bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 10 Jenis Bunga Cantik yang Dapat Ditanam Dari Bijinya

10 Jenis Bunga Cantik yang Dapat Ditanam Dari Bijinya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 Januari 2021

Saat melihat taman tetangga yang penuh dengan bunga yang memiliki warna-warna yang cantik, mungkin kamu juga ingin memiliki taman dengan keindahan yang sama. Kamu bisa menanam bunga yang lebih mudah ditanam dari bijinya, sehingga tamanmu bisa berwarna seperti taman tetanggamu.

Berikut ini adalah beberapa tanaman bunga yang lebih mudah jika kamu menanamnya dari bijinya. Selain itu, beberapa tanaman bunga ini juga mudah dalam perawatannya dan juga mudah tumbuh. Kamu dapat memilih beberapa jenis tanaman bunga dalam ulasan berikut ini.

1. Bunga Kenikir – Cosmos caudatus

* sumber: commons.wikimedia.org

Bunga kenikir atau biasa dikenal dengan nama bunga cosmos merupakan jenis bunga yang mungkin sering kamu lihat. Bunga ini berasal dari Amerika Latin. Bunga cosmos merupakan bunga liar yang dibawa ke Asia oleh penjelajah Spanyol. Daunnya biasanya dijadikan lalapan oleh orang Indonesia.

Bunga cosmos merupakan jenis bunga yang mudah tumbuh dari bijinya. Bunga cosmos bahkan dapat tumbuh di tanah yang kurang bagus, sehingga membuat bunga jenis ini tidak sulit untuk ditanam. Bunga cosmos adalah bunga yang tumbuh dalam satu musim dan juga tidak tahan udara dingin.

Tanaman ini berbunga selama musim panas, sehingga kamu harus segera menyemainya sebelum musim hujan berakhir. Setelah menyemainya, kamu harus menyimpannya di dalam ruangan sekitar 6 sampai 8 minggu. Jangan lupa untuk menempatkan bunganya di tempat yang terjaga dari angin dan udara dingin.

2. Bunga Matahari – Helianthus annuus

* sumber: pixabay.com

Bunga matahari merupakan bunga yang berasal dari daerah Amerika Utara. Bunga matahari merupakan jenis bunga yang dapat tumbuh dengan cepat. Selain itu, bunga matahari tumbuh dengan menghadap ke arah sinar matahari, sehingga kamu perlu merencanakan di mana bunganya ditanam.

Bunga ini biasanya ditanam langsung dari bijinya dan lebih baik ditanam di akhir musim semi. Bunga matahari biasanya mekar di saat musim panas, atau 80 – 120 hari setelah benih mulai berkecambah. Selain itu, tanahnya memerlukan banyak humus dan juga kotoran hewan sebelum ditanam.

Kamu harus menyiram bunga matahari secara teratur, dan harus melindungi bunga yang baru tumbuh dari siput dan keong. Selain melindungi dari dua binatang tadi kamu juga harus melindunginya dari angin yang kencang. Bunga ini akan mekar di sekitar bulan Juli sampai dengan Agustus.

3. Bunga Krokot (Moss Rose) – Portulaca grandiflora

* sumber: www.amazon.in

Bunga krokot atau yang dikenal juga dengan nama moss rose, merupakan jenis bunga yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang mudah perawatannya karena mereka tahan terhadap kekeringan. Kamu dapat langsung menaburkan benihnya di tempat yang kamu inginkan.

Kamu dapat menanamnya di tempat yang banyak mendapat sinar matahari. Kamu juga dapat menyemainya terlebih dahulu di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 3-9 inci, dan dapat menutupi tanah dengan baik. Bunganya memiliki warna yang terang dan beragam.

Pada malam hari atau juga pada hari yang berawan bunga ini biasanya tidak mekar, dan tumbuh berkelompok. Krokot merupakan jenis bunga yang juga cocok kamu tanam di dalam pot. Bunga ini menghasilkan biji yang akan berkecambah dapat dan tumbuh pada tahun berikutnya.

4. Bunga Marigold - Tagetes erecta

* sumber: www.thespruce.com

Bunga marigold dikenal dengan beragam nama di Indonesia. Ada yang menyebutnya dengan bunga cocok botol, atau tahi kotok, kenikir, dan banyak lainnya. Bunga ini sesungguhnya berasal dari Meksiko, dari negara bagian Puebla, dan Veracruz, tetapi bunga jenis ini lebih dikenal sebagai marigold Afrika.

Bunga marigold sering digunakan sebagai tanaman hias, tetapi di beberapa daerah tanaman ini digunakan untuk ritual acara keagamaan. Di Bali bunga ini digunakan sebagai satu sarana dalam upacara keagamaan, sehingga bunganya banyak ditanam oleh masyarakat untuk keperluan pribadi.

Bunga marigold ditanam dengan menyemaikan langsung dari benih bunga marigold yang telah matang. Di saat musim kemarau atau cuaca yang panas, tanaman ini memerlukan air yang cukup. Marigold juga biasa nya ditanam sebagai tanaman tumpang sari karena dapat menangkal hama.

5. Bunga Nasturtium – Tropaeolum spp.

* sumber: www.thespruce.com

Bunga nasturtium merupakan jenis tanaman yang daun dan bunganya dapat dimakan, dengan sedikit rasa pahit dan pedas. Tanaman ini disukai karena aroma dan juga warnanya yang cantik. Bunga nasturtium termasuk jenis bunga yang dapat tumbuh dengan mudah bahkan di tanah yang kering.

Walau dapat tumbuh di tanah yang kurang baik, tetapi kamu tetap harus menyiramnya di saat cuaca cukup kering. Bunga ini ditaman dengan menggunakan bijinya yang memiliki ukuran cukup besar. Semai bijinya dan letakkan di jendela atau di tempat yang terkena sinar matahari cukup.

Tanaman ini dapat tumbuh walaupun tanahnya kering dan kurang subur. Selain itu juga nasturtium tidak memerlukan banyak pupuk. Tanah yang subur akan membuat tanaman ini lebih banyak memiliki daun dibandingkan bunga. Siram tanaman secara rutin tapi jangan terlalu banyak air.

6. Bunga Morning Glories – Ipomoea purpurea

* sumber: www.gardenersworld.com

Tanaman morning glories merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Ini merupakan tanaman yang tumbuh merambat dan awalnya dianggap sebagai tanaman gulma. Tetapi saat ini tanaman ini juga digunakan sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik.

Tanaman ini memiliki daun yang berbentuk hati berwarna hijau, dengan bunganya berbentuk terompet dengan warna biru, ungu, dan putih. Bunganya mekar pada pagi hari dan menutup pada sore harinya. Mereka mekar dengan lama di saat memperoleh sinar matahari yang cukup lama.

Tanaman ini biasanya dapat menyemai sendiri, tetapi jika kamu ingin melihat bunga lebih awal kamu dapat menyemainya sendiri. Jika tanaman ini tumbuh penuh daun dan tidak berbunga, hal itu dikarenakan tanahnya terlalu subur dan kurang mendapat sinar matahari yang hangat.

7. Bunga Sweet Alyssum – Lobularia maritima

* sumber: plantsam.com

Sweet alyssum atau biasa disebut juga dengan alyssum merupakan tanaman asli dari Mikronesia, Kepulauan Canary, Madeira, dan Tanjung Verde. Alyssum memiliki bunga yang kecil dan memiliki aroma yang seperti madu. Bunganya memiliki warna putih, merah muda, ungu, dan juga kuning.

Tanaman ini juga mudah tumbuh jika ditanam dari bijinya, dan tumbuh di udara yang sejuk. Di cuaca yang panas dan kering bunganya akan memudar. Tumbuhan ini tidak tumbuh tinggi, mereka hanya memiliki tinggi sekitar 30 cm. Dahulu bunga ini sering digunakan untuk mengobati gigitan binatang.

8. Bunga Zinnia – Zinnia

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Bunga zinnia biasa juga disebut dengan kembang kertas merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Kelopak bunganya yang tipis dan kaku membuatnya tampak seperti kertas. Bunganya akan mekar selama musim panas, dan berakhir saat musim dingin tiba.

Zinnia termasuk jenis bunga yang perawatannya cukup mudah, mereka ditanam menggunakan bijinya. Walaupun bunganya mekar pada saat cuaca panas, kamu harus tetap menyiram tanahnya agar selalu lembab. Kamu juga sebaiknya sering memangkas bunganya untuk merangsang bunga baru tumbuh.

9. Bunga Pukul Empat - Mirabilis jalapa

* sumber: pixabay.com

Bunga pukul empat merupakan bunga yang berasal dari Amerika Selatan, dan memiliki warna yang cerah. Nama pukul empat yang disematkan pada bunga ini dikarenakan bunga ini biasanya mekar pada pukul empat sore. Jenis bunga ini termasuk tumbuhan yang tumbuh dengan cepat.

Bunga pukul empat bisa kamu semai langsung di kebun, atau juga disemai dalam wadah penyemaian. Bunga ini memerlukan tanah yang kaya akan humus dan nutrisi. Pastikan kamu menanamnya di tempat yang tepat sehingga kamu dapat mencium aromanya di saat sore hari

10. Bunga Poppy California - Eschscholzia californica

* sumber: botanyphoto.botanicalgarden.ubc.ca

Bunga poppy merupakan jenis bunga asli dari Amerika Serikat dan Meksiko. Tumbuhan ini termasuk jenis tanaman yang tumbuh dengan sangat mudah. Bunga ini dibudidayakan sebagai tanaman hias dengan warna bunganya yang cantik seperti, warna merah, oranye, dan juga kuning.

Kamu mungkin kenal bunga poppy sebagai bahan untuk membuat opium. Bunga poppy California bukan jenis yang digunakan untuk membuat opium. Bunga poppy yang digunakan untuk opium adalah jenis Papaver somnifera. Karena mengandung narkotika pertumbuhan tanaman ini dibatasi.

Tetapi ada sebagian bunga poppy yang tidak beracun dan tidak mengandung unsur narkotika. Tanaman ini dapat kamu semai secara langsung di halaman. Tanaman poppy memerlukan waktu hingga 60 hari dari awal disemai hingga tumbuh dewasa, dan termasuk bunga musiman.

Nah, itulah beberapa tanaman bunga yang dapat kamu tumbuhkan dari bijinya. Sebagian di antaranya termasuk jenis bunga yang tumbuh dengan cepat. Tanaman ini dapat menghiasi taman yang kamu punya dengan warna-warnanya yang cantik. Kamu bisa memilih bunga mana yang kamu suka.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram