bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / 12 Jenis Es Krim di Dunia dengan Bentuk dan Rasa yang Unik

12 Jenis Es Krim di Dunia dengan Bentuk dan Rasa yang Unik

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 Januari 2021

Siapa yang bisa menolak jika ditawari es krim? Rasanya yang manis dan menyegarkan, terutama di musim yang panas, membuat es krim disukai oleh semua kalangan umur.

Di dunia ini ternyata terdapat beragam jenis es krim. Penasaran seperti apa es krim dari negara lain? Cek saja daftar jenis es krim di dunia berikut ini.

1. Kulfi, India

* sumber: www.rasoimenu.com

Kulfi berasal dari India. Es krim ini dibuat memakai susu murni yang direbus perlahan. Walau proses mendidihnya yang lama menyebabkan hilangnya volume, namun ini menggantinya dengan rasa yang lezat, rasa kacang, dan karamel.

Es krim dari India ini memiliki ciri khas, yakni bentuk kerucut yang tidak biasa. Ini merupakan hasil penggunaan cetakan tradisional khusus dengan tutup yang pas.

Biasanya kulfi menggunakan bahan-bahan tradisional India seperti kunyit, pistachio, dan air mawar. Namun beberapa juru masak lebih suka memasukkan buah-buahan seperti beri. Kulfi dipercaya ditemukan oleh penduduk kuno Himalaya selama era Kekaisaran Mughal

Ada beberapa perbedaan utama antara kulfi dan es krim biasa. Kulfi mempunyai lebih sedikit udara dan lebih padat dibandingkan es krim biasa karena susu menjadi lebih pekat selama proses pembuatan. Kulfi bisa ditemukan warung pinggir jalan yang dijual oleh pedagang yang disebut kulfiwalas.

2. Gelato, Italia

* sumber: www.pinterest.com.au

Gelato adalah es krim ala Italia. Seperti es krim, bahan dasar gelato adalah susu, krim, telur, dan gula, yang kemudian ditambahkan bubur buah, kacang-kacangan, buah, atau berbagai perasa lainnya. Yang membedakan gelato dengan es krim adalah persentase lemaknya yang lebih rendah dan proses pengadukan yang lambat.

Kedua faktor ini mengakibatkan adonan memiliki lebih sedikit udara sehingga memberi gelato tekstur yang lebih padat dan membuat rasanya lebih pekat. Karena kepadatannya, gelato biasanya disimpan pada suhu yang lebih rendah dibandingkan es krim tradisional.
Tujuannya adalah untuk memberikan tingkat kelembutan yang sempurna dan hasil akhir yang halus, karakteristik penting dari setiap gelato.

Secara tradisional, gelato tidak disendok, melainkan dioleskan ke cone dan ke dalam cup dengan spatula datar. Pilihan rasa rasanya tidak terbatas, seperti buah-buahan standar, vanilla, atau cokelat, serta beberapa versi modern yang memasukan rasa yang berani termasuk rempah oriental.

3. Stracciatella, Italia

* sumber: nordicfoodliving.com

Stracciatella merupakan variasi gelato Italia yang terdiri dari susu, krim, dan gula, dengan potongan cokelat diaduk di dalam campuran. Es krim ini awalnya ditemukan pada tahun 1962 di Ristorante La Marianna di Bergamo oleh Enrico Panattoni.

Ia yang pertama kali memutuskan untuk memasukkan potongan coklat ke dalam es krim. Diduga Panttoni mendapat inspirasi dari sup dengan nama yang sama.

Sup itu dibuat dengan cara memecahkan telur dan memasukkannya ke dalam kaldu. Proses yang mirip dilakukan juga pada stracciatella, yaitu dengan cara menghancurkan cokelat kemudian memasukkannya ke dalam gelato.

Ciri dari stracciatella adalah teksturnya yang halus dengan sedikit rasa renyah. Asal namanya dari bahasa Italia ‘stracciare’ yang artinya menghancurkan atau mengiris-ngiris kecil. Sekarang ini, stracciatella merupakan salah satu varian es krim paling populer di dunia.

4. Faloodeh, Iran

* sumber: www.thepersianfusion.com

Faloodeh merupakan sejenis sorbet tradisional yang terdiri dari sirup gula beku yang dicampur dengan air mawar dan dicampur dengan mie sohun encer. Es krim asal Iran ini, menurut kepercayaan populer berasal dari Shiraz dan salah satu varian sorbet pertama di dunia, sejak 400 SM.

Di Iran, faloodeh biasanya dihidangkan dengan air jeruk nipis segar, pistachio cincang, atau sirup ceri manis, dan dinikmati sebagai hidangan penutup musim panas yang menyegarkan.

5. Sorbet, Persia

* sumber: cafejohnsonia.com

Asal muasal es krim ini dipercayai dari Persia. Sorbet dianggap sebagai makanan penutup beku bebas susu, sehingga secara teknis tidak masuk dalam kategori es krim. Namun, karena bentuknya beku, meleleh, bisa diraup dalam cone maka dianggap sebagai salah satu jenis es krim.

Sorbet berasal dari konsentrasi gula yang ditemukan dalam buah, serta serat dan pektin. Sorbet dibuat dari sirup manis yang dikocok dan dibekukan, dan saat membeku sorbet menjadi labirin kristal es kecil dan gula buah yang manis.

Sorbet sangat bagus untuk vegan dan orang-orang yang tidak toleran dengan laktosa. Makanan ini juga lezat bagi mereka yang mencari makanan penutup buah beku. Rasa sorbet yang umum termasuk stroberi, raspberry, jeruk nipis, lemon, dan rasa buah lainnya.

6. Dondurma, Turki

* sumber: so.city

Dondurma adalah jenis es krim di dunia asal Turki yang kental dan berbentuk elastis. Dondurma terbuat dari bubuk halus yang berasal dari salep, yaitu akar anggrek liar asli Turki.

Akar ini menjadi hidrokoloid elastis dan memungkinkan es krim menjadi fleksibel. Es krim ini sangat fleksibel sehingga bisa meregang menjadi sangat panjang. Dondurma hadir dalam berbagai rasa. Beberapa rasa lokal di antaranya sade (polos) dan fıstıklı (pistachio).

7. I Tim Pad, Thailand

* sumber: www.top5.com

I tim pad merupakan es krim yang dibuat sesuai pesanan. Es krim ini tidak diaduk. Sebaliknya, makanan ini membeku dengan cepat di atas pelat logam yang membeku. Hasilnya adalah pancake es krim tipis dan padat. Kamu juga bisa meminta berbagai campuran seperti oreo atau mangga.

Setelah piring dan campurannya siap, biasanya i tim pad digulung menjadi gulungan seperti cerutu dan kemudian disajikan dalam cangkir. Biasanya ada satu rasa dasar, yang dapat dicampurkan dengan campuran, lalu di atasnya diberi krim kocok atau saus cokelat.

8. Akutaq, Alaska

* sumber: www.dmarge.com

Walaupun Alaska yang memiliki suhu dingin tampak tidak membutuhkan es krim, negara bagian ini ternyata mempunyai versi hidangan penutupnya sendiri. Umumnya akutaq dibuat dari lemak hewan seperti rusa, anjing laut, dan bahkan ikan.

Terkadang crisco digunakan sebagai pengganti lemak hewani. Buah beri musiman kadang-kadang ditambahkan dalam versi hidangan yang lebih modern.

9. Paletas, Meksiko

* sumber: curiouskoco.wordpress.com

Paletas tersedia dalam dua jenis, yaitu berbasis buah dan jus, atau makanan dekaden dan berbasis susu. Untuk yang berbasis susu, kopi, kelapa, dan cokelat merupakan rasa yang populer. Paletas diberi rasa seperti chongos zamoranos, yang merupakan makanan penutup Meksiko.

Makanan tersebut dibuat dengan susu kental, kayu manis, dan gula. Di Meksiko paletas dijual di banyak tempat, dan jaringan toko nasional yang disebut La Michoacana terkenal dengan paletas berbahan susu.

10. Kakigori, Jepang

* sumber: cookingwithdog.com

Kakigori merupakan sejenis es serut Jepang yang diberi rasa dengan sirup dan sering diberi susu kental manis. Sejarah kakigori bisa ditelusuri hingga ke abad ke-11. Saat itu suguhan itu disediakan bagi mereka yang mampu menyimpan balok es selama musim dingin dan memasuki musim panas.

Tekstur bagi kakigori adalah segalanya, dan perhatian diberikan untuk memastikan irisan es setipis mungkin. Sementara kakigori populer di Jepang, es krim mochi adalah es krim gaya Jepang paling terkenal di Amerika Serikat. Es krim moci dibuat di Los Angeles pada 1980-an oleh pengusaha Francis Hashimoto.

11. Spaghettieis, Jerman

* sumber: cerealrecords.com

Penampilan es krim di dunia asal Jerman ini mungkin berbeda dari kebanyakan makanan penutup lainnya. Spaghettieis memiliki penampilan yang, jika tidak ada yang lain, sangat menarik. Spaghettieis adalah es krim yang dibuat seperti spageti dengan taburan saus stroberi yang mirip saus tomat.

12. Es Dung Dung, Indonesia

* sumber: www.havocinthekitchen.com

Es dung dung atau dikenal juga dengan nama es puter adalah es krim tradisional yang merupakan ciptaan masyarakat Indonesia sendiri. Proses pembuatan es krim ini sampai sekarang masih sederhana, tidak menggunakan mesin atau alat yang khusus.

Ciri khas dari es dung dung yaitu rasanya yang gurih, yang bersumber dari santan, yang merupakan bahan utamanya. Es ini awalnya dibuat karena keinginan masyarakat yang ingin mencoba es krim tapi harganya mahal. Kala itu susu harganya mahal sekali sehingga diganti dengan santan.

Santanlah yang sebenarnya membuat rasa es dung-dung ini berbeda, jadi lebih gurih. Akan tetapi, tampilannya dibuat mirip sekali dengan es krim.

Itulah beberapa jenis es krim di dunia yang menarik untuk diketahui dan bahkan dicoba. Kemungkinan masih banyak lagi es krim dari wilayah lain di dunia yang tidak disebutkan di sini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram