Bacaterus / Bunga / 10 Jenis Melati untuk Menjadikan Tamanmu Indah dan Harum

10 Jenis Melati untuk Menjadikan Tamanmu Indah dan Harum

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tanaman melati terkenal karena aromanya yang klasik yang banyak digunakan di industri parfum ataupun makanan seperti aroma pada teh. Tetapi tak semua melati dapat digunakan untuk industri parfum ataupun industri makanan. Berikut  ini beberapa jenis melati yang dapat kamu gunakan untuk aromanya ataupun sebagai tumbuhan untuk mempercantik tampilan rumah.

1. Melati Putih – Jasminum sambac

Melati Putih

Melati putih atau biasa dikenal dengan Melati Arab merupakan jenis melati yang berasal dari Asia Selatan. Bunga ini juga menjadi satu dari tiga bunga nasional Indonesia, dan melati putih adalah lambang Puspa Bangsa. Selain Indonesia bunga melati putih juga menjadi bunga nasional Filipina.

Melati merupakan tanaman yang dapat digolongkan sebagai tanaman semak yang tumbuh subur dicuaca yang hangat. Daunnya besar dan mengkilap, tinggi pohonnya bisa mencapai 1,8 – 3 meter. Aroma bunganya kuat dan tumbuh dengan cara merambat, dan bunga memiliki ukuran 2,5 cm.

Melati putih ini merupakan jenis melati yang biasa digunakan sebagai pemberi aroma pada minuman teh, dengan aromanya yang klasik. Bunga melati memiliki banyak makna dalam masyarakat Indonesia. Bunga ini menjadi elemen penting dalam setiap upacara pernikahan dan inspirasi untuk sebuah lagu.

2. Melati Gambir – Jasminum officinale

Melati Gambir

* sumber: www.gardenersworld.com

Melati gambir atau common jasmine merupakan jenis yang paling umum ditanam di seluruh dunia. Melati jenis ini berasal dari Asia selatan seperti Pakistan, India, Himalaya, Tajikistan dan lain-lain. Bunga melati gambir termasuk jenis tumbuhan merambat, tanaman ini dapat tumbuh dari 4,5 – 9 m.

Melati jenis ini sangat disukai oleh para tukang kebun. Bunganya berwarna putih dan memiliki lima buah kelopak bunga dengan aroma yang cukup memabukkan. Melati Gambir baiknya dipetik pada saat  malam hari. Hal itu karena aroma akan mulai semerbak tercium wanginya pada saat senja hari.

Aroma dari melati jenis ini dapat menenangkan tanpa membuat Anda mengantuk. Melati gambir dikenal sebagai lambang dari negara Pakistan. Bunga melati jenis ini kenal sebagai tanaman yang merambat sehingga kamu dapat menjadikannya penghias dinding dan teralis atau ditanam dalam pot.

3. Melati Spanyol – Jasminum grandiflorum

Melati Spanyol

* sumber: en.wikipedia.org

Melati Spanyol dikenal juga dengan nama Royal Jasmine. Melati jenis ini hampir sama dengan semua jenis melati yang tumbuh merambat, hanya saja jenis ini tidak dapat tumbuh tinggi. Mereka lebih terlihat seperti tanaman semak belukar yang tingginya hanya sekitar 0,6 sampai dengan 1,2 meter.

Bunga melati jenis ini bunganya berwarna putih dan tumbuh berkelompok dengan jumlah yang melimpah. Bentuk bunga seperti bintang, dan pada saat bunganya mekar dengan penuh akan menghasilkan aroma yang semerbak. Melati ini memerlukan matahari yang penuh untuk tumbuh.

Bunga jenis ini sering digunakan untuk aroma melati, karena aroma yang manis dan unik. Melati Spanyol termasuk jenis melati yang sering digunakan di industri parfum dan juga aroma pada teh. Bunga ini mekar sempurna di musim  panas, yang kan membuat udara sekeliling wangi oleh aromanya.

4. Melati India – Jasminum multiflorum

Melati India

Melati India biasa dikenal dengan nama melati bintang. Melati jenis ini merupakan jenis melati yang berasal dari  Asia Selatan  dan juga sebagian Asia tenggara. Bunga ini memiliki peran yang penting dalam ritual keagamaan di India. Melati bintang menjadi bagian penting dalam upacara pernikahan.

Tanaman ini tumbuh seperti semak semak yang dapat merambat, sehingga tangkainya dapat memanjang hingga 6 meter. Melati jenis ini termasuk jenis melati yang dapat tumbuh dengan cepat. Melati India ini tidak memiliki aroma yang kuat seperti kebanyakan jenis bunga melati yang lain.

Walaupun tidak memiliki aroma yang kuat,melati jenis ini memiliki beberapa keunggulan lainnya seperti untuk pengobatan Ayurveda. Melati India ini dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Pengobatan ini bisanya menggunakan daun atau juga akar dari tanaman melati  ini.

5. Melati Merah Muda – Jasminum polyanthum

Melati Merah Muda

* sumber: en.wikipedia.org

Melati merah Muda atau biasa disebut Pink Jasmine ini merupakan tanaman bunga melati yang merambat dan biasa digunakan untuk dekorasi. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang terdiri dari lima kelopak bunga dan memiliki kuncup-kuncup bunga yang berwarna merah muda.

Aroma dari bunga melati ini cukup kuat pada kelopaknya yang berwarna putih dengan seulas warna merah mudanya yang menonjol. Jumlah bunganya yang melimpah membuat aroma bunganya semakin kuat. Kepekatan aroma dari melati merah muda ini membuatnya menjadi istimewa.

Tanaman ini  berasal dari Tiongkok dan juga Myanmar, yang dapat tumbuh dengan cepat . Tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun jika ditanam di daerah dengan cuaca yang lebih hangat. Kamu harus rajin memotongnya di saat tanaman ini berbunga karena tumbuh dengan cepat dan agar tidak padat.

Baca juga: 10 Jenis Bunga yang Menjadi Identitas Flora Nasional

6. Melati Musim Dingin – Jasminum nudiflorum

Melati Musim Dingin

* sumber: www.gardenersworld.com

Melati musim dingin merupakan tanaman yang berasal dari Tiongkok. Bunganya mekar sempurna setelah musim dingin.  Jika bunga melati biasanya berwarna putih, tetapi melati jenis ini bunga berwarna kuning. Selain itu bunganya tidak beraroma seperti bunga melati berwarna putih.

Melati musim dingin biasanya dijadikan sebagai tanaman dekorasi yang dapat mempercantik tampilan rumah. Bentuk dari melati ini yang seperti semak sehingga tangkainya dapat tumbuh menjuntai di tembok pagar. Rumahmu akan terlihat cantik saat seluruh bunganya telah mekar sempurna.

7. Melati Azores – Jasminum azoricum

Melati Azores

* sumber: www.malvarosa.it

Melati Azores merupakan tanaman yang asli berasal dari Pulau Madeira yang terdapat di Portugal. Tanaman ini juga dikategorikan sebagai tanaman yang memiliki status konservasi sebagai tanaman yang sangat terancam punah. Melati ini dikenal dengan aromanya seperti buah lemon.

Tanaman melati ini tumbuh merambat seperti semak dan dapat tumbuh hingga 3 meter. Bunga melati azores berbentuk seperti bintang. Tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup. Selain itu melati ini aromanya akan tercium wanginya yang kuat di saat matahari tenggelam.

8. Melati Jepang – Jasminum mesnyi

Melati Jepang

* sumber: nurcar.com

Melati yang satu ini juga memiliki bunga berwarna kuning, tidak seperti bunga melati  yang biasanya. Selain itu ukurannya juga jauh lebih besar jika dibandingkan dengan melati yang lain. Melati ini juga biasanya dikenal dengan nama melati primrose, merupakan tanaman asli dari vietnam dan Tiongkok.

Melati jenis ini juga tumbuh dengan cara merambat, dan tumbuh baik di iklim yang hangat. Melati Jepang dapat merambat hingga mencapai ketinggian sekitar 3 meter, sehingga kamu perlu sering memangkasnya karena tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat, walau mendapat sedikit air.

9. Melati Italia – Jasminum humile

Melati Italia

* sumber: www.plantslive.in

Walau bernama melati italia tetapi melati kuning ini tumbuhan asli dari darah Asia, seperti Afghanistan, Pakistan, Nepal, dan juga berasal dari Tiongkok. Tumbuhan semak ini dapat tumbuh hingga 2,4 – 4 meter. Bunganya berwarna kuning dengan bentuk tabung seperti sebuah lonceng.

Melati Italia terkenal karena dapat tumbuh dengan sangat mudah, selain karena aroma dari bunganya yang kuat. Bunga melati ini juga dapat tumbuh di iklim yang cukup dingin dengan tetap mempertahankan daunnya. Kecantikan bunganya yang mekar dapat kamu lihat di awal musim semi.

10. Melati Hutan – Jasminum abyssinicum

Melati Hutan

* sumber: worldoffloweringplants.com

Melati hutan ini merupakan tanaman yang berasal dari Benua Afrika, tepatnya di daerah Ethiopia hingga KwaZulu-natal, Afrika Selatan. Bunganya berwarna putih dan terdapat warna merah  pada bagian dalamnya. Bunganya memiliki aroma manis dengan mahkota bunga sekitar 5 – 6 buah.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat, sehingga memerlukan pemangkasan yang rutin. Tanaman ini dapat tumbuh ditempat yang memiliki sinar matahari yang lama ataupun ditempat yang setengah teduh. Tanaman ini juga digunakan sebagai obat luka oleh orang suku Masai dari Kenya.

Itulah beberapa jenis melati yang bisa kamu tanam. Tanaman melati termasuk tanaman yang tidak beracun bagi manusia ataupun binatang seperti anjing dan kucing. Tetapi kamu harus tetap hati-hati ada beberapa jenis tanaman dengan nama melati yang sangat beracun biasanya jenis yang tidak termasuk dalam melati dari famili Oleaceae, seperti melati kuning dan melati Carolina.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *