Bacaterus / Cumi / 4 Jenis Cumi yang Enak & Sering Diolah Menjadi Hidangan

4 Jenis Cumi yang Enak & Sering Diolah Menjadi Hidangan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu hewan laut yang lazim diolah adalah cumi-cumi. Teksturnya yang empuk dan sedikit kenyal adalah alasan mengapa hewan laut ini begitu disukai. Cumi-cumi lazim diolah sebagai lauk santap nasi ataupun sebagai sambal.

Ada beberapa jenis cumi-cumi yang tergolong enak rasanya. Cumi-cumi tersebut lazim sekali diolah, terutama di Indonesia. Jenis cumi-cumi tersebut bakal kami sebutkan di artikel ini. Siapa tahu bisa menambah wawasanmu soal hewan bernama ilmiah Decapodiformes ini. Untuk selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.

1. Cumi Sero

Cumi Sero

* sumber: www.pertanianku.com

Ini merupakan jenis cumi-cumi yang lazim dijual di pasar atau supermarket. Cumi ini mempunyai ciri khas berupa bentuknya yang kecil, dan berwarna putih keunguan. Bentuknya yang kecil membuatnya mudah untuk diolah.

Ada dua jenis cumi sero yang dijual di pasaran. Cumi sero kecil dan sedang adalah dua jenis cumi tersebut. Cumi sero kecil lazim diolah dengan cara dikeringkan atau dimasak secara utuh dalam olahan tumis.

Adapun cumi sero sedang lazim diolah dengan cara ditumis, digoreng tepung, atau dijadikan sup. Sebelum nantinya diolah, jenis cumi sero ini bakal diiris-iris dulu dalam beberapa bagian.

2. Cumi Asin Kering

Cumi Asin Kering

Ini merupakan cumi sero yang dikeringkan lantas diasinkan. Proses pengasinan pada cumi ini membuatnya lebih awet dibanding cumi pada umumnya. Selain itu, pengasinan juga membuat cita rasa cuminya jadi agak asin.

Seperti halnya cumi sero, cumi satu ini juga bisa kamu temui di pasar maupun supermarket. Cumi ini sangat cocok diolah dengan cara ditumis. Agar rasa asinnya tidak terlalu kentara, kamu bisa mengolah cumi ini bersama dengan cabai.

3. Cumi Telur

Cumi Telur

* sumber: www.pertanianku.com

Sepintas, jenis cumi ini mirip dengan cumi sero. Namun, ada beberapa hal yang membedakannya dengan jenis cumi tersebut. Salah satunya adalah bagian perutnya yang lebih besar dan menggembung dibanding cumi sero.

Cumi ini sering dijumpai di berbagai restoran seafood. Biasanya, cumi ini diolah dalam bentuk tumisan, goreng kering, atau bahkan dibakar. Agar bentuknya semakin menggembung, cumi ini bakal diberi isian telur kocok sebelum nantinya diolah.

4. Cumi Bangka

Cumi Bangka

Cumi ini memiliki ciri khas berupa warna kulitnya yang merah keunguan. Sesuai namanya, jenis cumi ini bisa kamu temukan di Pulau Bangka. Ciri khas lainnya yang cumi ini adalah panjangnya yang mencapai 20 – 30 cm, serta dagingnya yang putih lagi tebal.

Cumi ini sangat cocok diolah dengan cara dibakar secara utuh. Di beberapa tempat, cumi ini juga lazim diolah dengan cara digulai, ditumis, dan dijadikan kerupuk kemplang. Cumi ini pun juga lazim menjadi bahan baku juhi.

Contoh Olahan Cumi

Selain jenis-jenis cumi, kami juga akan memberikan beberapa contoh olahan berbahan dasar cumi. Siapa tahu nanti kamu membutuhkannya. Terutama, bila ingin mencoba atau membuat olahan cumi-cumi. Adapun olahan-olahan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cumi Telur Asin
Cumi Telur Asin

* sumber: parenting.orami.co.id

Ini merupakan olahan cumi yang kini tengah populer. Olahan ini memadukan cita rasa cumi yang kenyal dengan telur asin yang gurih. Adapun cumi yang dipakai olahan ini adalah jenis cumi sero. Sebelum diolah, cumi tersebut mesti dibersihkan terlebih dahulu, lalu dipotong hingga berbentuk cincin, serta dikucuri jeruk nipis.

Diamkan cumi sejenak. Lantas, masukkan ke dalam bahan kering dan digoreng dalam minyak panas. Angkat cumi tersebut saat warnanya kecokelatan. Tiriskan cumi sejenak. Sambil menunggu cumi agak dingin, tumislah bawang putih hingga harum.

Bila sudah, tambahkan garam dan sedikit gula. Aduk rata, lalu masukkan daun bawang, cabai, dan kuning telur asin. Aduk semua bahan itu hingga rata. Setelahnya, masukkan cumi goreng yang sebelumnya telah ditiriskan.

Goreng cumi berserta bahan-bahan itu hingga matang. Angkat dan sajikan selagi hangat. Cumi Telur Asin pun siap untuk disantap.

  • Cumi Asin Cabai Hijau
Cumi Asin Cabai Hijau

* sumber: www.masakapaya.com

Kalau olahan satu ini merupakan perpaduan antara cumi asin dengan cabai hijau yang pedas. Untuk membuatnya kamu harus menumis dulu beberapa bahan tambahan. Semisal bawang merah, bawang putih, tomat, cabai hijau, lengkuas, jahe, dan daun salam. Semua bahan tersebut mesti ditumis dalam sekali waktu, hingga harum aromanya.

Bila sudah, masukkan saus tiram, cumi asin, dan kecap manis. Aduk hingga rata, lalu masukkan garam dan air ke dalamnya. Aduk dan masak bahan-bahan tersebut hingga airnya menyusut. Angkat dan sajikan di atas piring selagi hangat. Cumi Asin Cabai Hijau pun siap disantap.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, jika hendak membuat olahan ini. Pemilihan cumi asin adalah salah satunya. Untuk hal ini, pastikan cumi asin yang dipakai harus dalam keadaan kering. Sebelum nantinya dimasak, pastikan cumi tersebut direndam hingga lunak.

  • Cumi Bakar
Cumi Bakar

* sumber: www.wajibbaca.com

Olahan satu ini cocok untuk cumi telur atau cumi Bangka. Cara membuatnya sendiri tidak terlalu sulit. Cumi yang telah dibuang tintanya lantas dicuci bersih. Keratlah cumi sepanjang badannya, tapi pastikan jangan sampai badannya terputus.

Lumuri cumi dengan air jeruk dan diamkan selama 15 menit. Sambil menunggu cumi, campurlah bumbu halus dengan air asam jawa dan kecap. Campuran tersebut lantas dilumuri ke seluruh badan cumi. Pastikan badan cumi kamu remas-remas saat nanti dilumuri. Bila sudah, simpanlah cumi tersebut selama 30 menit lamanya.

Bakar cumi di atas wajan datar beroleskan margarin, bila sudah disimpan 30 menit lamanya. Selama dibakar, oleskan bumbu di permukaan kulit cumi secara merata. Pastikan agar tidak terlalu lama membakar cumi, agar cuminya tidak alot. Angkat dan sajikan selagi hangat bila sudah matang.

  • Gulai Cumi Isi Telur

Gulai Cumi Isi Telur

Selain dibakar, cumi pun juga bisa digulai. Untuk membuat olahan ini, kamu bisa memakai cumi Bangka sebagai bahan utamanya. Untuk membuat olahan ini, pastikan cumi Bangka yang dipakai masih dalam keadaan segar.

Saat hendak diolah, cumi tersebut harus dibersihkan bagian dalamnya. Setelah itu, lumuri bagian permukaan dengan merica dan garam, lalu diamkan selama 30 menit lamanya. Sembari menunggu cumi, buatlah isian cumi dari bahan tahu kuning, bawang merah, bawang putih, telur kocok, daun bawang, merica, dan garam.

Bila sudah jadi, isian tersebut langsung dimasukkan ke dalam perut cumi sebanyak 4 sendok makan. Sematlah tubuh cumi dengan tusuk gigi agar isinya tidak keluar saat diolah. Selepas memberi isian cumi, buatlah kuah gulainya yang terbuat dari santan, garam, kunyit, gula, merica, dan air.

Masukkanlah cumi yang telah diberi isi ke dalam kuah tersebut. Diamkan dan sesekali siram cumi tersebut dengan kuah, hingga cuminya terlihat lebih menggembung. Sebelum diangkat, berilah air perasan jeruk nipis agar rasa kuahnya lebih mantap.

Itulah beberapa jenis cumi yang paling enak dan lazim diolah, serta beberapa contoh olahannya. Semoga menambah wawasanmu mengenai sejumlah jenis cumi yang enak disantap. Oh ya, di antara cumi-cumi tersebut, mana yang ingin kamu coba? Kalau suka kepiting, baca juga artikel olahan kepiting terenak ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *