bacaterus web banner retina

Jenis-Jenis Freon AC Berikut Ini Wajib Kamu Ketahui

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Desember 2020

Istilah freon mungkin terdengar asing di telinga kita. Tapi pasti sering dengar istilah AC, bukan? Di masa ini kehadiran AC atau freon merupakan bagian yang penting dalam rumah, kantor atau pun kendaraan. Terutama di negara-negara beriklim tropis yang membutuhkan udara lebih sejuk agar aktivitas lebih lancar.

Di tahun-tahun ke belakang beredar isu mengenai Air Conditioner atau AC dan kulkas yang berperan dalam rusaknya lapisan ozon di atmosfer bumi. Isu tersebut membahas mengenai rencana penghapusan refrigerant yang merupakan komposisi kimia yang ada di dalam alat elektronik tersebut.

Apa Itu Freon?

Apa Itu Freon

Freon atau dikenal juga sebagai refrigerant merupakan sebuah senyawa kimia alifatik sederhana berbentuk cair yang berubah menjadi gas yang banyak digunakan di industri dan perdagangan.

Fungsi dari refrigerant itu sendiri yaitu untuk menyerap beban pendingin ruangan sehingga ruangan-ruangan tersebut bisa dikondisikan agar lebih sejuk.

Karena benda ini termasuk ke dalam senyaman kimia berbentuk gas maka freon tidak memiliki warna dan juga tidak memiliki bau. Selain sebagai pendingin ruangan, freon juga bisa dikategorikan ke dalam beberapa kelas.

Ditilik dari sejarahnya freon atau chlorofluorocarbon (CFC) ini disintesis pertama kali tahun 1890-an. Namun saat itu freon sangat berbahaya karena mudah terbakar. Lalu, tahun 1920-an sebuah tim baru dibentuk untuk mencari alternatif lain yang lebih aman dan stabil.

Tim tersebut diketuai oleh Charles Franklin Kettering. Tahun 1930-an perusahaan General Motors, bekerja sama dengan DuPont membuat freon. Lalu, terbentuklah freon yang dinamai dengan R22.

Gas tidak berwarna ini kemudian memakai nama Freon sebagai merk dagang mereka. Kepemilikannya menjadi milik DuPont. Sejak saat itu CFC telah banyak digunakan dalam bentuk kaleng pendingin dan aerosol.

Namun, tahun 1974 seorang peneliti dari Universitas California berpendapat bahwa CFC tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada lapisan ozon. Para peneliti butuh waktu bertahun-tahun untuk membuktikan hal tersebut.

Di tahun 1987 akhirnya pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan sebuah kebijakan yang disebut dengan Prokotol Montreal. Prokokol tersebut berisi tentang perjanjian lingkungan internasional untuk mengurangi penggunaan CFC.

Menurut peneliti, freon tidak hanya membahayakan lapisan ozon di angkasa. Pembuatan gas ini bisa melepaskan produk lain ke atmosfer. Gas tersebut, yang disebut dengan HFC-23 juga berbahaya karena berkontribusi terhadap meningkatkan pemanasan global.

Jenis-Jenis Freon AC

Jenis-Jenis Freon AC

* sumber: legacyac.com

Freon dikategorikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan jenis cairan yang digunakannya. Meskipun freon merupakan jenis senyawa kimia, namun ada juga freon alam yang dimanfaatkan langsung dari alam.

1. Freon R22

Freon R22

* sumber: www.kmvt.com

Refrigeran yang paling umum di zaman dulu adalah CFC. Di tahun 1990-an, CFC digantikan dengan HCFC (hydrachlorofluorocarbon) dan HCFC yang paling umum adalah R-22. Tapi refrigeran tersebut hanya sedikit lebih baik daripada CFC karena mengandung klorin.

Sebuah larangan dikeluarkan oleh pemerintah tentang penggunaan freon jenis ini. Sebab freon ini memiliki potensi pemasanan dan pengrusakan ozon cukup besar yaitu sampai 0,05 jika dibandingkan dengan freon jenis lainnya. Selain itu, freon R22 tidak mudah terbakar.

Sejak tahun 2015 silam, freon jenis R22 ini resmi dilarang. Dampak dari pelarangan tersebut yaitu semua pabrik tidak lagi boleh memproduksi, mengimpor atau pun menjual AC yang menggunakan jenis freon R22 ini.

Namun, semua pabrik-pabrik yang masih memiliki stok sisa yang berbahan pendingin freon R22 boleh menghabiskan produknya. Hanya saja tidak boleh menyediakan spare part atau service freon tersebut maksimal sampai tahun 2030 nanti.

Di tahun 2030 kelak, pemerintah akan menetapkan penghapusan freon jenis R22 di Indonesia. Langkah ini diambil guna mencegah lapisan ozon semakin rusak.

2. Freon R410A

Freon R410A

* sumber: berkahindahac.com

Bisa dibilang freon R410A ini merupakan freon pengganti R22 yang telah dilarang penggunaannya oleh pemerintah. Berbeda dengan jenis freon R22, R410A tidak berpotensi merusak lapisan ozon di atmosfer bumi.

Namun, freon jenis ini berpotensi menyebabkan pemanasan global. R410A sama dengan freon jenis R22, sama-sama tidak mudah terbakar. Freon jenis ini bisa kamu temui pada AC dengan tipe inverter.

3. Freon R32

Freon R32

Produsen alat-alat elektronik Daikin menggunakan freon jenis R32 sebagai komposisi bahan pendingin AC mereka. Jenis freon ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan jenis freon-freon lainnya seperti R410A dan R22.

Selain itu, freon ini memiliki potensi lebih kecil terhadap timbulnya pemanasan global. Walaupun freon R32 mudah terbakar, akan tetapi masih aman jika digunakan pada AC rumah tangga.

Sejak tahun 2012 freon R32 menjadi line-up AC mereka. Maka dari itu, semua pabrikan AC Jepang yang menggunakan freon R32 berlisensi dari Daikin. Teknologi inverter yang digadang-gadang sebagai AC ramah lingkungan sebenarnya ditemukan oleh Daikin.

Lisensi freon R32 punya Daikin akhirnya dilisensikan pada semua merk AC dunia. Sehingga mereka kini bisa menggunakan freon yang sama untuk produk AC mereka.

Mulai tahun 2018 produk AC bikinan Daikin dan Panasonic menggunakan produk freon R32 dan R410A. disusul untuk produk merk Korea yang menggunakan line-up R410A dan R32 dan produk Cina, menggunakan line-up freon yang sama, R410A dan R32.

Para ahli AC berpendapat bahwa freon R32 merupakan freon yang paling bagus. Sebabnya adalah karakteristik dari freon itu sendiri yang membuat freon ini aman digunakan.

4. Freon R290

Freon R290

* sumber: acwahana.com

Di antara semua jenis freon, freon R290 merupakan freon yang paling rendah menimbulkan potensi pemanasan globalnya. Atau istilahnya jenis freon yang paling hijau. Freon R290 merupakan jenis freon yang mudah terbakar.

Namun, sayang indeks dinginnya cukup rendah sehingga banyak perusahaan AC yang menghentikan penggunaan freon jenis ini. Seperti yang dilakukan Daikin dan Panasonic. Dua perusahaan ini tidak lagi menggunakan freon jenis R290.

Sebagai gantinya dua pabrikan tersebut menggunakan freon jenis R32. Produk AC yang diproduksi di Indonesia dan Malaysia menggunakan freon jenis R32, sedangkan untuk produk AC yang dibikin di Cina menggunakan freon jenis R410A.

Baca juga: Inilah 8 Jenis AC yang Banyak Digunakan Saat Ini

Penggunaan Freon

Penggunaan Freon

* sumber: renewfinancial.com

Freon dikenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan di industri untuk bahan baku pembuatan peralatan elektronik, seperti kulkas atau AC. Namun, sejumlah perusahaan besar memanfaatkan freon untuk gudang penyimpanan makanan.

Tidak hanya sampai di situ, humidifier juga menggunakan freon jenis R22. untuk mengidentifikasi jenis pendingin yang digunakan pada AC, kamu bisa melihat panduan penggunaan yang terdapat pada unit AC yang kamu beli.

Dalam panduan tersebut terdapat banyak informasi mengenai unit AC sampai sertifkasi keselamatan dan peringkat listrik. Agar AC tetap berjalan dengan baik, kamu perlu melakukan perawatan berkala pada AC yang kamu miliki.

Pendingin AC kamu menggunakan freon secara konstan dan bersirkulasi melalui sistem AC untuk menciptakan udara dingin yang membuat ruangan terasa nyaman. Biasanya kamu tidak perlu mengganti freon AC kecuali terjadi kebocoran freon.

Jika freon mengalami kebocoran pastikan kamu menghubungi spesialis AC yang menyediakan jasa isi freon. Jika tidak AC kamu tidak akan mengeluarkan udara apapun bahkan udara kotor di ruangan.

Nah, itulah jenis-jenis freon yang perlu kamu ketahui. Jika kamu hendak membeli AC atau perangkat elektronik lainnya yang menggunakan senyawa kimia ini, baiknya kamu baca dengan teliti informasi mengenai unit yang kamu beli. Kamu akan tahu cara merawat dan mengantisipasi kerusakan yang mungkin terjadi selama masa penggunaan.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram