Bacaterus / Durian / 10 Jenis Durian Paling Enak dan Pasti Bikin Ketagihan

10 Jenis Durian Paling Enak dan Pasti Bikin Ketagihan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Durian merupakan buah musiman yang memiliki banyak penggemar. Di Indonesia, buah ini tumbuh sangat subur dan selalu laris manis jika musimnya tiba. Selain bisa dimakan langsung, durian juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang lezat. Singkatnya, semua yang ditambahkan dengan buah durian rasanya pasti enak.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis durian paling enak yang paling banyak dicari ketika musimnya tiba? Ada belasan hingga puluhan jenis durian, lho. Namun, Bacaterus sudah merangkum daftar 10 jenis durian terenak yang bikin ketagihan. Penasaran? Yuk, langsung cari tahu melalui tulisan di bawah ini.

10 Jenis Durian Paling Enak dan Paling Dicari

1. Montong

Montong Jenis Durian Paling Enak

* sumber: www.agrowindo.com

Berbicara mengenai jenis durian paling enak, durian montong adalah jenis durian unggul favorit bagi semua orang. Jenis durian yang satu ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Ciri dari buah durian ini pun sangat mudah dikenali, yakni dagingnya tebal dan rasanya sangat manis.

Warna buah duriannya kuning cerah, meskipun ada beberapa juga yang warnanya kuning pucat. Justru jika warna daging buahnya kuning dengan sedikit warna putih harga buah ini jadi lebih mahal karena konon dagingnya sangat legit dan enak. Durian terbesar dari jenis montong beratnya bisa mencapai 13 kilogram.

2. Musang King

Musang King

* sumber: durianunggul.wordpress.com

Jika durian montong berasal dari Thailand, durian Musang King ini berasal dari Malaysia. Salah satu jenis durian termahal ini ini dapat tumbuh subur di wilayah bersuhu 30-35 derajat celcius. Musang King adalah jenis durian berkualitas yang dapat beradaptasi dengan iklim.

Yang membuat banyak orang suka dengan durian musang king adalah dagingnya sangat besar, tebal, dan teksturnya sangat lembut. Sementara itu, warna daging buahnya kuning terang. Ketika dimakan, rasa durian ini sangat legit. Makan satu buah durian musang king rasanya tidak cukup dan ingin terus tambah lagi.

3. Petruk

Petruk

Siapa bilang jika di Indonesia jenis durian yang favorit hanya montong dan musang king. Ternyata ada durian jenis lokal yang tak kalah favorit. Adalah durian petruk yang merupakan varietas unggul nasional dari Jepara. Durian petruk memiliki ciri khas bentuk bulat telur terbalik dengan ujung agak meruncing.

Kulit buahnya tipis dan berwarna hijau kekuningan. Sementara buahnya memiliki ciri berwarna kuning, agak berserat, dan agak lembek. Bagaimana dengan rasa durian petruk? Rasanya manis tapi ada rasai pahit tersembunyi di balik rasa manis tersebut sehingga menciptakan rasa yang unik.

4. Bawor

Bawor

* sumber: toko.tipspetani.com

Kalau sedang jalan-jalan ke Banyumas jangan cuma membeli kue pukis dan bikang, tetapi beli juga jenis durian paling enak yang ada di wilayah tersebut, yakni durian bawor. Jenis durian ini tahan terhadap berbagai cuaca, bahkan meskipun sedang musim hujan durian terbesar dari jenis bawor ini ada yang beratnya bisa sampai 12 kilogram.

Sekilas durian bawor memang mirip dengan durian montong, sehingga Anda harus hati-hati ketika membeli durian montong karena bisa jadi si penjual justru menjual durian jenis bawor ini kepada Anda. Daging buahnya juga berwarna kekuningan dan bijinya kecil. Akan tetapi, rasa durian bawor ada sedikit rasa pahitnya seperti durian petruk.

5. Mao Shan Wang

Mao Shan Wang

Jika Anda sedang berlibur ke Singapura, sempatkan diri untuk mencicipi durian termahal di dunia, yakni mao shan wang. Perlu Anda ketahui bahwa mao shan wang adalah jenis durian termahal karena harga per kilogramnya bisa mencapai 500 ribu rupiah.

Tampilan luar durian jenis ini nampak biasa saja, warna kulitnya cenderung berwarna hijau pucat. Ketika dibelah daging buah yang nampak “gemuk” dan berwarna kuning terang menunjukkan kualitas dari durian ini. Apalagi setelah dicicipi daging duriannya lembut tapi tidak lembek dan rasanya sangat manis. Sampai saat ini, durian mao shang wang masih dianggap sebagai varies durian yang terenak di Asia.

6. Bokor

Bokor

* sumber: www.bibitdurian.biz

Satu lagi jenis durian paling enak yang berasal dari Indonesia, yaitu durian bokor. Durian ini memiliki ciri khas kulitnya yang berwarna hijau atau hijau kekuningan dan bentuknya bulat. Saat dibelah Anda akan menemukan daging yang padat berisi dan nampak penuh di dalam.

Daging buahnya berwarna kuning dan aromanya sangat harum. Ketika dicoba, tekstur daging buahnya halus dengan sedikit serat. Jenis durian ini sangat tahan terhadap penyakit busuk akar, tetapi durian bokor tidak kebal terhadap hama penggerek, sehingga para petani harus waspada saat membudidayakan durian khas Majalengka ini.

7. Dabang (Durian Merah)

Dabang (Durian Merah)

* sumber: www.khasiat.co.id

Nama Dabang adalah singkatan dari Durian Abang, yang artinya adalah durian merah. Bukan hanya sekedar nama saja, daging durian jenis ini memang berwarna merah. Anda bisa menemukan durian merah ini di Banyuwangi. Namun, jangan mengira bahwa ini adalah jenis durian terbesar karena durian merah yang paling besar sekalipun beratnya hanya mencapai 2 kilogram saja.

Daging durian merah ini lembut dan tidak lembek, rasanya pun sangat manis, dan ukuran bijinya lebih kecil dibanding jenis durian lain. Mengingat jenis durian merah masih sangat jarang, tak heran jika durian merah khas Banyuwangi ini bisa diimpor hingga ke luar negeri.

8. Si Mimang

Si Mimang

* sumber: travel.kompas.com

Yang satu ini merupakan durian favorit dari tahun ke tahun. Bahkan, durian si mimang menjadi juara di kontes durian nasional selama bertahun-tahun. Budidaya durian ini terpusat di Banjarnegara, tepatnya di Madukara. Ukuran durian ini kecil dengan kulit yang berwarna hijau kekuningan.

Untuk dagingnya, si mimang memiliki daging berwarna kuning,tebal, dan agak berserat. Ketika dicicipi, durian si mimang ini memiliki rasa manis dengan sedikit rasa seperti alkohol, tetapi justru rasa unik inilah yang membuatnya terkenal. Aromanya yang harum dan tajam membuat durian si mimang sangat mudah dikenali.

9. Matahari

Matahari

* sumber: urbanina.com

Mau menyantap durian tanpa biji? Beli saja jenis durian matahari. Ini merupakan jenis durian paling enak yang tidak ada bijinya. Jadi, Anda benar-benar puas menyantap daging durian matahari yang memang berukuran jumbo ini.

Disebut durian matahari karena warna daging buah ini kuning terang secerah sinar matahari. Rasa daging durian matahari manis dan aromanya cukup kuas. Varietas durian ini berasal dari Cimanggu, Bogor. Sayangnya, buah durian matahari tidak tahan terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek.

10. Tembaga

Tembaga

Kelezatan durian tembaga sudah terkenal di seluruh Indonesia. Bahkan, durian lokal ini sangat layak disejajarkan dengan durian musang king. Jenis durian ini memiliki ciri khas bentuknya bulat serta durinya yang runcing dan rapat.

Buahnya sendiri berwarna kuning tembaga, sedikit berlemak dan halus. Biji durian tembaga ini juga kecil sehingga Anda bisa puas memakan daging buahnya. Soal rasa tak perlu ditanya lagi karena durian tembaga memiliki rasa yang legit dan bisa membuat orang ketagihan.

10 jenis durian paling enak ini sering diburu oleh masyarakat karena rasanya benar-benar enak. Jika ingin mendapatkan durian terbaik, jangan lupa untuk membaca cara memilih durian terbaik terlebih dahulu agar Anda tidak tertipu ketika membeli durian.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *