga benturan.

2. Gembok Pengunci Lurus

Gembok Pengunci Lurus

* sumber: www.harapanrakyat.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika model gembok umumnya melengkung, berbeda dengan model gembok satu ini. Gembok dengan pengunci lurus dinilai lebih aman dibanding gembok dengan model melengkung.

Umumnya, gembok model ini digunakan untuk mengunci pintu besi, peti kemas, dan brankas. Tak hanya itu, gembok dengan pengunci lurus juga bisa untuk mengamankan gerbang atau garasi rumah.

Dengan model yang lebih kecil dan ringkas, membuat gembok ini lebih aman dan tidak mudah dirusak oleh maling. Unik, ya?

3. Gembok Rantai

Gembok Rantai

* sumber: www.dekoruma.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Gembok model ini biasa kamu temukan pada gembok sepeda atau motor. Nah, gembok rantai juga bisa lho digunakan untuk mengunci rumah. Mulai dari gerbang, pintu garasi, gudang, dan lainnya.

Menggunakan gembok biasa saja tidak cukup, kamu perlu menambahkan rantai untuk mengunci ganda. Namun, kini ada gembok rantai yang sudah menjadi satu, sehingga lebih praktis, mudah digunakan, dan tentunya aman.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu melilitkan rantai pada gerbang atau garasi yang ingin dikunci. Setelah itu, satukan kedua sisinya hingga benar-benar sudah terkunci. Ingin lebih aman lagi, coba lilitkan rantai dengan acak.

4. Gembok Kode Sandi

Gembok Kode Sandi

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kamu mungkin sudah sering melihat model gembok satu ini. Sama seperti brankas, gembok ini juga sama-sama menggunakan kombinasi kode sandi.

Dari segi bentuk, memang terlihat mirip dengan gembok pada umumnya. Namun, alih- alih menggunakan kunci sebagai pengaman, gembok ini menggunakan sistem kode sandi pengaman untuk membukanya.

Dengan menggunakan gembok kode sandi, kamu tidak perlu khawatir maling akan membobol. Sebisa mungkin, gunakan kode sandi yang tidak mudah ditebak orang lain, ya! Jangan gunakan tanggal ulang tahun, ataupun angka-angka yang familiar.

Dan yang lebih penting lagi, jangan beri tahu kode sandi ini pada siapapun selain orang- orang terdekat kamu. Menjaga keamanan tentu sangat penting, bukan?

5. Gembok Pengaman Ganda

Gembok Pengaman Ganda

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika tadi sudah menggunakan gembok dengan kode sandi, kini ada gembok dengan pengaman ganda, yaitu menggunakan kunci dan juga kode sandi. Bagaimana caranya?

Kombinasi kunci dan kode sandi membuat keamanan menjadi dua kali lebih ekstra. Uniknya, jika kamu lupa dengan kode sandi, kamu tetap bisa membukanya dengan kunci.

Eits, namun ada hal yang perlu kamu perhatikan, nih. Simpan kunci utama dengan baik dan dijaga, ya. Sama seperti tadi, jangan beritahu kode sandi kepada siapapun dan disarankan tidak memberitahu orang lain lokasi kamu menyimpan kunci.

Sebisa mungkin letakkan kunci di tempat yang aman dan mudah kamu temukan. Serta gunakan kode sandi dengan angka yang beragam.

Baca juga: Intip 10 Merk Lampu Emergency Terbaik Saat Tak Ada Listrik

6. Gembok Konvensional

Gembok Konvensional

* sumber: www.harapanrakyat.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Gembok konvensional sudah pasti sering kamu temui di pasaran. Mulai dari model lengkungan dengan leher panjang hingga pendek, semua tersedia. Meskipun dinilai kurang aman, tapi ada lho gembok konvensional yang sudah dirancang dengan pengamanan ekstra.

Tersedia dalam berbagai ukuran, gembok satu ini sulit untuk dibobol seperti dipotong dengan gergaji karena terbuat dari besi berkualitas. Dengan begitu, gembok menjadi lebih aman dan tidak bikin khawatir akan dibobol maling.

7. Gembok Magnet

Gembok Magnet

* sumber: tokoonline88.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Gembok magnet didesain dengan sederhana dan tanpa kunci. Uniknya lagi, gembok ini tidak memiliki lubang kunci, sehingga tidak mudah dibobol oleh maling.

Lantas, bagaimana cara membukanya? Kamu hanya perlu menggunakan magnet yang sudah disediakan untuk membukanya. Letakkan magnet ke bagian samping gembok, nantinya gembok akan otomatis terbuka.

Gembok magnet terbuat dari bahan yang kuat dan anti korosi. Cocok digunakan untuk mengunci gerbang, garasi, hingga pagar rumah. Menarik, ya?

8. Gembok Bluetooth

Gembok Bluetooth

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Semakin berkembangnya teknologi, kini tersedia gembok dengan menggunakan sistem bluetooth. Walaupun terlihat agak ribet, tapi dengan menggunakan gembok bluetooth dinilai sangat aman. Namun, hal seperti ini perlu dilakukan agar menjaga barang-barang dari maling.

Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi wireless bluetooth pada ponsel pintarmu, dan mengaturnya untuk membuka serta mengunci gembok.  Gembok bluetooth biasanya juga tahan dengan air, sehingga jika hujan, kamu tidak perlu khawatir gembok ini akan rusak. Keren, ya?

9. Gembok Sidik Jari

Gembok Sidik Jari

* sumber: sugar.technology

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sama seperti gembok bluetooth yang semakin canggih, kini tersedia pula gembok yang dapat dibuka dan dikunci hanya dengan menggunakan sidik jari saja. Lebih inovatif, gembok satu ini jauh lebih aman dibanding gembok lainnya karena hanya dapat dibuka dengan sidik jari pemiliknya saja.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mendaftarkan sidik jarimu saja sebagai pengaman. Nantinya, gembok akan terbuka dan terkunci dengan otomatis ketika sidik jarimu sudah ditempelkan pada gembok.

10. Gembok Digital

Gembok Digital

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hampir sama dengan gembok yang menggunakan kode sandi, gembok satu ini juga memasukkan kode sandi untuk membukanya. Hanya saja, desain gembok ini sudah lebih modern dan berbeda dengan bentuk gembok kebanyakan.

Dengan adanya gembok digital, kamu tidak perlu membawa kunci ke mana-mana. Hanya perlu menyentuh angka saja, pintu akan langsung terbuka. Biasanya, gembok digital terbuat dari material kuningan, sehingga lebih tahan lama dan anti karat, serta dijamin aman.

Itulah 10 jenis gembok yang bisa kamu gunakan sebagai pengaman ekstra bagi rumah, ataupun kendaraanmu. Sangat unik dan modern, ya?  Sebelum kamu membeli gembok, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu bisa menggunakannya, ya. Ada baiknya dicoba di toko langsung kamu membeli, atau membaca petunjuk penggunaan.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram