Bacaterus / Bunga / 10 Jenis Bunga Sakura yang Paling Terkenal di Jepang

10 Jenis Bunga Sakura yang Paling Terkenal di Jepang

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat mendengar kata bunga sakura maka ingatan kamu pastinya akan langsung teringat pada negara Jepang. Melihat keindahan sakura telah menjadi sebuah tradisi yang tak boleh dilewatkan. Keindahan sakura itu ternyata hadir dalam beragam jenis bunganya yang memesona. Berikut ulasan beberapa keindahan ragam sakura yang terkenal di Jepang .

1. Somei Yoshino

Somei Yoshino

* sumber: matcha-jp.com

Sakura jenis Somei Yoshino merupakan jenis yang paling populer di Jepang. Sakura Yoshino ini memiliki warna kelopak bunga merah muda yang sangat pucat, sehingga bunganya tampak seperti berwarna putih. Sakura jenis ini memiliki bunga tunggal dengan 5 kelopak bunga di setiap kuntumnya.

Sakura Yoshino merupakan jenis bunga yang dapat tumbuh dengan sangat cepat. Bunga sakura ini akan dengan cepat menutupi seluruh pohon dikarenakan bunganya akan mekar bahkan sebelum tunas daunnya muncul. Bunga ini cocok untuk pesta melihat bunga dikarenakan ukurannya yang besar.

Jika kamu ingin melihat bunga ini disaat mekar kamu bisa datang Kyushu di akhir bulan Maret dan jika di Tokyo kamu dapat melihatnya di akhir bulan April. Tempat terbaik kamu melihat bunga ini adalah di  Taman Hirosaki di Prefektur Aomori, disana terdapat pohon sakura yang ditanam sejak tahun 1882.

2. Kawazuzakura

Kawazuzakura

* sumber: akemimblog.wordpress.com

Bunga sakura jenis ini berasal dari kota kecil Kawazu yang berada di semenanjung Izu. Bunga dari sakura Kawazuzakura berwarna merah muda, yang terdiri dari lima kelopak bunga dalam satu kuntum bunga. Ukuran bunganya juga cukup besar, dan bunga jenis ini mekar lebih awal.

Sakura Kawazuzakura mekar lebih awal di sekitar awal bulan di awal Februari. Tidak seperti sakura yang lain, setelah mekar bunga sakura ini dapat bertahan hingga satu bulan sebelum akhirnya berguguran. Kota Kawazu juga memiliki festival bunga sakura yang biasa di gelar dari awal Februari

Ada beberapa spot menarik untuk melihat sakura jenis ini saat sedang mekar. Pertama adalah jembatan Hosen Bashi dan daerah sekitarnya. Tempat kedua adalah tempat pemandian air panas Odokori Onsen Kainkan. Spot yang ketiga adalah dibelakang tempat pemandian air panas tadi.

3. Yamazakura

Yamazakura

* sumber: beritalive.com

Bunga sakura Yamazakura memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan sakura Yoshino. Hanya saja sakura jenis ini memiliki ukuran bunga yang jauh lebih kecil tetapi memiliki jumlah kelopak bunga yang sama. Yamazakura sendiri merupakan pohon ceri liar yang dapat banyak kamu temukan di Jepang.

Jika kamu tertarik melihat keindahan dari sakura jenis ini, kamu bisa mendatangi daerah Yoshinoyama. Yoshinoyama sendiri merupakan daerah pegunungan, tempat banyak sekali varietas Yamazakura tumbuh.  Tempat ini sendiri merupakan tempat yang paling baik untuk melihat bunga jenis ini.

Selain lereng gunung Yoshinoya kamu juga dapat melihat bunga sakura jenis ini di kuil Kogonji yang terletak di Kota Akiruno Tokyo. Bunga Yamazakura  biasanya mulai mekar lebih awal dibandingkan dengan bunga sakura lainnya. Mereka mekar biasanya di pertengahan Maret hingga awal April.

4. Shidarezakura

Shidarezakura

* sumber: fineartamerica.com

Shidarezakura merupakan jenis sakura yang biasa disebut dengan nama pohon ceri menangis. Nama itu tersemat dikarenakan bentuk dari pohon ceri yang memiliki cabang pohon yang menjutai. Sakura jenis ini memiliki dua tipe bunga, yang memiliki lima kelopak bunga dan yang lebih dari lima.

Sakura yang terkenal dari jenis ini adalah Miharu Takizakura yang berada di prefektur Fukushima. Pohon ceri ini telah tumbuh lebih dari seribu tahun lamanya dengan ukuran yang sangat besar. Sakura jenis ini kan terlihat indah saat telah mekar dengan sangat sempurna.

Shidarezakura biasanya mekar di sekitar awal bulan April, dan mereka memiliki umur yang panjang.  Kamu ingin melihat bunga sakura ini mekar? Maka kamu harus datang ke festival bunga sakura Kakunodate. Kamu dapat melihatnya di distrik Samurai Kakunodate dan pinggiran sungai Hinokinai.

5. Edo-higanzakura

Edo-higanzakura

* sumber: www.flickr.com

Sakura jenis Edo-higanzakura termasuk jenis sakura dengan ukuran bunga yang cukup kecil. Bunganya memiliki warna merah mudah yang pucat. Pohon sakura jenis ini merupakan induk dari sakura jenis Somei Yoshino. Varietas ini merupakan jenis sakura yang berumur panjang.

Ada satu pohon jenis ini yang telah memiliki usia hingga 1500 tahun yang berada di prefektur Gifu. Pohon itu di tanaman pada abad ke-6 oleh seorang Kaisar bernama Keitai. Bunga sakura Edohigan biasanya mekar di akhir Maret atau di awal April jika terjadi perubahan kondisi cuaca.

Terdapat dua tempat untuk melihat keindahan dari sakura Edohigan yaitu yang terdapat di taman Sumiyoshi yang terdapat di prefektur Gifu. Tempat yang kedua berlokasi di Yamanashi, dengan pohon sakura yang diperkirakan memiliki usia hampir 1800 tahun dengan nama Yamataka Jindakai Zakura.

Baca juga: 11 Jenis Bunga yang Mudah Ditanam dan Berbunga Cantik

6. Kanzan

Kanzan

* sumber: www.flickr.com

Sakura Kanzan merupakan bunga dari varietas Yaezakura, yaitu sakura yang memiliki kelopak bunga ganda atau yang memiliki kelopak bunga lebih dari lima. Sakura kanzan terkadang memiliki kelopak bunga hingga mencapai 30-50 dalam satu kuntum bunga. Kelopak bunganya berwarna merah muda.

Bunga sakura ini biasanya mekar di akhir bulan April. Sebelum bunga yang telah mekar jatuh ke tanah, daun dari pohon ceri ini akan mulai tumbuh dengan warnanya yang kecoklatan. Disaat musim dari sakura Somei Yoshino berakhir, keindahan sakura Kanzan yang mekar sempurna akan dimulai.

Satu tempat kamu dapat melihat bunga sakura Kanzan selain di Jepang adalah di Amerika Serikat. Tepatnya kamu dapat melihat sakura ini di Washington. Pada tahun 1903 sakura jenis ini dikenalkan ke Amerika. Kini di Amerika terdapat sebuah festival bunga sakura tahunan yang dapat kamu kunjungi.

7. Ichiyo

Ichiyo

* sumber: davisla.wordpress.com

Ichiyo merupakan jenis bunga sakura yang memiliki lebih dari lima kelopak bunga pada satu kuntumnya. Biasanya kelopaknya terdiri dari sekitar 20 – 30 kelopak bunga. Bunganya memiliki warna merah muda yang lembut dengan paduan daunnya yang berwarna hijau yang terlihat segar.

Bunga jenis ini biasanya mekar pada pertengahan April, dan saat mekar dengan sempurna kamu dapat melihat pesona dari sakura ini yang memenuhi pohonnya  hingga terlihat lebat. Kamu dapat melihat bunga ini hampir diseluruh taman dan ruang publik yang terdapat di Jepang.

8. Kanhizakura

Kanhizakura

* sumber: en.wikipedia.org

Bunga sakura yang satu ini terkenal karena memiliki tampilan yang berbeda dari bunga sakura yang lain. Sakura jenis ini merupakan bunga sakura yang berasal dari Taiwan. Bunga sakura Kanhizakura memiliki bentuk seperti sebuah lonceng dengan, dengan bunga yang merunduk ke bawah.

Bunga ini tidak mekar dengan penuh, dan memiliki lima buah kelopak bunga untuk satu kuntumnya. Warna dari bunga sakura ini adalah merah muda yang lebih gelap. Bunganya biasa mekar pada bulan Januari dan puncaknya pada mereka mekar di awal bulan Februari, terutama di Gunung Yaedak.

Gunung Yaedak merupakan gunung yang berada di Okinawa. Gunung ini adalah spot terbaik untuk kamu melihat sakura Kanhizakura sedang bermekaran, dan jumlahnya mencapai ribuan. Sakura ini merupakan jenis sakura yang populer di Okinawa. Kamu juga dapat melihat sakura ini di Pulau Honshu.

9. Kikuzakura

Kikuzakura

* sumber: www.mushroomtravel.com

Kikuzakura merupakan jenis sakura yang terkenal karena bentuknya seperti pom-pom. Kikuzakura sendiri memiliki arti bunga sakura krisan, hal itu karena bentuknya yang juga mirip dengan bunga krisan. Pada setiap kuntum bunganya yang mekar terdapat 80 – 130 kelopak bunga.

Bunganya memiliki warna merah muda yang lembut dengan dipadukan daun-daunnya yang berukuran besar. Pada bunga sakura jenis ini bunga dan juga tunas dari daunnya, mereka tumbuh pada waktu  yang sama. Selain itu ukuran dari daunnya jauh lebih besar dibandingkan pohon sakura yang lain.

Bunga ini biasanya akan mulai mekar pada akhir April dan berakhir pada awal bulan Mei. Kamu dapat melihat bunga jenis ini di taman-taman atau juga kebun yang berada di Tokyo. Di jepang sendiri bunga ini juga sangat terkenal sebagai jenis  bunga yang mekar lebih lambat.

10. Ukon

Ukon

* sumber: commons.wikimedia.org

Jika kamu bisa melihat sakura dengan warna merah muda yang lembut, kali ini sakura jenis ini memiliki warna bunga yang berbeda. Jenis sakura Ukon memiliki warna putih dengan sentuhan kuning yang lembut. Ukon sendiri dalam bahasa jepang memiliki arti kunyit.

Bunga sakura Ukon sendiri masuk ke dalam jenis sakura Yaezakura, hal itu dikarenakan bunga dari sakura Ukon memiliki kelopak bunga lebih dari lima dalam satu kuntum bunga. Jumlah kelopak pada bunga ganda ini sekitar 15 – 20 kelopak per kuntum bunganya.

Sakura jenis ini biasanya mekar pada pertengahan April, jika kamu berada di Tokyo. Di Tokyo kamu dapat melihatnya di Koishikawa Botanical Garden dan Shinjuku Gyoen National Garden. Selain di Tokyo kamu juga bisa melihatnya di Kanagawa dan juga Osaka.

Itulah beberapa jenis sakura yang cukup terkenal di Jepang. Sebenarnya ada banyak dari jenis sakura yang tumbuh di Jepang. Sesungguhnya kamu juga dapat melihat sakura tumbuh di luar Jepang. Sakura juga tubuh di beberapa negara termasuk Indonesia. Keindahan bunga yang sedang mekar  memang menjadi magnet untuk banyak orang mengunjunginya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *