Bacaterus / Bunga / 10 Jenis Bunga yang Wangi untuk Halaman Rumah yang Semerbak

10 Jenis Bunga yang Wangi untuk Halaman Rumah yang Semerbak

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Aroma-aroma wangi bunga yang kamu cium mungkin akan membangkitkan emosi dan perasaan yang kamu miliki, bahkan mungkin memberimu inspirasi.  Aroma wangi bunga juga dapat memberikan sensasi ketenangan disaat kamu menciumnya. Berikut ini adalah beberapa bunga dengan wangi yang semerbak untuk ditanam di halaman rumahmu.

1. Bunga Melati – Jasminum grandiflorum

Bunga Melati

Bunga melati terkenal karena aromanya yang khas, sehingga mendapat julukan sebagai raja aroma. Melati sendiri memiliki jenis hingga sekitar 200 jenis, dan menjadi simbol nasional banyak negara. Aroma yang dimiliki oleh melati membuatnya menjadi bunga yang paling populer untuk dijadikan teh.

Wangi dari bunga melati memiliki banyak sekali penggambaran. Melati biasanya digambarkan sebagai aroma surgawi, eksotis, dan juga indah. Selain itu juga melati sering digambarkan sebagai aroma yang memabukan dan sensual. Tetapi melatipun terkadang dianggap sebagai aroma yang hangat dan manis.

Dua jenis melati yaitu Jasminum grandiflorum, dan Jasminum sambac atau yang kita kenal dengan nama melati putih atau melati jawa, yang banyak dijadikan sebagai bahan parfum. Tanaman bunga melati merupakan tanaman yang dapat kamu tanam di luar dan di dalam ruangan.

2. Bunga Sedap Malam – Polianthes tuberosa

Bunga Sedap Malam

* sumber: www.pegasusproducts.com

Bunga sedap malam merupakan bunga yang memiliki aroma yang semerbak di saat malam hari, yang menjadikan asal muasal nama dari bunganya. Bunga sedap malam merupakan tananam yang diperkirakan berasal dari Meksiko, yang dipanggil dengan nama omixochitl oleh Bangsa Astek.

Tanaman bunga sedap malam juga merupakan jenis bunga yang cukup sering digunakan di industri parfum. Kamu memerlukan 3600 kilo  bunga sedap malam untuk membuat setengah kilo minyak bunga sedap malam. Tetapi karena larutannya sangat pekat kamu hanya perlu beberapa tetes saja.

Bunga sedap malam merupakan tumbuhan yang sangat baik tumbuh di dataran rendah. Bunga ini memiliki aroma yang sering digambarkan dengan wangi yang eksotis dan menggairahkan. Aromanya yang unik dan kompleks membuat bunga ini dianggap sebagai bahan parfum yang benar-benar juara.

3. Bunga Mawar – Rosa spp.

Bunga Mawar

* sumber: www.swentoday.com

Siapa yang tidak kenal dengan bunga mawar, bunga yang banyak sekali jenisnya. Bunga ini sering  menjadi lambang cinta  dan kecantikan. Pada mitologi Yunani bunga mawar dianggap suci  untuk beberapa dewa seperti Dewi Isis dan Aphrodite, dan menjadi bunga nasional dari negara Inggris.

Bunga mawar dengan warna yang gelap biasanya memiliki aroma yang paling berkesan.  Jenis bunga mawar yang memiliki aroma bunga mawar sesungguhnya adalah mawar merah dan merah muda. Pada mawar putih dan kuning aromanya mirip dengan lemon dan bunga violet, serta bunga nasturium.

Bunga mawar merupakan tanaman yang juga memiliki nilai ekonomi tinggi. Bunga ini banyak ditanam untuk tujuan komersial sebagai bunga potong ataupun dan bahan baku parfum. Saat ini bunga mawar dikembangkan dengan teknik invitro agar tidak bergantung kepada musim.

4. Bunga Kacapiring – Gardenia Jasminoides

Bunga Kacapiring

* sumber: southernlivingplants.com

Bunga kacapiring merupakan tanaman yang digolongkan ke dalam tanaman perdu tahunan. Bunga kacapiring memiliki aroma eksotis yang manis dan sangat kuat dari bunganya yang berwarna putih. Kaca piring adalah jenis bunga yang sering digunakan untuk parfum wanita yang berkesan romantis.

Bunga kacapiring memiliki aroma yang sering disandingkan dengan bunga melati. Kacapiring adalah bunga yang cukup sensitif terhadap cuaca dingin. tetapi dapat tumbuh dengan baik pada cuaca yang hangat. Tanahnya harus tetap lembab tetapi tidak boleh terlalu basah.

Bunga kacapiring biasa disebut juga dengan nama Gardenia. Nama gardenia disematkan pada bunga ini untuk menghargai seorang naturalis Amerika kelahiran Skotlandia Dr. Alevander Garden. Di Indonesia sendiri bunga kacapiring merupakan bunga yang menjadi maskot dari kota Denpasar.

5. Bunga Hyacinth – Hyacinthus orientalis

Bunga Hyacinth

* sumber: www.gardendesign.com

Nama hyacinth pada bunga ini berasal dari bahasa Yunani yang artinya bunga hujan. Ada sebuah legenda dalam mitologi Yunani seputar nama bunga hyacinth yang melambangkan ingatan di masyarakat Yunani. Legenda  tentang Apollo yang tak sengaja membunuh pemuda bernama Hyacinth.

Bunga yang memiliki aneka warna yang sangat terang ini akn mengeluarkan wanginya di saat bunganya mekar. Pada saat bunganya masih kuncup aromanya terasa lembut,tetapi di saat mekar aroma dari bunga ini menjadi sangat kuat. Minyak hasil ekstraksi dari bunga ini juga cukup mahal.

Bunga hyacinth merupakan jenis bunga yang memiliki umbi, dengan bunganya yang padat berwarna biru, ungu, merah, oranye, merah muda, kuning tua, dan juga putih. Bunganya yang padat dan berlimpah dapat bertahan hingga sekitar dua minggu, dan disiram dengan cukup.

Baca juga: 11 Jenis Bunga yang Mudah Ditanam dan Berbunga Cantik

 6. Bunga Lavender – Lavandula angustifolia

Bunga Lavender

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Lavender merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah laut Mediterania hingga Afrika dan India. Bunga ini termasuk dalam tumbuhan jenis rerumputan yang banyak dibudidayakan untuk dijadikan minyak esensial. Wewangian dari lavender dianggap dapat memberikan rasa yang menenangkan.

Jenis lavender yang sering ditanam untuk wewangian  adalah lavender jenis  Lavandula angustifolia, Lavandula latifolia, dan Lavandula stoechas. Jika kamu ingin menanam lavender, maka kamu harus menanamnya ditempat yang dapat terkena sinar matahari selama enam jam bahkan lebih.

7. Bunga Geranium – Pelargonium graveolens

Bunga Geranium

* sumber: www.gardendesign.com

Bunga geranium mungkin sudah tidak asing, jenis bunga yang sering digunakan sebagai bahan tanaman pengusir nyamuk. Geranium sendiri merupakan bunga yang bisanya memiliki kelopak bunga yang bertumpuk. Bunga ini hadir dalam berbagai warna diantaranya adalah merah muda dan putih.

Tanaman ini juga termasuk tanaman yang dapat ditumbuhkan di dalam pot dengan tinggi hingga 40 cm. Tetapi di alam liar tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 40 cm. Ada beberapa jenis geranium yang aromanya mirip dengan jeruk dan juga mawar, ada juga yang wanginya tidak sedap

8. Bunga Freesia – Freesia refracta

Bunga Freesia

* sumber: www.gardendesign.com

Bunga freesia merupakan bunga asli dari daerah Afrika sebelah selatan, dari Kenya hingga ke Afrika Selatan. Bunga jenis ini banyak ditemukan di daerah Provinsi Cape. Nama freesia sendiri berasal dari seorang ahli botani   dan praktisi kesehatan kelahiran Jerman bernama Friedrich Freese.

Bunga dari freesia terdapat dalam beragam warna yang cantik, dan juga memiliki aroma yang harum. Bagi sebagian orang freesia memiliki aroma seperti mint, madu,dan stroberi. Tetapi bagi sebagian lagi merasa aroma dari bunga freesia seperti sabun, kayu, dan juga aroma citrus.

Bunga freesia ini sering dijadikan sebagai buket bunga untuk acara pernikahan, hal itu karena warnanya yang beragam, selain menyimbolkan ketulusan, kesetiaan dan kepercayaan. Wanginya menjadi inspirasi untuk industri parfum menciptakan parfum dengan aroma bunga freesia.

9. Bunga Kamboja – Plumeria Acutifolia

Bunga Kamboja

* sumber: www.gardensonline.com.au

Bunga kamboja atau biasa disebut dengan plumeria dan juga frangipani ini merupakan bunga yang berasal dari Amerika Tengah. Di Indonesia sendiri bunga ini awalnya ditanam di pekuburan, tetapi saat ini banyak juga tanaman kemboja yang dijadikan sebagai tanaman peneduh dan juga tanaman hias.

Bunga kamboja memiliki aroma wangi yang unik, dan kaya akan wewangian bunga. Setiap jenis bunga akan memiliki wangi yang unik dan beragam.  Ada bunga kemboja yang memiliki wangi seperti mawar, atau bunga kacapiring, sebagian lagi wanginya menyerupai beragam buah-buahan.

Bunga kamboja merupakan tanaman yang dapat bertahan cukup lama bahkan bisa berumur hingga ratusan tahun. Bunga kamboja terlihat cantik dengan bunganya yang berwarna putih dan terdapat semburat kuning pada bagian  tengahnya. Bunganya dapat bertahan lama bahkan ketika berguguran.

10. Sweet Alyssum – Lobularia maritima

Sweet Alyssum

* sumber: www.thespruce.com

Bunga sweet alyssum merupakan bunga yang memiliki aroma yang lembut dan manis. Bunganya terlihat sangat imut, dengan bentuknya yang kecil, terdiri dari empat kelopak bunga yang berwarna putih. Bunga mungil ini berasal dari daerah disekitar Mediterania dan teluk Biscay di Prancis.

Tanaman sweet alyssum merupakan tanaman bunga yang tahan terhadap cuaca yang panas dan kekeringan, sehingga cocok untuk di tanam di Indonesia. Tanaman bunga sweet alyssum dapat kamu tanam ditempat yang mendapat sinar matahari yang cukup tetapi sedikit teduh.

Itulah beberapa referensi bunga-bungaan yang memiliki aroma yang wangi yang dapat kamu tanam di pekarangan atau halaman rumah. Wewangian bunga yang menyeruak di sekitaran rumahmu akan memberikan perasaan dan energi positif . Bunga-bunga yang harum ini akan membangkitkan perasaan bahagia disaat kamu menciumnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *