bacaterus web banner retina

10 Jenis Bunga Kamboja yang Berbentuk Indah Namun Langka

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 12 Februari 2021

Kamboja adalah jenis tanaman dari genus Plumeria. Kamboja memiliki karakteristik pohon berbonggol dan berbatang tebal. Tanaman kamboja memiliki bunga yang cantik dan memiliki aroma harus yang sangat khas. Di Indonesia sendiri bunga kamboja kerap dikaitkan dengan sesuatu yang bersifat mistis.

Meski keberadaannya ditakuti oleh sebagian masyarakat Tanah Air, namun tak sedikit pula yang menjadikan kamboja sebagai tanaman hias karena bentuknya yang unik dan menarik. Kamboja sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yang tersebar mulai dari Amerika Serikat, Asia, dan juga Afrika.

Nah, dari sekian banyak jenis kamboja, kali ini Bacaterus telah merangkum 10 jenis bunga kamboja berbentuk indah tetapi cukup langka ditemukan. Jenis kamboja apa saja itu? Berikut adalah daftarnya.

1. Adenium Green Elf

* sumber: m.bukalapak.com

Salah satu jenis kamboja langka pertama adalah adenium green elf. Tanaman asal Afrika ini dikenal mampu bertahan hidup di tempat yang kering. Adenium green elf sendiri memiliki karakteristik bentuk berbatang tebal dengan daun berwarna hijau.

Kelopak bunga kamboja jenis ini berwarna hijau muda dan terlihat sangat elegan. Warna pada bunganya sendiri tampak kontras dengan warna daunnya yang hijau. Nah, di Indonesia sendiri keberadaan jenis tanaman ini terbilang langka dan sulit ditemukan di pasar Tanah Air.

2. Adenium Somalense

* sumber: upload.wikimedia.org

Jenis kamboja berbentuk indah tetapi langka selanjutnya adalah Adenium somalense. Adenium somalense adalah jenis kamboja spesies asli yang cukup langka. Kamboja jenis ini memiliki karakteristik batang pohon yang kekar dengan bentuk daun menyempit dan meruncing pada bagian ujungnya.

Adenium somalense sendiri memiliki bunga berukuran kecil yang di dominasi warna merah muda. Tanaman ini dikenal karena mudah beradaptasi dengan lingkungan. Nah, pertumbuhannya yang relatif lebih cepat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman hias.

3. Adenium Socotranum

* sumber: id.pinterest.com

Jenis kamboja langka tetapi memiliki bentuk yang indah lainnya adalah Adenium socotranum. Jenis tanaman ini memiliki karakteristik pohon yang kekar dengan bonggol dan batangnya berwarna kecoklatan. Jenis tanaman ini merupakan spesies asli.

Adenium socotranum sendiri memiliki ukuran batang yang sangat besar dan terlihat eksotis. Jenis tanaman ini dikenal karena umurnya panjang.

Meskipun memiliki warna bunga yang indah, namun jenis tanaman ini jarang sekali berbunga dan lebih sering menunjukan daunnya saja. Keberadaannya sendiri cukup langka dan banyak diburu oleh para kolektor, terutama digunakan sebagai hiasan taman.

4. Adenium Arabicum

* sumber: shopee.co.id

Jenis lainnya yang juga dikenal langka adalah Adenium arabicum. Jenis ini merupakan yang paling populer di kalangan para pecinta tanaman hias.

Tanaman ini memiliki bonggol yang cenderung pendek dan melebar. Tanaman ini memiliki cabang yang cukup banyak. Sementara bunganya sendiri berukuran kecil berwarna pink yang dipadu putih.

Nah, ketika berbunga tanaman ini terlihat sangat lebat dan menawan. Meskipun dikenal indah, namun taman ini termasuk spesies asli yang lumayan langka dan sulit untuk ditemukan.

5. Adenium Obesum

* sumber: www.plantslive.in

Selanjutnya ada Adenium obesum. Jenis tanaman ini cukup disukai oleh kolektor karena penampilannya yang indah. Adenium obesum memiliki karakteristik bonggol besar dan ukuran yang tinggi. Pada bagian bonggolnya sendiri terdapat batang utama yang bercabang cukup banyak.

Jenis kamboja ini memiliki bunga berwarna merah dengan gradasi putih yang indah. Sementara ukurannya sendiri relatif jauh lebih besar dari jenis Arabicum. Adenium obesum sendiri termasuk jenis tanaman yang cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Hanya saja keberadaanya sendiri dikenal cukup langka.

6. Adenium Swazicum

* sumber: upload.wikimedia.org

Jenis kamboja yang satu ini dikenal karena keindahannya. Meskipun demikian, tanaman ini juga dikenal langka. Adenium swazicum adalah jenis tanaman yang memiliki daun yang khas, di mana bentuk menyempit, berbulu, serta memiliki lapisan lilin.

Tanaman ini dikenal memiliki bonggol kecil, bahkan terkadang tidak memiliki bonggol sama sekali. Adenium swazicum diketahui sebagai salah satu spesies kamboja yang cukup aktif berbunga. Bentuknya yang indah kerap diburu oleh para kolektor tanaman hias ini yang ada di Tanah Air.

7. Adenium Multiflorum

* sumber: travaldo.blogspot.com

Adenium multiflorum adalah spesies kamboja pohon kecil yang berasal dari Afrika Selatan. Adenium ini cukup digemari karena bentuk bunganya yang sangat indah. Bunganya sendiri memiliki lima kelopak berwarna perpaduan merah dan putih. Jenis tanaman ini dapat tumbuh tinggi serta bercabang dan memiliki daun yang cukup lebat.

Adenium multiflorum berbunga di musim dingin di saat sebagian besar tanaman di sekitarnya layu. Ketika bunganya mekar sempurna terlihat sangat menawan dengan warna bervariasi mulai dari warna putih, merah muda, merah tua, merah, dan perpaduan keduanya.

8. Adenium Petch Na Wang (PNW)

* sumber: id.pinterest.com

Adenium petch na wang atau disingkat PNW adalah jenis kamboja hibrida yang dikenal langka. Pada dasarnya Adenium PNW ini adalah persilangan antara bunga Adenium arabicum dan jenis kamboja lainnya. Adenium PNW sendiri memiliki karakteristik daun berukuran besar, bertekstur lembut, serta memiliki pappus di bagian bawah daun.

Tanaman ini memiliki cabang yang kuat. Bunganya sendiri berwarna pink tua. Nah, dibandingkan dengan jenis Arabicum asli, PNW sendiri memiliki bunga yang jauh lebih lebat. PNW sendiri adalah salah satu jenis kamboja yang kerap dijadikan sebagai tanaman hias Bonsai.

9. Adenium Boehmianum

* sumber: upload.wikimedia.org

Adenium boehmianum adalah salah satu spesies asli yang cukup menarik sekaligus langka. Jenis tanaman ini banyak ditemukan di wilayah tandus yang ada di utara Namibia dan selatan Angola. Adenium boehmianum memiliki daun yang hanya tumbuh tiga bulan dalam setahun. Daunnya sendiri berbentuk spiral dan tampak lebat pada bagian ujung cabang.

Tanaman ini dikenal berbunga hanya beberapa minggu di musim dingin. Nah, Adenium boehmianum sering kali diincar para kolektor karena memiliki bentuk yang unik. Meskipun demikian, keberadaannya sendiri sangat jarang dan cukup langka di pasaran.

10. Adenium Queen

* sumber: www.carousell.sg

Adenium queen adalah jenis kamboja yang memiliki bentuk yang sangat indah. Adenium queen adalah salah satu jenis tanaman hibrida yang cukup disukai oleh pecinta tanaman hias. Tanaman ini dikenal karena bentuk bunganya yang sangat indah dan lebat. Tanaman jenis ini memiliki kelopak bunga berwarna-warni dan bertumpuk-tumpuk.

Karena hal ini pula taman jenis ini dikenal oleh para pecinta tanaman sebagai desert rose (mawar gurun) atau queen of thousand flowers (ratu seribu bunga). Tanaman ini diketahui sebagai tanaman kamboja berharga mahal, bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Nah, itulah 10 jenis bunga kamboja berbentuk indah tetapi langka yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Nah, kira-kira jenis Adenium mana yang menurutmu lebih menarik? Tulis komentar mu di bawah, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram