Bacaterus / Bunga / 13 Jenis Bunga Lily yang Cocok untuk Menghias Taman Rumahmu

13 Jenis Bunga Lily yang Cocok untuk Menghias Taman Rumahmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bunga lili di Indonesia dikenal dengan nama bunga bakung, bunga yang melambangkan keindahan sebuah taman, dan telah lama menjadi sumber inspirasi bagi para seniman. Ada begitu banyak bunga lili yang dapat mempercantik taman di rumahmu, baca terus jika ingin tahu jenis bunga lili apa saja yang cocok ditanam di rumahmu.

Divisi 1: Hibrida Jenis Asia

Divisi 1: Hibrida Jenis Asia

Jenis Asia adalah jenis yang paling populer karena jenis ini yang memiliki warna yang beraneka ragam, dan tumbuh dengan sangat mudah. Selain itu jenis ini mekar lebih awal di pertengahan musim panas, bunganya mekar lebih lama sampai 1 bulan lamanya, serta kebanyakan dari bunganya tidak memiliki aroma.

Bunga lili jenis asia memiliki batang yang kuat dan lurus, panjang rata-ratanya adalah 3-4 kaki. Di saat mekar bunganya bisa menghadap ke atas, keluar bahkan tampak tergantung. Bunga lili jenis ini sangat disukai oleh rusa dan kelinci, jadi harus hati-hati. Berikut ini beberapa bunga lili yang menjadi favorit dari jenis Asia.

1. King Pete

King Pete

King Pete adalah bunga yang menerima penghargaan yang bergengsi berupa Award of Garden merit dari Royal Cultural Society tahun 2002. Bunga ini sangat menonjol dengan menghadap ke atas dan terbuka lebar, dengan bunga yang lebar dan berwarna kuning yang menyala dengan inti yang lebih gelap dan dihiasi dengan bintik-bintik coklat. 

2. Black Out

Black Out

Lili Jenis black out memiliki warna merah tua yang gelap, dengan bunga yang menghadap keatas. Bunga jenis ini dapat tumbuh 60-90 cm, dengan batang yang ramping dan pada setiap batangnya terdapat 4-5 bunga. Warna daunnya berwarna hijau gelap. Bunga lili black out mekar di awal pertengahan musim panas.

Divisi 2: Hibrida Martagon

Divisi 2: Hibrida Martagon

Hibrida Martagon dikenal juga dengan nama lili turban turki. Bunga-bunga kecil dan menghadap ke bawah dengan daun yang melingkar, bunga lili ini dapat berkembang di musim yang dingin. Pada satu tangkainya bisa tumbuh sampai 50 bunga walaupun untuk jumlah normalnya biasanya 12 sampai dengan 24 bunga.

Bunga ini dapat tumbuh 90 sampai dengan 180 cm, memiliki tangkai yang ramping, dan sangat tahan terhadap penyakit. Bunga ini dapat tumbuh walaupun di tempat yang teduh lama dari kebanyakan bunga lili. Berikut ini beberapa contoh bunga dari hibrida martagon.

1. Arabian Knight

Arabian Knight

Bunga ini wangi dan sangat mempesona dengan warna keemasan yang tertutupi oleh bintik berwarna mahoni gelap dengan bunga yang menghadap ke bawah. Kelopak bunganya melengkung yang tempak seperti turban turki, ada sekitar 50 bunga yang dapat berbunga dalam satu tangkai.

2. Martagon ‘Album’

Martagon ‘Album’

Martagon Album adalah bunga yang mudah tumbuh dan kuat dengan rangkaian hingga 40 bunga yang putih polos tanpa bintik dengan lebar sekitar 5 cm. Kebanyakan dari bunganya menghadap kebawah dengan kelopak bunga yang sangat melengkung mirip dengan turban turki. 

Divisi 3: Hibrida Candidum

Divisi 3 Hibrida Candidum

Bunga lili dari jenis ini walaupun tidak terkenal secara komersial, tetapi bunga lili ini adalah bunga yang pertama kali disebutkan dalam sejarah 4000 tahun yang lalu. Ada banyak benda-benda dan harta karun arkeologi yang menggambarkan bunga lili ini, pada peninggalan kota-kota kuno Mesopotamia, Yunani dan Kreta.

1. Madonna

Madonna

Bunga lili Madonna telah dikembangkan selama berabad-abad. Bunga ini terlihat megah dengan lebar sekitar 6 sampai dengan 8 cm. Lili Madonna memiliki bentuk trumpet yang putih mengkilap menghadap keluar serta serbuk sarinya yang berwarna kuning terang. Pada satu batangnya dapat tumbuh 20 bunga yang dapat bertahan lama.

Divisi 4: Hibrida Amerika

Divisi 4 Hibrida Amerika

Bunga lili Hibrida Amerika berasal dari lili liar asli Amerika Utara. Pada bulan Mei sampai pertengahan Juni bunga ini akan mekar di saat pertengahan musim panas dan cuaca hangat. Pada saat cuaca dingin bunga mekar di sekitar akhir bulan juni dan di awal bulan juli.

1. Tiger Lily

Tiger Lily

Bunga lili jenis ini membuat kamu tertarik karena warna terangnya yang menonjol, warna oranye ditutupi binti-bintik warna hitam dan merah tua yang nampak seperti kulit macan. Bunga lili jenis ini sangat kuat, mudah tumbuh dan tidak berbau dengan bunganya yang berukuran 12 cm di saat mekar dan kebanyakan bunganya menghadap ke bawah dengan kelopaknya yang melengkung.

2. Lili Kanada

Lili Kanada

Bunga lili Kanada biasanya berwarna gradasi kuning ke oranye dan memiliki bintik-bintik berwarna gelap pada bagian dalam. Kelopak bunganya melengkung ke belakang dan menghadap ke bawah. Tingginya bisa mencapai 3-8 kaki dengan daun yang tumbuh melingkar, serta pada setiap tangkainya dapat tumbuh sampai 20 bunga.

Divisi 5: Hibrida Longiflorum atau Eastern Lili

Divisi 5: Hibrida Longiflorum atau Eastern Lili

Pada divisi ini bunganya biasanya disebut juga dengan easter lily, semua hibrida jenis ini berasal dari Jepang dan Taiwan. Bunga lili ini biasa digunakan untuk dekorasi paskah. Bunga ini memiliki warna putih dan berukuran 6 sampai 7 inci dengan bentuk seperti terompet. Bunga ini cukup sulit untuk ditanam di kebun, biasanya mereka ditanam dalam pot.

1. White American / Eastern Lily

White American / Eastern Lily

Bunga lili White American memiliki bentuk kelopak yng seperti terompet dengan warna putih yang bersih. Kelopak bunganya sedikit melengkung dengan bagian kehijauan di bagian ujung dan putiknya berwarna kuning dengan bunga menghadap ke depan.

Divisi 6: Hibrida Trumpet / Aurelian

Divisi 6: Hibrida Trumpet / Aurelian

Seperti namanya bentuk bunganya menyerupai terompet, memiliki beraneka ragam warna dan tahan lama serta sangat wangi. Kelopak bunganya tidak memiliki bintik. Bunga yang mekar dalam satu tangkai bisa mencapai 12 – 15 bunga. Bunga ini biasanya mekar pada bulan juli dan agustus. Berikut ini contoh bungan pada divisi ini.

1. African Queen

African Queen

Bunga lili ini memiliki warna bunga oranye arprikot dan sangat wangi. Bunganya menghadap keluar terkadang juga  tumbuh ke bawah. Terdapat warna kecokelatan pada bagian luar kelopak bunga. Pada setiap tangkainya terdapat 15 sampai dengan 20 tandan bunga dan juga tahan lama serta memiliki aroma yang enak. 

Divisi 7: Hibrida Oriental

Divisi 7: Hibrida Oriental

Bunga lili jenis ini adalah satu jenis bunga yang cukup penting dipasaran. Bunga ini dikenal karena ukurannya yang sekitar 6 sampai dengan 8 inci, kuat, dengan bunga menghadap ke atas dan ujung kelopak bunganya yang melengkung. Warna dasar dari bunga ini biasanya merah muda, putih, ungu dan juga merah selain itu bunga ini wangi dan menjadi bunga yang disukai oleh penjual bunga.

1. Casa Blanca

Casa Blanca

Bunga  lili ini tampak cantik dengan warna putih susunya dengan bunga yang menghadap keluar. Bentuk bunganya seperti mangkuk dan ujung kelopak bunganya melengkung dengan anggun. Pada setiap tangkainya terdapat 6 sampai dengan 8 bunga dan akan mencuri perhatianmu karena kecantikannya.

Divisi 8: Hibrida Interdivisional

Divisi 8: Hibrida Interdivisional

Varietas ini tercipta dengan mencampurkan denga divisi lain. Hibrida LA adalah percampuran antara L. Longiflorum dengan varietas Asia yang menghasilkan bunga yang besar dan kebanyakan datar serta memiliki sedikit aroma. Hibrida OT (Orienpet) adalah perpaduan antara lili oriental dengan lili trumpet. Hasilnya bunga yang kuat, ukurannya besar, aromanya kuat, dan menghadap ke atas.

1. Brindisi

Brindisi

Bunga lili yang memiliki banyak pesona, dengan warna merah muda yang lembut dan pada dasar bunga memliki warna pink yang agak gelap. Bunga lili ini menghadap ke atas dan memiliki aroma yang menyenangkan dan pada setiap tangkainya biasanya terdapat 7 kuncup bunga.

Divisi 9: Jenis Bunga liar

Divisi 9: Jenis Bunga liar

Bunga pada divisi ini merupakan bunga liar yang merupakan asal dari delapan divisi yang ada. Bunga asli ini ditemukan di daerah dengan iklim sedang di Amerika Utara, Eropa, terutama Asia. Di alam liar bunga lili menyebar melalui bijinya. Walaupun mereka dapat tumbuh di alam liar akan sangat sulit untuk mereka tumbuh di kebun dibandingkan lili hibrida.

1. Auratum

Auratum

Bunga ini dikenal karena aromanya yang pedas dan manis dan bunga yang tampak besar dengan bentuk seperti mangkuk. Auratum memiliki warna putih yang dihiasi dengan garis berwarna kuning pada bagian tengah yang luas serta beberapa bintik berwarna merah tua. Bunga ini asalah bunga asli dari Jepang.

2. Superbum

Superbum

Bunga lili yang berupakan bunga yang kecantikan yang mengagumkan karena dalam satu batang dapat tumbuh bunga yang berlimpah. Bunga oranye yang menggantung, dengan bunga yang menghadap ke bawah dengan kelopak bunga yang seperti turban turki. Lili jenis ini bunganya dihiasi beberapa bintik berwarna marun. Bunga ini merupakan bunga lili asli dari Amerika.

Itulah beberapa contoh bunga lili yang dapat kamu tanam untuk mempercantik taman bunga yang kamu miliki. Dari beraneka ragam bunga lili yang memilki aroma wangi yang kuat dan yang tidak beroma sama sekali serta aneka ragam warna,  manakah bunga yang menjadi bunga favoritmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *