Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Inilah Jenis Durian Paling Mahal di Dunia yang Bikin Ketagihan

Inilah Jenis Durian Paling Mahal di Dunia yang Bikin Ketagihan

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Durian merupakan buah yang banyak penggemarnya. Buah ini tidak tumbuh di berbagai negara, seperti jeruk dan apel. Hanya di negara-negara tertentu saja durian bisa tumbuh dengan subur, salah satunya di Indonesia. Itulah sebabnya kita bisa menemukan buah durian dengan sangat mudah. Selain itu, harga durian yang dipasarkan di Indonesia masih tergolong bersahabat.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada jenis durian paling mahal di dunia yang nikmatnya bikin ketagihan? Usut punya usut, ternyata jenis durian mahal tersebut juga bisa tumbuh dengan subur di Indonesia, lho. Biar nggak penasaran, simak ulasan dari Bacaterus berikut ini.

Jenis Durian Paling Mahal dari Negara Tetangga

Durian Musang King Jenis Durian Paling Mahal

Di antara begitu banyak varietas durian, ternyata hanya Musang King yang merupakan satu-satunya jenis durian paling mahal di dunia. Durian jenis ini bisa tumbuh di Indonesia, tetapi negara asalnya bukan Indonesia melainkan Malaysia.

Musang King atau yang juga dikenal dengan nama Mao Shan King adalah jenis durian berkualitas yang memiliki rasa manis, daging lembut dan tidak terlalu lembek, serta aroma yang sangat harum. Kelezatan durian jenis ini memang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Anda harus mencobanya langsung agar bisa menilai kelezatan durian tersebut.

Kelezatan durian musang king memang membuatnya pantas mendapat gelar sebagai jenis durian paling mahal yang bikin ketagihan. Daging buah ini nampak sangat bersih dan tidak berserat. Selain itu, warna daging buahnya nampak kuning cerah sehingga membuat selera makan jadi semakin meningkat.

Harga Durian Termahal di Dunia

Harga Durian Termahal di Dunia

Sampai saat ini, Musang King masih digadang-gadang sebagai jenis durian paling mahal di dunia. Durian ini diminati oleh berbagai negara seperti Hong Kong, Cina, Singapura, dan Australia. Tingginya peminat durian musang king membuatnya pernah dibandrol dengan harga mencapai 2,6 juta per kilogram. Padahal, di Indonesia kita bisa mendapat satu buah durian lokal (bukan musang king) dengan harga 100 ribu rupiah.

Musang King sendiri dijual di Indonesia dengan harga mencapai 500 ribu rupiah per kilogramnya. Harga tersebut cukup fantastis dan membuat kita berpikir dua kali ketika hendak membeli durian mahal yang rasanya super lezat ini.

Selain dijual dalam bentuk buah utuh, musang king juga dijual daging buahnya dan dikemas dalam kotak khusus. Durian asal Malaysia ini bisa Anda temukan di supermarket dalam kemasan kotak. Satu kotaknya dibandrol dengan harga 300-400 ribu rupiah. Jika ditimbang, berat sekotak durian hanya ½ kilogram saja.

Musang King Favorit Raja Judi dari Hong Kong

Stanley Ho

Stanley Ho

Siapa pun pasti tidak mampu menolak kelezatan durian musang king. Salah satu penggemar setia jenis durian paling mahal ini adalah Stanley Ho, seorang pengusaha dari Hong Kong dan Makau yang mendapat julukan sebagai “Raja Judi.”

Kecintannya pada durian musang king membuatnya rela mengirim jet pribadi miliknya untuk memborong 88 buah durian musang king langsung di Singapura. Peristiwa ini terjadi pada tahun 2010 di mana satu buah musang king masih berharga Rp 205.000/buah. Stanley Ho membayar sekitar 18 juta rupiah untuk memborong 88 buah durian musang king tersebut.

Uang senilai 18 juta rupiah ditambah dengan biaya transportasi jet pribadi milik Stanley yang berangkat langsung dari Hong Kong seolah tiada artinya. Ia rela mengeluarkan uang yang begitu banyak hanya untuk memuaskan keinginannya menyantap durian termahal di dunia tersebut. Peristiwa yang dilakukan oleh Stanley ini mau tak mau membuat orang semakin penasaran dengan kelezatan durian musang king yang fenomenal ini.

Tai Babi, Durian Paling Mahal di Indonesia

Durian Tai Babi

* sumber: travel.kompas.com

Nama durian ini memang sedikit mengganggu, yakni “Tai Babi”, tetapi durian ini merupakan durian paling mahal di Indonesia. Bahkan, jenis durian ini selalu menjadi incaran para wisatawan yang datang ke Pulau Bangka.

Durian Tai Babi atau yang juga dikenal sebagai durian namlung dibandrol dengan harga sekitar 300 ribu rupiah per buah. Padahal, di Indonesia kita bisa mendapatkan durian sejenis montong dengan harga tidak lebih dari 100 ribu rupiah. Lantas, apa sebenarnya keistimewaan durian ini sehingga harganya bisa mencapai 300 ribu per buah?

Durian namlung memilih daging buah yang sangat tebal dan rasa yang legit. Durian ini teksturnya sangat lembut tapi tidak terlalu lembek sehingga saat enak ketika dikunyah di mulut. Rasa legit alami dari durian ini benar-benar nagih. Bahkan, ada yang berpendapat jika durian namlung ini tak kalah lezat dibandingkan dengan durian musang king.

Selain namlung, masyarakat Bangka menamakan durian ini cumasi. Bentuk durian ini agak peyot di beberapa sudut sehingga dari segi tampilan cumasi memang bukan durian yang cantik dan sedap dipandang.

Kalau jalan-jalan ke Bangka, cobalah untuk mencari durian paling mahal di Indonesia ini. Durian tai babi alias cumasi biasa dijual di pinggir jalan. Harganya memang mahal, tapi rasanya dijamin tidak akan mengecewakan.

Tips Mendapatkan Durian Enak dengan Harga Murah

Setelah berkenalan dengan jenis durian paling mahal di dunia dan Indonesia, kini Bacaterus akan berbagi tips sederhana untuk mendapatkan durian yang enak dengan harga bersahabat. Selama ini, durian musang king atau cumasu dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Namun, Anda tetap bisa menikmati durian yang enak dengan harga murah meskipun bukan durian dari dua varietas termahal itu.

  • Pandai Menawar

Beli Durian

Tips ini berlaku ketika Anda membeli durian di kaki lima. Biasanya para pedagang akan memberikan harga yang tinggi kepada orang yang bukan dari daerah sana, seperti wisatawan. Nah, pandai-pandai lah menawar durian. Bila perlu bergaya lah seolah Anda bukan wisatawan, melainkan warga yang juga sama-sama tinggal di sana. Jangan ragu menawar separuh harga karena para pedagang juga biasa menaikkan harga duriannya berkali-kali lipat.

  • Cari Promo di Supermarket

Cari Promo di Supermarket

Kalau membeli durian di supermarket Anda memang tidak perlu repot-repot menawar durian yang hendak dibeli. Tips mendapatkan durian enak di supermarket adalah menunggu harga promo yang diberikan oleh supermarket tersebut. Beberapa supermarket akan memberi diskon untuk buah-buahan di waktu-waktu tertentu. Untuk mendapatkan durian yang murah di supermarket sangat disarankan untuk membeli durian kupas saja.

  • Berburu Durian di Festival

Festival Durian

Indonesia adalah salah satu negara yang mampu menghasilkan durian dalam jumlah banyak. Di beberapa daerah biasanya terdapat festival buah durian, di mana pedagang akan menggelar lapak dan menjual durian-duriannya dengan harga lebih murah dari hari-hari biasa. Manfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan durian yang murah.

Anda tertarik untuk mencoba jenis durian paling mahal di dunia maupun di Indonesia? Baik durian musang king maupun namlung sama-sama bisa ditemukan di Indonesia kok. Baca juga artikel cara memilih durian yang matang dan enak agar Anda tidak salah pilih, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment